banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

6 Tips Penting Cara Menjaga Keamanan Smartphone Anda

6 Tips Penting Cara Menjaga Keamanan Smartphone Anda – Smartphone atau hp Anda saat ini merupakan komputer berukuran saku dengan banyak fungsi. Namun, karena ukurannya yang kecil dan mudah dibawa, membuatnya lebih mudah hilang atau dicuri. Selain itu, kejahatan dunia maya sedang meningkat dari peretas yang menyerang smartphone dengan program ransomware dan spyware.

Itulah sebabnya, sangat penting bagi Anda untuk memahami bahwa Smartphone Anda adalah “kehidupan digital Anda”, dan Anda juga harus melindunginya. Dan tip paling penting yang dapat saya berikan kepada Anda adalah tetap waspada dan mengikuti tindakan pencegahan dan keamanan smartphone yang diberikan di bawah ini, karena banyak file data dan informasi penting yang tersimpan di smartphone Anda yang harus Anda lindungi.

Hindari hampir semua hal yang mencurigakan

Akal sehat Anda adalah teman terbaik dalam kehidupan digital Anda. Anda harus menghindari setiap aplikasi, email, atau situs web yang mencurigakan. Saya mengerti bahwa sulit untuk melihat hal-hal yang mencurigakan ketika mereka terselubung di bawah skema yang realistis. Itulah mengapa saya akan menyarankan untuk menghindari apa pun yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Misalnya, jika Anda menerima email yang menawarkan pinjaman tanpa bunga atau email yang menanyakan informasi sensitif seperti kata sandi, maka Anda harus waspada bahwa itu kemungkinan email spam. Selain itu, jauhi media dan produk perangkat lunak bajakan karena biasanya dikemas dalam beberapa malware berbahaya.

Baca : 8 Software dan Aplikasi Antivirus Gratis Terbaik Tahun Ini

Selalu perbarui aplikasi dan sistem

Setiap perangkat lunak dilengkapi dengan kekurangan atau kerentanannya. Meskipun setiap sistem operasi mencoba yang terbaik untuk menghapus bug, itu tidak mungkin untuk mencegah sepenuhnya; berkat sifat kompleks dari perangkat lunak modern.

Meskipun Anda mungkin tidak memiliki perangkat lunak bebas bug, Anda dapat terus memperbarui perangkat lunak (Android atau iOS dan aplikasi yang Anda instal dalam hal ini) untuk mendapatkan perbaikan dan tambalan terbaru. Ini membantu Anda menghindari semua bug dan masalah yang diketahui, sehingga meminimalkan risiko peretas yang mencoba menyerang smartphone Anda.

Anda dapat mengaktifkan pembaruan otomatis sistem di Android dengan mengaktifkannya di Pengaturan. Selain itu, Anda juga dapat mengizinkan aplikasi yang sama jika Anda memiliki Google Play Store. Buka Pengaturannya, buka “Perbarui otomatis aplikasi” atau “Auto-update apps” dan pilih salah satu dari dua opsi terakhir dari daftar.

keamanan smartphone update otomatis Google Android

Demikian pula, Anda dapat mengaktifkan pembaruan otomatis di iOS dengan membuka Settings General Software UpdateAutomatic Updates” dan mengaktifkannya. Selain itu, Anda dapat mengaktifkan pembaruan aplikasi dari dalam Pengaturan – geser ke bawah ke opsi bernama “iTunes & App Store” dan aktifkan opsi bernama Pembaruan.

Memanfaatkan fitur keamanan bawaan

Android dan iOS hadir dengan berbagai fungsi penting untuk membantu Anda mengamankan Smartphone, dan Anda harus memanfaatkannya sebaik mungkin untuk meningkatkan keamanan Anda. Pertama-tama, Anda harus mengaktifkan kata sandi untuk layar kunci. Kemudian, kunci aplikasi dan data Anda; dan ingatlah untuk menggunakan sandi yang berbeda setiap kali.

Di Android, Anda dapat menemukan semua opsi keamanan di bawah Settings → “Security & lock screen” (bergantung pada pabrikan ponsel Anda). Anda dapat melihat opsi seperti Screen Lock (mengunci layar), Smart Lock (membuka kunci dengan mudah tanpa password), Fingerprint (membuka kunci menggunakan sidik jari), dan Face Unlock (membuka kunci dengan wajah).

fitur keamanan bawaan smartphone android

Di iOS, Anda akan menemukan semua fitur kunci dan keamanan di bawah Settings Touch ID & Passcode“. Anda akan menemukan beberapa opsi untuk mengamankan perangkat Anda di sini seperti Ubah Kode Sandi (kunci layar menggunakan kata sandi), Touch ID (gunakan sidik jari), dan ID Wajah (buka kunci menggunakan wajah Anda; namun, ini hanya tersedia di iPhone X).

Terakhir, Anda juga perlu mengenkripsi ponsel Anda untuk melindunginya dari pencuri yang ingin memaksa ponsel Anda dan mencuri datanya. Di Android, buka Settings Security & lock screenEncrypt phone“. Di iOS, itu mengenkripsi perangkat secara otomatis, tetapi Anda harus menambahkan kode sandi untuk keamanan yang ditingkatkan (periksa di atas).

Batasi koneksi untuk mengamankan jaringan

Protokol keamanan jaringan Wi-Fi (protokol melindungi jaringan nirkabel) dikenal tidak aman, dan beberapa hotspot biasanya terbuka. Itu berarti beberapa hotspot gratis tidak terlindungi, dan lainnya yang meminta kata sandi untuk terhubung bahkan tidak mengkonfirmasi keamanan smartphone Anda, bertentangan dengan standar keamanan umum.

Itulah sebabnya, selalu disarankan untuk menghindari hotspot terbuka atau Wi-Fi gratis, dan jika perlu, gunakan VPN. VPN mengenkripsi koneksi Anda bahkan jika jaringan mengenkripsi koneksi, menjadikannya sebagai mekanisme keamanan tambahan. Untungnya, ada banyak layanan VPN gratis yang aman dan populer.

Jadi Anda bisa menggunakan VPN untuk mengamankan jaringan terbuka. Banyak penyedia VPN menawarkan dukungan untuk Android, dan Anda juga dapat langsung mengunduh aplikasi VPN mereka untuk Android. Anda juga dapat mencari VPN di iTunes Store untuk iOS.

Baca : 4 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Menggunakan VPN

Unduh solusi pencadangan & pemulihan

Solusi pencadangan dan pemulihan (backup dan restore) adalah suatu keharusan untuk melindungi data Anda dari kesalahan apa pun seperti pencurian atau kerusakan pada ponsel Anda dan data di dalamnya.

Super Backup & Restore adalah salah satu solusi pencadangan dan pemulihan terkemuka untuk smartphone Android yang dapat mencadangkan aplikasi, log panggilan, kontak, dan lainnya. Namun, itu tidak dapat mencadangkan data aplikasi, jadi Anda juga harus mengaktifkan opsi untuk mencadangkan ke Google Drive. Anda dapat menemukannya di Settings Backup & resetBack up my data“.

Super Backup Restore untuk Android

Tidak ada solusi gratis untuk iOS, tetapi saya menemukan opsi yang diberikan oleh iOS itu sendiri sudah cukup untuk membuat cadangan dan memulihkannya saat diperlukan. Anda dapat mengaktifkan backup dengan menuju ke Settings [Your Name] iCloud dan mengaktifkan opsi bernama “iCloud Backup”. Anda juga dapat membuat cadangan menggunakan iTunes.

keamanan smartphone aktifkan icloud backup ios

Siapkan pelacakan jarak jauh dan opsi hapus

Terakhir namun paling penting untuk keamanan smartphone, Anda perlu menginstal dan menggunakan solusi pemantauan dan penghapusan jarak jauh untuk mempersiapkan kasus terburuk kehilangan Smartphone Anda. Tentu saja, solusi semacam itu tidak menjamin pemulihan perangkat Anda atau penghapusan datanya, tetapi membantu melacak atau memulihkannya atau menghapusnya sebagai tindakan terakhir.

Jika Anda menggunakan Android, Anda harus menggunakan Find My Device From Google. Ini adalah solusi sederhana yang menyediakan fitur yang harus dimiliki dan terhubung ke akun Anda di Google. Anda dapat melacak lokasi ponsel Anda, membunyikan alarm, mengunci dan menampilkan pesan di layar kunci, dan menghapusnya dari jarak jauh dari antarmuka webnya.

find my device google

Jika Anda pengguna iOS, Anda dapat menggunakan Find My iPhone dari Apple. Itu juga dikemas dalam fitur minimal seperti Temukan Perangkat Saya, memungkinkan Anda untuk melacak iPhone atau iPad Anda dari jarak jauh dari web. Anda dapat memeriksa lokasi ponsel, mengunci perangkat dan menampilkan pesan, dan menghapus perangkat Anda jika tidak ada yang berfungsi.

find my iphone apple

Dan itulah semua tentang tips penting untuk keamanan smartphone Anda. Harap dicatat bahwa ada lebih banyak tip dan trik berdasarkan platform smartphone Anda, tetapi tips dan trik di atas akan membantu Anda melindungi perangkat Anda dari bahaya yang umum terjadi. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Membuat Website Multibahasa WordPress Lebih Mudah dengan Weglot

Membuat Website Multibahasa WordPress Lebih Mudah dengan Weglot - Seperti yang kita semua tahu...

Cara Membuat Feed Instagram Menjadi Keren

Cara membuat feed Instagram menjadi keren sebenarnya tidak sesulit yang Anda kira. Bahkan Anda...

Close