banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Edit Video di Mac OS dengan Wondershare Filmora X

Cara Edit Video di Mac OS dengan Wondershare Filmora X – Semenjak YouTube menjadi booming, banyak orang belajar cara edit video yang baik dan benar, bahkan sekarang hampir semua platform media sosial menjadikan video sebagai konten utama mereka, dan media periklanan juga beralih ke video. Maka dari itu, sangat di sayangkan jika Anda saat ini tidak memiliki kemampuan dalam hal edit video.

Untuk bisa edit video, saat ini juga tidak sesulit dulu karena ada begitu banyak software maupun aplikasi canggih yang bisa Anda gunakan. Hampir dipastikan, seorang pemula dengan sedikit belajar sudah bisa menghasilkan editan video berkualitas tinggi dengan bantuan software edit video tersebut. Salah satu software video editing mac terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Wondershare Filmora X, ini juga bisa digunakan di Mac OS dan Windows.

Wondershare Filmora x

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan ulasan dan juga penjelasan tentang software edit video yang saat ini banyak digunakan pengguna diseluruh dunia yaitu Wondershare Filmora X untuk Mac OS.

Apa itu Wondershare Filmora?

Wondershare Filmora X adalah software pembuatan dan edit video. Filmora X ini mudah digunakan dan dilengkapi dengan fitur yang benar-benar sering digunakan oleh pengguna. Jadi, ini merupakan software dengan antarmuka yang sederhana namun intutif dengan fitur yang berguna dan mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Dengan software Filmora X ini, Anda dapat mengedit video dengan hasil seperti seorang yang sudah profesional dalam dunia editing.

Wondershare Filmora bisa menjadi software pilihan untuk membuka bakat kreatif Anda. Dengan bantuan Filmora, Anda tidak perlu memiliki peralatan syuting yang lengkap, karena fitur luar biasa dan menarik dari software ini akan membantu Anda membuat video dan mengedit video sesuai keinginan Anda dengan hasil yang keren dan Anda bisa mengekspor video ke berbagai platform dan berbagai format seperti mp4, Wmv, Mkv, ts, 3gp, f4v, Mkv, MOV, mpg, 3gp, GIF 4K, dan mp3.

Filmora berjalan pada sistem operasi yang berbeda seperti Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan Mac. Ini tersedia dalam beberapa versi terbaru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Versi terbaru adalah Filmora X dan memiliki fitur baru yang luar biasa.

Baca : 8 Software Video Editing Terbaik untuk Mac OS

Fitur dan Cara Penggunaan Wondershare Filmora X

Fitur Filmora X bagian ini adalah fitur yang ada di software Filmora baik untuk Mac OS dan Windows. Semua fitur ini dibuat lebih baik dibanding dengan software edit video lainnya dan menghilangkan fitur yang tidak berguna sehingga lebih ringan dan bermanfaat dari setiap fiturnya.

Antarmuka drag and drop

Antarmuka Drag-and-drop digunakan untuk memindahkan efek dan video dari satu lokasi ke lokasi lain pada antarmuka pengguna grafis. Fitur ini menghilangkan kerumitan dan memudahkan Anda dalam membuat atau mengedit video dengan cepat. Antarmuka drag-and-drop mudah digunakan tetapi tidak didukung oleh semua perangkat lunak pengeditan video.

Filmora X mac os software

Namun, ini tersedia di software Wondershare Filmora X, di mana efek dapat ditambahkan ke video dengan menyeret dan menjatuhkannya, dan video juga dapat ditambahkan ke timeline dengan juga menyeret dan menjatuhkannya.

Untuk menggunakan fitur ini, tempatkan kursor pada video, ambil video dengan mengkliknya, dan tahan tombol mouse. Pindahkan video ke lokasi yang diinginkan dan lepaskan tombol mouse untuk meletakkan file di timeline.

Effect (Film Stock)

Effect filmstock

Filmstock adalah toko layanan lengkap di Wondershare Filmora, yang menyediakan banyak media dan after-effect menarik untuk diunduh. Ini memiliki klip video pendek yang dapat ditambahkan ke video Anda dan menambahkan efek suara juga tersedia untuk diunduh secara gratis. Toko efek sering diperbarui dengan stok video dan efek suara bebas lisensi yang membuat pengeditan video bermanfaat.

Untuk menggunakan fitur ini Anda harus menggunakan lisensi berbayar dari Wondershare Filmora, setelah itu Anda gunakan login akun Anda dan nikmati fitur ini.

Effect Video Editing

Custom Animation dan Visual Effect adalah dasar dari pengeditan video masa kini. Dengan Wondershare Filmora X, pengeditan video menjadi mudah, dan video fantastis dibuat dengan memanfaatkan efek keren yang tersedia di Aplikasi.

Untuk mengedit video Anda dengan Filmora X, unduh video dari effect shop atau impor dari perangkat Anda dan tambahkan ke timeline Anda. Sesuaikan video dengan menggunakan efek drag and drop yang disediakan oleh perangkat lunak. Ada beberapa fitur pengeditan video yang tersedia di Wondershare Filmora X untuk membuat pengalaman menjadi menarik.

Green Screen Effect

Fungsi Green Screen adalah untuk menyesuaikan video dengan background baru sesuai keinginan Anda. Efek ini adalah efek tumpang tindih yang luar biasa, digunakan untuk menempatkan pada latar belakang virtual dengan menghapus warna di belakang video secara digital dan menjatuhkannya pada latar belakang yang disesuaikan.

Untuk menggunakan fitur ini di Filmora X, impor video yang ingin Anda gunakan sebagai latar belakang dan video layar hijau dari perangkat Anda atau effect shop. Drag dan drop video ke timeline. Jatuhkan video latar belakang ke timeline pertama dan video green screen di trek di atasnya. Klik dua kali video layar hijau, edit dan akses efek layar hijau dari fitur Chroma Key.

Baca : 4 Video Editor Gratis Terbaik untuk YouTube 2021

Split Screen

Split screen filmora x

Split Screen ini adalah teknologi membagi layar dan beberapa bagian ini di isi dengan beberapa video yang berbeda-beda. Efek ini adalah salah satu fitur unik Wondershare Filmora X. Anda bisa menggunakan ini dengan beberapa pilihan style yang beragam seperti memecah 3 bagian kanan kiri, atas bawah dan masih banyak lagi.

Untuk menggunakan fitur ini, sangat mudah. Cukup buat proyek baru di Aplikasi Filmora Anda dari bilah alat atau gunakan pintasan (Ctrl + N). Impor file media dari perangkat Anda atau unduh video stok dari toko efek yang tersedia di Aplikasi. Klik pada layar terpisah dari bilah alat yang ditampilkan di layar dan pilih template split screen yang diinginkan. Terapkan layar terpisah yang dipilih ke timeline Anda dan tambahkan video. Jika Anda ingin membatalkan salah satu efek tinggal tekan keyboard (ctrl + Z).

Keyframing

Keyframing Animations wondershare filmora

Frame dalam pembuatan video merupakan salah satu dari beberapa gambar yang digabung menjadi sebuah video. Keyframing dalam animasi adalah awal dan akhir dari transisi yang mulus. Ini tentang membuat animasi khusus untuk elemen berdasarkan parameter tertentu. keyframing menyesuaikan animasi dengan menambahkan keyframe untuk mengubah posisi, rotasi, skala, dan opasitas video.

Untuk menggunakan efek ini untuk mac, impor video Anda dan tambahkan video ke timeline Anda. Klik dua kali pada video dan pilih tambahkan animasi. Dari menu itu, klik kanan opsi Animations dan klik Customize. Pindahkan kursor ke titik di timeline di mana bingkai utama harus ditambahkan dan klik untuk menambahkan. Sekitar 6 jenis keyframing dapat diterapkan ke klip untuk membuat animasi kustom sederhana.

Motion Tracking

Motion Tracking Filmora X mac os

Motion Tracking Tool atau pelacakan gerak adalah bentuk animasi khusus, yang melacak arah elemen dalam klip, dan menerapkan arah itu ke elemen lain selama pengeditan video. Ini adalah salah satu fitur yang membedakan Wondershare Filmora versi X.

Untuk menggunakan alat ini, Drag and drop video Anda ke Timeline dan pilih Motion Tracking Tool dari menu Tools di Software. Atau, Anda dapat mengklik dua kali pada video dan mengklik Motion Tracking. Setelah itu, ubah kotak pelacakan, dan pilih elemen. Kemudian, klik kanan pada start tracking dan tambahkan objek untuk bergerak secara bersamaan dengan elemen dalam video.

Color Matching

Color Matching filmora

Salah satu software pengeditan video yang dapat digunakan terkait penskalaan dan koreksi warna adalah Filmora. Color Matching adalah tentang menggabungkan warna klip video yang berbeda dan menjaga konsistensinya di seluruh video.

Untuk menerapkan Color Matching selama pengeditan video untuk pengguna Mac, ketuk video di Timeline dan pilih Color Matching dari menu. Ketuk tampilan perbandingan dan telusuri jendela referensi untuk memilih kecocokan warna yang diinginkan.

Video Transition

Video Transitions filmora

Cara tambahan untuk meningkatkan pengeditan video dan menambahkan animasi penyesuaian adalah dengan transisi video. Fitur ini digunakan untuk menggabungkan video yang berbeda menjadi satu video secara kohesif untuk memperindah setiap aliran perpindahan video dari beberapa bagian video agar tampak lebih indah.

Video Filter

Filter video atau dikenal sebagai overlay adalah efek yang ditambahkan untuk meningkatkan daya pikat video. Untuk menambahkan overlay dan filter, buka tab Effect untuk memilih filter yang diinginkan. Drag-and-drop pada video di timeline untuk menerapkannya. Filter juga dapat disesuaikan untuk mengubah transparansi dan skala waktu.

Audio Ducking

Audio Ducking filmora

Dengan cara yang sama video diedit di Filmora X, soundtrack yang dilampirkan ke video juga dapat diedit agar sesuai dengan pengguna. Singkatnya, audio ducking adalah tentang menurunkan suara sekitar dalam video dan mengintensifkan volume suara utama. Fitur ini dapat digunakan berulang kali dan di beberapa titik dalam video untuk menonjolkan suara utama. Audio duck di Wondershare Filmora X sederhana dan otomatis bisa digunakan pada saat yang bersamaan.

Untuk menggunakan fitur ini, silahak memilih posisi dalam video yang ingin Anda atur suaranya dan mengklik kanan pada Adjust audio. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan untuk mengaktifkan audio ducking dan memodifikasi intensitasnya untuk rentang waktu yang ditentukan untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat.

Import Photo

Dengan Wondershare Filmora X, file media dapat ditambahkan ke timeline langsung dari perangkat komputer Anda. Format file video ini didukung untuk input termasuk .mpg, .mpeg, MPEG-4, codec MJPEG, .avi, file camcorder dan video flash dll.

Baca : 3 Langkah Cara Membuat Video Tutorial Yang Profesional

Fitur Eksklusif untuk Pengguna Mac

Wondershare Filmora juga berjalan pada sistem operasi Mac. Versi terbaru dari software Filmora memiliki fitur khusus untuk pengguna mac. Fitur-fitur ini meliputi:

M1 Chip & Touch bar Support

M1 Chip adalah sistem yang dirancang untuk digunakan sebagai unit pemrosesan (pemrosesan sentral dan pemrosesan grafis) untuk komputer dan tablet Mac. Ini adalah SoC yang menangani semua fungsi di OS, termasuk Touch bar.

Touch bar memungkinkan akses sentuh ke aplikasi dengan mengetuk dan menggesekkan gerakan di layar. Touch bar Filmora X Mac meningkatkan pengeditan video, pemangkasan video, dan pemotongan dengan kontrol intuitifnya. Ini memungkinkan cara yang lebih baik untuk melihat video melalui timeline.

HEVC codec support instant cutter

Codec HEVC adalah pengkodean video dengan efisiensi tinggi yang menciptakan keseimbangan antara kompresi video dan kualitas video. Ini adalah format video terkenal yang kompatibel dengan Mac OS yang mengkodekan klip pada bit rate yang dikurangi sambil menjaga kualitas video pada saat yang bersamaan.

Import Langsung dari Perangkat

Untuk pengguna mac OS, mengimpor klip langsung dari perangkat ke Timeline menjadi mudah dengan touch bar. Video juga dapat ditambahkan melalui Screen Record. Dengan Filmora, perekaman layar disederhanakan untuk pengguna mac, yang perlu dilakukan hanyalah mengklik Record dari ikon + di layar, lalu pilih Screen Record. Ketuk tombol Record untuk memulai perekaman layar. Rekaman layar dapat disesuaikan ke layar penuh atau layar khusus.

Pengeditan video di Mac seperti video trimming/cutting/splitting menjadi lebih menarik saat menggunakan Wondershare Filmora X.

Baca : 8 Software Video Editing Gratis dan Terbaik

Kesimpulan

Wondershare Filmora X adalah software luar biasa dengan fitur-fitur yang mengagumkan seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Ini adalah editor video sederhana dengan banyak fitur canggih yang bisa Anda dapatkan dengan harga sangat murah dan siapa saja bisa dengan cepat memahami penggunaan dari software ini.

Dengan kata lain, software Filmora X ini sama sekali tidak rumit dengan lebih banyak keuntungan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Versi Wondershare Filmora ini menciptakan keseimbangan antara kesederhanaan dan fitur-fitur canggih. Anda bisa menggunakan software ini mengedit video baik untuk kebutuhan pribadi maupun instansi. Dan jangan ragu dengan hasil yang akan dihasilkan selama Anda benar-benar memahami fitur dan penggunaan dari Filmora X ini.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Daftar Software Terbaik untuk Menambang Bitcoin

Daftar Software Terbaik untuk Menambang atau Mining Bitcoin - Belakangan ini, bitcoin dan mata...

Litho Theme – Tema WordPress Serbaguna Untuk Elementor

Jika Anda saat ini sangat suka menggunakan pembuat halaman Elementor di WordPress, dan sedang...

Close