How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Memasang Iklan AdSense Matched Content di Related Post WordPress

Cara Memasang Iklan AdSense Matched Content di Related Post WordPress. Google AdSense telah memperkenalkan begitu banyak unit iklan baru untuk lebih meningkatkan pendapatan dan ke efektifan iklan AdSense. Salah satunya adalah Google Matched Content, dimana iklan jenis Matched Content akan ditampilkan pada posting terkait atau related post.

Matched Content atau dalam bahasa indonesia adalah konten yang cocok atau sesuai yang merupakan fitur Google AdSense yang memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan di related post blog Anda sambil juga menghasilkan uang dengan menampilkan iklan bersama konten terkait Anda. Iklan tersebut secara otomatis akan menyesuaikan tampilan dengan situs web Anda sehingga terlihat menyatu dengan tampilan blog.

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara mudah untuk menggunakan iklan AdSense Matched Content untuk ditampilkan pada posting terkait (Related Post) di WordPress.

Baca : Cara Memasang Iklan Google AdSense Auto Ads [Terbaru]

Apa itu Google AdSense Matched Content?

Google AdSense Matched Content adalah unit iklan asli yang memungkinkan Anda untuk menampilkan posting terkait dari situs web Anda. Anda juga memiliki opsi untuk memonetisasi unit ini dengan iklan yang relevan untuk ditampilkan di samping posting terkait atau related post di situs web WordPress Anda.

Fitur baru Google AdSense ini akan memberikan Anda kemudahan dalam menampilkan postingan terkait yang relevan di blog Anda dengan mudah, hal ini bertujuan agar pengunjung berlama-lama di blog Anda karena tertarik dengan postingan Anda yang lainnya.

Biasanya fitur Related Post ini secara umum ditempatkan dibawah single artikel, Dan dengan fitur Matched Content ini Anda bisa memonetise untuk menghasilkan uang dari blog dan biarkan Google yang mengatur dimana iklan akan dimunculkan beserta dengan postingan terkait Anda. Berikut ini adalah tampilan dari unit iklan Matched Content dari Google AdSense :

Iklan AdSense Matched Content WordPress 1

Anda dapat menyesuaikan tampilan dan nuansa widget agar sesuai dengan tata letak situs web Anda, dan unit iklan ini 100% responsif (ramah seluler) sehingga akan nampak sempurna di berbagai perangkat.

Kelebihan lain dari Google Matched Conten adalah Algoritma canggih Google akan menampilkan postingan yang lebih relevan dengan apa yang pengunjung Anda lihat, selain itu ini merupakan cara lain bagi Anda untuk menghasilkan uang dari blog Anda dengan tidak begitu mengganggu pengunjung karena memiliki tampilan asli atau mirip dengan tampilan dan nuansa dari situs blog Anda.

Cara Menggunakan dan Memasang Google AdSense Matched Content

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar Google AdSense jika Anda belum memiliki akun Google AdSense. Panduan Lengkap Cara Daftar Google AdSense [Terbaru].

Google AdSense memungkinkan Anda menghasilkan uang secara online dari blog WordPress (WordPress Self Hosting) bukan WordPress gratisan. Anda juga dapat melihat panduan tentang cara memasang Google AdSense di WordPress dengan benar disini ⇒ Cara Pasang Google AdSense di WordPress .

Fitur unit iklan Google Matched Content hanya tersedia untuk situs web atau blog yang sudah memenuhi persyaratan lalu lintas tertentu. Jadi, tidak semua blog mendapatkan fitur unit iklan ini. Tapi kepastian berapa minimal pengunjung untuk mendapatkan fitur Matched Content disini tidak ada kejelasan.

Untuk melihat apakah situs web blog Anda sudah memenuhi persyaratan, Anda bisa melihat dashboard Google AdSense Anda dan klik menu Settings » My Site dari menu sebelah kiri.

AdSense Matched Content WordPress

Jika Anda dapat melihat menu ‘Matched Content’ di sana, itu berarti blog Anda sudah memenuhi syarat untuk menggunakan fitur unit iklan Matched Content tersebut dan siap untuk menggunakannya. Jika belum ada, maka situs web atau blog Anda masih belum memenuhi persyaratan untuk iklan konten yang cocok dan sebaiknya Anda bersabar dan mencoba meningkatkan kualitas blog Anda lagi dan gunakan unit iklan yang tersedia.

Sekarang, jika Anda melihat fitur unit iklan baru Google Matched Content terdapat di dashboard Google AdSense Anda. Mari kita lanjutkan untuk bagaimana menggunakan unit iklan tersebut dan memasang Matched Content di posting terkait atau Related Post WordPress.

Mendapatkan Kode Iklan AdSense Matched Content

Pertama, Anda harus masuk ke akun Google AdSense Anda, klik pada “My Ads” pada menu sebelah kiri, lalu klik tombol ‘New Ad Unit’.

type adsense responsive

Selanjutnya, Anda harus memilih ‘Matched Content’ sebagai jenis unit iklan Anda.

Format iklan Ad Unit AdSense

Pada langkah selanjutnya, Anda akan melihat pratinjau kotak “Matched Content” dengan pengaturan iklan. Di sisi kanan, Anda akan melihat opsi untuk menyesuaikan pengaturan unit iklan ini.

Iklan AdSense Matched Content WordPress

Anda juga akan melihat opsi untuk memonetisasi unit konten yang cocok dengan iklan, sehingga Anda dapat menghasilkan uang. Tentu saja, Anda dapat memilih untuk tidak menampilkan iklan dan hanya menggunakan “Matched Content” untuk posting terkait atau sekedar sebagai related post Anda di WordPress.

Setelah Anda selesai dengan pengaturan, cukup klik tombol “Save and Get Code”.

Silahkan salin kode iklan tersebut dan tempatkan pada editor teks biasa seperti Notepad atau TextEdit karena Anda akan membutuhkan kode tersebut di langkah selanjutnya.

Baca : 7 Plugin Related Post atau Posting Terkait Terbaik WordPress

Menampilkan Matched Content Google di WordPress

Tempat paling efektif untuk menampilkan posting terkait adalah di bawah posting single post atau dibawah artikel Anda. Banyak tema WordPress yang sudah dilengkapi dengan area widget atau sidebar yang muncul di bawah postingan artikel atau sebelum area komentar.

Namun, jika tema Anda tidak memiliki area widget di bawah konten di single artikel, Anda bisa menggunakan plugin semacam Ad Inserter untuk memasang iklan AdSense di bawah postingan WordPress Anda. Anda bisa membaca ulasan lengkap tentang Ad Inserter dan mempelajari bagaimana menggunakan plugin tersebut untuk meningkatkan pendapatan AdSense Anda disini ⇒ Ad Inserter – Plugin untuk Mengelola Iklan dan Meningkatkan Pendapatan Blog.

Pengaturan Ad Inserter WordPress 2

Setelah itu, Anda silahkan untuk masuk pada halaman Appearance »Widget dan menyeret widget ‘Custom HTML’ ke area widget setelah postingan. Di dalam widget tersebut, silahkan untuk menempelkan kode iklan Matched Content yang sudah Anda salin dan Anda simpan di Notepad tadi.

add code widget

Jangan lupa klik tombol “Save” untuk menyimpan pengaturan widget Anda. Sekarang Anda dapat mengunjungi situs web blog Anda untuk melihat bagaimana iklan Matched Content tersebut ditampilkan dibawah artikel Anda sebagai related post.

Baca : 10 Ukuran dan Format Iklan Banner Google AdSense Terbaik

Dan itulah panduan singkat tentang penjelasan iklan unit Matched Content Google AdSense dan bagaimana memasang iklan Matched Content di related post situs WordPress Anda. Semoag artikel ini bermanfaat buat Anda dan dapat meningkatkan pendapatan blog Anda dari AdSense dengan unit iklan baru Matched Content. Selamat mencoba dan semoga sukses 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Penjelasan Tentang PIN Payoneer 4 Digit Dan Cara Mengganti PIN

Penjelasan tentang PIN Payoneer 4 Digit Dan cara mengganti PIN. Apakah Anda sudah daftar...

Cara Menarik Uang dari Payoneer Melalui ATM dan Transfer Bank

Cara Menarik Uang dari Payoneer Melalui ATM dan Transfer Bank. Payoneer adalah Perusahaan layanan...

Close