How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

5 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Stres Dalam Aktivitas Blogging

Banyak orang beranggapan bahwa menjalankan aktivitas Blogging adalah hal yang selalu menyenangkan, tapi hal tersebut tidaklah selalu benar. Memang aktivitas blogging ini bisa menjadi sangat menyenangkan ketika blogging menjadi bagian dari hobi, tapi ketika tujuan blogging lebih pada untuk tujuan mencari uang maka aktivitas ini bisa menjadi sangat membosankan dan penuh dengan rasa stres.

Blogger Stres blogging

Tapi, memang tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang aktivitas blogging bisa membuat kita stres meskipun itu berdasarkan hobi. Hal tersebut terjadi karena Blogger cenderung menikmati begitu banyak aktivitas online sehingga mereka sulit mendapatkan waktu untuk beristirahat. Saat ini, smartphone, tablet dan komputer membuat kita semua terpaku di internet, dan kita tidak pernah mendapat kesempatan untuk menikmati zona antara kehidupan fisik dan digital secara seimbang. Cara Memulai Membuat Blog WordPress dalam Waktu 30 Menit.

Produktivitas bukanlah tentang bekerja banyak, tapi ini lebih tentang pada bekerja secara efisien. Jika Anda adalah salah satu blogger seperti saya yang suka ngeblog, belajar, berlatih, meneliti, dan menulis, saya yakin Anda telah mengalami kelelahan.

Saya kadang-kadang merasa tidak termotivasi sehingga saya beberapa hari tidak melakukan hal apapun kecuali hanya menatap laptop maupun smartphone tanpa tujuan yang jelas. Butuh beberapa waktu bagi saya untuk menyadari bahwa apa yang sedang saya alami tersebut salah dan sangat merugikan, dan setelah melakukan beberapa perubahan yang diperlukan, blogging menjadi lebih menyenangkan dan lebih memuaskan.

Blogger biasanya melupakan pekerjaan lain dalam hidup mereka seperti:

  • Kegiatan sosial
  • Pasangan dan Teman
  • Menghabiskan waktu di luar (jauh dari komputer)

Kegiatan semacam ini membantu kita menjadi lebih kreatif, dan akhirnya lebih produktif.

Baca : Tetap Termotivasi adalah Kunci Sukses Dalam Blogging

Bagaimana Menghilangkan Stres dalam Blogging

Dari waktu ke waktu, blogger mungkin menderita karena selalu menulis dan mencari ide untuk tulisan baru. Kadang mereka merasa tidak ada yang tersisa untuk dikatakan, dan ini akan mengancam mata pencaharian mereka. Ini menyebabkan rasa cemas dan gelisah.

Ketika mereka merasa stres, banyak blogger beralih ke aktivitas eskapis seperti merokok, bermain game dan hal negatif lainnya. Mereka menjadi korban banyak hal yang mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan mereka, semua karena pekerjaan online mereka terlalu berat untuk ditanggung.

Jika Anda berjuang untuk menghilangkan rasa stres dalam blogging, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengelola kehidupan harian dan aktivitas blogging Anda.

1. Berolahraga secara teratur

Blogger sering tinggal di satu tempat sepanjang hari menatap layar komputer. Jarang mereka bangkit dan bergerak.

Dengan olahraga secara teratur dapat membantu sirkulasi darah dan membuat sistem tubuh (seperti sistem peredaran darah, sistem pernapasan, sistem pencernaan, dll.) Lebih kuat.

Pergi ke gym dapat menjadi bagian dari rutinitas harian Anda. Ini akan mendorong Anda untuk tetap bugar, tetap sehat, dan tetap bahagia.

Jika Anda penggemar olahraga seperti sepak bola, atau bola basket, alih-alih menonton skor langsung di ponsel Anda, pergilah dan mainkan.

Anda dapat menjadikan ini bagian dari rutinitas latihan harian Anda. Bermain olahraga juga dapat membantu Anda mempertahankan kehidupan sosial Anda karena Anda bertemu dengan orang sungguhan (bukan teman social media).

Olahraga adalah permainan fisik. Permainan semacam ini membantu Anda meningkatkan tingkat mental dan fisik. Seperti disebutkan di atas, pentingnya olahraga dan permainan luar akan membuat tubuh Anda sehat dan segar. Dan di mana ada tubuh yang sehat dan segar, ada pikiran yang sehat dan segar.

Anda juga harus menjaga kualitas ibadah Anda, istirahatkan diri Anda dari aktivitas blogging dengan banyak beribadah karena hal ini bisa benar-benar membuat Anda merasa tenang dan mengembalikan semangat yang besar untuk mulai melakukan aktivitas blogging Anda secara positif.

2. Kelola waktu Anda dengan bijaksana

Banyak pemiliki blog yang hanya bekerja dengan ide, jadi ketika mereka memiliki ide, mereka baru bekerja. Terkadang mereka menghabiskan waktu sepanjang hari tanpa melakukan apa-apa karena ide yang belum muncul, dan kemudian bekerja sampai larut malam, dan kemudian bangun pada siang hari.

Tidak hanya buruk bagi tubuh, itu juga memiliki efek buruk bagi pikiran.

Jika tidak ada stabilitas dalam jadwal Anda, pikiran Anda akan menjadi gelisah dan berujung pada stres.

Silahkan buat jadwal secara teratur dan ikuti jadwal tersebut dengan tertib, jangan pernah menunda pekerjaan ketika mendapatkan ide, Anda hanya perlu memanfaatkan waktu dalam sehari untuk mencapai hal-hal yang perlu Anda capai. Mempertahankan jadwal secara disiplin akan membantu pikiran Anda berhenti khawatir.

Dengan begitu Anda bisa memiliki waktu tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Sebagian besar pengusaha sukses juga melakukan ini. Dengan memiliki waktu tidur yang lebih awal, maka Anda juga otomatis akan bangun lebih pagi, itu akan membuat Anda lebih sehat, fresh, berpikiran positif dan kaya.

3. Bekerjalah diluar rumah

Sebagai blogger, Anda kadang juga harus memiliki waktu untuk mencoba bekerja diluar rumah, Anda bisa mencari cafe atau warung kopi dengan fasilitas wifi yang cepat dan tempat duduk yang nyaman. Anda bisa bekerja sambil minum kopi dan memakan makanan ringan dengan suasana yang baru yang tidak membosankan.

Dengan melakukan ini Anda mungkin akan jauh dari stres dan lebih banyak mendapatkan inspirasi segar untuk ide menulis di blog Anda. Atau Anda juga bisa mengajak teman yang memiliki minat yang sama dengan Anda untuk bekerja bersama pada tempat tersebut sambil berbincang tentang ide-ide masing-masing untuk membuka wawasan yang mungkin sebelumnya tidak pernah Anda pikirkan.

4. Menonton di Bioskop

Seringkali aktivitas blogging Anda menjadikan Anda jauh dari dunia luar, luangkan waktu Anda untuk keluar dan menonton film di bioskop untuk menyegarkan pikiran Anda. Jangan terpaku pada tontonan di YouTube saja, Anda harus mencari tontonan dan suasana baru yang mengharuskan Anda keluar dari dunia blogging Anda.

Dengan cara ini pasti Anda akan menemukan sesuatu hal yang baru, kesenangan baru, bahkan ide baru ketika sedang menonton. Setelah rasa stress Anda hilang, Anda bisa mulai lagi bekerja dengan blog Anda dengan ide-ide yang fresh.

5. Pertahankan kehidupan sosial Anda

Jangan lupakan kehidupan sosial Anda yang nyata. Pastikan Anda untuk keluar rumah dan bertemu dengan teman-teman atau keluarga Anda untuk berinteraksi secara langsung. Jangan hanya berinteraksi dengan mereka semua melalui media sosial karena ini tidak akan merubah apa-apa dan tidak akan menghilangkan rasa stres Anda dari aktivitas blog.

Facebook dan Twitter tidak dihitung sebagai “memiliki kehidupan sosial”. Mereka baik untuk mencari teman, tetapi pertemuan dengan teman-teman secara langsung akan membantu Anda mengeluarkan pikiran dari internet dan ke dunia nyata.

Pergi dan bergaul dengan beberapa teman. Pergi ke bioskop, Pergi makan malam atau Pergi ke suatu tempat yang menarik. Nikmati aspek sosial secara nyata sebagaimana mestinya seorang manusia pada umumnya.

Anda juga dapat berbagi pengalaman blogging Anda dengan teman-teman Anda. Melakukan hal ini akan secara drastis melepaskan tekanan mental Anda, dan Anda akan siap secara mental untuk hari kerja yang akan datang.

Baca : 10 Alasan Mengapa Anda Perlu Memulai Blogging

Diatas adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika mengalami stres dalam aktivitas blogging Anda sebagai seorang blogger, Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan menjadikan Anda terbebas dari stres dalam menjalani keseharian Anda sebagai blogger. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
15 Tema WordPress Terbaik Untuk Para Blogger Profesional

Halo para blogger dan para calon blogger, apakah Anda berpikir untuk memulai membuat blog...

Manfaatkan Strategi Pemasaran Digital untuk Kesuksesan Bisnis Anda Sekarang Juga!

Apakah Anda sudah menggunakan berbagai strategi digital marketing alias pemasaran digital untuk perkembangan dan...

Close