How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Memasang Indikator Reading Progress Bar di WordPress

Mungkin sebagian dari Anda yang rajin mengunjungi situs-situs populer dan membaca artikel pada website tersebut, Anda akan melihat terdapat indikator pembacaan pada bagian atas, indikator tersebut dinamakan sebagai “Reading Progress Bar”.

Indikiator Reading Progress Bar ini terlihat berbeda-beda tapi yang sering digunakan oleh kebanyakan website adalah mirip dengan tanda scrollbar pada bagian samping di browser Anda. Reading progress bar ini berguna untuk menunjukkan pengguna berapa banyak artikel yang tersisa untuk dibaca dan menggulir kebawah, ini akan mendorong pengunjung untuk terus membaca artikel Anda sampai selesai.

Untuk memasang indikator pembacaan tersebut, pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk menambahkan progress membaca bar di situs WordPress Anda. Tapi sebelum kita masuk ke bagian inti dari artikel ini sebaiknya Anda baca terlebih dahulu manfaat dari memasang indikator reading progress bar tersebut.

Baca : Cara Membuat Scroll Top Jquery Effect WordPress

Manfaat Memasang Indikator Reading Progress Bar

Pengunjung blog biasanya hanya ingin menghabiskan beberapa detik pada halaman web sebelum mereka memutuskan apakah akan tetap di blog Anda atau pergi. Tapi akan berbeda jika Anda selalu membuat artikel yang panjang dan menarik, hal tersebut akan membuat pengunjung Anda tinggal lebih lama dan membaca artikel Anda sampai selesai.

Contoh Indikator Reading Progress

Dengan memasang sebuah indikator progress reading pada bar akan memudahkan pengguna untuk mengetahui masih berapa panjang lagi kira-kira artikel akan selesai terbaca dan berapa panjang artikel akan di scroll kebawah. Selain itu menambahkan perangkat tambahan user-interface kecil ini akan mendorong pengguna untuk akan terus menscroll ke bawah dan juga memotivasi pengunjung untuk menyelesaikan artikel yang mereka baca.

Banyak situs web populer menggunakan indikator ini, dan Anda juga bisa melihat pada blog centerklik ini pada bagian atas juga menggunakan indikator reading progress. Namun, Anda juga perlu memastikan bahwa indikator reading progress ini dapat dijalankan dengan halus dan tidak merusak pengalaman pengguna di situs Anda.

Cara Memasang Reading Progress Bar di WordPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memasang reading progress bar adalah dengan menginstal dan mengaktifkan plugin Worth The Read. Silahkan baca panduan berikut ini jika Anda belum mengetahui cara menginstall plugin di WordPress. Panduan Lengkap Cara Install Plugin WordPress.

Worth The Read Plugin

Setelah plugin Anda aktifkan, Silahkan masuk pada pengaturan plugin di menu Settings » Worth The Read untuk melakukan konfigurasi pada indikator progress bar Anda.

Pada halaman pengaturan ini terdapat dua bagian dan yang pertama di bagian “Progress Indikator” Silahkan mengaktifkan indikator reading progress bar pada website Anda dengan mencentang pilihan pada “Display On”, Anda bisa memilih untuk mencentang semuanya atau hanya mengaktifkan indikator ini pada postingan Anda. Pada contoh ini saya hanya memasangnya pada postingan saja.

Anda juga bisa memasukkan komentar dalam total panjang progress bar dengan mencentang opsi “Include Comments”. Jika Anda memasukkan komentar, maka Anda juga dapat memilih warna background yang berbeda untuk indikator pada daerah komentar Anda.

Setelah itu Anda bisa mengatur posisi indikator akan ditampilkan dan terdapat 4 pilihan tempat yaitu di bagian atas, bawah, samping kiri atau kanan. Dan juga terdapat pengaturan-pengaturan lain seperti warna indikator dan pengaturan opacity (background transparan), silahkan untuk menyesuaikan pengaturan ini sesuai dengan keinginan Anda.

Worth The Read Progress Bar

Selanjutnya di bagian bawah terdapat pengaturan “Time Commitment”, ini jika Anda aktifkan akan memunculkan waktu lama pembacaan yang akan dihabiskan oleh pembaca pada satu artikel dan ditunjukkan dalam waktu menit dan bisa Anda tampilkan sebelum atau sesudah judul artikel Anda. Tapi untuk pengaturan ini saya biarkan saja dan tidak saya aktifkan, karena ini kurang menarik menurut saya.

Jika konfigurasi diatas sudah selesai Anda lakukan silahkan untuk menyimpan pengaturan dengan menekan tombol “Save Changes”.

Time Commitment

Dan setelah itu silahkan baca salah satu artikel Anda dan lihat indikator reading progress akan ditampilkan pada situs Anda. Jika Anda tidak suka dengan plugin ini maka bisa menggunakan plugin lain yang juga gratis dengan nama Reading Progressbar yang bisa Anda download disini ⇒ Reading progressbar plugin.

Baca : Trik CSS Merubah desain Scrollbar Webkit Browser

Dan itulah penjelasan lengkap cara memasang Indikator Reading Progress pada WordPress, Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Muso Responsive Free

Muso adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang dirancang khusus untuk musisi dan band. Tema...

Slider Revolution – Plugin Slider Responsive Terbaik untuk WordPress

Saat Anda ingin membangun website dan ingin membuatnya lebih menarik dan interaktif maka Anda...

Close