How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih ke Editor Lama WordPress

WordPress hari ini melakukan update besar ke versi WordPress 5.0, update terbaru ini membawa perubahan besar yaitu mengganti editor lama WordPress default menjadi editor WordPress Gutenberg dan menjadikan editor Gutenberg sebagai editor bawaan.

Dimana sebelumnya editor Gutenberg ini sudah di perkenalkan oleh WordPress namun dalam bentuk versi plugin dan itu adalah kesempatan bagi pengguna WordPress untuk belajar sebelum WordPress benar-benar membawa editor Gutenberg sebagai editor baru pada update versi 5 ini.

Namun, setelah saya melakukan update hari ini, saya masih benar-benar kesulitan menggunakan editor Gutenberg. Bukan masalah pada pengenalan fitur atau memahami Gutenberg, tapi kesulitan yang saya alami ini lebih pada kesulitan pada saat pengeditan dimana memasukkan teks baru atau menghapus teks yang sudah ada sangat menyulitkan, dan juga untuk memformat tulisan rata kanan rata kiri juga tidak bisa, hal ini benar-benar membuat saya lambat bekerja dengan editor WordPress.

Karena saya sebagai pengguna WordPress lama saja masih kesulitan, apalagi dengan pengguna baru WordPress tentu juga akan mengalami hal yang sama. Bagi Anda yang masih belum siap dalam menggunakan editor WordPress Gutenberg. Anda masih bisa beralih ke editor classic milik WordPress dan bekerja seperti biasanya.

Pada artikel ini, saya akan memberikan panduan cara menonaktifkan editor Gutenberg dengan mudah dan mengembalikan editor klasik atau editor lama di WordPress.

Apa itu Gutenberg?

Gutenberg adalah editor WordPress baru yang hadir di WordPress versi 5.0 dimana editor ini bertujuan untuk memodernisasi pengalaman menulis WordPress yang lebih baik dan membawa begitu banyak fitur baru untuk menggantikan editor WordPress WYSIWYG.

Gutenberg Editor WordPress

Gutenberg ini mencoba untuk bekerja seperti plugin pembuat halaman dan memungkinkan Anda untuk drag and drop item ke dalam posting atau halaman. Tujuannya adalah untuk menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan memungkinkan pengguna WordPress untuk membuat tata letak unik untuk konten mereka dengan konten multimedia yang kaya.

Sejak WordPress 4.9.8, tim inti WordPress telah menambahkan panggilan untuk mencoba Gutenberg di dashboard WordPress. Tujuan dari info ini adalah untuk mendapatkan umpan balik dari jutaan pengguna WordPress dan menjadikan Gutenberg siap untuk rilis pertamanya.

Anda bisa membaca lebih lengkap tentang Editor Gutenberg WordPress dan mempelajarinya disini → Panduan Lengkap Editor Baru WordPress Gutenberg.

Cara Nonaktifkan Editor Gutenberg dan Beralih ke Editor Lama WordPress?

Untuk menonaktifkan Editor Gutenberg dan beralih ke editor lama WordPress, Anda bisa menginstall plugin bernama “Classic Editor”. Dimana plugin ini adalah langsung dari tim inti WordPress yang memungkinkan Anda melakukan hal itu.

Mari kita lihat cara menonaktifkan Gutenberg dengan mudah dan tetap menggunakan editor WordPress klasik.

Caranya, pertama-tama Anda install plugin “Classic Editor” melalui admin WordPress Anda.

Editor Gutenberg WordPress to Classic 3

Setelah itu, aktifkan plugin Classic Editor dan setelah itu masuk pada menu Settings → Writing. Sekarang Anda pilih “Classic Editor” pada pilihan “Default editor for all Users”.

Editor Gutenberg WordPress to Classic 1

Maka dengan mengatur plugin dan memilih pilihan pada “Classic Editor”, Anda akan menemukan menu baru ditambahkan pada daftar Postingan dan halaman Anda dan juga ada label “Classic Editor” pada setiap masing-masing judul postingan sehingga menjadi seperti berikut ini.

Editor Gutenberg WordPress to Classic 2

Pada gambar diatas terlihat ada menu dibawah judul posting yaitu “Block Editor” dan “Classic Editor”, dimana ketika Anda masuk postingan dengan memilih “Block Editor” itu berarti Anda masuk pada editor Gutenberg, sedangkan jika Anda menginginkan masuk pada editor lama WordPress maka Anda harus memilih menu “Classic Editor”.

Dan itulah cara mudah untuk Anda yang ingin mengganti editor Gutenberg WordPress menjadi editor klasik atau editor lama WordPress.

Baca : Daftar Shortcuts Keyboard Pada WordPress

Perlu Anda ingat bahwa, editor WordPress gutenberg membawa begitu banyak fitur baru dan itu tidak hanya sekedar editor biasa. Dimana dengan Gutenberg Anda bisa membuat blok menarik pada halaman dan menjadikan halaman tampil sesuai dengan keinginan Anda. Jadi, meskipun saat ini Anda masih belum siap menggunakan editor baru Gutenberg, Anda tetap harus mempelajarinya dan mencoba fitur-fitur terbaik yang sudah dibawa oleh Gutenberg. Anda bisa mempelajarinya pada situs baru, atau membuat sub domain untuk menginstall WordPress versi terbaru atau juga bisa meng-install WordPress offline localhost.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Daftar VPN dan Situs Terbaik Penyedia RARBG Proxy & Mirrors di 2018

Kita semua tahu bahwa jaringan internet di negara kita dilarang mengakses Torrent, dan beberapa...

Cara Mendaftarkan Bisnis Anda ke Google My Business

Setiap orang tentu menginginkan bisnisnya semakin berkembang, salah satu usaha yang dapat dilakukan yaitu...

Close