Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Kirim Ucapan Terimakasih Setelah Komentar di WordPress

Jika Anda pernah berkomentar di sebuah situs lalu setelahnya Anda menerima email ucapan terima kasih dari situs tersebut dan Anda berfikir bagaimana membuat hal semacam itu di situs WordPress Anda, maka di artikel ini saya akan membuat artikel tentang bagaimana cara mengirim email ucapan terima kasih untuk blog komentator di WordPress. Perlu Anda ketahui bahwa membuat pengunjung berkomentar di blog itu tidaklah mudah, banyak pengunjung sengaja berkomentar hanya untuk menaruh link dan komentar spam.

Baca : Cara Mudah Export Alamat Email dari WordPress

Apa Manfaat Mengirim Ucapan Terimakasih setelah Komentar?

Semua pemilik blog tentu ingin pengguna untuk mengomentari setiap artikel yang di publish. Kita semua sebagai blogger tentu selalu membuat artikel semenarik mungkin dan bermanfaat agar selain mendapatkan kunjungan yang melimpah dari mesin pencari juga ingin menarik pengguna untuk berkomentar, dengan adanya komentar maka menunjukkan blog terlihat hidup.

Ada banyak cara untuk mendapatkan lebih banyak komentar di posting Anda. Misalnya, Anda dapat memungkinkan pengguna untuk berlangganan komentar pada posting atau hanya dengan membalas komentar mereka.

Tapi bagaimana jika pengguna Anda tidak berlangganan komentar? Bagaimana Anda akan menjaga mereka untuk tetap terlibat dan membuat mereka datang kembali ke situs Anda? Disinilah mengirimkan email ucapan terima kasih merupakan cara lain yang bisa Anda terapkan agar mereka tetap mau untuk kembali kesitus Anda dan berkomentar. Selain itu dengan adanya email ucapan terimakasih tersebut dapat memperkuat citra merek, meningkatkan kunjungan kembali, meningkatkan keterlibatan pengguna, meningkatkan konversi dan mengingatkan mereka bahwa mereka berkomentar di situs Anda.

Hal ini juga mendorong pengguna untuk kembali dan melihat apa yang baru sejak terakhir berkomentar di situs Anda. Anda dapat mengundang mereka lagi untuk mengunjungi situs dan juga bisa Anda manfaatkan untuk menawarkan diskon khusus untuk produk yang Anda jual di blog Anda.

Setelah Anda mengetahui manfaat dari mengirimkan email ucapan terimakasih ke pengguna yang berkomentar Anda, sekarang mari kita lanjutkan ke tutorialnya.

Baca : Cara Mudah Membuat Email Template di WordPress

Cara Mengirim Email Ucapan Terima Kasih ke Blog Komentator

Untuk mengirim email ucapan terimakasih secara otomatis, Anda perlu untuk menginstal dan mengaktifkan plugin Thank Me Later. Untuk lebih jelasnya, lihat langkah kami demi langkah panduan tentang cara menginstal plugin WordPress dibawah ini.

Setelah Anda install plugin Thanks Me Later dan mengaktifkan plugin tersebut, maka Anda akan melihat menu baru ditambahkan di admin WordPress dengan nama menu Thank Me Later. Silahkan klik menu Thank Me Later » Install untuk melakukan setup pada plugin.

thank me later email setup

Plugin ini memungkinkan Anda melacak berapa banyak pengguna telah membuka email ucapan terima kasih Anda. Anda dapat mengaktifkan opsi ini, atau tetap dinonaktifkan.

Sekarang mari kita membuat email ucapan terima kasih untuk pengguna Anda.

Silahkan masuk ke menu Thank Me Later » Messages dan klik pada tombol Add New di bagian atas.

thank me later new thank you email

Sekarang Anda akan melihat halaman untuk pengaturan email yang akan Anda kirimkan, disitu akan terlihat kolom nama, alamat email, dan subjek email.

thank me later thank you emailsettings

Anda dapat menyesuaikan teks email di area text pesan. Ada sekelompok shortcode yang dapat Anda gunakan di dalam area text email. Klik pada ‘Show Sortcode List’ untuk melihat daftar shortcode yang tersedia untuk Anda gunakan dalam text email Anda.

Saat Anda sedang menulis email, Anda dapat langsung melihat live preview dari pesan Anda dalam jendela preview di sebelah kiri.

Selanjutnya, Anda perlu memilih kapan Anda ingin mengirim email. Plugin ini memungkinkan Anda untuk menentukan waktu dalam menit, jam, hari, dan minggu.

thank me later when to send

Anda juga dapat memilih berapa banyak email yang ingin dikirim ke pengguna. Nilai default adalah 0, yang berarti tidak ada batas.

Di bawah bagian penargetan, Anda dapat membatasi email untuk kategori tertentu dan tag atau tiap posting. Anda juga dapat meninggalkan pilihan ini dicentang semua untuk menargetkan semua posting.

thank me later email targetting

Opsi terakhir adalah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan email tracking terbuka. Ini akan menimpa pengaturan global.

Setelah Anda selesai dengan pengaturan, klik tombol Save Message untuk menyimpan pengaturan pesan ini.

Plugin Thank Me Later memungkinkan Anda untuk membuat beberapa pesan email dengan pengaturan penargetan yang berbeda dan jangka waktu yang berbeda pula.

Hal ini juga dilengkapi dengan satu sampel pesan yang menargetkan semua posting. Jika Anda telah membuat pesan lain yang menargetkan semua posting, maka Anda harus menghapus sample yang sudah dibuat oleh plugin. Jika tidak, pengguna akan menerima pesan dua kali untuk komentar yang sama.

Thanks Me Later juga memberikan statistik dasar untuk email yang dikirim oleh plugin. Anda dapat melihat statistik dengan masuk ke menu Thank Me Later » Stats. Ini akan menunjukkan jumlah email yang dikirim dan email dibuka oleh pengguna.

Baca : Cara Menambah Login WordPress Dengan Email

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress The Monday Responsive Free

The Monday adalah Theme WordPress Responsif gratis dengan desain elegan untuk setiap jenis usaha...

15 Fitur Rahasia Google Search Mungkin Belum Anda Ketahui

Google merupakan alat yang digunakan oleh banyak orang untuk melakukan pencarian berbagai hal di...

Close