banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

4 Cara Menghapus Backlink Spam dengan Google Disavow 

Cara menghilangkan backlink negatif atau cara menghapus backlink spam tampaknya perlu dilakukan jika website Anda mendapatkan link dari sumber yang tidak jelas.

Memang benar, backlink adalah salah satu metode untuk membantu optimasi website di mesin pencarian Google. Akan tetapi, jika link yang dikirim berasal dari sumber yang negatif, justru akan memberikan dampak terhadap peringkat website yang diberikan link tersebut.

Apabila hal tersebut yang sedang dialami pada website Anda, pelajari bagaimana cara mengatasinya melalui penjelasan kami di bawah ini. Karena dengan mengetahui informasi yang banyak, akan membuat peringkat website Anda aman di pencarian Google.

Apa Yang Dimaksud dengan Backlink Spam?

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara menghapus backlink spam, akan lebih baik jika kami berikan penjelasan mengenai apa sebenarnya yang dimaksud dari istilah tersebut. Karena kami yakin, masih ada banyak pemain yang belum paham dengan backlink yang bisa menyebabkan performa sebuah website menurun.

google disavow

Sebagai informasi, backlink spam umumnya disebabkan oleh backlink dengan kualitas buruk yang mempunyai tautan ke situs kita. Dikarenakan kualitas website yang memberi link tersebut memiliki kualitas buruk, maka Google akan membaca link yang mengarah ke situs kita sebagai ‘spam’.

Apa akibatnya? Tentu saja, peringkat website kita di hasil pencarian akan menurun.

Hal tersebutlah yang sangat merugikan, mengingat korban dari link spam tersebut sering sekali tidak mengetahui jika ada link masuk, dan tiba-tiba situs mereka mengalami turun ranking. Akan tetapi, masalah ini timbul sebenarnya bukan hanya karena ada ‘kompetitor website’ Anda yang iseng melakukan hat backlink.

Akan tetapi, hal tersebut juga bisa terjadi jika Anda menggunakan sebuah jasa SEO yang tidak profesional. Dengan kualitas PBN yang buruk, akhirnya berdampak pada performa website Anda. Untuk itu, cara menghapus backlink spam sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini.

Kerugian Mendapatkan Backlink Spam

Sebelum mengikuti penjelasan kami tentang cara menghapus backlink spam, penting juga mengetahui kerugian yang akan dialami oleh pemilik website jika mendapatkan link negatif. Kerugian yang paling sering terjadi dari keberadaan link spam dari situs berkualitas buruk dapat menurunkan peringkat pada hasil mesin pencarian.

Namun kerugian paling terburuknya, situs bisa saja terkena pinalti dari Google, sandbox, bahkan tertena deindex. Walaupun sebenarnya kesalahan ini bukan bersumber dari pemilik website, namun Google tetap tidak mau tahu dan tetap menjalani sistem SEO yang sudah ada.

Cara Menghapus Backlink Spam Menggunakan Alat Google Disavow

Baiklah, mari masuk ke pembahasan inti kami mengenai cara menghapus backlink spam. Di sini, kami akan jelaskan bagaimana caranya menghapus link yang bersumber dari website buruk menggunakan tool Google Disavow.

Sedikit penjelasan bagi yang belum tahu, Google Disavow adalah alat yang masih masuk dari bagian Google WebMaster Tools. Alat ini digunakan untuk mengurangi nilai backlink spam dan membantu mencegah hukuman yang bisa diberikan Google terkait link tersebut.

Karena mesin pencarian raksasa terbesar di dunia itu juga sangat memerangi link spam, maka mereka meluncurkan Disavow sebagai tool yang bisa menjadi aset sangat penting. Nah, berikut cara menghapus backlink spam:

1. Verifikasi Website Anda dengan Link Google WebMaster Tools

Berikut kami berikan contoh website yang akan dihapus. Data ini bisa Anda lihat melalui Google WebMaster Tools atau GWT.

Menghapus Backlink Spam Google disavow 2

  • Langkah pertama, pilih ‘Search Traffic’ atau juga disebut sebagai Lalu Lintas Pencarian
  • Kemudian, pilih ‘Links to Yours Site’ atau disebut sebagai Tautan ke Situs Anda
  • Klik di bagian ‘Download this table’

Apabila sudah didownload dan sudah diperiksa secara teliti, ketik link yang ingin Anda hapus ke dalam bentuk file *txt. Apabila yang mengirim backlink spam terlalu banyak ke situs, Anda bisa menggunakan nama domainnya saja. Sebagai contoh: domainspam.id

Menghapus Backlink Spam Google disavow 3

2. Ketik di Pencarian Disavow

Cara menghapus backlink spam berikutnya adalah mengetik nama web yang mengirimkan link di pencarian Google Disavow Link Tool.

Menghapus Backlink Spam Google disavow 5

3. Disavow Links

Setelah melakukan cara di atas, selanjutnya Anda bisa mengklik tombol Disavow Links. Nantinya, akan tampil penjelasan seperti di bawah ini.

Menghapus Backlink Spam Google disavow 7

4. Upload File *txt

Berikutnya, Anda bisa mengklik lagi tombol Disavow Links untuk mengupload file *txt yang sudah ada.

Menghapus Backlink Spam Google disavow 1

Langsung saja klik unggah, kirim, dan selesai. Anda sudah berhasil menerapkan cara menghapus backlink spam dengan benar dan melaporkan link tersebut ke Google melalui alat Google Disavow. Kemudian, laporan terkait Disavow File yang sudah diupload akan di-email langsung oleh Google sesudah Anda mengklik menu Kirim.

Menghapus Backlink Spam Google disavow 6

Ketentuan Yang Harus Dipahami Sebelum Menghapus Backlink Spam

Setelah menerapkan cara menghapus backlink spam di atas, Anda wajib pahami beberapa ketentuan sebelum memutuskan menghapus link yang mengarah ke situs Anda. Pasalnya, Google sendiri dapat mengetahui, apakah sebuah link yang memiliki tautan adalah link spam atau bukan. Jadi, Anda bisa menggunakan Disavow Tool jika:

  • Anda yakin bahwa situs yang Anda kelola mempunyai banyak link spam, atau link yang berkualitas rendah. Jika tidak yakin dengan hal ini, Anda bisa menghubungi jasa backlink yang akan memberikan solusi yang tepat
  • Sebelum memasukan domain ke Disavow, pastikan bahwa domain tersebut memang benar-benar domain spam dan bukan merupakan backlink berkualitas atau normal. Cek dengan teliti menggunakan tools backlink checker
  • Pastikan Anda tidak salah memasukan nama domain, karena nantinya bisa berdampak pada performa dan peringkat website Anda sendiri.

Penutup

Jadi itulah beberapa penjelasan dari cara menghapus backlink spam dan lainnya. Pahami dengan teliti semua informasi yang ada di atas untuk menghindari masalah lainnya yang mungkin terjadi pada website Anda.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published.