fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Software Editing Audio Terbaik di 2019

Jika Anda saat ini tiba di artikel ini dan membaca ini, kemungkinan Anda sedang mencari alat yang bagus untuk editing audio. Entah itu untuk tim video, masa depan yang penuh harapan dalam industri film maupun video YouTube, karier dalam produksi dan pengeditan musik, atau hanya untuk menciptakan nada dering yang indah untuk ponsel Anda, perangkat lunak atau software editing audio akan menjadi buruan Anda di posisi paling depan.

Namun, dalam memilih software editing audio yang bagus, atau DAW bisa menjadi tugas yang lumayan sulit, apalagi dengan beragam software yang tersedia di luar sana. Ada yang gratis, ada yang membawa fitur tambahan, ada yang khusus untuk sistem operasi tertentu dan yang tidak. Jadi, untuk membantu Anda mencari tahu di mana Anda harus menginvestasikan waktu dan uang Anda, saya telah memilih dari berbagai software editing audio untuk menemukan yang terbaik untuk Anda. Jadi, berikut ini 10 software editing audio terbaik yang bisa Anda coba.

1. Adobe Audition

Adobe Audition

Adobe Audition telah menjadi salah satu software editing audio terbaik yang bisa Anda gunakan. Software ini dilengkapi dengan beberapa fitur luar biasa yang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun yang dimiliki tim Adobe dalam menciptakan software yang kuat untuk pengguna profesional. Adobe Audition dilengkapi dengan fitur-fitur seperti editing multi-track dan pencampuran yang pasti akan membuat pengalaman pengeditan audio Anda lebih mudah dan efisien. software ini juga dilengkapi dengan fitur yang disebut ‘Auto Ducking’ yang menggunakan teknologi Adobe Sensei milik AI milik Adobe untuk mengetahui tempat-tempat di mana Anda mungkin ingin menurunkan volume trek background untuk membuat suara vokal, ucapan, dll, menjadi lebih jelas, dan ini akan membuat pekerjaan editing audio Anda lebih mudah dilakukan. Audition juga memiliki beberapa fitur pengeditan klip yang kuat termasuk hal-hal seperti mirrored fade, kemampuan untuk mempertahankan tumpukan layer saat memindahkan satu bagian tumpukan, dan banyak lagi.

Ada banyak plug-in, dan Adobe bahkan memiliki serangkaian tutorial sendiri seputar Audition, yang tentunya akan membuat Anda lebih mudah untuk memulai dengan software. Seiring dengan semua itu, software ini memiliki antarmuka di desain dengan sangat baik, dan berhasil terlihat menarik bahkan dengan semua fitur yang dimilikinya begitu Anda mencobanya. Selin itu, software ini mendukung sebagian besar format audio seperti MP3, WAV, AC-3, AIF, AIFF, AIFC, AAC, HE-AAC, CAF, FLAC, PCM, OGG, WMA dan banyak lagi, bersama dengan dukungan untuk format video seperti AVI, MP4, MOV, FLV dll. Anda bisa mendapatkan ini dengan membayar $20.

Baca : 7 Software Video Editing Gratis dan Terbaik

2. Logic Pro X

logic-pro-x-min software audio terbaik

Logic Pro X merupakan software editing audio terbaik yang merupakan DAW Apple untuk sistem yang menjalankan macOS, tetapi karena software ini hanya tersedia untuk pengguna macOS, ini membuat aksesibilitasnya turun sedikit (karena tidak setiap orang menggunakan Mac). Logic Pro X membawa beberapa fitur luar biasa ke dalam flip yang membuatnya menjadi software pengeditan audio yang luar biasa untuk kedua editor pemula, dan pengguna profesional. Logic Pro X hadir dengan semua fitur dasar yang Anda perlukan di editor audio, dan juga menghadirkan fitur yang sangat canggih termasuk kemampuan untuk secara otomatis mencocokkan waktu trek yang berbeda dalam suatu proyek menggunakan “Smart Tempo”.

Software ini juga membawa ‘Waktu Flex’ yang memungkinkan Anda mengedit waktu satu not dalam bentuk gelombang secara terpisah, tanpa harus memotongnya dari klip itu sendiri. Itu luar biasa dan akan membiarkan Anda memperbaiki irama mistis tunggal dengan upaya minimal. Ada juga ‘Pitch Flex’ yang melakukan hal yang sama untuk ketukan individual, kecuali dengan pitch alih-alih pengaturan waktu. Logic Pro X juga menghadirkan ‘arpeggiator’ yang dapat secara otomatis mengubah akord menjadi arpeggio untuk memberikan nuansa yang lebih kompleks pada musik Anda. Ada juga banyak suara yang direkam sebelumnya, dan tambahan yang dapat Anda gunakan secara bebas dalam alur kerja Anda, bersama dengan jumlah plug-in Apple yang gila yang dikirimkan dengan Logic Pro X (ada lebih dari 60GB aset tambahan yang Anda dapatkan dengan LPX! ).

Logic Pro X mendukung format audio seperti WAV, AIFF, CAF, PCM, ALAC, AAC, MP3, REX, RCY dan banyak lagi. Anda bisa mendapatkan ini dengan membayar $199.

3. Audacity

audacity-min software audio terbaik

Saya cukup yakin Anda pernah mendengar tentang Audacity. Software gratis dan sumber terbuka (open source) disebutkan di hampir setiap ulasan software pengeditan audio di luar sana, dan memiliki ulasan yang baik. Seperti yang saya katakan, Audacity adalah gratis dan itu membuatnya menjadi software yang paling mudah diakses oleh siapa pun yang ingin memulai dengan mengedit audio. Selain itu, ini juga memiliki fitur yang lengkap, hampir semua fitur yang Anda butuhkan ada di Audacity. Ada banyak efek termasuk hal-hal seperti bass, treble, distorsi, penghapusan kebisingan dan banyak lagi. Bersamaan dengan itu Audacity juga dilengkapi dengan alat analisis seperti beat finder, silence finder, sound finder, dan banyak lagi.

Untuk software gratis yang juga lintas platform, secara mengejutkan Audacity dilengkapi fitur yang kaya. Ada banyak alat lain juga termasuk envelope tool, time shift tool, dan banyak lagi. Plus, seperti kebanyakan software pengeditan audio yang luar biasa, Audacity mendukung hampir semua format file audio seperti MP3, WAV, AIFF, PCM, OGG Vorbis, FLAC, AC3, AMR, WMA, MP4, dan banyak lagi.

4. Reaper

Reaper Software

Reaper adalah satu lagi software editing audio yang sangat kuat dan kaya fitur dan juga relatif lebih terjangkau daripada beberapa opsi lain dalam daftar ini. Sebagai permulaan, Reaper hadir dengan dukungan untuk banyak trek, dan memiliki dukungan multichannel yang luar biasa dengan 64 saluran di setiap trek. Ini juga membawa kemampuan untuk secara langsung merekam audio ke file audio mono, stereo, atau bahkan multichannel, bersama dengan kemampuan untuk merekam ke beberapa disk secara bersamaan untuk redundansi data jika itu adalah sesuatu yang Anda inginkan.

Dengan Reaper Anda dapat menerapkan efek secara real-time, non-destruktif, memasukkan hampir semua pihak ketiga atau plug MIDI, dan bahkan membawa real-time pitch shifting dan kemampuan peregangan waktu ke dalam campuran. Reaper juga mendukung sebagian besar format file populer bersama dengan beberapa format file yang tidak terlalu populer di luar sana. Ada dukungan untuk ACID, AIFF, AVI, BWF, CDDA, EDL, FLAC, KAR, MIDI, MOGG, MOV, MP3, MPEG, OGG VORBIS, OGG OPUS, QT, RADAR, REX2, SYX, W64, WAV, WAVPACK, WMV dan lainnya.

Selain semua fungsi, antarmuka Reaper sepenuhnya dapat disesuaikan sehingga Anda dapat membuatnya terlihat persis seperti yang Anda suka.

5. FL Studio

fl-studio-min software audio terbaik

Jika Anda ingin menjadi nama besar berikutnya di EDM (atau bahkan jika Anda hanya mencari software editing audio yang luar biasa), Anda harus melihat-lihat FL Studio. Digunakan oleh seniman seperti Martin Garrix, Porter Robinson dan lainnya, FL Studio jelas merupakan software terbaik untuk file pengeditan audio. Mirip dengan DAW tingkat atas lainnya, FL Studio juga mendukung perekaman multi-track, peregangan waktu, dan perpindahan nada. Muncul dengan mixer yang membawa fitur seperti chain efek, otomatisasi, kompensasi delay dan banyak lagi.

Plus, FL Studio hadir dengan lebih dari 80 plug-in yang siap Anda gunakan, termasuk plug-in untuk manipulasi sampel, kompresi, sintesis, dan banyak lagi. Ada juga sejumlah besar instrumen di FL Studio yang dapat Anda gunakan di trek Anda dan, dengan dukungan untuk standar VST, Anda dapat menggunakan hampir semua plugin pihak ke-3 untuk mendapatkan lebih banyak suara instrumen.

Karena FL Studio terutama ditujukan untuk artis musik, itu hanya mendukung sejumlah format file seperti AIFF, DS, DS, DWP, FLAC, MID, MP3, OGG, SF2, Pidato, SYN, XI, dan WAV. Anda bisa mendapatkan ini dengan membayar $60.

Baca : 10 Software Perekam Layar Terbaik untuk Membuat Video Tutorial

6. Ableton Live

ableton-live-min software audio terbaik

Ableton Live juga merupakan nama yang identik dengan produksi musik dan itu cukup jelas mengingat banyaknya fitur yang dibawanya. Sebagai permulaan, Ableton Live mendukung trek audio dan MIDI tanpa batas sehingga Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin layer lagu ke dalam proyek Anda. Ada juga dukungan untuk penangkapan MIDI, 256 saluran input mono dan 256 saluran output mono. Bersamaan dengan itu, Anda mendapatkan hingga 70GB suara pra-recording yang dapat Anda gunakan dalam proyek Anda, hingga 15 instrumen software, dan hingga 46 efek audio.

Namun, Ableton Live tidak dilengkapi dengan beberapa fitur yang biasa di sebagian besar software editing audio lainnya. Tidak ada koreksi nada, dan menambahkan efek seperti memudar tidak semudah pada software lain seperti Logic Pro X. Namun, Ableton Live masih menjadi salah satu DAW yang sangat digemari terutama untuk produksi musik elektronik.

Ableton mendukung hampir semua format file di luar sana termasuk WAV, AIFF, AIFF-C, FLAC, OGG Vorbis, RIFF, PCM, MP3 dll. Anda bisa mendapatkan ini dengan membayar $99.

7. Cubase

cubase-min software audio terbaik

Cubase, dari Steinberg, adalah software editing audio lain yang mungkin ingin Anda lihat. DAW hadir dengan peninggalan seniman-seniman besar yang telah menggunakannya termasuk Zedd, Junkie XL, dan banyak lagi. Sejauh fitur yang diperhatikan, Cubase membawa sedikit ini juga. Ada equalizer frekuensi yang memungkinkan Anda melakukan pengeditan frekuensi yang sangat rumit ke trek Anda, fitur Pan Otomatis yang memungkinkan Anda bermain-main dengan trek dengan cepat.

Juga, jika Anda menggunakan plug-in, Plugin Cubase Sentinel akan secara otomatis memindai mereka pada saat startup untuk memastikan bahwa mereka valid dan tidak akan membahayakan sistem Anda. Ada juga fitur yang disebut Audio-in yang memungkinkan Anda menggunakan filter dan efek secara terpisah di trek audio Anda. Cubase menawarkan uji coba gratis sehingga Anda dapat memeriksanya sebelum memutuskan apakah Anda ingin membelinya atau tidak.

8. Presonus Studio One

PreSonus Studio one

Software editing audio terbaik lain yang mungkin ingin Anda lihat, Presonus Studio One 4 adalah DAW serba guna yang hadir dengan banyak fitur keren dan bermanfaat. Ada dukungan untuk beberapa lagu, dan dengan fitur Chord Track Studio One, Anda dapat dengan mudah membuat prototipe lagu yang cepat dan mendapatkan gambaran seperti apa suaranya. Chord Track menghadirkan fitur-fitur seperti modulasi tombol, substitusi akor, dan lainnya untuk memudahkan protoyping. Studio One dapat secara otomatis mengidentifikasi chord dari trek audio Anda, dan Anda bahkan dapat menyeret bagian ke Chord Track untuk membuat referensi.

Studio One juga dilengkapi dengan modul drum Impact XT baru yang merupakan versi baru dari modul drum Impact yang lama. Ini membawa lebih dari 20 fitur baru seperti beat quantization dan peregangan real-time, memungkinkan Anda untuk berkreasi dengan loop dan ketukan dalam lagu Anda. Selain semua ini, Studio One juga memiliki fitur lain yang tak terhitung jumlahnya termasuk hal-hal seperti beberapa bilah alat makro, peningkatan multi-editing, scan plugin eksternal, dan banyak lagi, jadi pasti layak untuk dilihat jika Anda tertarik.

Baca : 8 Software Editor Photo Terbaik Gratis

9. Hindenburg Pro

hindenburg-pro-min software audio terbaik

Hindenburg Pro juga merupakan software editing audio yang layak disebut sebagai yang terbaik. Software ini lintas platform dan bekerja dengan Windows dan macOS. Plus, ia hadir dengan rekaman multitrack yang tidak merusak. Hindenburg Pro juga dapat mengimpor file audio 24-bit dan bahkan bekerja dalam sesi 24-bit. Selain itu, DAW membawa sejumlah besar efek termasuk kompresor, EQ, loudness meters, dan dukungan untuk plugin pihak ketiga sehingga Anda dapat memperluas efek-set ke tingkat imajinasi Anda.

Dengan fitur EQ otomatis di Hindenburg Pro, Anda dapat membiarkan software secara otomatis mengatur profil suara pilihan Anda tanpa harus terlalu banyak men-tweak, dan begitu Anda selesai mengedit audio Anda, Hindenburg akan membiarkan Anda mengekspor proyek ke berbagai format termasuk mp3, AIFF, dan bahkan Apple Lossless.

10. Ardour

ardour-screencap-min software audio terbaik

Last but not least, Ardor juga merupakan software editing audio yang cukup kuat yang dibuat lebih baik oleh fakta bahwa tidak hanya berfungsi pada Windows dan macOS, ia juga sepenuhnya mendukung Linux, sehingga pada dasarnya Anda dapat menjalankannya di hampir semua komputer yang Anda inginkan . Ardor membawa Anda hampir setiap fitur dalam buku ini ketika mengedit audio mulai dari membuat rekaman lebih mudah dengan mikrofon dan perangkat MIDI, hingga mengedit berkat fitur pengeditan yang dapat digunakan dengan mudah seperti potongan, perkelahian silang, transposisi, ayunan dan banyak lagi. software ini juga membawa pembatalan dan pengerjaan ulang tanpa batas sehingga Anda dapat bereksperimen dengan isi hati Anda. Ada juga fitur pencampuran yang disertakan dengan DAW, sehingga Anda mendapatkan akses ke EQ, otomatisasi, fader, monitor, dan lainnya. Tambahkan ke mixer yang fleksibel dan ratusan plugin yang dibawa dan didukung Ardor, dan Anda memiliki software editing audio yang hebat.

Baca : 5 Software Database Terbaik Pada Tahun 2019

Bonus: Software editing Audio Terbaik untuk Orang dengan Kebutuhan Dasar

Artikel di atas sebagian besar berfokus pada software pengeditan audio yang dikemas dengan fitur dan dapat digunakan untuk semuanya mulai dari pemotongan audio dasar dan penggabungan hingga modulasi frekuensi, koreksi nada dan banyak lagi. Namun, jika Anda hanya mencari software untuk melakukan manipulasi yang sangat mendasar juga, ada banyak opsi yang bisa Anda gunakan.

  • Acoustica Basic Edition yang membawa semua fitur dasar dalam paket gratis.
  • MP3 Cutter jika Anda hanya ingin memotong file audio menjadi potongan-potongan kecil.
  • Audio Joiner yang berfungsi sepenuhnya secara online sehingga Anda bahkan tidak perlu mengunduh software.

Jelas ada lebih banyak software untuk editing audio, tetapi untuk kebutuhan dasar Anda juga banyak pilihan yang ada. Anda juga dapat melihat AudioTool jika Anda tertarik untuk mulai membuat ketukan tanpa menghabiskan banyak uang untuk software. Bahkan, AudioTool juga berfungsi secara online, sehingga mudah diakses darimana saja.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
15+ Tips dan Trik Keren Menggunakan WhatsApp

Selama bertahun-tahun WhatsApp Messenger telah berevolusi dari yang awalnya hanya sebagai aplikasi status di...

10 Tips Membuat Konten atau Artikel Blog yang Sempurna

10 Tips Membuat Konten atau Artikel Blog yang Sempurna - Anda memiliki sebuah blog,...

Close