fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Daftar Startup Terbaik di Dunia Perlu Anda Contoh

Dunia startup kini mulai mengalami perkembangan yang cukup siginifikan. Perkembangan startup mulai terlihat ketika penggunaan internet mulai mengalami pertumbuhan yang tinggi. Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai startup terbaik di Indonesia, pada artikel ini saya akan menginformasikan beberapa daftar startup yang ada di dunia.

Tentu saja bukan hal yang mudah bagi seseorang atau tim untuk mengembangkan sebuah startup. Mulai dari pembentukan tim, penyatuan visi misi, hingga pembentukan perusahaan. Banyak hal yang harus dikorbankan, waktu, tenaga, bahkan banyak uang dikeluarkan untuk membentuk sebuah startup. Belum lagi modal-modal lainnya yang harus disiapkan supaya perusahaan tumbuh jauh lebih baik lagi.

Baca : 10 Daftar Gaji Terbesar dari Perusahaan Teknologi

Kreativitas dan kerja keras menjadi kunci bagi pendiri dan karyawan dalam membangun perusahaan startup. Berawal dari perusahaan rintisan, kini beberapa perusahaan startup berikut telah berevolusi menjadi perusahaan yang jauh lebih besar. Bahkan sangat terkenal hingga penjuru dunia. Apa saja daftar startup tersebut?

1. Uber

startup terbaik di dunia

Startup ini berasal dari Amerika Serikat. Perusahaan ini berbasis jaringan transportasi yang berpusat di Francisco, California. CEO Uber bersama timnya berhasil menciptakan aplikasi penyedia transportasi yang dapat menghubungkan penumpang dengan sopir kendaraan sewaan serta layanan tumpangan. Perusahaan Uber yang dipimpin oleh Travis Kalanick mengatur layanan penjemputan mobil di berbagai penjuru kota di seluruh dunia. Calon penumpang dapat memesan melalui aplikasi khusus yang kini dapat kalian unduh di google play store.

Kini Uber banyak mendapatkan kucuran dana segar dari banyak investor yang juga merupakan perusahaan besar seperti Baidu, Benchmark Capital, Google Venture, hingga Jumpstart Capital. Namun sayangnya, aplikasi Uber sudah tidak bisa lagi diakses di Indonesia.

2. Air BnB

Startup Air BnB adalah jaringan pasar online dan penginapan rumahan sejawat yang memungkinkan para penggunanya untuk mendaftarkan atau menyewa properti yang dapat digunakan dalam jangka pendek. Startup yang didirikan oleh Brian Chesky ini saat ini sudah mencakup 2.000.000 properti di 34.000 kota dan 191 negara di seluruh dunia.

Berkat adanya startup ini, membuat pencairan hotel dan penginapan menjadi lebih mudah hanya dengan 1 klik saja. Saat ini nilai aset perusahaam Air BnB mencapai angka $25,5 miliar dengan total pendanaan sebesar $2,3 miliar. Wah luar biasa bukan?

3. Palantir Technologies

Perusahaan startup di bidang teknologi perangkat lunak ini bergerak di bidang analisis mahadata. Berpusat di Amerika Palo Alto, California, Amerika Serikat, Palantir Technologies didirikan oleh Nathan Gettings, Joe Lonsdale, Stephen Cohen, Peter Thiel, dan Alex Karp. Nama Palantir berasal dari The Lord of the Rings: palantír yang merupakan artefak yang dapat digunakan untuk melihat atau berkomunikasi dengan belahan dunia yang lain.

Startup ini terkenal karena 2 proyek besar yang berhasil dikerjakan. Yaitu Palantir Gotham dan Palantir Metropolis. Palantir Gotham digunakan untuk digunakan menganalisisam kontraterorisme di Komunitas Intelijen Amerika Serikat (USIC) serta Departemen Pertahanan Amerika Serika. Sedangkan Palantir Metropolis banyak dipakai dipakai oleh dana lindung, bank, dan perusahaan jasa keuangan. Kini, startup ini berhasil mendapatkan nilai valuasi mencapai USD20 miliar. Wow, luar biasa bukan?

4. Snapchat

Snapchat awalnya dikembangkan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown ketika masih kuliah di Universitas Stanford. Snapchat merupakan aplikasi pesan foto dimana pengguna dapat mengambil foto, merekam video, menambahkan teks dan lukisan serta mengirimkannya ke orang lain.

Berdasarkan data tahun 2014, pengguna aplikasi Snapchat berhasil mengirimkan 700 juta foto dan video per hari. Menurut sumber yang pernah saya baca, nilai perusahaan ini mencapai $10-$20 miliar. Bahkan pada tahun 2016 Snapchat berhasil menghimpun dana sebesar USD1,2 miliar sekaligus membuat nilai valuasinya menembus angka USD16 miliar. Keren bukan?

5. SpaceX

startup terbaik di dunia spacex

SpaceX atau Space Exploration Technologies Corporation merupakan perusahaan startup yang bergerak di bidang transportasi luar angkasa Amerika Serikat. Startup yang dibentuk oleh Elon Musk pada 2002 ini telah mengembangkan roket Falcon 1 dan Falcon 9 yang dibuat dengan tujuan menciptakan kendaraan peluncuran yang dapat digunakan ulang.

SpaceX kini berhasil mendapatkan dana segar senilai USD1,1 miliar dengan valuasi mencapai USD12 miliar. Beberapa investor berani memberikan suntikan dana untuk proyek yang diciptakan oleh perusahaan ini diantaranya yaitu Draper Fisher Jurvetson, Fidelity Investments, Founders Fund, Google, Valor Equity Partners, dan juga Capricorn Capital Partners.

Baca : 10 Perusahaan Swasta Terbesar dan Terbaik di Indonesia

6. Quora

Quora Inc, merupakan startup yang didirikan oleh Adam D’Angelo dan juga Charlie Cheever. Adam merupakan mantan chief technical officer di Facebook. Pendirian Quora terinspirasi karena banyaknya situs tanya jawab di internet, namun masih belum ada yang benar-benar bagus. Basis pengguna Quora tumbuh dengan pesat pada bulan Desember 2010, dimana pada saat itu Perusahaan ini menerima modal dari Benchmark Capital sekaligus memberikan nilai start-up ini mencapai 86 juta dolar.

7. HootSuite

Startup HootSuite berasal dari Kanada yang merupakan sebuah laman layanan manajemen konten yang menyediakan layanan media daring serta terhubung dengan berbagai situs jejaring sosial lainnya. Hootsuite pertama kali didirikan pada tahun 2008 oleh Ryan Holmes. Layanan Hootsuite ini dapat membantu perusahaan ataupun para UMKM untuk menggunakan media sosial sebagai cara untuk melakukan pemasaran.

Perusahaan ini cukup banyak mendapatkan penghargaan, salah satunya yaitu Mashable Open Web Awards pada tahun 2009. Walaupun banyak sekali perusahaan sejenis Hootsuite ini, namun tidak membuat startup milik Ryan Holmes ini lantas menjadi gulung tikar, bahkan masih eksis hingga saat ini.

8. Prezi

Prezi adalah perusahaan startup yang juga merupakan perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet. Tak hanya itu saja, prezi juga dapat digunakan untuk mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas virtual. Satu hal yang membuat software ini unggul adalah program ZUI yang dapat digunakan untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi. Berawal dari startup kecil, kini prezi telah berkembang menjadi salah satu startup terbesar di dunia yang softwarenya banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

9. PayPal

font logo brand terkenal paypal

Startup ini mungkin asing bagi sebagian orang. Tapi bagi seorang pebisnis online atau internet marketer, Paypal begitu populer karena digunakan untuk transaksi pembayaran. Kantor paypal berada di Amerika Serikat melibatkan internet dalam bertransaksi uang. Sistem ini sudah dinilai aman dan dapat diterima oleh kalangan luas. Bahkan perusahaan ini sudah menjadi partner eBay, yang merupakan salah satu marketplace jual beli terbesar di dunia.

Baca : Penjelasan Paypal dan Cara Membuat Akun Paypal Terbaru

10. Didi Kuaidi

Startup asal Beijing ini didirikan oleh Wei Cheng pada 2012. perusahaan menyediakan jasa pemanggilan taksi, sewa mobil pribadi, berbagi tumpangan, berbagi sepeda, dan antar makanan di Tiongkok melalui aplikasi perangkat lunak. Dengan layanan Didi Dache dan Kuaidi Dache, startup yang tergolong baru sudah berhasil mendapatkan pendanaan hingga USD4 miliar dari Tencent Holdings, GGV Capital, DST Global, Temasek Holdings, China Investment Corp, dan lainnya.

Itulah beberapa daftar startup terbaik di dunia yang perlu Anda contoh agar startup yang Anda bangun bisa sebesar mereka, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

loading...
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Jenis Iklan di Internet Yang Paling Ampuh Untuk Mendongkrak Penjualan

Setiap pebisnis tentu saja ingin bisnis yang dijalankan menjadi sukses dan Mendapatkan keuntungan besar....

CrazyRocket Pop UP – Cara Mudah Membuat Pengunjung Menjadi Pembeli

Menjalankan bisnis toko online yang sukses adalah ketika Anda dapat medatangkan pengunjung yang banyak...

Close