Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Membuat Gallery dan Slideshow di WordPress

Bagi blogger atau pemilik website dengan jenis situs apapun dengan menambahkan gambar atau foto pada blog atau website nya adalah sangat penting. Karena gambar maupun foto dapat membuat website dan konten menjadi lebih menarik dan tidak membosankan bagi pengunjung. Apalagi jika Anda seorang blogger yang menampilkan cerita traveling misalnya, dengan menambahkan foto-foto perjalanan Anda di artikel akan menjadikan pengunjung lebih dapat meresapi dan mem-visualisasikan liburan dan tempat yang Anda kunjungi, dan akan memperkuat konten Anda.

Jika Anda membangun atau membuat blog Anda dengan WordPress, maka menambahkan gambar dan foto pada blog Anda sangatlah mudah dan terdapat beberapa cara yang bisa Anda pilih.

WordPress sudah dilengkapi dengan fitur default untuk menghasilkan galeri gambar kustom yang dapat Anda sertakan dalam artikel postingan Anda, dengan memanfaatkan fitur gallery milik WordPress ini Anda tidak perlu lagi menggunakan plugin. Tetapi ada juga banyak plugin WordPress gratis yang ditujukan untuk menciptakan gambar slideshow yang lebih menarik dan bisa Anda pasang di berbagai area blog WordPress Anda. Dan jika Anda menggunakan tema WordPress yang sudah mendukung untuk menampilkan gambar slideshow, Anda tidak perlu lagi repot-repot menggunakan plugin untuk membuat slideshow di situs WordPress Anda.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap cara membuat gallery images dan membuat slideshow di WordPress baik menggunakan plugin dan memanfaatkan fitur gallery default milik WordPress.

Membuat Gallery Foto di WordPress

CMS WordPress memiliki banyak fitur yang besar, canggih dan sempurna untuk penggunanya, dan WordPress akan selalu dan selalu dikembangkan dan akan hadir fitur-fitur baru lagi kedepannya.

Salah satu kelebihan WordPress adalah terdapatnya fitur gallery yang indah dan mudah untuk digunakan. Fitur ini dapat Anda gunakan langsung dari media upload pada setiap posting atau halaman.

Langkah pertama untuk membuat galeri foto pada WordPress adalah dengan membuat atau mengedit postingan atau halaman di mana galeri foto ingin Anda ditempatkan.

gallery-gambar-foto-wordpress

Akan sangat baik untuk menulis konten sebelum menambahkan galeri foto. Dengan cara ini Anda akan tahu persis di mana gambar akan muncul dalam kaitannya dengan konten seperti pada contoh gambar diatas.

Jadi dalam visual Editor Anda bisa membuat jarak diantara dua paragraf pada tulisan Anda untuk menempatkan kursor sebagai tempat galeri Anda nantinya. Sehingga terlihat seperti ini:

Selanjutnya klik tombol “Add Media” yang terletak tepat di atas visual editor. Ini akan membuka jendela halaman untuk upload gambar baru.

Setelah jendela terbuka terlihat di bagian sidebar kiri terdapat menu link berlabel “Create Gallery”. Silahkan klik “Create Gallery” dan upload atau memilih gambar yang sudah ada dari galeri Anda.

Sekarang lihat pada bagian atas, Anda akan melihat terdapat dua tab di bagian atas. Secara default Anda akan berada di layar upload, jika Anda ingin membuat gallery dengan gambar atau foto baru yang belum Anda upload, Anda bisa langsung upload gambar Anda melalui bagian ini. Tetapi jika Anda ingin memilih gambar atau foto dari media library yang sudah Anda upload sebelumnya, maka silahkan klik tab yang berlabel “Media Library”.

media-upload-wordpress-gallery

Untuk memilih gambar yang ingin Anda jadikan gallery, Anda hanya tinggal klik pada gambar-gambar tersebut, dan jika ingin membatalkan pilihan gambar Anda bisa klik ulang sehingga tanda centang di sudut kanan atas thumbnail hilang.

gallery-gambar-wordpress

Anda dapat menambahkan judul, alt teks, dan keterangan pada gambar-gambar tersebut pada bagian sidebar. Namun pada bagian ini Anda tidak perlu menambahkan keterangan atau mengubah pengaturan ini. Namun disarankan bagi Anda setidaknya membuat judul atau alt teks karena tambahan info ini membantu Google saat mengindeks foto untuk pencarian gambar atau menjadikan gambar SEO friendly.

Sekarang setelah semua gambar Anda telah dipilih dan disesuaikan Anda dapat mengklik tombol “Create New Gallery” di sudut kanan bawah.

informasi-seo-gambar-gallery

Layar baru ini berisikan thumbnail-thumbnail dari gambar galeri yang dipilih dan terdapat pilihan untuk menambahkan keterangan ke setiap foto. Dan jika Anda ingin menghapus foto dari galeri cukup klik ikon kecil X di bagian sudut gambar.

gallery-image-wordpress

Jika Anda ingin mengatur ulang tatanan foto, Anda dapat melakukannya dengan klik & menyeret gambar di bagian yang Anda inginkan. Sebelum menyelesaikan galeri Anda, lihatlah pengaturan di bagian sidebar kanan. Kebanyakan orang ingin link langsung ke foto jadi itu adalah ide yang baik untuk mengubah “Link To” pada “Attachment Page”

Kemudian Anda dapat memilih berapa banyak kolom galeri yang ingin Anda gunakan bersama dengan ukuran thumbnail dan jenis thumbnail. Salah satu jenis gaya yang ditampilkan adalah slideshow yang berperilaku sedikit berbeda dari galeri biasa. Tapi Anda selalu dapat kembali untuk mengedit pilihan ini jika Anda ingin mengubah cara galeri Anda ditampilkan.

Jika semua sudah selesai, silahkan klik tombol “Insert Gallery” dan gallery akan muncul dalam editor Anda. Dan sekarang klik tombol “Publish” atau “Update” dan lihat gallery Anda sudah terpasang pada postingan artikel Anda.

gallery-images-wordpress

Semua gambar gallery ditampilkan dalam bentuk gambar thumbnail seperti diatas, jika Anda mengklik thumbnail gambar tersebut maka akan menampilkan ukuran penuh foto dalam slide galeri. WordPress memiliki fitur built-in secara default sehingga ini akan bekerja baik pada setiap tema.

Diatas adalah cara mudah untuk membuat gallery di postingan atau halaman WordPress Anda, WordPress memiliki metode yang sangat serbaguna untuk menciptakan slideshow galeri gambar brilian. Teknik ini bekerja pada tema apapun secara default dan ditata dengan sempurna.

Membuat Gambar Slideshow di WordPress

Dan dibawah ini saya akan menjelaskan cara memasang slideshow pada WordPress dengan menggunakan plugin, karena mungkin Anda ingin mendapatkan fitur, dan dukungan yang lebih besar untuk kustomisasi.

Di tutorial slideshow ini saya memilih satu plugins slideshow yang sangat keren yaitu menggunakan plugins Slideshow JQuery Image Gallery.  Dengan menggunakan plugins ini anda bisa menempatkan slide dimana saja yang anda inginkan, bisa di postingan, Home, maupun di widget.

Baca : 9 Plugin Slideshow Responsive Terbaik WordPress

Berikut Fitur Dari Plugin Slideshow JQuery Image Gallery

  • Dapat Membuat banyak slideshow dengan banyak slide yang Anda inginkan
  • Slides Gambar
  • Slide teks
  • Slide Video YouTube
  • Responsif
  • Menempatkan di mana saja di website Anda
  • Menjalankan beberapa slideshow pada halaman yang sama
  • Mengubah animasi dan penanganan
  • Dapat disesuaikan dengan selera

Cara Menggunakan Slideshow JQuery Image Gallery

1. Download plugins Slideshow JQuery Image Gallery

2. Install dan Aktifkan

3. Setelah itu masuk ke menu “Slideshow” di sidebar dashboard admin WordPress Anda, dan buat nama baru untuk Slideshow yang ingin anda buat dengan klik add new.

Tutorial wordpress add new slideshow4. Tambahkan slide, baik itu slide berupa text, gambar maupun video bisa anda tambahkan dengan cara insert di bawah tombol publish.

cara menambahkan menambahkan slide wordpress

5. Dan Lakukan setting di kolom kanan, anda bisa melakukan setting animation dan ukuran dan banyak lagi disini.

Cara setings settings slideshow di wordpress

6. Pasang Slide dimana yang anda inginkan, jika di widget disitu sudah tersedia widget untuk plugins ini, jika di postingan anda tinggal insert dengan menekan tombol insert slideshow di samping add new. dan untuk embed di template anda bisa masukkan script dibawah ini di mana anda ingin menampilkannya.

<?php do_action('slideshow_deploy', '372'); ?>

Baca : 6 Plugin Untuk Tampil dan Sembunyikan Widget WordPress

Diatas adalah cara membuat dan memasang Gallery dan Slideshow Gambar di WordPress, Silahkan ikuti panduan diatas untuk membuat gambar-gambar atau foto Anda tampil lebih baik di situs WordPress Anda. Selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • pecinta blog

    gan thank ya buat artikelnya

  • pecinta blog

    gan mohon pertimbangan untuk blog saya, mungkin ada masukkan

  • Jam Tangan

    wah mantap gan.

  • ihsan

    mas kalau pasang slide show di blog, apakah dapat membuat page reload blog menjadi berat ?
    mohon pencerahannya …

    • Iya gan akan jadi berat, soalnya ngeload gambar banyak. tapi kalo hosting agan bagus dan kecepatan web di optimasi, hal itu nggak masalah. berikut cara mempercepat loading website atau bisa cari di blog ini banyak yang lain 🙂

  • rumah yatim

    terima kasih infonya mas..

  • Fariz

    script embed-nya ditaruh mana ya gan?

    • untuk script php itu bisa agan taruh di index.php dari theme yang agan gunakan. untuk penempatan script itu nggak pasti gan, disesuaikan. atau coba taruh di < ?php if (have_posts()) : while (have_posts()) : the_post(); ?>

  • topenk

    mkasih info nya gan,,
    kalu mau buat page baru tapi berbeda tampilan tata letaknya gimana ya gan?

    • Pelajari structure nya gan. disini masalah desain layout di css nya, terserah mau di bikin gimana. sesuai dengan desain yang di inginkan.

  • Jelly Gamat Obat Maag Kronis Alami

    makasih gan informasinya,. kalo di pasang pada blogspot gimana yah ?

    • Maaf gan, ane belum ada bahas tentang blogspot, cari aja di google gan. 🙂

  • Ibrahim Lubis

    Kalau boleh tanya, slide yang sobat paparkan berat ngak ya loadingnya, sebab jika berat tentu akan menggangu kinerja blog secara keseluruhan. Terima kasih sebelumnya dan salam kenal

    • Enggak gan, tergantung size gambarnya. Tapi kan banyak cara buat blog agan jadi kenceng. cari aja di artikel centerklik banyak.

  • didik santoso

    terima kasih infonya gan 🙂
    saya juga punya blog ini gan, bisa kasih saran dan komentarnya gan tentang blog saya ini?
    makasih gan 🙂

  • Tuan Kluet

    apa tutorial ini bisa di terapkan pada semua template min..
    terima kasih

  • sewa mobil semarang

    mass.. untuk ukurannya gmn..? saya mau taruh di header biar agak besar dikit.. mohon infonya..

    • untuk ukurannya di bagian menu display settings, sesuaikan aja dengan ukuran gambar agan. slideshow dengan plugin ini juga sudah mendukung responsive.

  • filla

    gan kok tulisan insert gak ada

    • Seharusnya ada gan insert di post artikel disamping add media, tapi jika tidak ada agan bisa memasukkan dengan cara mengcopy code di slide yang agan buat dibawah tulisan informations, disitu terdapat kode seperti berikut : [slideshow_deploy id=’372′] kode tersebut paste di postingan aja gan. semoga berhasil.

  • ial

    gan tolong cek blog ane, ini knpa photos dan slide g bisa kerja ya

  • Dikatama

    thanks gan infonya . . .
    ane sedot dulu gan ….

    langsung TKP, hahha 😀 . . .

  • Toni

    kebetulan blog saya belum ada slideshow dan pengen memasangnya biar lebih menarik
    terima kasih, izin bookmark dulu

  • training key performance indicators

    terma kasih banyak buat informasinya, saya akhirnya berhasil menambahkan slideshow image pada website saya yang sebelumnya imagenya tidak bisa ganti-ganti sekrang sudah bisa.. sekali lagi thanks

  • Newsautorev

    nice info this plugin

  • GrosirMu

    thanks plugin dan penjelasannya gan, rencana mo pake di website olshop gw semoga aja nggak berat loadingnya

  • samsul

    wuih muantap nih artikel, makasih gan

  • jual sepatu pria

    terimakasih gan atas info plugin perlu juga di coba

  • Tan Pah Kaa

    Masih bingung, Gan. Mungkin bleh ditambah gambar-2 gitu biar tambah jelas langkah-langkahnya…

  • Kubah Masjid

    thank’s boz infonya, siap dicoba…

  • Wahid Biyobe

    Gan, mohon pencerahannya: Oya ini blog organisasi ane , nah disitu kan sudah terpasang slideshownya, saya mau tanya gimana cara buat untuk next slide show berikutnya???? saya belum bisa, sudah cari tutorial kesana kemari juga belum ada yg sanggup membuat pencerahan. Terimakasih. Mohon direspon.

    • agan gunain plugin apa? jika gunain plugin seperti di tutorial, ya tinggal tambahin lagi gambarnya. klo gambar yang di pasang cuman satu ya g bisa next slide gan.

      • Wahid Biyobe

        biar tampil slideshow+biar bergerak (next slide/slide 1,2,3,dst)ane harus menyettingnya di bagian mana yah di dalam wordpress ane? agar tidak kejadian seperti ini.mohon buatkan tutorialnya gan,,,terimakasih banyak… Artikel diblog ini bermanfaat..

        • cek email agan.

          • Wahid Biyobe

            oke….segera dicek

  • jasa buat blog

    Menggunakan wp self hosted sangat menyenangkan karena ada banyak pluggin yang bisa langsung di install tanpa mengerti coding, cuma kadang beberpa pluggin susah sekali mengoparasikanya apa karena pengetahuan ane tentang wp terbatas ya?

  • Jangan Cek Favorit!

    gan, slidernya bisa dipakai di themes virtue woocommerce versi free ga?

    • Bisa aja gan. Di theme apa saja plugin ini bisa.

  • Musthafa Kamal

    maksud dari embed di template gmn mas?

    • Maksud dari embed di template itu, bisa di pasang permanent, baik itu di homepage ataupun di bagian mana aja terserah. misalnya tiap single post mau di pasang slide yang sama. maka taruh code slide di file single.php .

  • andy wiryantana

    yg d instal yg mana ya gan?
    kok gw bingung?

    • itu kan ada download plugin no. 1 gan, ya itu yang di install.

  • GoogleAdsByGoogle

    Terimakasih atas informasinya.

  • Sumitra Suradinata

    makasih ilmunya brow, sangat bermanfaat… mampir juga ke

Must Read...!
Theme WordPress EasyBlog Responsive Free

EasyBlog adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang cocok Anda gunakan untuk blogging, foto blogging,...

5 Pertimbangan Penting Sebelum Install Plugin WordPress

Wordpress merupakan platform website yang sangat populer, dengan adanya plugin membuat WordPress menjadi semakin...

Close