How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Slider Revolution – Plugin Slider Responsive Terbaik untuk WordPress

Saat Anda ingin membangun website dan ingin membuatnya lebih menarik dan interaktif maka Anda perlu untuk menambahkan fitur slide pada website Anda. Dengan menampilkan slide yang indah maka website akan terlihat lebih profesional dan meyakinkan. Apalagi jika website Anda ditujukan untuk bisnis ataupun portfolio maka sangat diharuskan bagi Anda untuk memasang slider. Dengan slider ini Anda dapat menempatkan semua konten penting pada visual slideshow yang menarik dan interaktif di bagian atas halaman sebelum konten utama Anda, hal ini dapat menarik pengguna dengan cepat untuk melihat point utama yang ingin Anda tawarkan dan pengguna segera dapat mengambil tindakan.

Jika Anda adalah pengguna WordPress maka akan sangat mudah untuk menemukan plugin untuk membuat slideshow, ada beberapa plugin gratis dan juga berbayar. Tapi bagi Anda yang bertujuan untuk menciptakan website yang besar dan profesional, saya sangat menyarankan untuk lebih memilih menggunakan plugin slider premium karena ini lebih menjamin kualitas dan kelengkapan fitur. Salah satu plugin slider premium yang perlu Anda coba adalah Slider Revolution yang dibuat oleh themepunch.

Buy Slider Revolution

Apa itu Slider Revolution?

Slider Revolution adalah Plugin WordPress yang digunakan untuk membuat slideshow dengan tampilan responsif atau dapat menyesuaikan dengan berbagai macam ukuran layar dan mendukung pada semua browser. Plugin ini merupakan plugin slider premium terlaris di Codecanyon yang sampai dengan saya menulis artikel ini sudah terjual sebanyak hampir 180.000, rating tinggi mencapai 4.77/5 dan sudah digunakan lebih pada 2,5 juta situs WordPress.

Slider Revolution

Plugin Slider Revolution ini pertama diluncurkan pada tahun 2012 oleh developer ternama Themepunch untuk memberikan solusi bagi pengguna WordPress yang ingin menampilkan slideshow di website nya dengan membawakan berbagai macam fitur unggulan dan mudah di kustomisasi.

Slider Revolution Responsive WordPress Plugin ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau yaitu : $25 untuk Regular License dan $120 untuk Extended License. Harga tersebut sudah termasuk mendapatkan update dan dukungan dari themepunch selama 6 bulan. Anda bisa menambah $7.88 untuk mendapatkan dukungan selama satu tahun penuh.

Kenapa Harus Memilih Slider Revolution?

Ada beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakan plugin Slider Revolution ini untuk membuat slideshow di website WordPress Anda, karena ini bukan hanya sekedar plugin slider tapi lebih dari itu. Mari kita lihat apa saja yang membuat plugin ini lebih menarik daripada plugin slider yang lain.

Powerfull Visual Editor

Membuat slideshow menjadi sangat mudah karena terdapat fitur visual editor dengan tool yang lengkap, bahkan pemula sekalipun dapat dengan mudah menciptakan slideshow di websitenya dengan plugin ini. Dengan Visual Editor Slider Revolution ini Anda dapat menambahkan berbagai macam hal pada slide seperti background, font, text, link, posisi, animasi, border, dan masih banyak lagi. Selain itu juga terdapat lebih dari 80 contoh slide yang bisa digunakan oleh setiap pengguna, terdapat 340 hand draw SVG dan website template.

Responsive

Slideshow yang Anda ciptakan dengan plugin slider revolution ini akan terlihat sempurna di berbagai perangkat dan ukuran layar karena sudah mendukung responsive. Bahkan Anda sendiri dapat membuat kustomisasi pada layers bagaimana slide akan terlihat pada berbagai macam perangkat.

Media or Social Feed Support

Slider Revolution versi 5.0 keatas sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih untuk mendukung postingan WordPress dan mendukung social media populer seperti Flickr, Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, Vimeo dan HTML5. Dan themepunch akan selalu berencana untuk menambahkan banyak hal pada fitur ini kedepannya.

Optimized Performance

Bagi sebagian besar pengguna mungkin masih ragu untuk menambahkan slider pada websitenya karena alasan akan menjadikan situsnya berat saat di load. Tapi berbeda jika Anda menggunakan slider revolution ini karena sudah di optimalkan agar ringan dan cepat saat di load. Fitur seperti Lazy loading di sematkan pada plugin ini sehingga Anda tidak perlu khawatir slide akan memberatkan situs Anda.

Free Updates and Premium Support

Sejak plugin di rilis pada tahun 2012, secara konsisten tim pengembang melakukan pembaharuan dan peningkatan pada fitur-fitur plugin agar semakin mudah digunakan dan memiliki fungsi lebih. Menggunakan plugin ini Anda akan mendapatkan update gratis dan juga dukungan penuh. Pengembang menyediakan dokumentasi plugin secara lengkap, dukungan dari staff ahli melalui tiket dan akses gratis ke berbagai slider lainnya.

SEO Optimization

Bagi Anda yang selalu menerapkan optimasi SEO, maka slider revolution ini sudah dilengkapi fitur untuk Anda agar dapat menambahkan kustom alt tag pada gambar. Seperti fitur lazy loading juga termasuk pada bagian ini.

Import and Export

Dengan Revolusi Slider Anda dapat dengan mudah mengimpor dan mengekspor slider lengkap dengan isi penuh untuk penggunaan di tema atau untuk dengan mudah memindahkan slider ke instalasi WordPress Anda yang lain.

Cara membuat slider dengan Slider Revolution

Pada bagian ini saya akan memberikan contoh paling sederhana dalam membuat slider dengan plugin slider revolution, karena untuk setup slider secara lengkap bisa Anda baca di dokumentasi themepunch.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membeli plugin tersebut melalui CodeCanyon senilai $25. Dan dapatkan setelah itu download dan install plugin melalui komputer Anda atau bisa Anda upload menggunakan FTP.

Setelah plugin Anda aktivasi, silahkan masuk ke menu pengaturan plugin dengan klik menu “Slider Revolution”, di bagian plugin activation klik tombol “Register Revolution” dan masukkan code aktivasi Anda sehingga plugin menunjukkan peringatan “Plugin Activated”.

plugin activation slider

Setelah proses aktivasi selesai silahkan buat slider baru dengan klik box dengan tanda + dan klik “Create New Slider”.

new slider revolution

Sekarang Anda akan berada pada bagian “Slider Settings” dimana Anda dapat memilih sumber slide Anda pada bagian 1 yaitu “Content Source”, pada bagian ini terdapat default slider, post slider, instagram slider dan lainnya. Pada contoh ini saya memilih “Default Slider”.

Content Source Slider Revolution

Silahkan scrol kebawah pada bagian 2 “Slider Title & Shortcode”, silahakna isi judul slider dan juga nama alias. Dan kolom ketiga akan otomatis terisi sebagai shortcode slide yang Anda buat. Shortcode inilah yang bisa Anda tempatkan pada bagian posting atau halaman jika Anda ingin menampilkan slider pada area tersebut.

Name title Slider Revolution

Pada bagian ke 3 yaitu “Select a Slider Type” terdapat berbagai macam jenis slider yang bisa Anda pilih seperti standart slider, hero slider, carousel slider dan masih banyak lagi. Disini saya memilih menggunakan jenis slider default “Standart Slider”.

Slide Type Slider Revolution

Pada bagian ke 4 pada “Slide Layout” terdapat tiga pilihan yaitu Auto, Full-Width, Full-Screen. Silahkan pilih salah satu dari ketiga pilihan tersebut.

Layout Slider Revolution

Bagian ke 5 ini sebaiknya Anda melakukan penyimpanan terlebih dahulu dengan klik “Save Settings”.

Build Slider Revolution

Untuk melakukan pengaturan umum slide, Anda bisa melakukan konfigurasi pada bagian kanan. Pada bagian tersebut terdapat berbagai macam pengaturan seperti General Settings, Layout & Visual, Navigations, Parallax 3D, Scroll Effect, Google Font dll.

Settings Slider Revolution

Selanjutnya untuk membuat tampilan slide, silahkan beralih pada menu tab “Slide Editor”, pada bagian inilah Anda bisa membuat tampilan slide Anda dan mengatur berbagai macam animasi yang Anda inginkan, Anda bisa menambahkan background, text dan animasi pada editor visual builder.

Visual Builder Slider

Jika Pada langkah diatas sudah selesai Anda lakukan, maka langkah terakhir adalah menampilkan slide buatan Anda. Untuk melakukannya silahkan kembali pada menu “Slider Revolution” dan sorot nama slide yang baru saja Anda buat dan klik icon menu kebawah dan klik “Embed slider”. Anda akan melihat pop up dengan berbagai intruksi cara penempatan slider di website Anda seperti dibawah ini.

Embed Slider Revolution

Selain cara diatas, Anda dapat menambah slide Anda dengan pilihan “Add Slider from Template” yang sudah terdapat banyak sekali contoh slide yang sudah jadi dan tinggal Anda edit. Dan juga Anda bisa mengimport slider dari komputer Anda.

Kesimpulan

Slider Revolution adalah kombinasi dari banyak fitur untuk plugin slider WordPress besar seperti editing mudah, terdapat berbagai pilihan style dan layout, antarmuka responsif dan optimasi mesin pencari. Jika Anda mencari WordPress Plugin slider yang dapat menciptakan tampilan dengan indah dengan berbagai macam animasi maka slider revolution merupakan pilihan yang tepat untuk Anda dan harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau bahkan terasa tidak berarti saat Anda menikmati berbagai macam fitur yang dibawakan oleh plugin ini.

Baca : Cara Membuat Gallery dan Slideshow di WordPress

Dan itulah ulasan saya mengenai plugin slider revolution, semoga artikel ini dapat memberi manfaat buat Anda. Dan selamat mencoba menggunakan plugin revolution slider.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress xPerson Lite Responsive Free

xPerson adalah Theme WordPress Responsif Gratis yang di desain khusus untuk bisnis dan Portofolio...

Cara Membuat Daftar Event di WordPress dengan WP Event Manager

WordPress adalah platform web yang dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan, salah satunya adalah...

Close