How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Smart Footer System – Ubah Tampilan Footer WordPress Menjadi Lebih Keren

Ketika Anda sedang merancang website baru, hal pertama yang mungkin Anda pikirkan adalah tentang desain situs, layout yang indah dan juga konten pendukung seperti gambar dan isi dari konten website itu sendiri. Tapi hal yang perlu Anda ingat selain dari bagian utama desain website adalah pada bagian footer, karena bagian footer ini sering menjadi bagian yang dilupakan dan tidak begitu dianggap penting oleh kebanyakan perancang web.

Jika bagian footer website Anda dibiarkan tampil seadanya maka itu akan membuat para pengunjung merasa tersesat begitu mereka mencapai bagian bawah dari halaman web Anda, karena pada bagian footer kebanyakan hanya terdapat informasi seperti pemberitahuan hak cipta atau tautan kredit. Padahal jika Anda bisa memanfaatkan bagian footer ini secara lebih kreatif maka akan membuat pengunjung lebih berlama-lama disitus Anda dan menemukan sesuatu hal yang mungkin penting bagi mereka. Sebagai contoh Anda dapat memberikan icon-icon sosial media, link-link yang mengarahkan pengguna ke area penting di situs Anda, berlangganan newsletter, informasi kontak dan masih banyak lagi.

Smart Footer System Plugin WordPress

Bagi pengguna WordPress patut berbangga diri karena untuk membuat bagian footer tampil lebih keren menjadi sangat mudah karena ada plugin yang dapat melakukan itu dengan cepat dan hasil tampilan footer yang indah, plugin tersebut adalah “Smart Footer System”. Pada artikel ini saya akan memperkenalkan pada Anda tentang plugin Smart Footer System dan bagaimana plugin ini akan menyulap bagian footer website Anda menjadi lebih keren.

Smart Footer System Plugin

Smart Footer System adalah plugin yang akan memberikan Anda kemampuan untuk membuat footer yang jauh berbeda dari biasanya dan Anda dapat membuat tampilan maupun layout footer sesuai keinginan Anda dengan tampilan yang sudah mendukung responsive dan akan memberikan hasil maksimal yang akan menarik perhatian pengunjung Anda. Smart Footer System ini merupakan plugin premium yang bisa Anda dapatkan dengan harga sangat murah hanya $16 saja yang dijual secara resmi di Codecanyon dan mendapatkan update selamat 1 tahun.

Buy Smart Footer System

Dengan plugin ini dikombinasikan dengan plugin pembuat halaman seperti Elementor, Visual Composer, Fusion Builder, Enfold Builder atau pembuat halaman lainnya dengan HTML custom maka Anda dapat membuat footer yang tak terbatas dengan tampilan yang berbeda-beda di tiap-tiap halaman yang Anda inginkan. Seperti namanya yaitu Smart Footer System yang itu berarti plugin ini benar-benar pintar untuk memenuhi kebutuhan Anda, selain itu Anda dapat bermain-main dengan berbagai macam tipe footer dengan animasi keren sehingga membuat website Anda terlihat lebih profesional seperti pilihan normal, sticky, reveal, slide up, CSS3, accordion dan banner. Ini juga mendukung icon ternama seperti Font Awesome, Dashicons dan Genericons.

Berikut beberapa fitur unggulan yang dibawa oleh plugin Smart Footer System :

  • Memiliki 7 Mode Berbeda seperti : Mode Footer Normal, Mode Footer Sticky, Mode Footer Reveal, Mode Footer Slide Up, Mode Footer Banner, Mode Footer CSS3, dan Mode Footer Accordion
  • Memiliki Tampilan Panel Admin yang Inovatif dan Mudah digunakan
  • Sangat mudah dikustomisasi
  • Terdapat pilihan untuk secara otomatis menyembunyikan footer bawaan Theme atau tetap menampilkan keduanya yaitu footer bawaan tema dan footer sfs akan ditempatkan di bawah footer bawaan.
  • CSS Selector untuk menyembunyikan sebagian Tema Anda
  • Menampilkan footer yang berbeda-beda untuk setiap Jenis Pos seperti Footer 1 hanya untuk Artikel, Footer 2 untuk Portofolio, Footer 3 untuk Produk Tunggal Woocommerce, Footer 4 untuk halaman Arsip dll.
  • Mengganti footer jenis tulisan yang berubah-ubah di satu halaman, artikel, produk, dll.
  • Pengaturan panel khusus untuk WooCommerce
  • Control Panel untuk mengimpor dan mengekspor footer
  • Satu klik demo SFS, hanya berlaku untuk Visual Composer, mencakup lebih dari 20 desain footer siap pakai
  • Pilihan untuk menentukan tampilan untuk Horisontal dan vertikalyang berbeda untuk semua perangkat seperti Desktop, Tablet, dan Mobile
  • Upload gambar background atau mengatur berbagai warna ke background
  • Memberi border pada konten footer
  • Pilihan untuk menonaktifkan footer untuk setiap perangkat seperti Desktop, Tablet, dan Mobile
  • Custom CSS untuk personalisasi gaya footer
  • Kompatibel dengan WPML untuk Situs Multi bahasa
  • Terdapat berbagai ikon dan teks untuk membuka dan menutup footer
  • Beberapa mode menawarkan kemampuan untuk membuat tampilan berbeda untuk perangkat desktop dan seluler Anda
  • Kontrol penuh atas warna, font, tombol dan lainnya
  • Terjemahan siap

Diatas adalah beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan dari smart footer system dengan harga yang terjangkau yang sesuai dengan apa yang akan Anda dapatkan.

Cara Menggunakan Smart Footer System di WordPress

Untuk memulai membuat tampilan footer WordPress Anda menjadi lebih menarik dengan plugin Smart Footer System, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membeli plugin ini di CodeCanyon dan mendownload plugin tersebut. Setelah itu silahkan install melalui admin WordPress Anda dengan klik Plugins » Add New dan upload plugin yang sudah Anda download di komputer Anda.

install SFS wordpress

Setelah plugin Anda aktifkan maka akan terdapat menu baru yang bernama “Smart Footer System”, silahkan klik menu Smart Footer System » Settings, dan Anda akan mendapati halaman pengaturan dengan tampilan yang mudah.

Smart Footer System General Settings

Selanjutnya jika Anda pengguna page builder seperti Visual Composer maka akan menjadi sangat mudah bagi Anda karena sudah terdapat banyak sekali contoh tema footer yang sudah disiapkan untuk mendukung visual composer. Anda bisa melakukan sample import footer di bagian menu tab “Import / Export Footer” dan klik tombol “Import Demos”.

Smart Footer System Export Import

Masih dibagian Settings Anda bisa mengatur beberapa footer sesuai dengan footer yang Anda buat, seperti dibagian homepage atau blog Anda bisa memilih footer yang berbeda dengan footer yang akan Anda tampilkan pada bagian Single Post, Woocommerce maupun bagian Archive. Jika sudah selesai melakukan konfigurasi pada bagian settings silahkan untuk menyimpan dengan klik “Save Changes”.

SFS post type

Langkah berikutnya untuk membuat footer, Anda bisa membuat sendiri dengan klik Smart Footer System » Add New Footer, atau mengedit contoh-contoh footer yang sudah Anda import sebelumnya dengan langsung masuk ke bagian Smart Footer System » Footers. Pada bagian “Footers” ini Anda akan melihat sekitar 24 contoh footer yang siap pakai. Untuk pemula dan pengguna page builder visual composer, saya sangat menyarankan untuk mengedit sample footer yang sudah tersedia agar lebih mudah. Pada artikel ini saya akan mencoba untuk membuka salah satu contoh footer yang sudah tersedia yaitu Accordion Footer 2. Dan untuk pengaturan Smart Footer Setting terletak dibagian bawah editor seperti gambar berikut.

SFS build footer

Pengaturan ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu Settings dan Footer Type. Untuk “Settings” dibagian menu tab “General” terdiri dari Background, border, body dan dispaly. Dan tersedia area untuk Custom CSS di bagian menu tab “Advance”.

SFS footer container control

Bagian kedua untuk “Footer Type” ada bagian menu scroll down berisikan beberapa type footer seperti Accordion, normal, reveal, slide up, banner dan Css3 animation. Sedangkan pada bagian Settings ini berbeda-beda tergantung dari Footer Type yang Anda pilih. Untuk contoh yang saya buka ini karena memilih type accordion maka pada bagian Setting akan muncul menu tab untuk pengaturan Type, Icon, Text dan Fonts.

SFS Footer Type accordion

Untuk hasil dari footer type accordion yang sudah disediakan adalah seperti gambar dibawah ini.

Smart Footer System Accordion 2

Dan di atas adalah langkah-langkah sederhana untuk menggunakan plugin Smart Footer System, Anda bisa melihat tutorial yang lebih lengkap lagi pada halaman dokumentasi di website resminya disini ⇒ SFS Documentations.

Kesimpulan

Smart Footer System merupakan plugin yang benar-benar dapat merubah tampilan bagian footer dari website WordPress Anda menjadi lebih hidup dan atraktif secara cepat. Anda bisa membuat footer tak terbatas yang bisa ditampilkan pada bagian-bagian berbeda dari situs Anda. Ini adalah plugin premium yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau yaitu $16 saja. Namun hal yang sangat disayangkan disini adalah plugin ini bekerja dengan baik pada page builder berbayar seperti Visual Composer dan fusion builder, selain itu contoh-contoh desain footer yang disediakan hanya mendukung untuk page builder visual composer saja. Tapi bagi pengguna yang memiliki pengetahuan HTML akan sangat mudah untuk menghasilkan footer custom buatan sendiri.

Dan itulah ulasan lengkap saya mengenai plugin Smart Footer System yang semoga artikel ini membantu Anda dalam mencari solusi mudah untuk membuat tampilan footer Anda berbeda dengan lainnya. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Corporate Key Responsive Free

Corporate Key adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang diciptakan untuk website bisnis yang profesional...

Cara Membuat Gallery Lightbox Responsive di WordPress

Apakah Anda seorang dengan profesi sebagai desainer atau fotografer yang memiliki website dengan WordPress...

Close