How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membuat Menu Log Out pada Menu Navigasi WordPress

Jika Anda menjalankan situs membership atau keanggotaan pada WordPress, dengan menambahkan menu Log Out atau keluar pada bagian front end maka akan menjadikan pengguna Anda merasa lebih mudah dan menjadikan situs Anda jauh lebih user friendly. Tapi yang kita tahu menu tersebut hanya terdapat pada bagian back end saja. Lalu bagaimana cara membuat menu Log Out pada menu navigasi WordPress…?

Pada artikel ini saya akan membuat artikel sederhana tentang panduan membuat menu Log Out untuk ditampilkan pada menu navigasi WordPress pada bagian front end agar menu Log Out mudah dijangkau oleh pengguna situs WordPress Anda.

Baca : Panduan Lengkap Tentang Menu WordPress

Membuat Menu Logout di Menu Navigasi WordPress

Pada dasarnya WordPress memberikan menu Log Out pada area admin WordPress yang terletak pada sebelah pojok kanan atas di bawah nama profile Anda.

Untuk melihatnya silahkan arahkan mouse ke nama pengguna Anda, dan menu link “Log Out” tersebut akan muncul di menu dropdown bagian paling bawah dibawah link “Edit My Profile”.

Menu Log Out WordPress

WordPress memiliki link logout seperti berikut :

http://example.com/wp-login.php?action=logout

Dan untuk membuat menu Log Out di bagian front end, Anda bisa memanfaatkan link tersebut diatas untuk dijadikan menu navigasi sehingga memudahkan pengguna member Anda untuk mengakses menu Log Out tersebut langsung dari halaman manapun di situs Anda.

Caranya silahkan masuk ke menu Appearance »Menus di admin WordPress Anda. Setelah itu, Anda perlu mengeklik tab “Custom Link” dan silahkan masukkan URL menu “Log Out” diatas dan jangan lupa untuk memberi nama menu dengan tulisan “Log Out” atau “Keluar”.  Juga silahkan ganti contoh URL domainanda dengan nama domain milik Anda sendiri.

Menu Navigasi Log Out WordPress

Setelah selesai, klik tombol ‘Add to menu’, dan Anda akan melihat menu link baru tersebut pindah ke bagian kolom sebelah kanan. Anda bisa menyesuaikan posisinya hanya dengan menyeretnya ke atas atau ke bawah sesuai dengan posisi keinginan Anda.

Jangan lupa klik tombol “Save Menu” untuk menyimpan menu baru yang Anda tambahkan.

Sekarang Anda dapat mengunjungi situs web Anda untuk melihat menu “Log Out” sekarang sudah ditambahkan di menu navigasi Anda.

Menu Log Out WordPress Front End

Menu Log Out sudah terpasang, tapi masih ada hal lain yang perlu Anda lakukan karena menu Log Out tersebut bisa terlihat oleh pengguna yang tidak sedang login. Seharusnya menu Log Out hanya tampil ketika pengguna sedang dalam keadaan login. Untuk membuat menu Log Out hanya terlihat oleh pengguna yang sedang login, Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya disini ⇒ Cara Menampilkan Menu Berbeda Saat User Login di WordPress.

Tambahkan Link Logout WordPress di Widget Sidebar

Cara berikutnya adalah dengan memanfaatkan widget WordPress, secara default WordPress memiliki widget dengan nama “Meta Widget”. Widget ini menunjukkan sekumpulan link yang berguna termasuk link Log Out atau login ke pengguna.

meta widget

Tapi kebanyakan pengguna tidak suka menggunakan widget ini karena terdapat beberapa menu link lainnya di widget Meta yang tidak begitu berguna dan terlihat kurang bagus jika dipasang.

Sebagai alternatif, jika Anda ingin memasang menu Log Out pada sidebar situs WordPress Anda, Anda bisa menambahkan widget baru bernama “Widget Text” kemudian memasang link Log Out dibawah ini pada area widget text.

<a href="http://domainanda.com/wp-login.php?action=logout">Log Out</a>

Jangan lupa untuk memasang HTML Code link seperti diatas pada mode “Text” di sidebar Widget Text.

Widget Log Out WordPress

Dan itulah dua cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat menu Log Out untuk ditampilkan pada menu navigasi di front end WordPress. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress The Huxley Responsive Free

The Huxley adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang di desain untuk blog modern dengan...

5 Plugins Member / Keanggotaan Terbaik WordPress

Pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi kepada Anda tentang 5 plugins terbaik...

Close