How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Lengkap #1 Cara Pasang CAPTCHA di Login, Register dan Komentar WordPress

Jika Anda menggunakan WordPress sebagai situs keanggotaan, atau situs apa saja dan membiarkan pengunjung mengirimkan informasi ke situs Anda, maka anda akan di pusingkan dengan masalah SPAM seperti halnya komentar, atau formulir kontak.

Salah satu cara untuk menghindari SPAM adalah dengan menggunakan CAPTCHA atau kombinasi angka dan huruf yang unik yang secara efektif dapat mengeblok spam bots pada form login, form register, kolom komentar atau juga pada contact form. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk menambahkan captcha dalam login WordPress dan formulir pendaftaran maupun pada form apa saja yang ada di WordPress.

Baca : 6 Plugin terbaik Captcha Anti Spam WordPress

Metode I : Cara Memasang reCAPTCHA Google di WordPress dengan BWP

Google memiliki CAPTCHA yang unik dan tentunya sangat ampuh untuk menangkal spammer yang menyerang situs WordPress Anda. Karena seperti kita ketahui bahwa Google adalah raja mesin pencari, tentunya mereka membuat produk anti spam ini sebagai produk yang sangat ampuh, aman dan gratis untuk Anda gunakan.

Untuk memasang reCAPTCHA pada WordPress, Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Better WordPress reCAPTCHA. Setelah aktivasi, plugin akan menambahkan menu baru bernama BWP reCAPT di admin WordPress Anda. klik menu tersebut untuk melakukan pengaturan plugin. Jika Anda belum bisa cara install plugin WordPress bisa membaca disini  » Panduan lengkap cara install plugin WordPress.

Cara Mendapatkan Key Google reCaptcha

Anda akan diminta untuk memberikan reCAPTCHA Key yang terdiri dari Site key dan Secret Key untuk mengintegrasikan situs Anda dengan Google reCAPTCHA. Untuk mendapatkan API key ini, Anda perlu mengunjungi website reCAPTCHA dan klik pada tombol “Get reCAPTCHA”. Atau langsung klik saja melalui link yang sudah terdapat pada halaman pengaturan plugin.

get-recaptchagoole

Pada halaman berikutnya, Anda perlu klik pada Signup atau klik login menggunakan akun Google Anda. Setelah Anda login, Anda akan diminta untuk memasukkan nama label dan nama domain di mana Anda berencana untuk menggunakan google reCAPTCHA ini. Silahkan isi label dengan nama sesuai keinginan Anda. Dan isi bagian domain dengan domain Anda, khusus untuk kolom domain ini Anda bisa menambahkan beberapa domain sekaligus dalam satu akun dengan mengetikan setiap nama domain dengan cara satu baris satu domain.

google-recaptcha-register

Dan klik “Register” maka Anda akan dibawa pada halaman yang akan menampilkan API Key reCaptcha yang terdiri dari beberapa informasi penting milik Anda.

api-key-recaptcha

Copy code tersebut dan paste kan ke pengaturan plugin di admin area WordPress Anda. Di bawah menu “General Options” terdapat kolom Site Key dan Secret Key. Dan dibawah Main Fungtionality  Silahkan centang Register Form dan Login Form, jika anda menginginkan untuk memberikan captcha di komentar makan centang juga untuk komentar. Dan pada bagian Theme Options Anda dapat mengatur tampilan untuk reCAPTCHA yang ditampilkan, hanya terdapat pilihan warna cerah dan hitam.

better-recaptcah

Setelah itu klik Save dan untuk melihatnya silahkan logout dari halaman admin Anda dan coba login kembali, maka anda akan melihat reCaptcha google sudah terpasang seperti gambar dibawah ini. Dan terlihat keren dan menyatu dengan WordPress.

login-wordpress-recaptcha

Metode II : Cara Memasang Google reCaptcha dengan Invisible reCaptcha

Cara metode kedua ini adalah yang harus Anda gunakan saat ini, karena pada metode pertama plugin yang digunakan sudah tidak mendapatkan update lagi sejak 3 tahun yang lalu sehingga untuk menghindari hal buruk seperti plugin yang tidak berfungsi atau keamanan yang buruk maka sangat disarankan untuk tidak digunakan dan mencari plugin baru yang lebih baik.

Selain itu, metode kedua ini harus menjadi pilihan adalah karena plugin sangat sederhana, masih diperbarui dan juga lebih efektif dalam menangkal SPAM di WordPress, kelebihan lain yaitu seperti namanya Invisible reCaptcha maka pilihan untuk melewati Captcha tidak ditampilkan di pengguna namun disembunyikan. Dan dengan algoritma Google yang cerdas, ini secara otomatis dapat menangkal SPAM tanpa perlu pengguna melakukan suatu tantangan seperti yang terdapat pada Captcha umumnya.

Cara menggunakan ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu menginstall plugin “Invisible reCaptcha” melalui dashboard WordPress Anda dan mengaktifkannya.

Google reCaptcha WordPress Plugin

Setelah itu, akan ada menu baru bernama “Invisible reCaptcha”, Anda bisa menemukan menu tersebut pada menu Settings → Invisible reCaptcha.

Pada bagian pengaturan lebih tepatnya pada bagian menu tab “Settings”, Silahkan masukkan kunci situs dan kunci rahasia pada kolom “Your Site Key” dan “Your Secret Key”. Panduan untuk mendapatkan kunci rahasia dan situs ini, Anda bisa membaca pada metode I diatas.

Setelah itu, Anda bisa memilih posisi dimana reCaptcha akan ditampilkan, ada posisi kanan bawah, kiri bawah dan inline. Jika sudah silahkan untuk menyimpan pengaturan dengan menekan tombol “Save Changes”.

Google reCaptcha WordPress 2

Selanjutnya pada menu tab “WordPress”, Anda dapat mencentang beberapa pilihan dimana pilihan tersebut adalah area mana saja yang memungkinkan SPAM dapat masuk.  Area tersebut adalah (Login, Pendaftaran, Kolom Komentar, dan Lupa Password). Anda bisa memilih salah satu atau semuanya sesuai keinginan Anda.

Google reCaptcha WordPress 1

Jika Anda menggunakan plugin untuk toko online WooCommerce, Anda juga bisa mengaktifkan pilihan pada menu tab “WooCommerce” untuk menangkal SPAM. Dan pengguna plugin forum seperti BuddyPress dan UltraCommunity juga terdapat pilihan untuk menangkal SPAM dengan Google reCaptcha.

Terakhir, jika Anda juga menggunakan plugin semacam pembuat form seperti Contact Form 7, maka Anda bisa mengaktifkan pilihan reCaptcha pada menu tab “Contact Form”.

Google reCaptcha WordPress 3

Dan sekarang Anda bisa melihat bagaimana plugin bekerja dengan baik bersama Google reCaptcha dalam menangkal SPAM. Setelah pemasangan ini, saya bisa pastikan tidak akan ada lagi SPAM masuk dan menyerang situs WordPress Anda.

Diatas adalah langkah mudah untuk menangkal spam di WordPress dengan memasang Google reCAPTCHA dengan bantuan plugin Better WordPress reCAPTCHA dan Invisible reCaptcha. Semoga artikel ini membantu anda menambahkan CAPTCHA pada login WordPress, register form, lupa password, contact form dan formulir komentar WordPress dan berbagai area di WordPress yang memungkinkan sebagai jalur Spammer masuk. Selamat mencoba. 🙂

Baca : Blokir Spam Komentar WordPress dengan Captcha

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5+ Plugin Kalender Terbaik WordPress Gratis

Jika Anda saat ini sedang membuat website dengan WordPress dan Anda ingin menambahkan fitur...

15 Tema WordPress Terbaik untuk Lembaga Medis

Lembaga kesehatan atau medis merupakan hal vital yang dibutuhkan setiap negara untuk membantu masyarakat...

Close