banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Menemukan Aplikasi FinTech dan Trading Terbaik

Dalam beberapa tahun terakhir, industri jasa keuangan telah menawarkan berbagai teknologi untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan dan transaksi klien. Fintech adalah salah satu industri global dengan pertumbuhan paling cepat. Oleh karenanya, Fintech menjamin kenyamanan dan keamanan yang lebih baik jika dibandingkan dengan layanan keuangan tradisional.

aplikasi fintech dan trading

Menurut Business Research Company, pasar Fintech global akan mencapai nilai $158.014,3 juta di tahun 2023. Penelitian menunjukkan bahwa 60% koperasi kredit dan 49% bank-bank di Amerika Serikat menekankan pentingnya kemitraan fintech.

Apa itu aplikasi Fintech?

Aplikasi fintech merupakan aplikasi web atau seluler yang difungsikan untuk menyederhanakan penggunaan dan penyampaian layanan keuangan. Aplikasi-aplikasi tersebut kini semakin populer mengingat banyak layanan keuangan yang “go digital”, sehingga penyampaian layanan lebih cepat dan efisien.

Aplikasi fintech paling banyak diinstal di Amerika Latin. Kemudian disusul dengan kawasan Asia-Pasifik di posisi kedua, dan disusul Afrika dan Timur Tengah. Jumlah total unduhan aplikasi di sana meningkat dua kali lipat selama setahun terakhir. Di Amerika Utara, jumlah aplikasi terinstal tumbuh sebesar 25% setiap tahunnya sejak 2017.

Di Eropa, jumlah unduhan meningkat sebesar 34% di tahun 2017 dan 2018, dan di akhir tahun 2019, pertumbuhannya melambat menjadi 8%.

Pandemi akibat coronavirus telah mengubah perilaku konsumen secara cepat, sehingga mendorong pertumbuhan sektor fintech. Popularitas aplikasi fintech meningkat pesat bersama dengan aplikasi pesan makanan online, pendidikan, dan aplikasi lainnya.

Pertumbuhan yang pesat ini terjadi karena alasan yang sederhana: yaitu adanya kebutuhan bagi tiap orang untuk mengatur kegiatan hariannya secara online. Di Amerika Serikat, banyak tersedia aplikasi untuk trading, sedangkan di Rusia, aplikasi investasi justru kini semakin populer. Banyak dari aplikasi-aplikasi tersebut yang ditawarkan oleh bank.

Dengan menggunakan aplikasi fintech, kita dapat menyelesaikan berbagai kebutuhan. Oleh karena itu, musim fintech tumbuh dengan sangat pesat sebesar 85% di tahun 2020 dibanding di tahun 2019. Di tahun 2021, pertumbuhan sebesar 49% kembali tercapai. Ada tren pertumbuhan sepanjang tahun. Di tahun 2020, bulan-bulan pertumbuhan paling besar ada di Oktober (+22%) dan November (+24%). Di awal bulan Juli 2020, jumlah sesi meningkat sebesar 15%.

Tapi bagaimana cara aplikasi fintech menjaga konsumennya? Apa rahasia agar dapat menghasilkan bunga jangka panjang? Pertama-tama, aplikasi tersebut telah membentuk sebuah komunitas, sebuah lingkungan di mana banyak orang dengan minat yang sama berkumpul. Hasilnya, semua orang dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan satu sama lain dan kemudian mempraktikkannya. Hal itu tentunya membuat orang-orang tetap kompetitif.

Fitur-fitur aplikasi trading

Aplikasi trading didesain sedemikian rupa untuk mempermudah proses trading dan investasi. Hanya dengan sekali klik, pengguna dapat melakukan investasi atau menempatkan order di pasar keuangan.

Aplikasi trading modern dilengkapi dengan berbagai fitur dan alat yang diperlukan agar trading tetap efektif dan lancar. Aplikasi tersebut juga memiliki fungsi yang sama dengan perangkat lunak trading di desktop. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa Anda dapat mengakses sebagian besar fungsi-fungsi tersebut hanya melalui broker.

Aplikasi trading membuat memberi akses kepada setiap orang untuk melakukan aktivitas trading. Akan tetapi, penting untuk dipahami bahwa tanpa pengetahuan yang tepat, Anda tidak akan bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan yang tetap.

Untuk menemukan aplikasi trading terbaik, penting untuk mempertimbangkan target trading dari masing-masing pengguna dan tingkat pengalaman trading yang mereka miliki. Trader pemula disarankan untuk memilih aplikasi yang lebih sederhana, sedangkan trader berpengalaman yang memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang pasar mungkin perlu aplikasi trading yang lebih kompleks dengan fungsionalitas yang ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas trading mereka.

Jika Anda sedang mencari aplikasi trading yang sesuai, berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Cara menemukan aplikasi trading yang tepat

Meskipun semua aplikasi trading seolah terlihat memiliki fungsi yang sama, tetapi sebenarnya tidak demikian. Masing-masing aplikasi mungkin berbeda dalam harga dan efisiensi. Saat memilih aplikasi trading dan mempertimbangkan pro dan kontra, pastikan aplikasi tersebut cocok dengan gaya trading Anda.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut kompatibel dengan perangkat seluler Anda. Jika Anda berencana untuk trading menggunakan perangkat selain ponsel – laptop, atau tablet, pilihlah aplikasi seluler yang berfungsi dengan baik di semua perangkat Anda.

Berikut adalah panduan singkat untuk memilih aplikasi trading terbaik. Selain itu, pertimbangkan juga faktor-faktor seperti komisi, biaya, regulasi, dan kinerja secara keseluruhan.

Kompatibilitas aplikasi

Mengingat aplikasi trading wajib membuat proses trading lebih nyaman dan efisien, maka kompatibilitasnya dengan perangkat seluler sangatlah penting. Saat ini, banyak broker yang menawarkan aplikasi trading seluler, tetapi sebagian besar aplikasi tersebut dibuat untuk Android dan iOS. Misalnya, AMarkets memiliki aplikasi trading yang berjalan di Android dan iOS. Jika perangkat seluler Anda mendukung OS yang berbeda, Anda mungkin mengalami beberapa kendala saat memilih aplikasi yang sesuai.

Pilihan aset yang dapat diperjualbelikan

Selain menyediakan mata uang, aplikasi modern tentunya menawarkan kelas aset lainnya. Saat memilih aplikasi trading, periksa daftar instrumen perdagangan yang tersedia untuk melihat apakah aplikasi tersebut mendukung perdagangan aset yang Anda inginkan.

Tak lupa juga untuk menilai pilihan aset dalam kategori tertentu. Jika Anda menyukai instrumen mata uang, maka aplikasi tersebut perlu mendukung tidak hanya pasangan mata uang besar, tetapi juga pasangan mata uang kecil atau jarang (exotic).

Kemudahan penggunaan

Antarmuka mungkin salah satu hal terpenting untuk dipertimbangkan. Intinya adalah tentang kenyamanan. Sehebat apa pun aplikasi dari segi fungsionalitas dan fitur, jika antar muka terlalu rumit dan tidak lengkap, maka penggunaannya akan sangat sulit. Pilihlah aplikasi yang memiliki antarmuka yang praktis, intuitif, dan mudah digunakan. Dengan antarmuka yang intuitif, Anda akan dapat menikmati proses trading dan fokus pada pengembangan strategi trading Anda.

Aplikasi trading merupakan asisten wajib para trader. Anda tidak lagi terikat pada terminal trading. Anda bebas ke mana saja karena sekarang Anda dapat trading di mana saja. Ya, mungkin sulit untuk melakukan analisis pasar secara penuh di aplikasi, tetapi aplikasi tersebut sempurna untuk memantau posisi atau menempatkan posisi jika Anda telah membuat analisa sebelumnya.

Baca : 8 Kategori Perusahaan Fintech Terbaik Di Dunia Saat Ini

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published.

Must Read...!
What does bullish mean in CFD trading?

What does bullish mean in CFD trading? - When trading CFDs, you may hear...

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen Di Windows 11/10/8/7

File yang sudah dihapus permanen pada dasarnya masih bisa dikembalikan, bahkan bisa dikembalikan secara...

Close