banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

WP Webhooks : Plugin Otomatisasi WordPress Menggunakan Webhooks

Apakah Anda ingin membuat situs WordPress Anda dapat melakukan beberapa tindakan penting secara otomatis? Jika iya, disini saya akan memperkenalkan sebuah plugin otomatisasi WordPress yang bernama WP Webhooks.

WP Webhooks adalah plugin WordPress yang dapat membantu Anda mengotomatiskan situs WordPress Anda dalam banyak cara yang berbeda. Dengan memanfaatkan Webhooks ini Anda akan mendapatkan manfaat seperti meminimalkan berbagai tindakan yang sebelumnya Anda lakukan secara manual, dapat meningkatkan pemasaran Anda, merampingkan admin Anda, menjual lebih banyak produk, semua dilakukan secara otomatis.

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan secara lengkap tentang WP Webhooks, saya akan mulai dengan menjelaskan apa itu webhooks. Kemudian, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana plugin WP Webhooks dapat membantu mengotomatiskan situs Anda.

WP Webhooks

Apa Itu Webhooks?

Sebelum saya menjelaskan tentang plugin WP Webhooks itu sendiri, terlebih dahulu saya akan memperkenalkan konsep webhooks itu sendiri, karena webhooks tidak familiar bagi kebanyakan pengguna WordPress secara umum. Webhooks hanya familiar bagi para pengembang.

wordpress webhooks

Singkatnya, webhooks adalah jembatan yang berfungsi untuk menyampaikan informasi antara satu aplikasi dengan aplikasi lain menggunakan format URL webhooks khusus. Anda dapat menggunakan webhooks untuk menghubungkan satu atau beberapa aplikasi secara bersamaan dan mengotomatiskan tindakan.

Misalnya, Anda memiliki formulir email newsletter di situs web Anda dan Anda ingin meneruskan informasi yang dikirimkan orang dalam formulir email newsletter tersebut ke layanan pemasaran email favorit Anda. Plugin formulir WordPress Anda akan menerima detail pengguna dan kemudian mengirimkan data tersebut ke layanan pemasaran email menggunakan format webhooks.

Jadi, Anda tidak perlu lagi memindahkan data email pelanggan Anda secara manual dari website ke aplikasi layanan pemasaran email pihak ketiga karena keduanya sudah terhubung.

Baca : Cara Mudah Membuat Link Internal Otomatis di WordPress

Apa itu WP Webhooks?

Setelah Anda mengetahui tentang webhooks, sekarang mari kita bahas tentang plugin WP Webhooks. Plugin ini akan membuat situs WordPress Anda melakukan beberapa tindakan secara otomatis menggunakan webhooks dengan cara membiarkan aplikasi / alat / plugin yang berbeda “terhubung” satu sama lain dengan meneruskan informasi menggunakan “webhooks”, yang merupakan URL khusus.

WordPress WP Webhooks Otomatis

Dengan WP Webhooks, Anda dapat menggunakan webhooks untuk mengotomatiskan situs WordPress Anda dengan dua cara:

  • Kirim data : Anda dapat mengirim data dari situs Anda ke layanan lain. Misalnya, ketika pengguna baru mendaftar di situs WordPress Anda, Anda dapat mengirimkan informasi tersebut ke CRM, Google Spreadsheet, atau aplikasi lainnya.
  • Terima data : Anda dapat menerima informasi dari aplikasi lain dan menggunakan data tersebut untuk melakukan tindakan di situs WordPress Anda. Misalnya, Anda dapat secara otomatis membuat akun pengguna WordPress baru ketika seseorang mendaftar di situs web atau aplikasi lain. Atau Anda dapat membuat atau memperbarui posting WordPress berdasarkan informasi yang diteruskan dari aplikasi lain.

Anda dapat menghubungkan aplikasi secara langsung jika Anda memiliki pengetahuan teknis. Atau, WP Webhooks juga terintegrasi dengan alat seperti Zapier, Integromat, dan Pabbly sehingga Anda dapat menggunakan integrasi alat tersebut dengan ribuan aplikasi lain.

Fungsi Plugin WP Webhooks

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu webhooks, Anda mungkin dapat menebak bahwa plugin WP Webhooks difokuskan untuk membantu Anda menggunakan webhooks untuk mengotomatiskan situs WordPress Anda dengan banyak cara yang menarik dan bermanfaat.

Dibutuhkan hal yang rumit – menyiapkan webhooks – dan membuatnya dapat diakses melalui antarmuka grafis dan integrasi bawaan. Namun, meskipun begitu saya tidak mengatakan itu membuat prosesnya benar-benar sederhana, tetapi setidaknya membuat prosesnya dapat diakses oleh non-pengembang, atau pengguna WordPress yang sudah cukup berpengalaman.

wp webhooks wordpress otomatis 2

Anda dapat menggunakan WP Webhooks untuk membantu dalam dua arah – Anda dapat menggunakan alat lain untuk mengirim informasi ke situs WordPress Anda dan Anda dapat menggunakan situs WordPress Anda untuk mengirim informasi ke alat lain:

  • Triggers (pemicu) : Mengirim data ke URL webhooks tertentu ketika sesuatu terjadi di situs Anda.
  • Actions (tindakan) : Menerima data dari URL webhooks lain dan melakukan tindakan/logika tertentu di situs WordPress Anda berdasarkan informasi tersebut.

Anda akan mendapatkan alat pemetaan untuk membantu Anda menghubungkan data antara trigger dan action dengan mudah. Dan Anda juga akan mendapatkan alat pengujian untuk memastikan konfigurasi Anda akan berfungsi.

Selain itu, Anda akan mendapatkan fitur bermanfaat lainnya seperti:

  • Menambahkan otentikasi untuk pemicu dan tindakan
  • IP Whitelisting yang berfungsi untuk hanya mengizinkan IP atau rentang IP tertentu untuk menggunakan plugin
  • Logging terperinci untuk melacak semua pemicu dan tindakan yang telah terjadi di situs Anda

Integrasi

Plugin WP Webhooks dapat di integrasikan dengan berbagai layanan dan aplikasi pihak ketiga yang akan benar-benar membuat alat ini bermanfaat dan memudahkan banyak tindakan di situs WordPress anda.

fitur integrasi wp webhooks

Pertama, WP Webhooks telah mendedikasikan integrasi dengan layanan webhooks/otomatisasi pihak ketiga yang populer. Ini termasuk:

WP Webhooks juga kompatibel dengan alat lain yang menggunakan webhooks standar, seperti IFTTT dan Automate.io. Melalui integrasi ini, Anda dapat terhubung ke salah satu dari ribuan aplikasi yang didukung layanan ini.

Di bagian depan WordPress, WP Webhooks juga memiliki integrasi khusus untuk plugin WordPress berikut:

  • WooCommerce
  • Advanced Custom Field
  • Easy Digital Downloads
  • Elementor
  • Fluent Forms
  • Formidable Forms
  • Gravity Forms
  • WPForms
  • Contact Form 7
  • WP Simple Pay
  • Forminator
  • WP Reset
  • Dll

Tentu saja, ia juga memiliki integrasi dengan inti WordPress itu sendiri.

Contoh Otomatisasi Dengan WP Webhooks

Salah satu hal yang menyenangkan tentang WP Webhooks adalah sangat fleksibel, jadi saya tidak dapat membuat daftar setiap kemungkinan otomatisasi yang dapat Anda atur.

wp webhooks wordpress otomatis

Berikut adalah contoh penggunaan yang disediakan pengembang di halaman WordPress.org:

  • Tambahkan pengguna WordPress ketika seseorang mendaftar ke kursus Teachable Anda
  • Buat posting WordPress menggunakan asisten suara (seperti Alexa)
  • Tambahkan banyak pengguna WordPress dari daftar Excel/Sheets
  • Buat pengguna melalui data dari Airtable
  • Kirim data ke CRM Anda saat pengguna login ke situs WordPress Anda
  • Api kode PHP kustom berdasarkan data yang masuk
  • Jalankan webhooks khusus setiap kali shortcode WordPress dipanggil

Dan berikut adalah beberapa contoh lagi yang saya buat:

Berikan data dari formulir ke CRM Anda, layanan webinar, layanan pemasaran email, meja bantuan, dll.
Mulai beberapa tugas pemenuhan pesanan saat pengguna melakukan pembayaran melalui Gravity Forms atau WPForms.

Pada dasarnya, jika melibatkan inti WordPress, salah satu plugin di atas, atau aplikasi yang ada di Zapier and co., Anda mungkin dapat mengatur otomatisasi.

Baca : Cara Share Artikel Lama ke Sosial Media Secara Otomatis

Fitur WP Webhooks

WP Webhooks telah dikembangkan dalam waktu yang lumayan lama, Anda pasti akan menerima fitur berkualitas tinggi yang sesuai untuk Anda. Berikut ini adalah daftar fitur dari WP Webhooks Pro pilihan terbaik Anda untuk mengotomatisasi situs WordPress Anda.

fitur wp webhooks

Triggers : Jika Anda ingin mengirim data dari situs WordPress Anda ke layanan atau situs web eksternal apa pun, trigger atau pemicunya dibuat untuk Anda. Endpoint tersebut memungkinkan Anda mengirim data yang relevan berdasarkan peristiwa, seperti saat user atau postingan baru dibuat, ke satu atau beberapa URL webhooks. Anda dapat menggunakannya untuk menginformasikan layanan eksternal dan situs web tentang pendaftaran pengguna baru, posting baru, dan banyak hal lainnya.

Actions : Jika Anda ingin mengirim data dari layanan atau situs web eksternal (seperti Mailchimp, Active Campaign, Integromat, Zapier, atau Papply), tindakan webhooks dari WP Webhooks memungkinkan Anda menangani data tersebut secara efisien berdasarkan kebutuhan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk membuat posting dan pengguna baru, mendaftarkan data khusus, dan banyak lagi.

Integrations : Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, WP Webhooks sudah terintegrasi dengan banyak plugin populer, tapi Anda tetap bisa menggunakan WP Webhooks untuk dapat mengotomatisasi lebih banyak lagi. Jika Anda ingin integrasi khusus dengan WP Webhooks, Anda dapat memintanya langsung pada penyedia WP Webhooks.

Data Mapping : Ini adalah salah satu fitur yang paling kuat. Ini memungkinkan Anda untuk memanipulasi data yang dikirim atau diterima oleh tindakan WP Webhooks. Ini menjadi sangat berguna jika Anda ingin membuat endpoint yang berbeda kompatibel satu sama lain. Misalnya, Anda dapat menetapkan data baru, memanipulasi yang sudah ada, atau mengubah format dalam muatan apa pun.

Logs : Anda bisa melihat apa yang terjadi di balik layar! Dengan fitur log ini, Anda dapat dengan mudah melacak setiap permintaan webhooks masuk dan keluar. Ini menjadi sangat berguna jika Anda ingin men-debug permintaan webhooks atau memeriksa data yang awalnya dikirim.

Authentication : Autentikasi memungkinkan Anda mengautentikasi pemicu webhooks keluar (Kirim Data) ke titik akhir API eksternal menggunakan Kunci API, Otentikasi Dasar, Token pembawa, dan banyak lagi. Fitur yang sama persis yang dapat Anda gunakan untuk juga mengaktifkan otentikasi untuk tindakan webhooks masuk Anda (Terima Data) untuk menambahkan lapisan perlindungan ekstra ke situs web Anda.

Testing : Setiap trigger tunggal (Kirim Data) dan actions (Terima Data) dapat diuji langsung di dalam plugin. Ini memungkinkan Anda melakukan pengujian integrasi langsung menggunakan data demo dari permintaan statis untuk mempersingkat rentang waktu pengujian.

IP Whitelist : Lindungi situs web Anda dengan hanya mengizinkan akses ke alamat IP tertentu atau alamat IP yang khusus Anda daftarkan sendiri yang di izinkan. Fitur ini akan melindungi setiap tindakan (Terima Data) dari WP Webhooks.

Whitelabel : Gunakan WP Webhooks dengan merek dan informasi Anda sendiri. Sesuaikan apa yang dapat mereka lihat dan hanya izinkan mereka mengakses jenis fitur tertentu.

Compability : Secara default, plugin WP Webhooks berintegrasi dengan beberapa plugin pihak ketiga seperti Advanced Custom Field, WPML, dan semua integrasi khusus untuk WP Webhhooks. Selain itu juga menawarkan fitur yang disebut “Post Delay” yang membantu mendukung plugin pihak ketiga lainnya dan data khusus mereka untuk memaksimalkan situs web Anda.

Customizable : WP Webhooks memang menawarkan ribuan kemungkinan konfigurasi melalui fitur plugin untuk membuat alur kerja yang sederhana dan kompleks tanpa satu baris kode pun. Selain itu, juga menawarkan filter dan tindakan WordPress yang luar biasa untuk benar-benar memaksimalkan situs web Anda. Anda juga dapat membuat triggers dan actions webhooks Anda sendiri hanya dengan beberapa baris kode.

Third Parties : WP Webhooks menawarkan integrasi langsung untuk semua platform otomatisasi pihak ketiga utama. Jika Anda tidak menemukan integrasi untuk platform spesifik Anda, Anda masih berkemungkinan besar untuk dapat menggunakannya karena semua layanan mendukung fungsionalitas webhooks dasar.

Harga WP Webhooks

WP Webhooks hadir dalam versi gratis yang bisa Anda download di WordPress.org serta versi premium dengan lebih banyak fitur.

Jika Anda memerlukan versi premium, ada tiga paket harga. Ketiga paket harga memberi Anda akses ke semua fitur inti, tetapi paket tingkat tertinggi juga menambahkan dukungan label putih. Anda juga akan mendapatkan dukungan prioritas jika Anda meningkatkan di luar paket tingkat awal.

harga wp webhooks

Selain perbedaan tersebut, perbedaan utama adalah jumlah situs tempat Anda dapat mengaktifkan plugin:

  • Starter : $79 untuk 1 situs
  • Business : $189 untuk 5 situs
  • Unlimited : $299 untuk situs tak terbatas

Buy WP Webhooks

Kesimpulan

WP Webhooks merupakan plugin yang sangat berguna bagi pengguna WordPress yang ingin menghubungkan beberapa aplikasi atau alat untuk bertukar informasi. Dengan adanya plugin ini akan membuat pengguna yang bukan pengembang dapat memanfaatkan pengguna webhooks dengan lebih sederhana dengan grafis interface, meskipun masih tetap tidak semudah yang dibayangkan.

Selain itu, WP Webhooks juga lebih unggul dibanding dengan alat lain yang serupa karena sangat fleksibel karena Anda dapat menggunakan webhooks untuk apa saja, sedangkan beberapa alat lain mungkin membatasi Anda untuk otomatisasi bawaan.

Jika Anda dapat mengetahui cara kerja webhooks, kemungkinan apa yang dapat Anda atur dengan WP Webhook tidak terbatas. Anda dapat mengatur implementasi kustom Anda sendiri jika Anda memiliki pengetahuan teknis.

Baca : Sellika – Generator Deskripsi Produk Otomatis Untuk eCommerce

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Mudah Membuat Link Internal Otomatis di WordPress

Cara Mudah Membuat Link Internal Otomatis di WordPress dengan Internal Link Juicer - Dalam...

5 Langkah Meningkatkan Domain Authority (DA) Website

Domain Authority (DA) adalah metrik situs yang dikembangkan oleh Moz. Ini merupakan salah satu...

Close