How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membuat Website Booking & Appointment di WordPress

Jika Anda mencari plugin untuk membangun situs eCommerce di WordPress maka pilihan yang paling tepat untuk Anda gunakan adalah WooCommerce. WooCommerce adalah plugin hebat dengan fitur paling lengkap untuk situs eCommerce.

WooCommerce selain bisa Anda gunakan untuk membuat website toko online, plugin tersebut bisa Anda gunakan untuk tujuan yang lebih luas lagi seperti menjual berbagai produk maupun layanan yang berbasis waktu atau tanggal seperti persewaan, pemesanan hotel, tiket, janji, konsultasi dan masih banyak lagi.

Secara default WooCommerce memang tidak membawa fitur untuk booking & Appointment tapi Anda bisa menambahkan fitur-fitur tersebut menggunakan plugin tambahan yang bernama WooCommerce Booking & Appointment dibuat oleh Tyche Softwares.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan secara lengkap tentang plugin WooCommerce Booking & Appointment dan bagaimana menggunakan plugin tersebut untuk membuat situs layanan berbasis tanggal atau pesanan.

WooCommerce Booking & Appointment

Apa itu WooCommerce Booking & Appointment?

WooCommerce Booking & Appointment adalah plugin yang berfungsi untuk meningkatkan fitur pada WooCommerce agar bisa digunakan oleh pengguna WordPress untuk membuat situs menjual berbagai produk atau layanan yang berbasis waktu atau tanggal sehingga Anda bisa memanfaatkan plugin WooCommerce yang sangat kuat dan populer dengan sistem pembayaran yang beragam untuk menjalankan situs pemesanan agar pelanggan Anda dapat memesan lebih cepat dengan mencari tanggal & waktu yang tersedia dengan menggunakan widget pencarian yang hebat.

Booking Appointment WooCommerce Plugin

Selain itu dengan mengintegrasikan plugin booking ini dengan WooCommerce, Anda juga dapat mengakses semua plugin WooCommerce lainnya, keamanan yang terjamin, kemampuan pelaporan yang sangat baik, kemampuan untuk menawarkan poin reward dan dapat menggunakan lebih dari 100 gateway pembayaran.

Harga WooCommerce Booking & Appointment

Plugin WooCommerce Booking & Appointment adalah merupakan plugin premium yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang cukup murah dibanding dengan plugin buatan WooCommerce sendiri.

Harga Booking Appointment WooCommerce

Plugin ini ditawarkan dengan tiga lisensi berbeda seperti berikut :

  • Single Store : $119
  • Five Stores : $199
  • Unlimited Stores : $249

Diatas adalah daftar harga plugin dengan lisensi update tahunan, Anda bisa membeli secara langsung melalui situs resmi Tyche Software dan Anda akan mendapatkan diskon sebesar 50% langsung ketika melakukan pembayaran perpanjangan lisensi tahunan untuk plugin WooCommerce Booking & Appointment tersebut. Itu berarti jika Anda membeli lisensi Single Store dengan harga $119 maka untuk pembayaran selanjutnya hanya dikenakan biaya sekitar $59,50 saja.

Buy Booking & Appointment WooCommerce

Fitur WooCommerce Booking & Appointment

Plugin WooCommerce Booking & Appointment bisa menjadi solusi yang sangat bagus untuk Anda yang ingin memiliki situs yang mampu menjual dan mengelola berbagai macam produk dan layanan yang bergantung pada tanggal.

Fitur Booking Appointment WooCommerce

Dan berikut beberapa fitur utama yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan plugin ini :

  • Terintegrasi penuh dengan WooCommerce yang merupakan plugin eCommerce terbaik WordPress
  • Dapat digunakan untuk membuat berbagai macam situs pemesanan berbasis waktu dan tanggal seperti hotel, tour, tiket, salon, pijat dan masih banyak lagi.
  • Dapat digunakan untuk situs Appointment, Anda dapat dengan mudah mengatur untuk menetapkan janji, membatasi jumlah janji untuk suatu waktu.
  • Dapat digunakan untuk situs rental seperti sewa mobil, sewa gedung, sewa pakaian, sewa tempat dan masih banyak lagi.
  • Memiliki fitur untuk pencarian ketersediaan pemesanan berdasarkan tanggal & waktu. Dan mengecek ketersediaan berdasarkan Kategori.
  • Sinkronisasi Google Kalender sehingga Pemesanan dapat disinkronkan ke Admin Google Calendar & Pelanggan secara otomatis, selain itu juga dapat mensinkronkan pemesanan dari setiap layanan / produk ke kalender yang berbeda.
  • Dapat di atur untuk slot waktu panjang yang berbeda pada produk yang sama, Misalnya sebuah tur yang berlangsung 4 jam pada hari Selasa, atau 3 jam pada hari Rabu
  • Memiliki kemampuan untuk penjadwalan ulang pemesanan, pelanggan dapat mengubah tanggal & waktu pemesanan dari halaman My Account
  • Memiliki kemampuan untuk menyetujui atau menolak pemesanan berdasarkan ketersediaan
  • Sudah mendukung kompatibilitas multi bahasa dan menawarkan file PO / MO
  • Memiliki kemampuan untuk tetapkan Hari Kerja atau Tanggal Tertentu atau keduanya sebagai hari Pemesanan
  • Plugin secara otomatis dapat melakukan ekspor dan impor pesanan bookable ke Google Calendar dan dapat di ekspor ke file csv, pdf, format excel.
  • Memiliki kemampuan untuk menambahkan hari libur global untuk produk tertentu atau kecualikan hari tertentu.
  • Kalender Pemesanan yang Sangat Customizable dengan 62 Bahasa & 24 Tema Berbeda
  • Dapat di atur untuk hanya menggunakan tanggal pemesanan saja jika Anda tidak menggunakan layanan berbasis waktu
  • Memiliki kemampuan untuk melihat semua pemesanan dalam tampilan kalender atau list.
  • Dapat di sinkronkan pemesanan dengan aplikasi kalender eksternal dengan bantuan file ICS
  • Label dan Pesan dapat diubah dengan mudah  sesuai dengan keinginan Anda
  • Plugin Booking Appointment mendukung semua jenis Produk WooCommerce inbuilt serta jenis lainnya seperti Composite Produck, Bundled product & Subscriptions product

Cara Menggunakan WooCommerce Booking & Appointment

Untuk mulai membangun sistem pemesanan online dengan plugin WooCommerce Booking & Appointment, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall dan mengaktifkan plugin WooComerce terlebih dahulu di situs WordPress Anda. Setelah Anda selesai menginstall WooCommerce selanjutnya install plugin Booking & Appointment dari komputer Anda.

Setelah plugin WooCommerce Booking & Appointment Anda install dan aktifkan maka akan terdapat item menu baru di sidebar admin WordPress dengan nama “Booking”.

Silahkan untuk masuk ke menu Booking » Settings untuk melakukan konfigurasi plugin :

Pada halaman settings Anda akan melihat terdapat 4 menu tab untuk Global Booking Settings, Label & Messages, Addons Settings dan Google Calendar Sync.

Global Booking Settings

Pada halaman Settings Global Booking disini Anda dapat mengatur format bahasa, tanggal dan waktu, jumlah bulan untuk ditampilkan di kalender, hari pertama yang ingin Anda tampilkan di kalender, pilihan untuk menampilkan tombol “Add to Calendar” dan pilihan untuk mengaktifkan file ICS pada notifikasi email notifikasi untuk pelanggan Anda. Setiap pengaturan disertai dengan keterangan yang jelas sehingga memudahkan Anda untuk memahami setiap pilihan yang ingin Anda konfigurasi.

General Settings Booking Appointment WooCommerce

Dibagian selanjutnya Anda juga dapat mengatur tampilan kalender yang akan ditampilkan pada situs Anda, terdapat banyak pilihan tema untuk kalender yang bisa Anda pilih untuk disesuaikan dengan skema warna situs Anda.

Dibagian bawah pilihan tema kalender, Anda dapat mengecualikan hari atau memilih hari libur yang dimasukkan pada kalender. Pengaturan ini bertujuan untuk mengecualikan atau membatalkan hari dimana produk atau layanan Anda tidak dapat dibeli atau dipesan. Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan mengklik tanggal yang sesuai pada kalender. Hari-hari yang dikecualikan ini berlaku untuk semua produk di situs Anda, namun tambahan untuk black out days dapat ditambahkan ke produk individual.

General Settings Booking Appointment WooCommerce 2

Selanjutnya masih terdapat banyak pilihan yang bisa Anda aktifkan seperti pengaturan waktu slot pemesanan, menyembunyikan atau menampilkan variasi harga pada halaman produk, menyembunyikan atau menampilkan harga pesanan pada halaman produk, menampilkan tombol Quantity dan menampilkan ketersediaan produk pada halaman.

General Settings Booking Appointment WooCommerce 3

Pengaturan selanjutnya Anda juga memungkinkan untuk Anda mengatur minimum hari untuk pemesanan, memungkinkan pengguna untuk dapat mengedit pesanan dari halaman keranjang, dan memungkinkan pengguna untuk mengatur ulang jadwal pesanan.

Jika pengaturan pada “Global Settings” sudah selesai Anda lakukan, Anda bisa menyimpan pengaturan ini dengan klik tombol “Save Settings”. Anda bisa memulai untuk membuat produk Anda atau melanjutkan untuk melakukan konfigurasi pada Label & Messages.

General Settings Booking Appointment WooCommerce 4

Pada bagian menu tab “Label & Messages” ini Anda dapat mengganti label dan pesan kesalahan pada bagian-bagian tertentu. Anda bisa mengganti sesuai dengan keinginan Anda atau membiarkan pengaturan ini sesuai dengan defaultnya.

Label Messege Booking Appointment WooCommerce

Pada bagian “Addons Settings” adalah untuk pengaturan Addons jika Anda telah membeli dan memasang Addons untuk plugin Booking & Appointment. Jika Anda tidak memilikinya maka halaman ini akan terlihat kosong. Anda bisa melihat daftar Addons yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan untuk menambahkan fungsi dan fitur pada plugin ini disini ⇒ Addons.

Pada “Google Calendar Syns” Anda dapat mengintegrasikan plugin Booking & Appointment ini dengan akun Google Calendar Anda, ini merupakan sinkronisasi dua arah karena Anda dapat mengimpor dari Google Calendar atau sebaliknya. Selain itu semua pilihan yang Anda temukan di menu “Booking” akan diterapkan ke semua produk.

Google Calendar Settings Booking Appointment WooCommerce

Buat Produk yang Dapat di Pesan

Setelah semua konfigurasi pada pengaturan plugin Booking & Appointment selesai Anda lakukan, sekarang Anda dapat membuat produk baru atau mengedit yang sudah ada di daftar produk WooCommerce Anda agar dapat dipesan berdasarkan tanggal atau waktu.

Setelah Anda membuka halaman untuk membuat produk di WooCommerce, silahkan scroll kebawah dan Anda akan melihat kotak meta pengaturan baru ditambahkan dengan nama “Booking” dengan beberapa tab pengaturan.

Pada kotak pengaturan “General” Anda hanya perlu mengaktifkan pilihan dengan menggeser “Enable Booking”, dan memilih “Booking Type” sesuai dengan keinginan Anda yaitu Only Day atau Date & Time.

Product Settings Booking Appointment WooCommerce

Pada bagian “Availability” Anda dapat menentukan jumlah tanggal yang harus dipilih, sebagai contoh adalah 30 itu memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan 30 hari ke depan dari tanggal sekarang.

Anda juga dapat memilih hari yang ingin Anda aktifkan dan berapa maksimal pesanan yang dapat dilakukan di masing-masing hari tersebut. Selain itu Anda juga bisa memberikan harga spesial pada hari-hari tertentu.

Product Settings Booking Appointment WooCommerce 2

Selanjutnya jika Anda ingin menghubungkan produk Anda dengan Google Calendar maka Anda bisa masuk pada tab pengaturan “Google Calendar Sync” dan lakukan konfigurasi dengan memasukkan Key File Name dan Email Address.

Product Settings Booking Appointment WooCommerce 3

Tampilan Produk Pemesanan

Setelah pilihan “Booking” pada produk telah Anda aktifkan dan dikonfigurasi, dan produk tersebut diterbitkan, produk yang Anda tawarkan tersebut sekarang dapat dipesan untuk slot waktu atau tanggal tertentu oleh pelanggan.

Produk View Booking Appointment WooCommerce

Pelanggan dapat memilih dari tanggal yang tersedia dengan menggunakan kalender pop out dan kemudian memasukkan slot waktu dari menu drop-down (jika Anda mengaktifkan slot waktu). Kemudian pemesanan akan ditambahkan ke keranjang pelanggan dimana pemesanan bisa ditinjau sebelum pembayaran dilakukan.

Mengelola Pemesanan

Plugin memudahkan Anda untuk melihat semua pemesanan yang dilakukan. Anda dapat melihat semua daftar pesana pada menu Booking » View Bookings.

View Booking Appointment WooCommerce

Ada pilihan untuk melihat pemesanan dalam bentuk daftar atau dalam bentuk kalender dan juga bisa diekspor sebagai CSV, Excel, PDF atau dicetak.

Anda bisa membaca panduan lebih lengkap mengenai plugin WooCommerce Booking & Appointment pada dokumentasi yang sudah disediakan pada situs resminya disini ⇒ Documentation WooCommerce Booking & Appointment.

Kesimpulan

Plugin WooCommerce Booking & Appointment adalah plugin yang sangat mudah digunakan, plugin yang terintegrasi dengan WooCommerce ini akan menjadikan situs booking online Anda sebagai situs yang profesional karena WooCommerce merupakan plugin terbaik untuk situs eCommerce dan banyak ekstensi yang tersedia untuknya. Dengan plugin ini menjadikan Anda dapat menjual berbagai macam produk yang berbasis pemesanan maupun produk pada umumnya.

Baca : Tambahkan Fitur Tanggal Pengiriman WooCommerce dengan Order Delivery Date Pro

Dan itulah penjelasan lengkap tentang plugin WooCommerce Booking & Appointment, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan menjadikan solusi bagi Anda yang sedang ingin membangun situs Booking online & Appointment di WordPress. Selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress One Page Express Responsive Free

One Page Express adalah Tema WordPress Responsive Gratis yang memiliki desain tampilan yang indah...

Panduan Membuat Postingan di WordPress dan Penjelasan Fiturnya

Saat Anda membuat blog atau website dengan WordPress, area yang akan paling sering Anda...

Close