How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

WP Media Folder – Plugin untuk Membuat Folder di Media Library WordPress

WordPress memiliki media penyimpanan canggih bernama “Media Library”, Media Library ini pada dasarnya adalah direktori dari setiap file media tunggal yang telah di upload ke situs WordPress Anda. File media ini meliputi gambar, video, audio dan bahkan dokumen.

Media library WordPress dibuat sangat mudah bagi pengguna untuk melakukan upload file, dan tidak hanya sekedar berfungsi sebagai tempat penyimpanan file tapi media library merupakan alat yang hebat dan mencakup semua kebutuhan manajemen media di situs Anda.

Media library WordPress juga dapat di integrasikan dengan berbagai macam plugin untuk menambahkan fitur lebih. Salah satu plugin keren yang perlu Anda tambahkan adalah WP Media Folder yang dibuat oleh Joomunite.

Apa itu WP Media Folder?

WP Media Folder adalah plugin keren yang akan mengubah Media Library WordPress pada umumnya menjadi lebih mudah untuk digunakan sehingga dapat menghemat banyak waktu Anda karena memudahkan Anda dalam melakukan manajemen file sehingga lebih mudah untuk dikelola.

Dengan menggunakan plugin WP Media Folder ini maka masalah yang sering di alami oleh pengguna WordPress akan terselesaikan, banyak pengguna WordPress merasa Media Library WordPress masih berantakan dan tidak terorganisir dengan baik sehingga semua file tersimpan menjadi satu dan sulit sekali bagi pengguna untuk menemukan gambar. Mungkin menemukan gambar di media library WordPress sangat mudah jika gambar masih sedikit dan Anda hafal kata kunci dari file Anda, tapi itu akan menjadi sulit jika Anda sudah menyimpan ribuan gambar dan situs Anda sudah berumur beberapa tahun.

WP Media Folder hadir untuk mengatasi masalah ini dengan membiarkan Anda membuat folder dan sub-folder di dalam media library sehingga Anda dapat dengan mudah dalam manajemen file dan mudah dalam menemukannya. Menerapkan cara kerja ini sangat mudah seperti halnya Anda mengatur folder dan sub-folder di komputer Anda. WP Media Folder juga menawarkan fitur lain seperti filter, WooCommerce compatibility, styled files, dan lainnya.

Harga WP Media Folder

Harga WP Media Folder

WP Media Folder memiliki harga yang dibagi dalam 3 paket, ini untuk memudahkan Anda dalam memilih harga yang sesuai dengan kebutuhan Anda :

  • $29 : Paket ini menyertakan plugin dan 6 bulan update dan support
  • $39 : Paket ini menyertakan plugin dan 1 tahun update dan support
  • $49 : Paket ini menyertakan plugin dan 1 tahun update dan support + ( 3 add ons )

Itulah harga dari plugin WP Media Folder yang cukup terjangkau, Anda bisa membeli plugin ini dengan mengunjungi situs joomunite melalui link dibawah ini.

Buy WP Media Folder

Cara Menggunakan WP Media Folder

Setelah Anda membeli dan mendownload plugin WP Media Folder, sekarang saatnya untuk Anda menginstal dan mengaktifkan plugin WP Media Folder.

Selanjutnya akan mendapatkan notifikasi yang menanyakan apakah Anda ingin mengimpor kategori sebagai folder? Pada bagian ini Anda dapat memilih pilihan Import atau mengabaikan notifikasi tersebut.

Jika Anda ingin menjadikan kategori sebagai folder sebaiknya silahkan untuk klik tombol “Import Categories” karena ini akan memudahkan Anda dalam membuat dan membagi folder dengan hanya satu klik saja.

Setelah opsi impor pertama, Anda dapat menuju ke halaman pengaturan WP Media Folder untuk mengkonfigurasi semua pilihan plugin.

Pada pengaturan umum atau General ini terdapat salah satu fitur penting yang harus Anda tentukan adalah jika Anda ingin mencari hanya dalam folder yang ditentukan atau keseluruhan perpustakaan media Anda.

Wp media folder settings

Fitur filter juga dapat dikonfigurasi oleh pengguna, hal ini membuat mudah untuk menyaring file dengan kriteria yang paling relevan untuk Anda temukan. Anda juga sebaiknya mengaktifkan fungsi file replace karena ini akan sangat berguna nantinya.

Wp media folder settings 2

Di tab berikutnya, Anda dapat mengatur Media Gallery. Pada bagiana ini Anda dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa fitur gallery yang dibawa oleh plugin seperti Lightbox, Slider, Mansory, dan Portfolio.

wp media folder settings 3

Pengaturan penting lainnya adalah setting “Media rename”: Ini memungkinkan Anda mengubah nama file secara otomatis saat menguploadnya. Misalnya – Anda bisa memberi nama semua file “Folder Name” + Number. Hal ini membuat lebih mudah untuk menerapkan nama gambar yang lebih SEO Friendly. Dan Anda juga bisa menghemat beberapa pekerjaan manual.

wp media folder settings 4

WP Media Folder juga memungkinkan Anda mengkonfigurasi sinkronisasi otomatis dengan server Anda – ini memastikan folder Anda di dalam media library sesuai dengan folder di server Anda.

Plugin ini juga di dukung dengan fitur yang akan sangat berguna bagi setiap pemilik situs yaitu Image Recycle, dengan tool ini maka gambar akan dikompresi menjadi ukuran yang lebih ringan dan tetap menjaga kualitas. Hal ini akan menjadi situs cepat saat dimuat dan akan menjadi lebih SEO Friendly.

Dan dibawah ini adalah fitur-fitur utama yang perlu Anda ketahui dari WP Media Folder :

Manage Media Folder and Sub Folder

Setelah konfigurasi plugin selesai, sekarang saatnya untuk melanjutkan pada pembuatan folder dan mengelola folder. Untuk membuat folder baru, silahkan klik tombol “Create folder”.

buat media folder

Setelah itu Anda dapat memberikan nama folder sesuai keinginan Anda, dan setelah itu folder baru sudah tercipta dan tersimpan di media library Anda. Cara menggunakan WP Media Folder ini sangat mudah dan sama dengan proses pembuatan dan pengelolaan folder di Sistem Operasi yang Anda gunakan. Proses penciptaan folder juga berlangsung dengan cepat seperti pada perangkat desktop Anda.

kelola gambar di media folder

Untuk upload file ke folder tersebut juga masih sama dengan cara upload pada media library sebelumnya yang hanya perlu drag and drop saja, yang membedakan adalah penempatan pada folder yang berbeda. Yang menjadikan keren plugin ini adalah bahwa URL gambar tidak berubah meskipun sudah disimpan dalam folder maupun sub-folder, dengan begini maka Anda tidak akan perlu takut akan kehilangan file-file Anda jika menghapus plugin tersebut.

image media replace

Fitur bagus lainnya adalah replace file. Bila diaktifkan, Anda bisa mengupload file baru untuk menggantikan yang sudah ada. Dengan adanya fitur ini maka tidak akan menyebabkan broken link jika Anda telah menggunakan file tersebut di posting atau halaman. Karena link ke file tetap sama, Anda tidak perlu memperbarui apapun di posting atau halaman Anda. WP Media Folder memiliki fitur keamanan yang membutuhkan jenis file agar tetap sama sehingga Anda tidak bisa mengacaukannya secara tidak sengaja.

Create Gallery

WP Media Folder juga memberi Anda pilihan baru saat membuat galeri dengan antarmuka standar WordPress. Anda dapat menambahkan semua gambar ke dalam folder secara otomatis, memilih tema khusus, mengatur lightbox, slider dan portfolio.

Buat gallery di wp media folder

Dengan adanya fitur ini tentu akan lebih mempermudah Anda jika ingin memiliki tampilan gallery yang bagus di situs WordPress Anda dan tidak perlu menambahkan plugin lain hanya untuk membuat gallery dengan tampilan seperti lightbox, slider dan lainnya. Selain itu membuat galeri juga lebih mudah dengan membuat galeri dalam satu folder sekaligus.

Order and Filter File / Folder

filter-and-order-media-folders

WP Media Folder juga dilengkapi dengan fitur filter dan ordering yang canggih dan jauh lebih lengkap dibanding dengan media library WordPress default. Dengan plugin ini Anda dapat memfilter media menurut jenis file atau ukuran, atau memesannya dengan judul misalnya, dan semuanya disimpan secara otomatis. Jadi pada saat Anda membuka media manager, layar Anda akan bersih. Terlebih lagi, sebagai parameter, Anda dapat menentukan dimensi gambar dan filter ukuran gambar. Anda memiliki banyak pilihan filter. Saat ini, Anda dapat memfilter dengan:

  • Jenis file
  • Tanggal pengunggahan
  • Map
  • Dimensi gambar
  • Ukuran file

Filter ini harus membuatnya sangat mudah ditemukan file, terutama bila digabungkan dengan folder.

Sync Media with Server Folder

WP Media Folder menyertakan fitur untuk membuat sinkronisasi otomatis antara folder media WordPress (folder yang dibuat menggunakan folder WP Media) dan folder server fisik. Hal ini berguna ketika Anda menggunakan plugin pihak ke-3 yang mengelola media di luar pengelola media WordPress atau hanya jika Anda menggunakan CMS lain. Dan ini sangat fleksibel, pilih folder server (sumbernya) dan WP Media Folder sebagai (tujuannya), pilih delay sinkronisasi dan selesai, tunggu sebentar dan sinkronisasi akan selesai.

import-and-sync wp media folder

Sinkronisasi media juga bisa dilakukan dengan cara lain, dari pengelola media WordPress ke folder eksternal. Ini cukup berguna untuk berbagi media dengan plugin atau CMS lain yang menggunakan folder di luar WordPress default.

Dan itulah penjelasan tentang WP Media Folder, Anda bisa membaca dokumentasi lengkap untuk memahami lebih jauh tentang plugin WP Media Folder disini ⇒ Dokumentasi WP Media Folder.

Kesimpulan

WP Media Folder adalah plugin yang penting untuk digunakan oleh pengguna WordPress yang selalu melakukan update pada konten di situsnya, karena dengan update konten maka otomatis akan selalu mengupload berbagai macam file seperti gambar ke media library. Dan dengan plugin WP Media Folder maka akan mengelola media file di WordPress menjadi lebih mudah karena dapat di bagi ke dalam folder dan sub-folder. Ini juga akan menghemat banyak waktu Anda dalam mencari file di media library. WP Media Folder ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau yaitu $29, harga tersebut akan sebanding dengan kemudahan yang akan Anda dapatkan. Masih banyak fitur-fitur menakjubkan lainnya yang belum di ulas di artikel ini, Anda bisa melihat secara keseluruhan di situs resminya Joomunite.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Education Care Responsive Free

Education Care adalah Theme WordPress Responsive gratis yang responsif, bersih, terlihat modern dan merupakan...

Themify Ultra Theme – Tema WordPress Keren Untuk Berbagai Macam Jenis Website

Anda ingin memiliki website dengan tampilan yang keren dan menakjubkan dengan WordPress? Tapi kendala...

Close