fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

3 Alasan Saya Ngeblog Di Era Digital Ini

3 Alasan Saya Ngeblog Di Era Digital Ini – Ngeblog adalah sebuah aktivitas menulis dan membagikan tulisan secara online dalam sebuah platform web, dimana tulisan ini dapat dibaca oleh banyak orang yang terhubung melalui internet dan mereka menemukan tulisan ini melalui mesin pencari seperti Google melalui browser di perangkat komputer atau smartphone mereka berdasarkan informasi apa yang mereka pikirkan dan ingin mereka cari melalui mesin pencari.

Saya mulai melakukan aktivitas blogging adalah pada tahun 2012 dan ini mulai saya seriusi pada tahun 2014. Ketika itu blogging sudah sangat populer namun tidak sepopuler saat ini, dan ada tahun dimana para blogger mulai tumbang karena merasa bosan dan tidak tahu bagaimana harus mengembangkan blognya atau membawa ke arah mana blog mereka akan berlabuh.

Di era digital ini memang blogging semakin berkembang dan banyak blog besar bermunculan dan menguasai mesin pencarian, jika kita tidak pintar dan kuat dalam mempertahankan blog yang kita miliki maka kita juga akan bernasib sama dengan blogger-blogger yang tumbang dan membiarkan blog mereka mati.

Alasan saya masih bertahan sampai saat ini adalah ketertarikan, kebebasan dan juga blogging masih menjadi sumber penghasilan utama saya.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara rinci tentang alasan saya ngeblog dan juga kenapa Anda harus mulai melakukan blogging di era digital ini.

Baca : 5 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Stres Dalam Aktivitas Blogging

Alasan saya ngeblog di era digital ini

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa saya memiliki tiga alasan kenapa saya masih melakukan blogging atau ngeblog hingga saat ini :

eksposur blog

1. Ketertarikan

Alasan pertama adalah ketertarikan, ketertarikan awal saya menulis di blog saya ini adalah adanya minat pada WordPress. WordPress adalah platform web terbaik saat itu dan sampai saat ini. Dulu ketika pertama kali membuat blog dimulai karena ketertarikan saya pada dunia web dan mencoba berbagai macam CMS seperti Joomla, Drupal dan pada akhirnya WordPress.

Dari berbagai macam percobaan itu, akhirnya saya menemukan platform web yang paling cocok dengan saya yaitu WordPress, dan ketika pertama mempelajari WordPress saya sangat kesulitan menemukan blog yang membagikan tutorial tentang WordPress, dimana banyak sekali saya belajar WordPress dari blog luar yang berbahasa inggris.

Kemudian setelah saya mulai bisa menggunakan WordPress dengan baik, saya mulai berfikir untuk menuliskan apa yang saya pelajari dari blog-blog luar tentang panduan WordPress yang akhirnya saya tuliskan dalam bahasa indonesia agar banyak pengguna indonesia juga mudah dalam mempelajari WordPress.

Hal ini berlanjut hingga sekarang dan bahkan sampai saat ini WordPress masih menjadi platform terbaik yang menjadi pilihan banyak pengguna untuk membangun berbagai macam website dengan tujuan yang berbeda-beda.

2. Kebebasan

Alasan kedua adalah kebebasan, kebebasan yang saya maksud disini adalah kebebasan dalam berbagi ilmu, informasi, pengalaman dan karir. Dimana jika kita memiliki blog maka kita bebas dalam menyebarluaskan informasi, pengalaman dan juga berbagi pada banyak orang yang tentunya akan memberikan manfaat bagi pengunjung yang pembaca blog kita.

Semangat yang masih muncul untuk menulis dan membagikan informasi pada blog saya adalah karena masih begitu banyaknya pengunjung yang datang ke blog saya dan juga mereka merasa terbantu dengan informasi yang saya bagikan. Itu adalah kekuatan lain yang menjadikan saya sampai saat ini memiliki alasan masih ngeblog.

Selain itu, jika kita sudah mendapatkan hasil dari blogging maka kita juga akan mendapatkan kebebasan dalam berkarir dimana tidak ada kewajiban bagi kita untuk pergi ke kantor, mengerjakan tugas dari atasan atau di tuntut oleh orang lain dalam hal pekerjaan. Dimana semua kendali ada ditangan kita.

Saya merasa bebas ketika menjadi blogger, saya bisa menentukan konten atau artikel yang ingin saya bagikan dan tidak ada orang yang menuntut kapan saya harus menyelesaikan pekerjaan saya. Setelah dua tahun saya melakukan aktivitas blogging, saya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan saya dikantor dan berfokus hanya pada blogging hingga saat ini.

3. Sumber Penghasilan

Alasan yang terkahir adalah sumber penghasilan. Aktivitas ngeblog yang saya lakukan pada awalnya bukan untuk uang tapi hanya untuk berbagai informasi tentang panduan belajar WordPress, dimana blog ini awalnya saya gunakan untuk membagikan pengetahuan tentang WordPress dan sebagai catatan apa yang sudah saya pelajari tidak hilang dan sebagai perpustakaan yang akan saya baca kembali jika saya lupa tentang tutorial WordPress tertentu. Dimana saat itu, sumber penghasilan utama saya bukan dari blog melainkan bekerja di sebuah kantor perusahaan.

Tarik uang payoneer atm

Namun, seiring berjalanya waktu ternyata blog ini memiliki peningkatan pengunjung yang signifikan dan banyak komentar yang mengucapkan terimakasih karena telah berbagai tutorial WordPress bahkan banyak dari pembaca blog saya mengirim email pada saya untuk membagikan pengalaman mereka atas manfaat yang sudah mereka dapatkan dari tutorial yang saya bagikan bahkan banyak dari mereka bisa membuat website dengan WordPress dan menghasilkan uang dari keahlian mereka dari WordPress.

Selain itu, yang menjadikan saya merasa ngeblog memiliki masa depan yang cerah adalah adanya email yang menawarkan kerjasama untuk mengulas plugin atau tema WordPress yang dikembangkan oleh mereka dan email ini datang dari pengembang luar negeri, dan mereka memberikan sejumlah uang setelah saya menyelesaikan ulasan tentang produk mereka yaitu tentang plugin dan tema WordPress.

Inilah awal saya melihat kesempatan yang harus saya manfaatkan dari aktivitas ngeblog yang saya lakukan saat itu. Dan sampai sekarang saya juga menghasilkan uang dari tawaran untuk mereview plugin atau tema WordPress dari berbagai pengembang.

Setelah itu, saya juga mencoba menghasilkan uang dari blog dari berbagai macam sumber seperti mendaftar program afiliasi seperti hosting dan layanan lain yang masih berhubungan dengan WordPress dan website, dan mendaftar Google AdSense. Jadi kesimpulannya adalah saat ini saya menghasilkan uang dari blog ini dari review, afiliasi dan Google AdSense.

Lalu, apakah penghasilan dari ngeblog itu besar? Hal itu tergantung bagaimana kita dalam membangun blog dan juga belajar menerapkan berbagai cara dalam memonetisasi blog kita. Tentu penghasilan ngeblog saya masih jauh dari blogger-blogger lain di indonesia ini yang sudah berpengalaman tapi yang saya syukuri adalah saya hidup untuk membiayai keluarga kecil saya didapatkan dari blogging hingga saat ini.

Apakah Anda perlu memulai ngeblog di era digital ini?

Jika Anda melemparkan pertanyaan semacam itu pada saya, maka saya akan menjawab Anda harus mulai ngeblog saat ini juga. Karena apa? Hal itu dikarenakan saat ini semuanya serba mudah, dimana informasi sudah banyak tersebar luas bahkan dengan bahasa indonesia yang tentunya sangat mudah untuk Anda pahami.

Selain itu, untuk memulai ngeblog di era digital ini juga sangat mudah. Dimana yang Anda perlukan dalam memulai sebuah blog adalah pemilihan platform web yang handal yaitu WordPress yang bisa Anda gunakan secara gratis dan WordPress sekarang sudah berkembang menjadi platform yang sangat user friendly. Anda akan mudah dalam menggunakan dan mempelajari WordPress, ini merupakan platform yang kuat dan juga aman.

Selanjutnya yang Anda butuhkan adalah domain dan hosting, layanan ini berbeda dengan ketika awal saya terjun dalam dunia blogging, dimana dulu sangat jarang sekali layanan di indonesia yang menawarkan domain dan hosting. Saat ini Anda akan sangat mudah menemukan perusahaan yang memberikan layanan domain dan hosting indonesia yang murah bisa Anda temukan di internet. Salah satu perusahaan hosting indonesia yang bagus adalah hosting termurah Domainesia, dimana Anda bisa memulai dengan memilih paket hosting hanya 8 ribu per bulan, murah sekali kan..? Anda bisa mendapatkan domain dan hosting di Domainesia dengan harga terjangkau namun memiliki layanan hosting yang handal serta dukungan yang profesional.

domainesia hosting murah indonesia terbaik

Dimana domainesia sudah menggunakan teknologi hosting terbaru dan berbasis awan yang akan menjamin blog Anda akan tetap online dan bebas dari downtime. Hosting mereka juga sangat tangguh dalam menjalankan platform WordPress untuk berbagai kebutuhan, dan cepat ketika di akses.

Memulai ngeblog di era digital ini juga memberikan banyak manfaat untuk Anda. Tidak hanya ngeblog, Anda bisa membangun berbagai macam website untuk bisnis Anda. Karena semua orang saat ini menghabiskan waktu mereka di internet, dan smartphone juga sudah hampir dimiliki oleh setiap orang. Maka membawa bisnis Anda ke ranah online adalah ide terbaik yang harus Anda jalankan saat ini.

Selain memiliki blog atau website untuk mempromosikan bisnis Anda sebagai, jalan terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda melalui mesin pencari adalah dengan membuat Google bisnis. Anda bisa mendaftarkan bisnis Anda di Google My bisnis sehingga bisnis Anda akan mudah ditemukan di mesin pencari Google dengan rincian informasi yang akan ditampilkan secara menarik di hasil pencarian. Dimana Anda bisa menampilkan cuplikan informasi bisnis Anda, alamat bisnis, link website bisnis, foto-foto bisnis atau kantor Anda, jam buka tutup bisnis Anda dan masih banyak lagi.

Dengan melihat beberapa kemudahan seperti itu, tentu ini adalah saat yang tepat untuk memulai ngeblog atau membuat website untuk bisnis Anda dan menghasilkan uang dari itu. Tidak ada kata terlambat karena di era digital ini adalah saat terbaik untuk memulainya dan saat ini begitu sangat mudah untuk membawa bisnis Anda untuk sukses di dunia online.

Baca : 10 Alasan Mengapa Anda Perlu Memulai Blogging

Dan itulah beberapa alasan saya ngeblog di era digital ini dan juga alasan kenapa Anda harus mulai ngeblog saat ini juga. Semoga penjelasan diatas bermanfaat buat Anda dan memotivasi Anda untuk segera memulai ngeblog di era digital ini. Selamat mencoba dan semoga sukses 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10 Situs Web Terbaik untuk Freelance di 2019

Situs web freelance terbaik adalah Fiverr, Marketplace online yang membantu individu yang mencari pekerjaan...

Cara Mudah Membuat Mega Menu di WordPress Dengan QuadMenu

Jika saat ini Anda sedang mencari cara untuk membuat website WordPress Anda memiliki menu...

Close