How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Tutorial Membuat Widget Fixed atau Melayang Pada WordPress

Saat Anda mengunjungi beberapa blog atau website mungkin Anda akan melihat ada bagian yang ketika di scroll atau halaman digulung dengan mouse maka bagian tersebut akan mengikuti kebawah maupun keatas. Ada beberapa bagian element penting yang dibuat fixed, mengambang atau melayang oleh pemilik website untuk tujuan tertentu. Mungkin Anda akan melihat element dibuat fixed pada bagian header bar, footer bar, sidebar widget maupun newsletter dan masih banyak lagi.

Untuk membuat melayang atau fixed pada bagian header, maupun footer bar Anda bisa membaca tutorial-tutorial saya pada blog ini. Untuk artikel ini saya akan khusus membuat tutorial untuk membuat widget menjadi fixed atau melayang dengan menggunakan plugin gratis q2w3 Fixed Widget.

Keuntungan Membuat Widget Melayang

Dengan adanya bagian element pada website yang melayang atau mengambang saat di scroll ini akan memungkinkan tingkat klik yang lebih tinggi daripada bagian yang terlihat diam atau tetap. Jika Anda menggunakan fixed widget ini untuk iklan maka secara otomatis akan meningkatkan pendapatan Anda karena pengunjung akan merasa tertarik untuk melihat bagian yang lebih menonjol daripada yang lain tersebut.

Cara membuat widget melayang WordPress

Anda bisa menggunakan cara ini bukan hanya untuk iklan, tapi untuk membuat melayang pada berbagai macam widget yang terdapat pada situs WordPress Anda. Anda bisa membuat melayang untuk postingan terkahir, postingan terbaru, kotak subscriber, iklan dan masih banyak lagi.

Tidak hanya situs web kecil yang menggunakan cara ini untuk menarik perhatian pengunjung, tapi situs jejaring social facebook yang terkenal juga membuat bagian sidebar mereka melayang atau fixed untuk bagian iklannya. Dengan mengetahui hal tersebut, itu sudah membuktikan bahwa membuat bagian element pada sidebar terlihat melayang memberikan dampak yang besar untuk menarik perhatian pengguna. Jadi sekarang adalah saatnya untuk Anda menerapkan cara ini pada situs WordPress Anda.

Baca : Cara Memasang Google AdSense di WordPress

Cara Membuat Widget Fixed atau Melayang di WordPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall dan mengaktifkan plugin q2w3 Fixed Widget melalui admin WordPress Anda. Anda bisa membaca artikel berikut ⇒ Panduan Lengkap Cara Install Plugin WordPress.

q2w3 Fixed Widget

Setelah plugin selesai Anda install dan aktifkan maka akan muncul item menu baru dengan nama “Fixed Widget Options” dan menjadi sub menu dari Appearance. Dan silahkan masuk ke menu tersebut untuk melakukan konfigurasi plugin.

Pada halaman pengaturan plugin Anda akan melihat pengaturan yang sangat sederhana dan pemula pun pasti akan dengan mudah untuk melakukan konfigurasi pada plugin ini.

Seperti gambar diatas ini, Anda akan melihat pada bagian “General Options”, Dimana Anda dapat mengatur “Margin Top” sebagai jarak dari widget yang akan Anda jadikan fixed atau melayang dengan jarak widget lain, begitu juga sebaliknya untuk pengaturan “Margin Bottom” berarti untuk jarak dengan element dibawah nya.

Sedangkan untuk “Refresh Interval” biarkan seperti defaultnya yaitu 1500, dan untuk screen max width adalah untuk ukuran widget tersebut untuk menampilkan widget dalam keadaan melayang, misal jika Anda isi dengan 800px, maka saat ukuran dibawah 800px maka widget tidak akan terlihat melayang, jadi ini bisa Anda gunakan untuk mengatur ketika pengguna menggunakan smartphone maka tidak akan terlihat melayang.

Pengaturan Fixed Widget 1

Selanjutnya untuk bagian “Compability” saya hanya mencentang untuk Auto fix Widget id dan User jQuery Window, sedangkan untuk widget display callback saya masukkan nilai 30. Dan jika konfigurasi Anda selesai jangan lupa untuk klik tombol “Save Changes”.

Pengaturan Fixed Widget 2

Selanjutnya yaitu langkah terakhir untuk membuat widget fixed, silahkan masuk ke menu Appearance » Widgets dan pilih widget mana yang ingin Anda bikin melayang, dan lakukan centang pada pilihan checbox “Fixed Widget”. Dalam contoh ini saya membuat text widget sebagai uji coba. lihat gambar berikut.

Pengaturan Fixed Widget 3

Setelah Anda centang pada pilihan “Fixed Widget” silahlan untuk menyimpan widget dan lihat perubahan pada situs WordPress Anda. Jika bagian sidebar yang Anda buat fixed tidak tampil melayang, silahkan untuk menghapus cache pada browser Anda dan juga cache pada situs WordPress Anda jika menggunakan plugin caching.

Catatan: Plugin fixed widget ini bekerja untuk semua jenis widget yang berada pada WordPress. Anda dapat menggunakannya untuk berbagai hal seperti promosi produk, posting populer, foto flickr, facebook, kalender Google, dan apapun yang ingin Anda pasang menjadi fixed atau melayang.

Baca : Membuat Sticky Floating Fixed Footer WordPress.

Dan itulah panduan singkat untuk membuat widget melayang pada WordPress dengan plugin q2w3 Fixed Widget. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan silahkan mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Modern Responsive Free

Modern adalah Theme WordPress responsive gratis yang menakjubkan, dengan desain modern dan elegan. Bagian...

Cara Memasang Embed Video Youtube di WordPress

YouTube merupakan website untuk berbagi video yang dimiliki oleh Google, siapapun Anda yang memiliki...

Close