How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

6 Plugin Untuk Tampil dan Sembunyikan Widget WordPress

Pada saat widget tertentu perlu disembunyikan atau ditampilkan dari halaman atau posting tertentu saja. Sebagai contoh mungkin anda ingin menghapus iklan di sidebar pada postingan dan hanya menampilkan widget tersebut di homepage. Sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang Cara Tampil dan Sembuyikan Widget WordPress, tapi pada artikel tersebut adalah menjelaskan cara untuk satu plugin yaitu plugin Display Widget, tapi sekarang saya akan membuat artikel mengenai daftar 6 plugin yang juga bisa anda gunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan widget WordPress, tentunya setiap plugin mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan alasan tersebut maka saya memberikan daftar plugin lain, karena bisa jadi plugin Display widget belum bisa memuaskan anda secara fitur.

Jadi pada artikel ini saya akan menunjukkan kepada Anda tentang beberapa plugin yang memungkinkan bagi Anda  untuk  menampilkan atau menyembunyikan widget pada halaman atau posting tertentu seusai keinginan anda.

Baca : Kelebihan & Kegunaan Widget Text WordPress

6 Plugin Untuk Menampilkan dan Menyembunyikan Widget WordPress

Berikut adalah 6 daftar plugin yang bisa Anda pilih untuk menampilkan dan menyembunyikan widget di situs WordPress Anda. Dengan plugin-plugin dibawah ini, Anda dapat mengatur widget hanya ditampilkan atau disembunyikan pada postingan atau halaman tertentu sesuai keinginan Anda.

1. Widget Logic

widget logic wordpress

Plugin ini menambahkan kotak kode (text field) di setiap widget di mana Anda harus menentukan kondisi untuk menampilkan widget menggunakan kode php. Hal ini cukup sederhana jika Anda tahu php dan perlu untuk mengimplementasikan beberapa kondisi sederhana.

2. Display Widget

display widget

Plugin ini menambahkan satu set pilihan konfigurasi di setiap kotak widget, di mana Anda dapat menentukan baik menyembunyikan atau menampilkan widget dalam himpunan halaman atau tulisan dengan id atau hanya tinggal mencentang pilihan yang ada. Anda bisa melihat tutorial tentang widget ini disini.

3. Widget Context

widget context

Plugin Widget Context adalah plugin lain yang serupa dengan Display Widget dan memungkinkan untuk menampilkan atau menyembunyikan widget di daerah terpilih seperti halaman, posting, arsip atau kategori. Hal ini memungkinkan untuk menargetkan halaman tertentu dengan menggunakan url.

Baca : Cara Export dan Import Widget WordPress

4. Restrict Widget

restrict widgets

Plugin Restrict Widget adalah merupakan satu solusi untuk manajemen widget di WordPress. plugin ini memungkinkan Anda dengan mudah mengontrol masing-masing widget yang akan muncul atau disembunyikan pada beberapa sidebars dan duplikasi widget pada post maupun halaman tertentu. Anda juga dapat mengatur user yang dapat mengelola widget ini, jika situs anda mengijinkan beberapa user untuk login dengan tingkatan masing-masing.

5. Dynamic Widgets

dynamic widget

Dynamic Widget memberi Anda kontrol penuh pada halaman mana widget akan ditampilkan. Ini memungkinkan Anda secara dinamis menampilkan atau menyembunyikan widget di halaman WordPress dengan menetapkan syarat aturan logika pada widget hanya dengan beberapa klik mouse. Anda tidak perlu mempunyai pengetahuan tentang PHP seperti penggunaan widget logic. Anda dapat menetapkan aturan bersyarat by role, Tanggal, Browser, perangkat mobile, Template Tema, Bahasa (WPML atau qTranslate), URL, Homepage, Single Post, Lampiran, Pages, Penulis, Categories, Tag, Arsip, Kesalahan Page, Cari halaman, Custom Post Type, Custom Post Archive, Custom Taxonomy, Kategori, BuddyPress Component, BuddyPress Group, dll.

6. WP Page Widget

wp page widget

WP Page Widget mengambil pendekatan yang berbeda untuk mengontrol widget. Plugin ini memungkinkan Anda untuk menentukan widget untuk setiap posting atau halaman yang tepat di dalam area editor.

Plugin ini berguna ketika Anda membutuhkan tingkat presisi yang sangat tinggi pada tingkat post / halaman individu untuk memilih widget untuk menampilkan.

Baca : Tutorial Membuat Widget Fixed Pada WordPress

Dan itulah beberapa daftar plugin yang bisa saya bagikan kepada Anda semua, semoga artikel tersebut dapat memudahkan Anda dalam menemukan plugin yang tepat untuk Anda gunakan dalam manajemen widget situs WordPress Anda. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Envo Magazine Responsive Free

Envo Magazine adalah Tema WordPress Responsive gratis yang memiliki desain layout untuk majalah online...

Cara Meningkatkan Pendapatan Google AdSense di WordPress

Google AdSense merupakan sumber pendapatan para blogger yang sangat populer. Namun, untuk diterima oleh...

Close