fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Buat Galeri Foto yang Indah di WordPress dengan PhotoBlocks

Apakah Anda saat ini sedang mencari alat untuk membuat Galeri foto yang indah di situs WordPress Anda? Jika iya, maka sekarang Anda sedang berada pada tempat yang tepat. Tak peduli apa profesi Anda, baik itu itu photografer, desainer, blogger atau seorang developer yang sedang ingin membuat website untuk klien Anda dengan menambahkan galeri foto yang indah, maka Anda sangat saya sarankan untuk menggunakan plugin PhotoBlocks untuk Galeri foto di WordPress.

Menampilkan gambar maupun foto dengan indah memang penting dan dapat menarik perhatian pengunjung Anda, ini juga merupakan cara yang bagus untuk memamerkan karya seni Anda dengan cara yang indah. Hasil karya yang bagus tentu harus didukung dengan cara menampilkan yang bagus agar karya Anda tampak lebih sempurna di mata pengunjung Anda.

Banyak plugin yang bisa Anda gunakan untuk membuat galeri foto di WordPress yang bisa Anda temukan, namun saya menyarankan bagi Anda untuk mencoba terlebih dahulu salah satu plugin bernama PhotoBlocks ini, dan lihat apa kelebihan yang akan Anda dapatkan dari PhotoBlocks.

Saya akan mengulas lebih dalam tentang plugin PhotoBlocks WordPress Grid Gallery di artikel ini dan mari kita simak penjelasan lebih lengkap dibawah ini.

Apa itu PhotoBlocks?

PhotoBlocks adalah salah satu plugin galeri WordPress terbaik yang akan menampilkan berbagai karya foto dan gambar seperti makanan, pernikahan, travel, desain interior dan tatto dengan sangat indah sesuai keinginan Anda. Ini mungkin merupakan plugin yang sangat dicari oleh seorang photografer maupun desainer untuk menampilkan karya seni mereka di website. Plugin ini sangat mudah digunakan bagi pengguna pemula maupun yang ahli. Anda bisa membuat galeri dengan cepat dalam beberapa menit.

Salah satu fitur menakjubkan dari plugin ini adalah PhotoBlocks Grid Builder, dimana Anda dapat membuat Galeri foto hanya dengan menyeret dan melepaskan gambar dari media dengan berbagai ukuran dan rasio aspek pada lokasi grid pixel yang sempurna, PhotoBlocks Grid Gallery juga merupakan alat yang hebat untuk membuat galeri dari posting khusus. Anda bisa membuat galeri dengan gambar yang menjangkau lebih banyak kolom atau baris, ditampilkan dalam lightbox berfitur lengkap yang memungkinkan, efek melayang, memuat efek, thumbnail dan unduhan gambar opsional.

Selain itu, ada juga Blok teks yang berguna untuk menuliskan beberapa teks, bahkan tanpa gambar. Itu membuat plugin ini hampir merupakan pembangun visual untuk WordPress. Anda dapat mencampur gambar horisontal dan vertikal dalam galeri yang sama dan merentangkannya ke beberapa baris atau kolom. Setiap gambar juga dapat ditautkan ke URL khusus dan juga ikon sosial yang dapat langsung dibagikan ke berbagai media sosial hanya dengan satu klik.

Anda juga bisa memberikan satu set filter pada masing-masing gambar, sehingga galeri dengan banyak gambar dan kategori dapat mudah ditemukan dengan fitur penyaringan ini.

Dan jangan salah, bahwa dengan PhotoBlocks Anda bisa membuat galeri video yang indah, Anda bisa menampilkan galeri video baik Magnific Popup dan FancyBox 3 memiliki dukungan asli untuk video yang dihosting di YouTube atau Vimeo.

Fitur-Fitur PhotoBlocks

PhotoBlocks memiliki banyak sekali fitur yang tidak hanya akan membuat galeri foto Anda tampak sempurna dan indah, namun juga SEO friendly dan cepat ketika diakses. Dan berikut adalah beberapa fitur utama dari plugin galeri PhotoBlocks :

Gallery PhotoBlocks WordPress Features

  • Drag and drop builder to design custom layouts
  • Pixel perfect justified gallery
  • Lightbox to zoom photos
  • Special effects on mouse hover
  • Loading special effects
  • Social sharing
  • Captions with title and description
  • Caption positioning
  • Responsive and mobile ready
  • SEO friendly
  • Open videos on image click
  • Open pages on image click
  • Fast loading gallery
  • Full width galleries
  • Shuffle images
  • Jetpack’s Photon compatibility for high speed
  • Post galleries (premium feature)
  • CDN support for even faster image loading (premium feature)
  • Text blocks (premium feature)
  • Filters/Categories (premium feature)
  • Additional hover effects (premium feature)
  • Additional loading effects (premium feature)
  • Additional captions layouts (premium feature)
  • Handle shortcodes inside blocks (premium feature)

Harga Plugin PhotoBlocks

Plugin WordPress PhotoBlocks bisa Anda download dan gunakan secara gratis, ini tersedia di librari plugin WordPress.org disini → Gallery PhotoBlocks. Tapi Anda bisa juga meningkatkan fitur-fitur plugin ini untuk tingkat lebih lanjut dengan membeli lisensi premium, dan berikut adalah daftar harga dari PhotoBlocks :

Gallery PhotoBlocks WordPress Price

  • Basic $19.99 Per Year : All free features, Priority email support, FancyBox Popup (zoom images + thumbnails + sharing + download/protect images + effects).
  • Ultimate $29.99 Per Year : All basic features, Priority email support, Text blocks, Post galleries, CDN support (fast image loading), Hover effects, Filters / Categories, Loading animations.
  • Business $299.99 Per Year : All Ultimate features, Personal email support, Personal Skype support.

Buy PhotoBlocks Plugin

Itulah daftar rencana harga dari PhotoBlock, Anda sepenuhnya dilindungi oleh Jaminan Uang Kembali 100%. Jika selama 14 hari berikutnya Anda mengalami masalah yang membuat plugin tidak dapat digunakan dan tim profesional mereka tidak dapat menyelesaikan masalah Anda, maka Anda akan mendapatkan pengembalian uang secara penuh.

Cara Membuat Galeri dengan PhotoBlocks

Disini saya akan mencoba memberikan panduan singkat tentang membuat galeri dengan PhotoBlocks dengan cepat, Anda bisa memperluas fungsi dan fitur secara pribadi karena plugin ini memiliki pengaturan yang sangat luas.

Pertama silahkan untuk menginstall dan mengaktifkan plugin PhotoBlocks, dan Anda akan menemukan item baru di sidebar admin WordPress dengan nama “PhotoBlocks”.

Silahkan buat galeri baru dengan masuk ke menu PhotoBlocks → Add New, Maka akan muncul popup dan ketikkan nama galeri foto Anda dan klik tombol “Sumbit”.

Gallery PhotoBlocks WordPress 3

Dan Anda sekarang berada pada halaman pembuatan galeri, akan terdapat beberapa menu dibagian atas seperti Blocks, Gallery, Lightbox, Captions, Filters, Customizations. Dimana tiap-tiap menu akan memiliki konfigurasi yang bisa Anda sesuaikan.

Untuk membuat galeri sederhana, masuk pada menu “Blocks” dan tekan tombol dibagian bawah yaitu “+Add Blocks”. Maka akan muncul Popup dan klik tombol “Image” untuk memasukkan gambar dari media library.

Gallery PhotoBlocks WordPress 4

Setelah semua gambar yang ingin Anda masukkan dalam galeri selesai Anda pilih, sekarang Anda bisa mengatur posisi dan ukuran masing-masing gambar hanya dengan menyeret pada pojok kiri gambar. Dan untuk memindah posisi Anda juga bisa melakukan seret dan lepas pada bagian blok yang Anda inginkan.

Gallery PhotoBlocks WordPress 5

Untuk pengaturan masing-masing gambar, Anda bisa menyorot gambar dan klik icon “Gir” maka akan muncul pengaturan disebelah kanan layar Anda. Pada bagian ini Anda bisa mengkonfigurasi SEO, Overlay,Title, Descriptions, On Click dan Filter. Jika sudah silahkan klik tombol “Done”.

Gallery PhotoBlocks WordPress 6

Jika semua sudah sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa klik tombol biru bernama “Publish” Pada sisi kanan atas. Dan Anda akan mendapatkan shortcode dari galeri Anda.

Selanjutnya Anda bisa menaruh shortcode tersebut pada halaman atau postingan sesuai dengan keinginan Anda. Dan melihat hasilnya pada website Anda secara live.

Gallery PhotoBlocks WordPress 7

Anda selalu dapat mengedit galeri yang Anda buat kapan saja, pada menu PhotoBlocks dan klik “Edit” dibawah judul galeri Anda.

Kesimpulan

Plugin PhotoBlock benar-benar memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin memiliki galeri foto yang indah dengan cepat dan mudah. Tidak ada hal sulit akan Anda temui ketika menggunakan plugin ini, Anda bisa mengatur bebas galeri grid Anda dengan menyeret dan melepaskan gambar, mengatur ukuran dan tata letak gambar. Semua gambar akan ditampilkan dengan sempurna dan ini mendukung perangkat mobile.

Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan menjadi solusi yang bagus untuk menemukan plugin galeri yang seusai dengan apa yang Anda cari. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
loading...
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Ganti Font di Bio Instagram Anda Jadi Lebih Menarik

Semua orang tahu Anda dapat menyesuaikan feed Instagram Anda agar sesuai dengan kepribadian dan...

Cara Menarik Saldo Payoneer di ATM dengan Kartu Payoneer

Pada artikel kali ini saya akan membuat panduan singkat tentang cara menarik saldo Payoneer...

Close