Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Edit atau Hapus URL Category di WordPress

WordPress pada struktur URL kategorinya mempunyai ciri khas yaitu dengan URL default /category/. Mungkin pada sebagian besar pengguna WordPress ingin merubah URL tersebut sesuai dengan keinginan mereka, atau bahkan mereka ingin menghapus URL /category/ dari struktur URL nya agar tampak lebih pendek dan mudah di ingat.

Baca : Struktur URL SEO Friendly untuk WordPress

Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu bagaimana merubah URL /category/ tersebut dengan kata yang lain sesuai dengan keinginan Anda tapi belum tahu cara menghapusnya. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk mengubah atau menghapus URL kategori default dari WordPress. Jika Anda pengguna baru dan belum mengetahui cara menggunakan permalinks cantik, WordPress menambahkan /category/ ke URL kategori, misalnya https://www.centerklik.com/category/theme. Pada URL bagian tengah /category/ adalah yang disebut kategori dasar.

Cara Edit URL /Category/ di WordPress

Kategori dan tag dasar dapat dimodifikasi di bagian bawah halaman pengaturan permalink Anda, yang terletak di menu Settings » Permalinks.

Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan kata yang ingin Anda gunakan sebagai basis kategori Anda. Misalnya, Anda ingin mengubah URL kategori /category/ dengan URL /topics/ sebagai contoh menjadi seperti berikut :  https://www.centerklik.com/topics/olaharga/.

edit url category

Pada gambar diatas terlihat terdapat dua field untuk mengubah URL tag dan kategori, silahkan isi kedua field tersebut sesuai dengan keinginan Anda, lalu klik save cahnges dan lihat perubahan URL Anda sekarang.

Cara Menghapus URL /Category/

Banyak pengguna WordPress lebih memilih untuk benar-benar menghapus kategori dasar dari URL WordPress mereka. Beberapa pengguna berpikir dengan menghapus URL tersebut akan memiliki manfaat SEO yang lebih baik. Saya pribadi tidak berpikir bahwa menghapus kategori dasar memiliki manfaat SEO yang signifikan, Anda bisa melihat sendiri URL di blog ini masih terdapat URL /category/, dan sepertinya plugin WordPress SEO by Yoast setuju dengan ini. Pada awalnya, WordPress SEO by Yoast memiliki pilihan untuk menonaktifkan URL kategori dasar ini. Namun, Yoast saat ini sudah menghapus opsi ini dari plugin untuk instalasi terbaru. Pengguna lama yang mungkin telah mengaktifkan pilihan tersebut, sekarang melihat pemberitahuan bahwa pilihan menonkatifkan URL kateogri dasar akan dihentikan.

Di sisi lain, ada beberapa keuntungan estetika menghapus kategori atau tag dasar dari URL di WordPress. Hal ini membuat URL pendek dan mudah diingat.

Untuk menghapus kategori dasar dari WordPress, Anda perlu untuk menginstal dan mengaktifkan plugin FV Top Level Categories. Setelah diaktifkan, plugin ini akan menghapus kategori dasar dari URL kategori Anda. Plugin ini tidak mempunyai halaman pengaturan, jadi Anda tidak perlu melakukan konfigurasi.

Baca : Merubah URL Link Konten WordPress Dengan Cepat

Berikut adalah artikel cara edit dan menghapus URL kategori dasar dari WordPress. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Awaken Responsive Free

Awaken adalah theme wordpress responsive gratis yang di desain untuk sebuah majalah / berita...

Cara Otomatis Tambahkan Judul Media di WordPress

Gambar dalam sebuah situs merupakan bagian terpenting dari sebuah website yang kaya konten, dengan...

Close