How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Meningkatkan Pendapatan Google AdSense di WordPress

Google AdSense merupakan sumber pendapatan para blogger yang sangat populer. Namun, untuk diterima oleh Google AdSense juga tidak mudah dan kebanyakan blogger baru ditolak dan mereka menyerah untuk mendaftar lagi di Google AdSense dan bahkan mereka berhenti untuk menjadi blogger. Jika Anda belum mendaftar Google AdSense, silahkan untuk mendaftar dengan mengikuti panduan disini ⇒ Panduan Lengkap Cara Daftar Google AdSense Terbaru.

Anda juga bisa membaca artikel tentang Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog Anda?

Untuk Anda blogger yang sudah diterima oleh Google AdSense juga mungkin mendapatkan penghasilan yang kecil dari AdSense dan untuk mencapai Payout harus menunggu berbulan-bulan. Hal ini tentu sangat mengecewakan dan membuat banyak blogger juga menyerah karena mengingat untuk daftar Google AdSense saja sudah susah apalagi sudah keterima dan harus menerima kenyataan bahwa penghasilan dari AdSense tidak sesuai dengan harapan. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa cara untuk meningkatkan pendapatan Google AdSense Anda di WordPress.

Apa itu AdSense dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Google AdSense adalah jaringan periklanan yang dijalankan oleh Google yang memungkinkan pemilik blogger dan pemilik situs web untuk menampilkan iklan dalam bentuk teks, gambar, video, dan iklan interaktif lainnya di blog mereka. Iklan-iklan ini ditargetkan oleh konten situs dan audiens.

Meningkatkan Pendapatan Google Adsense WordPress

Iklan Google AdSense adalah biaya per klik (BPK) yang berarti Anda dibayar untuk setiap kali iklan diklik oleh pengunjung Anda. Jumlah yang Anda terima per klik bervariasi berdasarkan konten iklan dan demografi pengguna.

Jadi, Anda dapat menerima 10 klik pada iklan Anda di mana satu klik bisa bernilai sangat kecil yaitu $0,1 bahkan bisa mencapai nilai yang tinggi misal $5 per klik. Hal tersebut tergantung pada demografi pengguna, jenis iklan dan niche konten blog Anda. Misalnya, lalu lintas dari negara tier-1 (AS, Inggris, Australia, dan Kanada) biasanya mendapatkan CPC jauh lebih tinggi dibandingkan trafik dari negara-negara tier-3.

Berikut adalah tiga faktor yang memengaruhi keseluruhan pendapatan Google AdSense Anda:

  • Ukuran Iklan
  • Penempatan Iklan
  • Kualitas Lalu Lintas

Mari kita lihat ukuran dan penempatan iklan Google AdSense mana yang berkinerja terbaik.

Ukuran dan Penempatan Iklan Adsense Terbaik

Mengingat pendapatan Google AdSense bergantung pada bagaimana pengguna berinteraksi dengan iklan di blog Anda, penempatan iklan yang strategis sangat penting untuk meningkatkan pendapatan Google AdSense Anda.

Format iklan Ad Unit AdSense

Menurut pengalaman dan beberapa penelitian dari banyak blogger ternama, ukuran iklan AdSense yang paling berhasil adalah:

  • 336 x 280 (Kotak Besar)
  • 300 x 250
  • 728 x 90
  • 160 x 600

Ukuran-ukuran iklan AdSense diatas adalah ukuran iklan yang cukup besar sehingga lebih menonjol secara default. Dan area untuk menempatkan iklan tersebut juga harus menonjol.

Penempatan iklan yang ideal dan strategis adalah pada :

  • Header
  • Di atas konten
  • Di antara konten
  • Di bawah konten
  • Dan di sidebar

Aturan umum adalah bahwa Anda harus menempatkan setidaknya satu unit iklan di header atau dibagian atas konten dari konten blog Anda. Karena pada bagian tersebut adalah area yang terlihat oleh pengguna ketika mereka tiba di blog Anda tanpa menggulir kebawah.

Selain itu, Ada beberapa jenis iklan AdSense baru yang perlu Anda coba seperti : Matched Content, In-feed Ads, dan In-Article Ads.

Anda bisa membaca artikel yang lebih lengkap tentang ukuran apa saja yang memiliki pendapatan besar dari Google AdSense disini ⇒ 10 Ukuran dan Format Iklan Banner Google AdSense Terbaik.

Setelah itu, mari kita lihat plugin Google AdSense terbaik untuk WordPress yang dapat membantu Anda meningkatkan pendapatan AdSense Anda.

Mengelola dan Memasukkan Iklan Google AdSense di WordPress

Cara terbaik untuk mengelola iklan di WordPress adalah dengan menggunakan plugin manajemen iklan. Plugin ini memungkinkan Anda untuk memasukkan dan mengelola iklan Anda dari satu tempat tanpa menulis kode apa pun.

Berikut adalah beberapa plugin WordPress untuk mengoptimalkan penempatan iklan Google AdSense Anda.

1. Ad Inserter

Ad Inserter Plugin Pengelola Iklan

Ad Inserter adalah plugin WordPress yang berguna untuk mengelola iklan dan mampu menempatkan iklan di berbagai posisi sesuai dengan keinginan Anda. Plugin Ad Inserter ini tidak hanya mendukung iklan Google AdSense saja melainkan juga bisa Anda gunakan untuk iklan native Amazon, media.net, dan berbagai iklan lainnya seperti iklan Afiliasi maupun iklan mandiri.

Ad Inserter mendukung opsi lanjutan untuk memasukkan kode Javascript, CSS, HTML, PHP, atau iklan mana pun ke halaman blog Anda. Jadi dengan plugin ini Anda dapat menempatkan berbagai macam iklan ke situs WordPress Anda dengan mudah seperti di bagian atas, tengah atau bawah konten dan masih banyak lagi. Dengan Ad Inserter Anda tidak perlu memikirkan bagaimana membuat area iklan sendiri dengan bermain-main kode karena mungkin saja tema WordPress Anda tidak mendukungnya, tapi dengan plugin ini akan secara otomatis menempatkan iklan Anda pada posisi sesuai keinginan Anda dengan sangat mudah.

2. WP Quads

WP Quads Pro

WP Quads adalah Plugin WordPress sebagai pengganti plugin AdSense Quick yang populer namun sudah lama atau lebih dari empat tahun tidak diperbarui lagi oleh pengembangnya. Plugin WP Quads ini memberikan Anda kemampuan untuk memasang iklan di berbagai area di situs WordPress Anda dengan mudah, Selain itu plugin ini juga bisa digunakan untuk berbagai macam iklan lain dan tidak hanya berpaku pada Google AdSense. Dengan WP Quads, Anda dapat memilih untuk memasukkan iklan Anda ke posisi tertentu atau menampilkannya secara acak di konten Anda. Bahkan Anda bisa menampilkan hingga sepuluh iklan per halaman (Tapi untuk Google AdSense Anda hanya di batasi untuk memasang 3 iklan saja, karena itu adalah peraturan yang diterapkan oleh Google).

WP Quads juga memberikan Anda kemampuan untuk menggunakan tag untuk mengaktifkan atau menonaktifkan iklan atau penempatan tertentu secara manual. Dan untuk versi premium dari plugin WP Quads ini akan memberikan Anda lebih banyak fitur seperti dukungan AMP, pilihan tata letak yang lebih banyak, iklan mendukung responsive, pendeteksi pengguna yang menggunakan pemblokiran iklan seperti Adblock plus dan Anda juga akan mendapatkan “kondisi”, yang memungkinkan Anda mengaktifkan atau menonaktifkan iklan pada perangkat tertentu atau untuk jenis post / peran pengguna tertentu.

Tema AdSense Dioptimalkan untuk WordPress

Meskipun Anda dapat menambahkan iklan Google AdSense ke semua tema WordPress, ada beberapa tema WordPress yang lebih dioptimalkan untuk menghasilkan uang melalui iklan. Tema ini memiliki area khusus yang juga dibuat secara khusus untuk Anda dapat menempatkan kode iklan atau memiliki tata letak yang memungkinkan Anda memasukkan iklan di lokasi yang dioptimalkan dan lokasi-lokasi strategis yang menghasilkan klik dan pendapatan yang lebih besar.

Berikut adalah beberapa tema WordPress yang dioptimalkan untuk AdSense yang dapat Anda gunakan.

1. Ad-Sense

theme-wordpress-ad-sense

Ad-Sense adalah Tema WordPress dengan desain responsive yang dibuat oleh pengembang ternama mythemeshop yang ditujukan bagi Anda para pelaku online yang sedang menjalankan program periklanan seperti Google AdSense. Seperti namanya tema ini mempunyai fitur khusus untuk memblokir pengunjung yang memasang Adblocker di browsernya dan menyediakan area-area iklan yang memiliki nilai klik tinggi.

Download

2. Cool

tema wordpress google adsense cool

Cool adalah tema modern, responsif WordPress yang memiliki desain eye-catching. Banyak pilihan dan sepenuhnya disesuaikan. Tema ini akan mengesankan pengunjung dan sangat cocok untuk monetisasi iklan seperti Google AdSense. Plug-and-play merupakan solusi yang efektif untuk menciptakan website keren dengan area iklan yang sudah dioptimalkan.

Download

3. Point

theme wordpress point responsive free

Point adalah tema WordPress bagi para blogger profesional. Dengan desain modern, responsif, tata letak yang menakjubkan dengan banyak judul dan bagian juga memiliki fitur top-end. Tema Point ini adalah tema yang dapat memungkinkan Anda untuk bersaing dengan pemain blogger top di niche Anda. Anda juga dapat menggunakan tema ini untuk toko online maupun blog magazine. Tema ini juga dilengkapi denga area iklan yang banyak yang memudahkan Anda untuk menghasilkan uang dari blog melalui iklan seperti Google AdSense.

Download

4. Blogging

tema wordpress google adsense Blogging

Blogging adalah tema WordPress yang sepenuhnya responsif dirancang dan dibangun untuk blogger yang mempunyai konten besar. Berkat HTML5 dan CSS3 markup dan widget kustom, membangun blog Anda menjadi sangat mudah, dan tema sudah optimasi untuk mesin pencari dan iklan akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas dan pendapatan yang lebih tinggi.

Download

Dan itulah beberapa tips cara meningkatkan pendapatan Google AdSense Anda, semoga artikel ini dapat membantu Anda mengoptimalkan iklan Adsense Anda di WordPress dan meningkatkan penghasilan Anda.

Baca : Cara Memasang Iklan Google AdSense Auto Ads [Terbaru]

Perlu di ingat bahwa Google AdSense memang merupakan cara yang bagus untuk menghasilkan uang dari blog, tapi Anda juga harus meningkatkan pendapatan dari sumber lain seperti mengikuti program afiliasi, iklan mandiri, mengulas produk dan lainnya. Hal tersebut selain dapat meningkatkan pendapatan Anda dari ngeblog juga sebagai antisipasi ketika pendapatan Anda dari satu sumber berkurang, pendapatan dari sumber lain masih bisa menutupi. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Bazaar Lite Responsive Free

Bazaar Lite adalah Theme WordPress responsive gratis yang kreatif dan minimalis untuk situs e-commerce...

(Really) Marvellous Metrics – Alat Analisis Canggih untuk WordPress

Memiliki alat analisis yang canggih memang sangat diperlukan bagi pemilik website, karena dengan adanya...

Close