How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membuat Galeri Foto di WordPress dengan Modula Gallery

Cara untuk membuat konten agar terlihat menarik salah satunya adalah menempatkan beberapa gambar dalam artikel, selain memberikan warna pada tulisan Anda, hal ini juga dapat menjadikan pengunjung merasa senang dan betah berlama-lama ketika mengunjungi website Anda, apalagi ketika Anda menambahkan beberapa gambar menjadi sebuah gallery maka hal tersebut akan menambah nilai positif pada website dan juga menjadikan website Anda lebih atraktif.

WordPress secara default sudah memiliki fitur untuk menjadikan beberapa gambar menjadi sebuah gallery, namun gallery bawaan WordPress cenderung biasa dan kurang menarik. Anda bisa membaca panduan di centerklik tentang bagaimana ⇒ Cara membuat galeri di WordPress.

Jika Anda ingin menampilkan beberapa gambar menjadi sebuah gallery yang menarik dan kreatif maka Anda bisa menemukan banyak plugin WordPress yang khusus memiliki kemampuan untuk membuat gallery, dan untuk mempersingkat pencarian Anda disini saya akan memperkenalkan sebuah plugin yang keren untuk membuat gallery dengan fitur dan animasi yang lengkap, plugin tersebut adalah Modula Gallery.

WP Modula Gallery

Apa itu Modula Gallery?

Modula Gallery adalah plugin WordPress yang dapat membantu Anda dengan mudah dan cepat dalam membuat dan mengatur galeri dengan hasil tampilan galeri grid yang indah dan menarik. Plugin Modula buatan Macho Themes ini dapat menciptakan gallery hanya dalam hitungan menit, karena pengguna hanya perlu memberi nama galeri, mengunggah gambar dan menempelkan shortcode dan kemudian plugin secara otomatis akan membuat layout dan desain galeri yang unik dan kreatif untuk ditampilkan di website Anda.

Membuat Gallery dengan Modula Gallery

Dengan plugin Modula Gallery ini Anda dapat menampilkan berbagai macam gambar untuk berbagai tujuan, Anda bisa membuat galeri dalam konten artikel, membuat galeri pada halaman secara mandiri atau membuat galeri sebagai portofolio Anda. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan banyak pilihan animasi untuk menampilkan gambar sehingga terlihat lebih menarik dan juga bisa menambahkan kustom CSS dan masih banyak lagi.

Fitur-fitur Unggulan Modula Gallery

Modula Gallery benar-benar dirancang untuk memudahkan pengguna dalam membuat galeri di WordPress, namun plugin tetap memiliki fitur yang sangat lengkap dan akan menjadikan gamba maupun foto-foto Anda tampil dengan indah. Berikut beberapa fitur yang dibawa oleh Modula Gallery :

Fitur Modula Gallery

  • Responsive : Modula Gallery sudah mendukung responsive sehingga gambar-gambar Anda dapat terlihat sempurna di berbagai perangkat dengan ukuran layar yang berbeda-beda.
  • Hover Effect : Modula Gallery memiliki 12 pilihan efek hover yang berbeda untuk mempercantik galeri Anda ketika mouse menunjuk pada gambar dan semuanya mendukung untuk semua browser, hover effect diantaranya adalah Appear, Catinelle, Comodo, Crafty, Curtain, Fluid up, Hide, Lens, Pufrobo, Quiet, Reflex, Seemo
  • Lightbox: Modula Gallery memiliki sebanyak 6 opsi yang berbeda untuk lightboxes untuk melihat galeri. Mereka termasuk; fancybox, light gallery, lightbox, popup magnific, prettyphoto dan swipebox.
  • Filter: Modula Gallery memiliki fitur filter, ini berguna untuk memudahkan pengunjung untuk melihat gallery yang di inginkan sesuai dengan kategori gallery.
  • Image Loaded Effect: Fitur ini memungkinkan gambar dimuat dalam 4 urutan berbeda untuk meningkatkan kreativitas. Pilihannya termasuk; Horizontal sliding, Rotation, Scale, Vertical sliding.
  • Margin: Modulla Gallery memungkinkan pengguna untuk dapat mengatur jarak antar gambar dalam galeri sesuai keinginan.
  • Shuffle : Modulla Gallery memiliki fitur untuk secara otomatis mengacak gambar ketika halaman di refresh, hal ini akan membuat galeri akan terlihat selalu berbeda.
  • Social Share : Modulla Gallery memiliki fitur yang memungkinkan pengguna dengan mudah membagikan gambar langsung ke media sosial termasuk Facebook, Twitter, Pinterest dan Google Plus.
  • Styling: Modula juga memungkinkan Anda menyesuaikan gaya galeri Anda dengan menyesuaikan batas dengan radius, ukuran dan warnanya. Ini juga memungkinkan untuk menambahkan bayangan bagus ke gambar untuk mendapatkan tampilan keseluruhan yang unik.
  • Captions : Modulla Gallery memungkinkan Anda menambahkan caption pada masing-masing gambar dan menambahkan animasi teks dan warna.

Cara Membuat Galeri di WordPress Dengan Modula Gallery

Untuk menggunakan plugin ini tentu saja Anda harus membeli lisensi plugin dan Anda akan mendapatkan file plugin untuk di download. Setelah file modula gallery Anda download, sekarang Anda dapat menginstall dan mengaktifkan plugin.

Setelah plugin Anda aktifkan, Anda akan melihat item menu baru ditambahkan dengan nama “Modula”. Dan untuk membuat galeri pertama Anda di WordPress, silahkan klik menu Modula » Add Gallery.

Membuat Gallery dengan Modula Gallery 1

  • Beri nama pada galeri
  • Berikan galeri deskripsi (ini tidak akan ditampilkan di frontend)
  • Pilih lebar galeri sebagai persentase
  • Pilih tinggi galeri dalam piksel

Membuat Gallery dengan Modula Gallery 2

Pada layar berikutnya, Anda dapat:

Membuat Gallery dengan Modula Gallery 3

  • Memilih apakah akan menampilkan teks judul pada gambar dan, jika demikian, dari mana menarik teks judul itu (Anda dapat menggunakan judul atau deskripsi file media)
  • Memilih apakah akan menampilkan gambar pada gambar dan, jika demikian, dari mana harus menarik teks (Anda dapat menggunakan judul, caption atau deskripsi dari file media)
  • Memilih Efek hover yang digunakan ketika mouse menyoroti di atas satu gambar tunggal (Anda juga dapat menonaktifkan efek hover jika diinginkan)

Dan sekarang, yang perlu Anda lakukan hanyalah:

Membuat Gallery dengan Modula Gallery 4

  • Pilih ukuran gambar minimal (Modula tidak akan mengubah ukuran gambar menjadi lebih kecil dari ini)
  • Silahkan Tambahkan gambar dari media library Anda, Anda bisa menambahkan sekarang atau nanti.

Kemudian, Anda tinggal klik Save dan Modula Gallery akan menampilkan shortcode untuk Anda. Dan sekarang galeri baru Anda sudah selesai dan Anda bisa langsung untuk melihat hasilnya dengan cara menambahkan galeri baru tersebut kedalam postingan atau halaman Anda.

Membuat Gallery dengan Modula Gallery 5

Diatas adalah proses membuat galeri dengan modula dengan cara yang cepat, jika Anda ingin membuat galeri Anda lebih indah lagi, Anda bisa melakukan pengaturan lanjutan. Tetapi meskipun Anda tidak melakukan pengaturan lanjutan tersebut, galeri Anda sudah berfungsi penuh.

Berikut Cara Mengatur Modulla Gallery Tingkat Lanjut

Untuk melakukan pengaturan lanjutan, Anda dapat mengaksesnya dengan mengklik link saat Anda membuat shortcode atau dengan membuka Dasbor Modula Anda dan klik icon edit atau pena:

Membuat Gallery dengan Modula Gallery 6

Di area setelan ini, Anda mendapatkan sekumpulan tab akordeon yang berisi semua penyesuaian yang dapat Anda buat di galeri Anda.

Membuat Gallery dengan Modula Gallery 7

Pada bagian “General” Anda dapat mengatur lebar, tinggi, minimum ukuran gambar (px), margin, lightbox link, shuffle, dan mengatur maksimal jumlah gambar

Pada bagian “Captions” Anda dapat memilih teks caption diambil dari Judul, Deskripsi, atau menghilangkan captions, selain itu juga dapat mengatur ukuran font dan warna teks captions.

Pada bagian “Social Share” Anda dapat memilih icon social media mana yang akan ditampilkan untuk dapat digunakan oleh pengguna membagikan gambar dalam galeri Anda. Dan juga pengaturan warna untuk icon sosial media.

Pada bagian “Image Loaded Effect” Anda dapat mengatur skala, rotasi, horisontal slide dan vertical slide.

Pada bagian “Hover Slide” Anda dapat memilih efek hover, warna hover dan tingkat kegelapan background atau opacity.

Pada bagian “Styles” Anda dapat mengatur untuk ukuran border, radius border, warna border, bayangan broder dan warna bayangan pada border.

Pada bagian “Custom Script” terdapat kolom kosong yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan script kustom sesuai keinginan Anda.

Diatas adalah langkah-langkah untuk membuat galeri di WordPress menggunakan Modula Gallery dan juga penjelasan singkat tentang masing-masing pengaturan lanjutan yang ada di modula gallery.

Sekarang saatnya memasang Galeri Anda pada bagian halaman atau postingan, pada contoh ini saya akan mencoba untuk memasang galeri pada halaman atau pages. Silahkan buat halaman baru di Pages » Add New Page. Dan silahkan taruh shortcode dari Galeri yang Anda buat.

Membuat Gallery dengan Modula Gallery 9

Atau Anda bisa juga langsung menggunakan icon Modula Gallery yang sudah ditambahkan pada editor WordPress Anda dengan icon warna hijau seperti yang terlihat pada gambar diatas dan nantinya akan memunculkan popup dengan daftar galeri yang sudah Anda buat.

Membuat Gallery dengan Modula Gallery 8

Harga

Modula Gallery merupakan plugin freemium, dimana Anda dapat mendownload secara gratis di WordPress.org ⇒ Modula Gallery Free dan untuk mendapatkan fitur penuh pada plugin ini maka Anda bisa membelinya.

Harga Modula Gallery

Ada total 4 rencana harga yang ditawarkan oleh modula gallery.

  • Basic $19 untuk 1 situs.
  • Duo $29 untuk 2 situs.
  • Pro $39 untuk 5 situs.
  • Business $49 untuk situs tak terbatas.

Semua paket harga diatas memiliki fitur yang sama, hal yang membedakan adalah untuk penggunaan plugin pada jumlah situs. Anda bisa membelinya dengan berbagai metode pembayaran seperti kartu kredit, PayPal dan masih banyak lagi.

Buy Modula Gallery

Kesimpulan

Plugin WP Modula merupakan alat yang mudah digunakan bagi pengguna untuk membuat dan mendesain galeri dengan indah. Plugin memiliki banyak fitur dan berbagai animasi untuk mempercantik gallery. Versi gratis bisa Anda gunakan dengan bebas dan juga tersedia versi premium dengan fitur yang sangat lengkap dan harga yang terjangkau.

Dan itulah ulasan saya tentang plugin modula Gallery untuk membuat galeri di WordPress dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress KingCabs Responsive Free

KingCabs adalah Theme WordPress responsif gratis yang di desain khusus untuk situs penyewaan mobil,...

10Web – Layanan Yang Menyediakan Segalanya Untuk WordPress

Pengguna WordPress selalu dimanjakan oleh banyak layanan yang disediakan oleh beberapa perusahaan atau pengembang...

Close