How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Tambahkan Fitur Tanggal Pengiriman WooCommerce dengan Order Delivery Date Pro

Saat Anda melakukan transaksi pada toko online, kebanyakan dari mereka pada proses pembelian tidak terdapat fitur untuk mengatur tanggal pengiriman barang sesuai dengan keinginan pelanggan. Dimana toko online pada umumnya akan mengirimkan barang setelah proses pembayaran selesai dan hanya menyertakan informasi perkiraan kapan barang akan sampai pada tempat tujuan. Padahal, dengan menambahkan fitur penyesuaian tanggal atau waktu pengiriman akan sangat berguna bagi para pelanggan Anda yang mungkin ingin mengirimkan hadiah ulang tahun, atau mungkin Anda hanya ingin menerima pesanan ketika Anda sedang libur kerja dan berada dirumah.

Jika Anda saat ini sedang memiliki toko online atau akan membuat sebuah toko online, maka kekurangan fitur dari toko online pada umumnya tersebut bisa Anda tambahkan pada toko online Anda untuk menambahkan nilai lebih pada toko online Anda sekaligus menarik pelanggan, meningkatkan pelayanan dan memuaskan para pelanggan. Jika Anda pengguna WordPress yang menggunakan WooCommerce maka untuk menambahkan fitur yang memiliki kemampuan untuk mengizinkan pelanggan menentukan tanggal pengiriman atau waktu saat memesan dari toko online Anda maka caranya sangatlah mudah dengan bantuan plugin Order Delivery Date Pro.

Order Delivery Date Pro

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap tentang Plugin Order Delivery Date Pro, keuntungan menggunakan plugin tersebut dan bagaiamana menggunakan plugin Order Delivery Date Pro tersebut pada toko online WordPress Anda.

Apa itu Order Delivery Date Pro?

Plugin Order Delivery Date Pro adalah plugin yang dibuat khusus oleh pengembang Tyche Softwares yang sudah sangat berpengalaman dibidang WordPress dan berfokus pada WooCommerce. Plugin ini terintegrasi dengan baik pada plugin WooCommerce untuk menambahkan fitur yang memungkinkan pelanggan untuk dapat memilih tanggal atau waktu pengiriman ketika sedang melakukan traksaksi pembelian.

Order Delivery Date Pro

Selain itu Anda sebagai admin toko online juga dapat memutuskan kapan hari atau tanggal pengiriman dapat dijadwalkan sekaligus memberikan terdapat pilihan untuk memberikan biaya tambahan pada waktu pengiriman tertentu. Fitur ini bagi sebagian pemilik toko online mungkin akan menjadi sangat penting dan akan bermanfaat bagi pelanggan tertentu yang memang menginginkan pengiriman barang yang dibelinya dikirim sesuai keinginan mereka, sebagai contoh : seorang pelanggan yang ingin mengirimkan hadiah pada seseorang pada tanggal dan waktu tertentu.

Harga

Order Delivery Date Pro adalah plugin premium yang bisa Anda beli secara langsung melalui situs resmi ⇒ Tyche softwares.

Price Order Delivery Date Pro

Dan lisensi plugin ini ditawarkan dengan tiga rencana harga yang berbeda :

  • Single Store : $99
  • Five Stores : $199
  • Unlimited Stores : $249

Harga diatas adalah harga lisensi plugin untuk update dan support selama setahun, untuk setiap perpanjangan yang Anda lakukan secara langsung akan mendapatkan potongan sebesar 50%.

Buy Order Delivery Date Pro

Plugin Order Delivery Date juga memiliki plugin untuk versi gratis dan sudah digunakan lebih dari +5000 pengguna WordPress yang bisa Anda download secara langsung melalui dashboard WordPress Anda karena tersedia di direktori resmi plugin WordPress.org atau bisa mendownloadnya disini ⇒ Plugin Order Delivery Date Lite. Anda juga bisa membaca apa perbedaan antara plugin versi gratis dan versi pro untuk oder delivery date pro disini ⇒ Differences between Pro and Lite versions of Order Delivery Date for WooCommerce plugin.

Fitur Order Delivery Date Pro

Disini saya akan menjelaskan secara lengkap tentang fitur yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan plugin Order Delivery Date khusus versi Pro. Dengan plugin versi Pro maka memungkinkan pelanggan untuk memilih tanggal dan waktu pengiriman di halaman checkout. Tanggal Pengaturan, Pengaturan Waktu, Penampilan & Black-out tanggal yang memungkinkan pemilik situs untuk menentukan tanggal yang harus tersedia untuk pengiriman. Dan berikut adalah rincian fitur lengkapnya untuk versi PRO:

  • Pelanggan dapat memilih Waktu Pengiriman bersamaan dengan Tanggal Pengiriman.
  • Pengiriman hari yang sama & hari berikutnya dengan cut-off time.
  • Tanggal Pengiriman disinkronkan (2 arah) dengan Google Kalender.
  • Memungkinkan pengaturan untuk pengiriman dengan Zona Pengiriman & Kelas Pengiriman.
  • Memungkinkan pengaturan untuk pengiriman harian & hari pengiriman secara terpisah.
  • Dapat menonaktifkan Tanggal Pengiriman untuk Kategori yang dipilih.
  • Pelanggan & Admin dapat mengedit Tanggal Pengiriman & Waktu untuk pesanan.
  • Tangkap Waktu Pengiriman dengan Slot Waktu atau Waktu Pengiriman Spesifik.
  • Dapat memisahkan Biaya Pengiriman, Cut-off, dll untuk hari kerja.
  • Dapat melihat Pengiriman yang akan datang di Kalender Pengiriman.
  • Memungkinkan pengaturan untuk Pengiriman menurut Kategori Produk.
  • Tetapkan Pengiriman Maksimum per hari dengan Pesanan atau Kuantitas Produk.
  • Mempunyai kemampuan untuk memfilter WooCommerce Orders Anda dengan Tanggal Pengiriman.
  • Tentukan interval pengiriman minimum antara pesanan dan pengiriman pertama yang tersedia.
  • Tetapkan Tanggal Pengiriman Spesifik untuk pengiriman, diluar hari kerja.
  • Blokir slot waktu untuk tanggal atau hari kerja.
  • Update otomatis tanggal pengiriman untuk pesanan perpanjangan dari WooCommerce Subscriptions Plugin by Prospress Inc.
  • Memungkinkan pengaturan untuk Pengiriman dari Plugin Metode Pengiriman USPS by WooCommerce.
  • Memungkinkan untuk Pengaturan Pengiriman dari Table Rate Shipping Plugin by WooCommerce.
  • Memungkinkan untuk menenrtukan tanggal Pengiriman berbeda saat menggunakan alamat WooCommerce Shipping Multiple.

Cara Menggunakan Plugin Order Delivery Date

Untuk memulai menggunakan plugin Order Delivery Date ini hal pertama yang perlu Anda lakukan tentu saja menginstall dan mengatur plugin toko online WooCommerce, setelah WooCommerce selesai Anda bisa menginstall dan mengaktifkan plugin Order Delivery Date ini.

Setelah plugin Anda aktifkan maka akan muncul item menu baru di sidebar admin WordPress Anda dengan nama “Order Delivery Date” dan jika Anda membeli lisensi plugin, silahkan untuk mengaktifkan plugin dengan lisensi tersebut agar plugin berubah status menjadi plugin premium dengan fitur-fitur premium di dalamnya dengan masuk ke menu Order Delivery Date » Activate License.

Plugin License Options

Selanjutnya silahkan masuk ke menu Order Delivery Date » Settings untuk melakukan konfigurasi plugin. Pada halaman pengaturan Anda akan melihat 3 menu tab utama yaitu : General Settings, Custom Delivery Settings, dan Google Calendar Sync.

General Settings

Pada halaman “General Settings” ini Anda akan melihat beberapa sub item menu yang semuanya akan saya jelaskan dengan rinci dibawah ini :

Date Settings

Pada bagian ini Anda dapat menampilkan tanggal pada halaman checkout, memilih tampilan tanggal dalam bentuk kalender atau text block, memilih hari apa saja toko Anda dapat mengirimkan pesanan, mengaktifkan pilihan untuk menambahkan biaya pengiriman pada hari-hari tertentu, mengatur waktu dan tanggal, mengatur maksimum pengiriman per hari, mengatur pengiriman berdasarkan kuantitas produk dan pilihan untuk mengaktifkan pengiriman harian.

Date Setting Order Delivery Date Pro

Specify Delivery Dates

Pada bagian ini Anda dapat mengaktifkan spesifik pada untuk tanggal pengiriman tertentu dan juga dapat menentukan biaya pengiriman pada masing-masing tanggal yang Anda pilih.

Specify Date Order Delivery Date Pro

Time Settings

Jika Anda mengaktifkan fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengatur jendela tempat pengiriman dapat dilakukan, cukup dengan menetapkan waktu mulai dan akhir.

Time Settings Order Delivery Date Pro

Jika toko online Anda dapat menawarkan pengiriman hari yang sama, Anda dapat mengaktifkan opsi ini pada saat ini, jika tidak, waktu pengiriman minimum yang ditentukan pada halaman sebelumnya akan digunakan. Jika Anda mengaktifkan pengiriman hari yang sama, Anda dapat mengatur waktu yang terputus yang harus dipesan agar memenuhi syarat. Hal yang sama berlaku untuk pengiriman hari berikutnya.

Jika Anda mengaktifkan fitur ini, Anda juga dapat menentukan biaya untuk pengiriman hari dan hari berikutnya yang sama yang ditambahkan ke tagihan pelanggan saat checkout.

Holidays

Pada bagian ini Anda dapat menambahkan tanggal untuk hari libur, disini Anda bisa menambahkan hari libur sesuai keinginan Anda bahkan untuk mengatur hari libur dalam tahunan.

Holiday Setting Order Delivery Date Pro

Appearance

Pada bagian Appearance ini Anda dapat mengatur bahasa, format tanggal dan label bidang yang ditampilkan ke pelanggan. Ada juga pilihan untuk mengubah tema pada tampilan kaleder agar sesuai dengan skema warna tema situs yang Anda guanakn.

Appearance Setting Order Delivery Date Pro

Time slot

Pada bagian ini Anda dapat menentukan slot waktu untuk pengiriman. Ini pengaturan opsional dan jika layanan kurir Anda dapat dikirimkan secara akurat pada waktu yang ditentukan, maka slotnya dapat dibuat di sini. Fitur ini juga dapat digunakan untuk pemesanan janji temu atau sesi karena Anda dapat membuat slot waktu berdasarkan ketersediaan Anda dan menetapkan penguncian ke satu pesanan untuk mencegah pemesanan ganda. Anda juga bisa memberikan biaya tambahan pada bagian ini.

Time Slot Setting Order Delivery Date Pro

Additional Settings

Pada bagian ini adalah pengaturan tambahan yang secara default sudah di konfigurasi dengan baik oleh plugin dan juga pilihan untuk integrasi dengan plugin lain dari WooCommerce seperti export, pdf invoice, print invoice dan masih banyak lagi.

Additional Settings Order Delivery Date Pro

Google Calendar Sync

Pada bagian ini Anda dapat mengintegrasikan plugin Anda dengan Google Calendar sehingga terjadi komunikasi dua arah dimana Anda dapat secara otomatis mengimport tanggal pesanan pengiriman ke akun google kalendar anda atau sebaliknya.

Google Calendar Order Delivery Date Pro

Halaman Checkout WooCommerce dengan Order Delivery Date

Setelah Anda selesai melakukan konfigurasi pada bagian “Settings” untuk plugin Order Delivery Date, Anda bisa langsung melihat fitur baru ditambahkan pada halaman checkout karena plugin ini tidak memerlukan pengaturan pada bagian produk sebagaimana plugin Booking & Appointment.

Fitur yang ditambahkan tersebut terlihat sangat sederhana yaitu hanya sebuah kolom dengan nama “Deliver Date” dimana pelanggan dapat menentukan tanggal dan waktu pengiriman dibagian tersebut pada halaman checkout.

Checkout Order Delivery Date Pro

Dan plugin secara otomatis akan menambahkan biaya pengiriman yang telah Anda tetapkan sebelumnya, biaya tersebut akan ditambahkan dengan harga produk sehingga pelanggan dapat mengetahui secara jelas untuk biaya pengiriman.

Delivery Calendar

Bagi Anda sebagai pemilik situs dapat melihat laporan secara jelas tentang pelanggan Anda yang melakukan pembelian pada menu Order Delivery Date » Delivery Calendar, di halaman ini hanya akan menampilkan laporan order untuk pelanggan yang menentukan tanggal dan waktu pengiriman saja.

Report Order Delivery Date Pro

Pada bagian WooCommerce » Order juga terdapat kolom baru yang menampilkan jadwal pengiriman, sehingga pengelola toko online dapat dengan mudah melihat jadwal pengiriman produk untuk masing-masing order.

Selain itu pelanggan Anda juga dapat menerima email yang mengonfirmasi pesanan mereka, termasuk tanggal dan waktu pengiriman yang dipilih. Pengguna admin situs juga akan menerima email berisi informasi pesanan dan tanggal pengiriman dan waktu.

Anda juga bisa membaca dokumentasi secara lengkap tentang plugin ini untuk mempelajari fitur-fitur dari Order Delivery Date Pro, silahkan cek disini ⇒ Documentatios.

Kesimpulan

Order Delivery Date merupakan plugin yang penting untuk menambah fitur pada toko online WooCommerce dan meningkatkan pelayanan pada pelanggan Anda karena dapat menentukan waktu dan tanggal pengiriman sesuai dengan keinginan mereka. Plugin ini dihargai dengan cukup murah mengingat manfaat besar dibelakang yang akan Anda peroleh. Fitur semacam ini sangat jarang kita temui di kebanyakan toko online pada umumnya dan ini bisa menjadi nilai lebih jika Anda gunakan pada toko online Anda.

Baca : Cara Membuat Website Booking & Appointment di WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Doctors Responsive Free

Doctors adalah Themes WordPress responsive gratis untuk situs Medical WordPress. Tema ini sangat cocok...

Cara Membuat Website Booking & Appointment di WordPress

Jika Anda mencari plugin untuk membangun situs eCommerce di WordPress maka pilihan yang paling...

Close