How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Apa dan Kegunaan Widget WordPress?

Sebuah Widget WordPress adalah sebuah blok kecil yang melakukan fungsi tertentu. Anda dapat menambahkan widget ini di sidebar, maupun juga ada yang berada di footer, juga dikenal sebagai daerah widget-ready pada halaman web Anda.

widget wordpressWidget WordPress awalnya diciptakan untuk menyediakan cara sederhana dan mudah digunakan memberikan desain dan struktur pengendalian dari tema WordPress kepada pengguna. Widget dapat dengan mudah untuk di seret dan diletakkan (drag&drop) ke area widget tertentu. Anda dapat menemukan daftar widget yang tersedia dan area widget dengan menuju ke menu Appearance » Widgets di dashboard WordPress Anda.

Widget di WordPress memungkinkan Anda untuk menambahkan konten dan fitur di daerah widgetized tema Anda yang sebagian besar sidebar. Namun daerah-daerah widget-ready bisa di header, footer, sidebar, di bawah konten, dan pada dasarnya setiap area lain  dari tema Anda. Area widget yang tersedia yang Anda miliki dalam Theme Anda akan bervariasi dari theme satu ke theme yang lain.

Sebagian besar theme WordPress mempunyai widget siap dan memiliki beberapa area widget. Namun ada juga theme yang TIDAK dilengkapi area widget. Jika Anda tidak melihat area widget, maka itu berarti bahwa tema Anda tidak mendukung widget.

Ada berbagai jenis widget. WordPress secara default dilengkapi dengan beberapa widget termasuk kategori, tag cloud, menu navigasi, kalender, pencarian, posting terbaru dll. Jika Anda tarik widget posting terbaru di daerah widget, maka akan berisi daftar posting terbaru.

Widget sebagian besar adalah area mandiri dari kode yang melakukan fungsi tertentu. Plugin sering menambahkan widget sendiri untuk memberikan pengguna kontrol lebih besar atas tampilan dari fungsi Plugin (apa itu plugins?). Sebuah contoh dari widget plugin wp125  yang memungkinkan Anda untuk menambahkan zona iklan banner 125×125 di daerah widget Anda dengan menggunakan widget dari plugin tersebut.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Panduan Cara Install WordPress di PC Localhost [Offline]

Jika Anda ingin memiliki blog gratis bisa membuat blog pada layanan gratis seperti blogger...

Mengapa Anda Harus Gunakan WordPress?

Seringkali Pengguna baru wordpress bertanya: Mengapa saya harus menggunakan WordPress? Tidak cukup situs lama...

Close