How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

8 Software Video Editing Terbaik untuk Mac OS 2020

8 Software Video Editing Terbaik untuk Mac OS 2020 – Saat ini memiliki keahlian dalam editing video menjadi suatu hal yang sangat dicari, hal ini dikarenakan YouTube sangat tumbuh dengan cepat dan banyak para konten kreator bermunculan. Jika Anda saat ini sedang ingin belajar mengedit atau membuat video profesional dan perangkat komputer atau laptop yang Anda gunakan adalah Mac OS maka mencari software editing video terbaik untuk Mac OS agak sedikit susah dibanding dengan mencari software editing video untuk Windows.

Untuk mempermudah pencarian Anda, disini saya sudah merangkum 8 software editing video terbaik untuk Mac OS yang bisa Anda pilih untuk mengedit video baik untuk pengeditan dasar seperti konten untuk video di upload ke YouTube atau mengedit video ke tingkat yang lebih serius lagi.

Baca : 7 Software Video Editing Gratis dan Terbaik

Final Cut Pro X

Final cut Pro

Jika Anda menginginkan software video editing terbaik untuk Mac OS yang dapat Anda gunakan bahkan jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman (dan Anda berencana untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam editor video), maka Final Cut Pro X layak Anda coba. Mungkin perlu beberapa video tutorial untuk benar-benar bersiap-siap untuk mulai melakukan banyak hal, tetapi begitu Anda mulai mempelajari dan menggunakannya, Anda dapat melakukan pengeditan dasar dan mempelajari lebih banyak lagi trik canggih dari waktu ke waktu.

Sementara Final Cut Pro X adalah tool video editing profesional, itu cukup mudah didekati oleh para hobi videografer untuk bergabung. Dan itu memiliki harga yang lebih masuk akal daripada beberapa software video editing pro lainnya. Sebagai software pro, software ini dilengkapi dengan fitur praktis untuk membantu Anda mewujudkan visi Anda.

Versi terbaru dari Final Cut Pro X memiliki timeline multi-track yang diperlukan untuk mengedit tetapi membawa masa depan fitur video dan pro. Ini mendukung video, grafik, dan efek 360 derajat. Anda dapat mengedit bersama-sama video dari pengaturan perekaman multi-cam dan dengan mudah beralih di antara banyak sudut. Dan, Anda dapat membuat konten HDR.

Apple menawarkan uji coba gratis sehingga Anda dapat melihat apakah software ini layak untuk Anda gunakan sebelum benar-benar membelinya.

Adobe Premiere Pro CC

adobe premiere pro

Software Adobe Premiere Pro CC (Creative Cloud) adalah editing video terbaik yang juga hadir untuk Mac OS, software ini memiliki fitur sangat lengkap dan sering digunakan oleh para profesional untuk membuat film, film pendek, dan sejenisnya. Tentu saja, ini juga merupakan opsi yang layak bagi para penggemar yang ingin mempertajam skill nya pada editing video yang ingin menjadi seorang pro. Jika Anda belum mencoba menjadi profesional dengan pengeditan Anda, Anda mungkin ingin memeriksa pilihan berikutnya.

Adobe Premiere Pro CC adalah software video editing yang terus berkembang, karena Adobe meluncurkan pembaruan dari waktu ke waktu. Daripada membeli satu edisi software, Anda membayar untuk berlangganan selama Anda menggunakannya. Yang lebih menarik adalah bahwa software ini tidak eksklusif untuk Mac, sehingga Anda dapat beralih di antara komputer yang berbeda dengan sistem operasi yang berbeda seperti Windows.

Dengan berlangganan software ini, Anda akan mendapatkan akses ke Premiere Pro untuk mengedit semua jenis video, dari 3D dan bahkan 8K. Anda juga dapat menangani trek audio, menambahkan grafik, mengelola cahaya dan warna, dan secara efektif menyatukan video apa pun yang dapat Anda bayangkan. Jika Anda menggunakan software Adobe lainnya, seperti Photoshop atau Illustrator, maka Premiere Pro akan menjadi pilihan yang bagus untuk dengan mudah mengintegrasikan alur kerja yang berbeda.

Baca : 4 Video Editor Gratis Terbaik untuk YouTube 2020

Apple iMovie

Software Video Editing Gratis iMovie

Jika Anda hanya ingin mengedit video tingkat dasar di Mac OS Anda, atau bahkan di smartphone iPhone atau perangkat iPad Anda, maka cara termudah adalah menggunakan Apple iMovie. Ini adalah software video editing terbaik dan gratis untuk pengguna Apple dan ini berjalan pada platform Mac OS dan iOS, sehingga Anda dapat melakukan video editing di mana pun Anda suka.

Untuk pembuat film biasa atau amatir, Apple iMovie sudah cukup untuk Anda karena software ini memiliki alat yang dapat didekati untuk membantu Anda dengan mudah mengambil rekaman dan mengedit video dengan aliran yang jelas. Anda dapat menggabungkan beberapa file video, melapisi berbagai trek video dan audio, dan menambahkan layar judul ke video Anda dengan mudah. Bahkan termasuk filter video dan beberapa efek khusus, termasuk gambar dalam gambar.

Versi terbaru Apple iMovie mengikuti tren dalam video, mendukung video editing 4K. Jadi, semua video 4K yang Anda rekam di iPhone Anda dapat diubah menjadi film di iMovie. Jika Anda belum pernah mengedit video sebelumnya, ini adalah software yang bagus untuk memulai sebelum beralih ke software yang lebih pro.

Adobe Premiere Elements 2018

adobe premiere elements

Adobe Premiere Elements 2018 adalah versi sederhana dari software Adobe Premiere Pro. Software ini memiliki lebih sedikit fitur dan fitur-fitur baru tidak terus menerus diluncurkan, tetapi berfungsi sebagai software video editing yang mudah digunakan bagi pemula.

Jika Anda seorang pemula dalam editing video dan Anda tidak berencana untuk menjadi pro, maka Premiere Elements 2018 akan menjadi pilihan yang sangat baik untuk Anda. Sementara Premiere Elements memberi Anda banyak tool untuk menggabungkan beberapa file video, gambar, dan audio menjadi satu video lengkap, ia juga memiliki beberapa tools untuk membantu Anda membuat video yang lebih baik jika Anda belum memiliki software editor lain yang lebih cerdas. Dan software video editing ini tersedia di Mac OS.

Premier Elements 2018 membantu Anda mengatur file yang akan Anda gunakan dalam video Anda, dan itu dapat memandu Anda melalui proses pengeditan dari awal hingga akhir. Ini juga akan memungkinkan Anda menambahkan beberapa efek kecil yang menyenangkan untuk membuat video Anda tampak lebih baik. Dan ini juga mendukung video 4K.

Baca : 5 Editor Photo Online Gratis Terbaik Untuk Edit Foto Anda

Shotcut

Video editing gratis Shotcut

Shotcut adalah software video editing terbaik dan gratis yang serbaguna dan tersedia di Mac OS dan Windows. Setelah Anda melewati kurva belajar yang agak sulit, Anda akan menemukan bahwa Anda dapat melakukan banyak hal dengan Shotcut. Dan, karena ini adalah software gratis, Anda dapat mencoba sesuka hati untuk mengedit video dengan software ini tanpa dipungut biaya.

Shotcut adalah software pengeditan multi-track seperti software editing video profesional lainnya, dan Anda dapat dengan mudah mengatur ruang kerja agar sesuai dengan kebutuhan pengeditan Anda. Shotcut mendukung berbagai jenis file untuk input dan output, termasuk video 4K. Plus, Anda dapat mengedit efek audio, warna, dan pencahayaan di Shotcut.

Meskipun Shotcut bukan software termudah untuk digunakan oleh pemula, tapi karena ini adalah software gratis, Anda akan dengan mudah menemukan tutorial baik dalam teks maupun video tutorial yang sangat membantu tentang cara menggunakannya. Dan, jika Anda menginginkan opsi yang siap dibawa-bawa, Shotcut adalah pilihannya, karena Anda dapat menjalankannya langsung dari drive eksternal.

Lightworks

lightworks video editor youtube gratis

Lightworks memadukan penawaran software pengeditan video gratis dengan yang berbayar. Dibandingkan dengan Shotcut, ini lebih mudah untuk dipelajari, tetapi beberapa fitur yang Anda inginkan dapat menjadi bagian dari versi Lightworks Pro berbayar, seperti kemampuan untuk mengekspor video Anda dalam format video yang lebih banyak pilihannya dan resolusi yang lebih tinggi.

Apakah Anda memerlukan versi gratis atau berbayar adalah pertanyaan yang dapat Anda jawab sendiri nanti, karena keduanya akan memungkinkan Anda mengimpor berbagai format file, dengan mudah mengedit bersama beberapa file, mengelola audio Anda, menambah judul, dan men-tweak visual Anda.

Versi gratis Lightworks akan menjadi opsi yang bagus bagi siapa saja yang tidak terlalu khawatir tentang resolusi video, karena Anda masih dapat menghasilkan video 720p yang cocok untuk YouTuber. Tetapi, jika Anda mencoba Lightworks, seperti cara kerjanya, dan ingin tetap menggunakannya sebagai editor video pilihan Anda, Anda dapat meningkatkan ke software Pro dan mulai mengeluarkan video berkualitas tinggi. Plus, Lightworks tersedia di Windows, Mac, dan Linux, jadi Anda akan bisa tetap menggunakan software Lightworks di berbagai komputer dengan OS yang berbeda.

Baca : 10 Software Editing Audio Terbaik di 2020

DaVinci Resolve 15

davinci resolve 15

Jika Anda ingin belajar mengedit semua jenis video dan menghasilkan video dalam format 4K berkualitas tinggi tanpa harus membayar sepeser pun alias gratis, maka DaVinci Resolve 15 adalah software editing video terbaik dan gratis untuk Mac OS. Meskipun ada versi Studio berbayar,  saya rasa versi gratis sudah lebih dari cukup. Namun, jika Anda berencana untuk melakukan kolaborasi atau ingin akses ke beberapa tools dan efek software yang lebih canggih maka menggunakan versi berbayar layak Anda coba.

Untuk sebagian besar, DaVinci Resolve 15 akan memberi Anda banyak fungsi untuk mengambil rekaman Anda, mengaturnya dengan data untuk membantu Anda menemukan apa yang Anda butuhkan, dan mengeditnya secara bersamaan. Setelah selesai, Anda dapat menampilkan hampir semua format yang Anda butuhkan, dan jika Anda menginginkan kualitas tertinggi atau video yang ingin langsung Anda upload ke YouTube maka versi gratis dari DaVinci Resolve 15 sudah lebih dari cukup.

Camtasia

Software perekam layar terbaik camtasia

Camtasia sangat berguna jika Anda berencana untuk membuat video yang di ambil dari layar komputer Anda. Software ini dapat merekam layar komputer Anda dan juga memiliki fitur editing video yang dibangun dalam satu produk.

Dengan Camtasia, Anda dapat merekam layar dan audio komputer Anda atau bahkan perangkat iOS Anda. Jika Anda membuat video tutorial maka ini sangat bagus untuk Anda, dan ini juga memiliki opsi untuk menambahkan rekaman webcam di atas video yang diambil layar.

Selain tangkapan layar, Camtasia juga memberi Anda pengeditan garis waktu multi-track dan tools untuk transisi, animasi, efek audio dan video, dan anotasi. Jika Anda ingin membuat video presentasi, Anda juga bisa menambahkan dalam PowerPoint. Jadi, apakah Anda seorang pendidik, profesional bisnis, atau hanya mencoba menempatkan beberapa tutorial di YouTube, Camtasia menawarkan alat yang dapat Anda gunakan untuk menangkap dan mengedit video yang Anda butuhkan.

Baca : 10 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik dan Gratis di 2020

Kesimpulan

Dan itulah 8 Software Video Editing Terbaik untuk Mac OS 2020 yang bisa Anda gunakan untuk mengedit video baik untuk kebutuhan proyek besar untuk pembuatan film atau sekedar untuk video konten YouTube. Ada beberapa software video editing diatas dalam versi gratis dan berbayar. Jika Anda hanya ingin membuat video untuk konten YouTube maka software gratis sudah lebih dari cukup untuk Anda seperti iMovie.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Orchid Store – Tema WordPress Serbaguna untuk Toko Online

Orchid Store adalah tema WordPress e-Commerce atau toko online dengan desain minimalis, bersih, fleksibel,...

Panduan Lengkap Cara Install CentOS 8 Terbaru

Panduan Lengkap Cara Install CentOS 8 Terbaru - Proyek CentOS telah menyediakan komunitas dengan...

Close