fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mudah Membuat Mega Menu di WordPress Dengan QuadMenu

Jika saat ini Anda sedang mencari cara untuk membuat website WordPress Anda memiliki menu yang hebat, maka itu cukup mudah karena Anda bisa menggunakan Mega Menu dengan plugin QuadMenu.

Memiliki website yang tampak hebat dan profesional memang suatu keharusan, apalagi jika Anda menggunakan website itu untuk bisnis. Dengan memiliki website yang indah maka akan menarik pengunjung Anda menjadi klien dan juga akan meningkatkan kepercayaan diri mereka terhadap bisnis Anda.

QuadMenu Mega Menu WordPress

Dalam dunia desain, hal yang sangat diperhatikan ketika membuat website adalah bagian menu. Bagian menu menjadi sangat penting karena ini adalah bagian navigasi yang akan sering digunakan oleh pengguna. Jika navigasi website Anda buruk maka ini akan membuat pengguna merasa kesal dan menilai buruk juga pada bisnis Anda.

Kebanyakan website besar, mereka membuat menu websitenya tampak luar biasa dan sering juga terdapat website dengan desain yang sederhana namun memiliki menu yang bagus, menjadikan website tersebut nampak profesional. Maka dari itu, Anda perlu menjadikan menu website Anda sebagai poin penting yang harus Anda rombak agar menjadi lebih indah dan interaktif.

Tak peduli apa tema WordPress yang Anda gunakan, Plugin QuadMenu ini akan membantu Anda memiliki Mega Menu dengan mudah dan memiliki banyak pilihan untuk pilihan menu yang indah.

Di artikel ini, saya akan mengulas apa itu QuadMenu dan kenapa Anda perlu menggunakan plugin ini untuk website Anda. Selain itu, saya juga akan memberikan panduan singkat cara membuat Mega Menu dengan QuadMenu. Mari kita lanjutkan….!

QuadMenu WordPress Mega Menu

Apa itu QuadMenu?

QuadMenu adalah plugin yang berguna untuk membuat menu untuk menampilkan lebih banyak menu dan cuplikan kategori dengan cara yang lebih menarik dibanding menu pada umumnya, menu semacam ini disebut sebagai Mega menu. Misalnya, Anda dapat menggunakan mega menu untuk mengarahkan pengunjung ke kategori tertentu, menampilkan posting terbaru Anda, menambahkan formulir pencarian, dll. QuadMenu juga bisa membuat tab menu dan menu carrousel dengan cara yang sederhana dan mengubah menu asli bawaan WordPress menjadi menu yang ampuh. Bahkan bisa menampilkan produk unggulan yang Anda jual langsung pada menu, tentu ini akan sangat menarik jika Anda memasang untuk toko online WooCommerce Anda.

Anda bisa melihat jenis Mega menu ini ditampilkan pada situs web besar seperti berita, toko online atau perusahaan. Selain membuat navigasi yang lebih banyak pilihan navigasi dan terlihat menarik, navigasi Mega menu juga akan membuat pengunjung tertarik untuk melakukan klik, ini berarti akan menjadikan konten Anda lebih banyak dibuka oleh pengunjung yang pada akhirnya menurunkan tingkat bounce rate situs web Anda.

QuadMenu ini adalah plugin gratis yang bisa Anda download langsung di WordPress.org, namun untuk meningkatkan fitur dan fungsionalitas dari plugin QuadMenu, maka Anda diberi pilihan untuk upgrade ke versi premium dengan harga mulai $15 untuk Personal, $30 untuk paket Agency dan $60 untuk paket Developer.

Masih banyak kelebihan yang ditawarkan oleh QuadMenu, dan ini benar-benar menarik untuk dibahas dan mungkin bisa menjadi alasan yang kuat bagi Anda untuk menggunakan QuadMenu setelah membaca ulasan ini.

Fitur Unggulan QuadMenu

QuadMenu Mega Menu WordPress Features

QuadMega Menu Menu memiliki banyak fitur unggulan yang menarik dan akan menjadikan menu web Anda tampak spektakuler, berikut adalah beberapa fiturnya :

  • Antarmuka drag-and-drop : QuadMenu memperluas sistem menu WordPress asli dengan menambahkan antarmuka drag-and-drop yang mudah digunakan. Antarmuka drag and rop ini akan membantu Anda membuat Mega Menu yang mengesankan tanpa perlu keterampilan bahasa pemrograman sedikitpun.
  • Desain ramah seluler : Mega Menu ini mendukung menu responsif yang indah, dimana menu website Anda akan sangat mudah di navigasi dan memiliki tata letak yang sempurna di mobile. Teknologi layar sentuh juga dimasukkan sehingga pengguna seluler akan benar-benar nyaman ketika menavigasi menu Anda dan ini secara substansial meningkatkan pengalaman pengguna di layar sentuh samrtphone mereka.
  • Banyak pilihan Tata letak : QuadMenu menyediakan banyak tata letak menu yang bisa dipilih. Ini adalah Mega Menu pertama yang semuanya merupakan satu solusi, karena Anda akan dapat membuat menu horizontal atau vertikal di perangkat desktop dan menu dilipat atau offcanvas di ponsel. Terdapat 4 tata letak di QuadMenu yaitu : Collpase, Offcanvas, Vertical dan Sidebar.
  • Banyak pilihan Skin : QuadMenu memberikan banyak pilihan Skin untuk menjadikan Mega menu Anda tampak indah. Ini tentu menjadi perhatian serius karena berhubungan desain dari berbagai website sehingga QuadMenu menempatkan banyak kebebasan bagi Anda dalam menentukan skin yang paling cocok dengan desain web Anda.
  • Banyak elemen dan opsi : Rancang Mega menu di situs web Anda sesuai selera Anda dengan menambahkan berbagai macam item seperti video, ikon, gambar, audio, bilah geser, tab, kolom, widget, dan banyak lagi.
  • Opsi pengembang : QuadMenu telah dirancang oleh pengembang untuk pengembang. QuadMenu telah menyertakan sejumlah besar filter yang memungkinkan Anda mengubah gaya dan perilaku Menu WordPress Anda, menyederhanakan integrasi dengan produk Anda. Anda bebas melakukan apapun dengan QuadMenu.
  • Kustomisasi : QuadMenu memberikan fitur yang sangat bagus ketika Anda bersedia menggunakan plugin ini pada versi premium. Dimana Anda akan memiliki dashboard penyesuaian khusus yang bisa Anda gunakan untuk mengubah semua skema warna menu atau pengaturan tata letak dan melihat efek dari perubahan yang Anda lakukan secara real time.

Baca : Panduan Lengkap Tentang Menu WordPress

Cara Menggunakan QuadMenu

Untuk membuat Mega Menu dengan QuadMenu, tentu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstall QuadMenu Plugin. Untuk proses instalasi plugin ini sama seperti menginstall plugin pada umumnya. Anda bisa membaca artikel saya tentang Panduan lengkap cara install plugin WordPress.

Setelah proses install plugin selesai, silahkan aktifkan plugin QuadMenu dan Anda akan mendapati item menu baru ditambahkan di sidebar dengan nama “QuadMenu”.

Selanjutnya silahkan masuk ke bagian QuadMenu → Options → Configurations, dan pastikan semua tombol dalam posisi “On”.

QuadMenu Mega Menu WordPress Configurations 1

Selanjutnya, Anda bisa melakukan konfigurasi plugin dibagian ini dan klik pada lokasi menu yang Anda inginkan. Sebagai contoh saya klik “Primary Menu”.

Selanjutnya, geser tombol untuk mengaktifkan “Integration dan Conflicts” untuk menghubungkan QuadMenu dengan lokasi menu Anda. Selanjutnya, tekan tombol “Save”.

Perhatikan bahwa Anda dapat mengintegrasikan plugin secara manual jika metode otomatis tidak berfungsi karena satu dan lain alasan. Selain itu, Anda dapat membuat tema gaya Anda. Memiliki banyak tema berarti Anda dapat mengganti gaya menu dengan sekali klik.

Untuk membuat tema baru, klik tombol “Create Theme”. Selanjutnya, beri nama tema Anda, gaya sesuai keinginan Anda dan simpan perubahan Anda. Dengan tema yang siap, Anda dapat memilihnya dari menu drop-down pada bagian “Theme”.

Untuk ulasan ini, saya menggunakan “Default Theme” daripada membuat tema baru. Anda sekarang siap untuk membuat Mega Menu di situs web Anda.

QuadMenu Mega Menu WordPress Configurations

Selanjutnya, Anda bisa mengatur tema menu Anda dibagian menu “Default Theme”, Anda bisa menyesuaikan desain Mega Menu Anda dengan citra dari website Anda. Di bagian ini Anda bisa menyesuaikan background, color, text, logo, typhography, animations dan masih banyak lagi.

QuadMenu Mega Menu WordPress Configurations Layout

Untuk memulai membuat Mega Menu dengan QuadMenu, silahkan masuk ke Appearances → Menu di menu admin WordPress Anda.

Sekarang tentukan nama menu Anda jika Anda membuat menu baru, berikan nama sesuai keinginan Anda pada kolom tersebut. Dan klik tombol “Save Menu”.

Setelah Anda mengaktifkan QuadMenu, Anda akan melihat tombol opsi “+QuadMenu” ketika Anda menyorot menu Anda.

QuadMenu Mega Menu WordPress Menu1

Setelah Anda klik tombol “+QuadMenu”, Akan ada banyak item pengaturan dari QuadMenu yang konfigurasi disini seperti menambahkan subtitle, badge, general, width, columns, dan icon.

Pada bagian “Add Menu Item”, QuadMenu juga menambahkan pilihan seperti QuadMenu Item. Anda bisa menambahkan berbagai macam item ke menu Anda seperti Mega, Icon, Cart dan Search.

Sebagai contoh saya menambahkan QuadMenu Item dengan Mega. Dan setelah itu masuk pada pengaturan QuadMenu, maka saya akan mendapati pengaturan Mega Menu seperti :

  • Default : Di bagian menu tab ini Anda akan menemukan pengaturan yang sama seperti menu biasanya yaitu URL, Target URL, Title, Title Attribute dan CSS.
  • General : Dibagian menu tab ini Anda dapat menambahkan Subtitle, Badge, dan mengatur posisi pada bagian Float.
  • Icon : Dibagian menu tab ini Anda dapat menambahkan icon di tiap menu Anda.
  • Background : Dibagian menu tab ini Anda dapat menambahkan background di Mega Menu Anda dengan gambar yang Anda inginkan dan mengatur opacirty dan posisi.
  • Width : Dibagian menu tab ini Anda dapat mengatur lebar, dimana disini sudah ditentukan dan Anda bisa memilih pada menu dropdown.
  • Columns : Dibagian menu tab ini Anda bisa memilih layout bagaimana Mega Menu Anda akan ditampilkan dan menambahkan item menu ke dalam masing-masing kolom seperti menambahkan menu kategori, post, page dan masih banyak lagi.

QuadMenu Mega Menu WordPress Menu2

Setelah itu, Anda bisa menyimpan menu Anda dan melihat bagaimana hasil dari menu Anda akan ditampilkan. Dan hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

QuadMenu Mega Menu WordPress

Kesimpulan

QuadMenu merupakan plugin yang bagus dan ini akan menjadikan situs web Anda tampak hebat dan profesional. Desain web Anda akan terlihat lebih menarik dan juga meningkatkan klik pada konten-konten atau produk yang Anda jual jika Anda menjadikan Navigasi menu website Anda dengan Mega Menu QuadMenu.

Meskipun pada dasarnya setiap jenis website tidak harus menggunakan Mega Menu, Namun Mega menu tentu bisa menjadi fitur yang berguna untuk blog (dan situs lainnya). Anda dapat memberi pengunjung Anda lebih banyak opsi navigasi dengan Mega menu, dan QuadMenu adalah pilihan yang bagus sebagai plugin yang dapat memberikan kemampuan pada situs WordPress Anda untuk membuat Mega Menu yang indah.

Baca : Cara Membuat Menu Floating Sticky di WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
7 Browser Web Terbaik dan Tercepat 2019

Browser web yang tepat dapat membuat perbedaan besar untuk penjelajahan atau aktivitas berselancar Anda...

5 Software Email Client Terbaik dan Gratis 2019

Kelola semua email, kalender, dan kontak Anda dalam satu software email Mengelola beberapa akun...

Close