How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Apa Kegunaan Widget dan Bagaimana Menggunakan Widget WordPress?

WordPress memiliki fitur bawaan yang bernama widget, widget memiliki peran penting dalam pembuatan website dengan WordPress dan fitur ini hampir tidak mungkin ditinggalkan oleh pengguna WordPress. Bagi pengguna WordPress baru, mungkin belum begitu memahami tentang apa itu widget dan apa gunanya widget. Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan secara lengkap tentang widget dan bagaimana menggunakan widget di WordPress.

Apa itu Widget dan Bagaimana Menggunakan Widget di WordPress?

Widget WordPress adalah sebuah blok kecil yang melakukan fungsi tertentu. Anda dapat menambahkan widget ini di bagian area sidebar maupun pada area tertentu yang menjadi bagian dari area widget. Selain area sidebar, widget juga biasa digunakan pada bagian footer, header, maupun bagian layout homepage.

Widget WordPress awalnya diciptakan untuk menyediakan cara sederhana dan mudah digunakan memberikan desain dan struktur pengendalian dari tema WordPress kepada pengguna. Widget dapat dengan mudah untuk di seret dan diletakkan (drag&drop) ke area widget tertentu. Anda dapat menemukan daftar widget yang tersedia dan area widget dengan menuju ke menu Appearance » Widgets di dashboard WordPress Anda.

Halaman Widget WordPress

Widget di WordPress memungkinkan Anda untuk menambahkan konten dan fitur di daerah widgetized tema Anda yang sebagian besar di bagian sidebar. Namun daerah-daerah widget-ready bisa di header, footer, sidebar, di bawah konten, dan pada dasarnya setiap area lain  dari tema Anda. Area widget yang tersedia yang Anda miliki dalam Theme Anda akan bervariasi dari theme satu ke theme yang lain.

Sebagian besar theme WordPress mempunyai widget siap bawaan dari tema dan memiliki beberapa area widget khusus yang sudah disesuaikan dengan layout tema WordPress tersebut. Namun ada juga theme yang TIDAK dilengkapi area widget. Jika Anda tidak melihat area widget, maka itu berarti bahwa tema Anda tidak mendukung widget atau memang sengaja layout website Anda tidak di desain untuk menggunakan widget.

Ada berbagai jenis widget. WordPress secara default dilengkapi dengan beberapa widget termasuk kategori, tag cloud, menu navigasi, kalender, pencarian, arsip, posting terbaru dll. Jika Anda tarik widget posting terbaru di daerah widget sidebar, maka akan berisi daftar posting terbaru ditampilkan pada bagian sisi dari halaman website Anda.

Widget sebagian besar adalah area mandiri dari kode yang melakukan fungsi tertentu. Plugin sering menambahkan widget sendiri untuk memberikan pengguna kontrol lebih besar atas tampilan dari fungsi Plugin (apa itu plugins?).

Cara Menambahkan Widget di WordPress

Untuk menambahkan widget di WordPress sangatlah mudah, Anda hanya perlu masuk pada area Appearance » Widgets. Dan Anda akan melihat halaman widget dengan beberapa blok widget yang sudah tersedia disebelah kiri, dan pada bagian sebelah kanan adalah area widget, Anda bisa melihat gambar diatas tadi.

Cara pertama : Untuk menambahkan widget silahkan klik drag and drop widget ke area widget yang Anda inginkan, sebagai contoh seperti gambar dibawah ini adalah cara menambahkan widget ‘Archives’ ke bagian area sidebar. Setelah itu Anda bisa memberikan judul widget pada area title dan menyimpan widget dengan klik tombol ‘Save’.

add widget demo

Cara kedua : Jika Anda tidak suka menggunakan fitur drag and drop, Anda bisa langsung klik blok widget yang ingin Anda tambahkan maka akan muncul beberapa area widget yang tersedia dibawah blok widget. Anda hanya perlu memilih salah satu dari area widget yang Anda inginkan dan klik tombol ‘Add Widget’ maka widget akan secara otomatis ditambahkan pada area yang Anda pilih.

manual add button

Cara ketiga : Yang terakhir adalah Anda bisa menambahkan widget secara langsung melalui Appearance » Customize, pada bagian ini Anda bisa memilih menu widget dan menambahkan widget pada area widget yang Anda inginkan. Anda bisa melihat seperti gambar animasi dibawah ini. Kelebihan dibagian Customize adalah Anda bisa melihat secara langsung perubahan yang Anda lakukan sehingga ketika tidak sesuai Anda bisa mengubahnya langsung tanpa perlu menyimpan widget.

customizer widget

Dan itulah penjelasan lengkap tentang widget WordPress dan bagaimana menambahkan widget di WordPress, semoga artikel sederhana ini dapat menambah pengetahuan dasar Anda tentang WordPress dan selamat mencoba. 🙂

Baca : Kelebihan dan Kegunaan Widget Text WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress HEYTHERE Lite Responsive Free

HEYTHERE Lite adalah Tema WordPress Responsive Gratis yang digunakan untuk website proyek atau portofolio...

ConveyThis Translate – Plugin untuk Menerjemahkan Website WordPress Anda

Ketika Anda membuat website baik itu untuk tujuan bisnis maupun website untuk tujuan apapun...

Close