Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Backup WordPress Ke Dropbox Lebih Mudah

Saat Anda memiliki webiste dan website itu penting buat Anda maupun bisnis Anda, hal lain yang juga harus Anda pikirkan adalah tentang keamanan, banyak cara yang bisa Anda pelajari tentang cara mengamankan sebuah situs web, dan salah satunya untuk mengamankan data dari situs Anda adalah dengan melakukan Backup.

backup wordpress ke dropbox

Backup diperlukan karena kejahatan di internet sangat sering terjadi, seperti hacking. Bisa saja situs web Anda atau blog yang Anda miliki menjadi sasaran target hacking dari orang yang tidak bertanggung jawab dan data dari situs Anda dalam sekejab bisa hilang saat mereka berhasil menghack situs Anda. Data hilang bisa juga disebabkan oleh pihak hosting yang Anda sewa, hosting terbaik memang biasanya mempunyai fitur untuk melakukan backup, tapi kita sebagai pemilik website tidak tahu apakah itu benar-benar aman dan menjaga data kita tetap terjaga, tentu itu membuat kita tetap harus waspada.

Jika Anda pengguna WordPress, untuk menghindari kekawatiran tersebut ada banyak sekali pilihan yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan data Anda dengan cara backup, banyak plugin yang dapat membantu mempermudah aktivitas backup ini salah satunya adalah plugin WordPress backup to Dropbox.

Plugin WordPress Backup to Dropbox adalah plugin gratis yang berguna untuk membackup WordPress ke media penyimpanan awan Dropbox. Anda bisa memilih waktu dan seberapa sering Anda ingin melakukan backup, setelah itu file dan database Website wordpress anda akan otomatis terbackup di akun dropbox anda. Sebelumnya sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang apa itu dropbox yang dijelaskan dibawah ini.

Baca : Panduan File Permissions atau Hak Akses File WordPress

Apa itu Dropbox?

Dropbox adalah media penyimpanan berbasis cloud (awan) yang aman dan gratis, dengan menyimpan data di dropbox Anda dapat mengakses data Anda dari berbagai perangkat seperti komputer, smartphone, dan tablet dari mana saja selama perangkat Anda tersebut terhubung dengan internet. Anda juga dapat mengedit dokumen, menambahkan foto dan video, dan berbagi data dengan tim Anda.

Dengan mengetahui beberapa kelebihan Dropbox seperti yang sudah saya sebutkan diatas, tentu ini merupakan solusi yang bagus yang dapat Anda manfaatkan sebagai media penyimpanan data backup dari situs WordPress Anda.

Dropbox mempunyai pilihan gratis dan berbayar, Untuk akun gratis Dropbox Basic akan memberikan Anda ruang penyimpanan sebesar 2GB, dengan akun gratis ini saya rasa sudah cukup untuk Anda gunakan. Jika Anda merasa kurang maka bisa menggunakan paket berbayar yaitu PRO dengan harga $9,99 per bulan dengan 1 TB ruang penyimpanan dan terdapat fitur tambahan kontrol berbagi, dan remote wipe. Untuk $15 per bulan per pengguna Anda dapat meng-upgrade ke Dropbox akun Business, yang memberikan Anda ruang unlimited.

Ada beberapa plugin baik gratis maupun premium yang secara otomatis akan melakukan backup untuk Anda dan menyimpannya di akun Dropbox Anda. Tapi saya disini akan membahas untuk backup WordPress Anda ke akun dropbox yang gratis, plugin ini sudah sangat bagus untuk Anda gunakan.

Backup WordPress ke Dropbox

WordPress Backup to Dropbox adalah plugin gratis yang secara otomatis dapat membackup seluruh situs Web Anda ke Dropbox, termasuk file WordPress dan database WordPress Anda. Anda dapat memilih hari, waktu, dan seberapa sering Anda ingin situs Anda di backup. Plugin ini juga memungkinkan Anda untuk memilih folder mana dalam Dropbox dan pada server Anda untuk di backup. Anda bahkan dapat memilih file dan direktori sesuai keinginan, sehingga Anda dapat mengecualikan direktori tertentu untuk tidak dibackup. Backup ini juga mencakup perubahan tema yang telah Anda lakukan.

Berikut Cara MEnggunakan WordPress Backup to Dropbox

1. Download Plugins WordPress Backup to Dropbox

2. Install dan Aktifkan

3. Buat akun dropbox anda terlebih dahulu disini, setelah anda memiliki akun dropbox, silahkan klik menu WPB2D di sidebar admin wordpress anda dan lakukan authorize. setelah itu anda bisa melakukan schedule seperti gambar dibawah ini.

tutorial menggunakan backup dropbox wordpress

Anda sebaiknya mengatur jadwal backup seminggu sekali atau sebulan sekali, karena jika terlalu sering melakukan backup bahkan menjadwal harian maka akan mengakibatkan server Anda menjadi lebih lambat. Dan karena dropbox gratis hanya menyediakan ruang 2 GB, sebaiknya Anda memilih beberapa folder atau file yang penting saja saat melakukan backup yang sudah terjadwal.

Baca : Cara Backup WordPress dengan BackWPup Gratis

Diatas adalah cara mudah untuk melakukan backup WordPress ke Dropbox yang dapat Anda lakukan dengan gratis. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • di coba di offline aja gan, sambil cari masalahnya.

Must Read...!
Theme WordPress Moon Responsive Free

Moon adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang di desain untuk blogger dan juga photoblogging,...

Panduan File Permissions atau Hak Akses File WordPress

File permissions atau hak akses file yang diberikan kepada user untuk di izinkan membaca,...

Close