How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Penjelasan Lengkap Kontrak Cerdas atau Smart Contract

Hampir satu dekade yang lalu, blockchain meletakkan dasar untuk mengubah keuangan global melalui cryptocurrency. Sekarang, teknologi ini mengubah dunia hukum melalui Kontrak Cerdas (Smart Contract).

Semakin banyak organisasi menggunakan kontrak pintar untuk menutup kesepakatan dan perjanjian. Maka pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap tentang Kontrak cerdas atau smart contract.

smart contract atau kontrak pintar

Mari cari tahu lebih lanjut tentang Kontrak Cerdas, Bagaimana itu bekerja dan apa kelebihan dari Smart Contract.

Baca : 10 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Apa Bitcoin

Blockchain 2.0

Ketika blockchain diluncurkan pada 2008, hanya token cryptocurrency seperti Bitcoin yang bisa ditukar.

Dengan kontrak pintar di Ethereum — juga disebut kontrak digital, kontrak pintar blockchain, atau kontrak pelaksana mandiri — hal-hal berharga kini dapat dipertukarkan, termasuk layanan, produk, pinjaman, dan obligasi.

Satu hal penting tentang blockchain adalah desainnya yang terdesentralisasi. Transaksi Blockchain dapat diakses oleh semua pihak yang terlibat, selama mereka memiliki “kunci”, mereka dapat melakukan semua transaksi sendiri. Pengaturan ini menghilangkan perantara tradisional dari persamaan. Ini juga menghilangkan konflik dan memungkinkan penghematan waktu.

Blockchain jauh lebih aman, murah, dan lebih cepat dibandingkan teknologi lainnya. Keuntungan besar mereka semakin menarik organisasi global seperti Microsoft untuk menggunakan kontrak pintar dalam operasi mereka.

Pemerintah, bank dan organisasi lain di seluruh dunia semakin mengerahkan mereka. Pasar smart contract global diperkirakan akan mencapai US $ 300 juta pada tahun 2023.

Kontrak pintar memiliki banyak sekali aplikasi. Sebagai bentuk hukum kontrak yang cerdas, banyak organisasi sekarang menggunakannya untuk proses hukum dan hukum properti.

Bank menggunakan contoh kontrak pintar dari layanan keuangan dasar hingga derivatif keuangan yang lebih rumit. Perjanjian crowdfunding, premi asuransi, dan lainnya menggunakan kontrak pintar untuk mempercepat transaksi mereka.

Apa definisi kontrak pintar?

Salah satu definisi kontrak pintar yang sederhana adalah bahwa itu adalah sekelompok kode komputer yang dapat dieksekusi sendiri ketika kondisi yang ditentukan terpenuhi. Blockchain atau buku besar yang didistribusikan memegang hasil transaksi.

Orang biasanya membayar jasa notaris atau pengacara agar dokumen mereka diproses. Dengan kontrak yang cerdas, mereka dapat membuat, menegakkan, dan menyelesaikan sendiri kesepakatan. Ini memungkinkan orang untuk melakukan transaksi tanpa pihak ketiga.

Kontrak pintar tidak hanya menetapkan hukuman dan kewajiban lain dari perjanjian seperti halnya kontrak tradisional. Mereka dapat melakukannya secara otomatis.

Kontrak digital ini menawarkan berbagai aplikasi potensial di berbagai industri. Kontrak pintar sudah bekerja bersama dengan mata uang yang diprediksi di masa depan – bitcoin.

Tiga aspek penting

  • Pertama : kontrak pintar adalah perjanjian terkomputerisasi antara dua individu. Kontrak pintar ada di blockchain — basis data publik — yang membuatnya tidak berubah.
  • Kedua : blockchain mengeksekusi kontrak pintar. Ini berarti perjanjian dapat dilakukan tanpa mengandalkan mediasi pihak ketiga.
  • Ketiga : transaksinya baru terjadi setelah persyaratan perjanjian dipenuhi. Ini menghilangkan masalah kepercayaan yang muncul.

Baca : 10 Layanan Dompet Bitcoin Terbaik Saat Ini

Bagaimana kontrak pintar digunakan?

Saat ini, bisnis ingin merampingkan proses mereka dan mempercepat alur kerja saat ini. Sebagian besar menggunakan alat-alat seperti platform otomatisasi pemasaran untuk menyederhanakan operasi mereka.

Bisnis dapat memanfaatkan kontrak pintar untuk ini dan sejumlah aplikasi lain. Berikut adalah beberapa contoh kontrak pintar yang disediakan oleh kontrak digital.

Penggunaan Hukum

Sektor yang jelas akan mengambil keuntungan dari kontrak pintar adalah profesi hukum. Bentuk kontrak digital baru ini akan mengubah cara dokumen akan disertifikasi.

Kontrak pintar menawarkan solusi yang hemat biaya dan tidak memihak bagi masyarakat. Kebutuhan akan notaris yang rumit berkurang.

Penggunaan Pemerintah

Dengan bantuan kontrak yang cerdas, lembaga pemerintah dapat dengan mudah membuat kesepakatan untuk menegakkan upaya demokratis dan hukum

Pemerintah kota atau kotamadya dapat mengintegrasikan kontrak pintar dalam sistem pemilihannya. Kemungkinan kejahatan terkait pemilu akan menjadi tidak mungkin karena suara disimpan di dalam buku besar yang sangat aman.

Penggunaan Layanan Kesehatan

Kontrak pintar membantu perusahaan perawatan kesehatan memberikan kepercayaan kepada pasien bahwa informasi pribadi mereka aman. Mereka dapat meningkatkan proses uji coba asuransi dan menawarkan akses mudah ke data lintas lembaga.

Kontrak digital memungkinkan pemantauan mulus interaksi pasien dan pelacakan efisiensi sistem dengan mudah. Menggabungkan kontrak pintar dengan solusi perangkat lunak manajemen praktik medis yang andal dapat membantu meningkatkan produktivitas.

Penggunaan Real Estate

Perusahaan real estate dapat menggunakan kontrak pintar untuk menandatangani kesepakatan antara pembeli dan penjual, penyewa dan pemilik, dll.

Satu pasar real estate online, Property, sudah di antara banyak penggunaan kontrak pintar. Pembeli dapat dengan mudah mencari dan membeli menggunakan sistem, yang menawarkan keadilan dan legalitas yang tak tertandingi.

Untuk lebih meningkatkan produktivitas, sebaiknya menggabungkan kontrak digital dengan solusi perangkat lunak manajemen real estat terbaik saat ini.

Penggunaan Merchandising

Rantai pasokan biasanya melibatkan negosiasi. Mereka akan sangat diuntungkan dari kontrak yang cerdas. Perusahaan pemasok dan logistik dapat menggunakan kontrak pintar untuk meminimalkan risiko dan mengotomatisasi tugas-tugas seperti penagihan dan pelepasan produk.

Sistem dapat melakukan transaksi dan mengelola persetujuan. Kontrak pintar dapat digunakan terlepas dari jenis pasar atau barang yang dijual.

Cara menyimpan smart contract dalam blockchain?

Blockchain open-source, Ethereum mengeksekusi smart contract. Database blockchain yang sangat aman menyimpan transaksi kontrak pintar, termasuk kode sumbernya.

Pengembang menggunakan Solidity untuk menulis smart contract Ethereum. Bahasa pemrograman tingkat tinggi ini membantu pengembang menulis kontrak pintar yang diterapkan sendiri yang dijalankan di Ethereum Virtual Machine (atau EMV).

Dalam database Ethereum, kontrak pintar ada sebagai bytecode. Kode-kode ini membentuk inti dari kekuatan pengganggu Ethereum dan potensi inovatif.

Apa sistem di balik kontrak Ethereum?

Blockchain Ethereum adalah jaringan komputer besar yang memungkinkan kode untuk berjalan secara terdesentralisasi dan terdistribusi.

Blockchain ini tidak mengenakan biaya untuk waktu per se. Ini membebankan biaya untuk setiap instruksi yang dieksekusi di jaringannya.

Blockchain ini mengeksekusi pembuatan Smart Contract. Bahasa scripting utama Ethereum adalah Solidity.

Bagaimana kontrak pintar dibuat?

EMV memungkinkan program seperti Solidity untuk membuat kontrak pintar. EMV mengimplementasikan eksekusi program pada setiap node jaringan Ethereum. Setiap simpul sistem menjalankan program secara tersinkronisasi untuk menjamin bahwa tidak ada eksekusi yang dapat dirusak.

Sistem berfungsi sebagai kontrol untuk mencegah melampaui kapasitas komputasi jaringan.

Biaya, yang hanya melibatkan instruksi yang dieksekusi, mencakup penggunaan jaringan, penggunaan penyimpanan, dan jumlah total instruksi yang dieksekusi. Pengguna hanya dapat membayar menggunakan Ether, mata uang digital Ethereum. Membeli Etehr sama seperti membeli Bitcoin.

Dengan konfigurasi Ethereum, pengembang mana pun dapat membuat kode program sederhana yang dapat dieksekusi dalam jaringan terdesentralisasi dan terdistribusi.

Jaringan mereplikasi kode dan database penyimpanannya. Proses ini mengamankan dan merusak kode program.

Jaringan memberikan alamat atau ID unik sebagai referensi untuk kode yang diunggah. ID atau alamat dapat memicu eksekusi kontrak kapan saja.

Tiga jenis transaksi

Di komputer biasa, Anda dapat berinteraksi dengannya menggunakan klik. Dalam Ethereum, Anda berinteraksi dengan transaksi, yang ada tiga macam.

Jenis interaksi pertama adalah pertukaran mata uang esensial antara dua akun, menggunakan Ether. Anda dapat menggunakan Ether untuk mentransfer, berbagi split, atau memberikan kepada orang lain melalui jaringan Ethereum.

Tipe kedua agak lebih kompleks, melibatkan penciptaan kontrak pintar. Ini memerlukan pengunggahan kode dan mengirim Ether untuk membayar eksekusi.

Yang ketiga adalah eksekusi program. Ini melibatkan transfer uang ke ID unik (atau alamat) program untuk memicu eksekusi.

Berikut contoh sederhana kode smart contract :

contoh sederhana kode Smart Contract

Bagaimana cara kerja kontrak pintar?

Kontrak pintar adalah aplikasi komputer yang beroperasi di dalam blockchain. Dua atau beberapa pihak menyetujui seperangkat aturan yang disimpan dalam kontrak.

Ini seperti aplikasi tipikal yang mengimplementasikan beberapa aturan bisnis. Itu hanya bisa menggunakan blockchain sebagai basis data. Berikut adalah aspek-aspek kunci dari kontrak pintar:

Identifikasi Perjanjian

Pihak-pihak yang terlibat dalam kontrak pintar menentukan peluang bersama, disepakati, dan hasil yang diinginkan. Kemungkinan perjanjian sangat luas, mulai dari transaksi bisnis sederhana dan pengalihan hak ke pertukaran aset.

Tetapkan Ketentuan

Para pihak dapat memutuskan untuk memulai kontrak digital mereka sendiri atau dengan memenuhi kriteria tertentu seperti bencana alam atau pergerakan pasar keuangan.

Kondisi lain yang dapat meluncurkan kontrak pintar termasuk acara keagamaan atau liburan penting.

Kode Logika Bisnis

Seperti program komputer lainnya, kontrak pintar adalah aplikasi yang dirancang untuk secara otomatis melakukan setelah parameter bersyarat tercapai.

Teknologi Enkripsi & Blockchain

Dalam blockchain, enkripsi digunakan. Ini memberikan keamanan yang diperlukan dalam mengotentikasi dan memverifikasi pesan yang dipertukarkan di antara pihak-pihak yang terlibat.

Pemrosesan & Eksekusi

Kontrak pintar akan ditulis ke blok dalam iterasi blockchain. Ini terjadi setelah mencapai konsensus melalui validasi dan otentikasi.

Setelah kode dieksekusi, hasilnya diingat untuk verifikasi dan kepatuhan.

Pembaruan Jaringan

Setiap komputer yang terhubung ke jaringan blockchain secara otomatis memperbarui ledger-nya. Ini menunjukkan status baru blockchain.

Setelah otentikasi dan posting, tidak ada yang dapat mengubah catatan di blockchain.

Hanya tindakan penambahan saja yang dapat dilakukan.

Baca : 20 Daftar Cryptocurrency Terbaik untuk Investasi

Apa manfaat Kontrak Cerdas?

Berikut adalah beberapa manfaat utama yang dapat dihasilkan oleh kontrak pintar untuk bisnis Anda:

Hubungan bisnis langsung

Blockchain terus berfungsi seperti yang diatur sebelumnya. Semua syarat dan ketentuan yang disepakati dapat diakses dan terlihat oleh pihak terkait.

Karena desainnya, tidak mungkin untuk membantah ketentuan saat kontrak cerdas telah ditentukan. Ini membuat kontrak pintar menjadi sangat andal.

Integritas & Kepercayaan

Jaringan akan mempertahankan integritasnya. Syarat dan ketentuan kontrak pintar terlihat dan dapat diakses oleh pihak yang dipercaya.

Tidak ada cara untuk membantah kondisi kontrak pintar. Para pihak dapat sepenuhnya mengandalkan kontrak pintar.

Kecepatan & Keamanan

Kontrak pintar menggunakan kode dan hidup di internet. Mereka melakukan transaksi dengan cepat. Ini menghemat waktu untuk banyak proses bisnis dan menghilangkan kebutuhan untuk memproses dokumen secara manual.

Kontrak pintar menggunakan tingkat keamanan yang sama dengan mata uang digital. Mulai hari ini, mereka adalah cara teraman untuk menyimpan data di web.

Penyimpanan catatan yang efisien

Setiap kontrak pintar adalah catatan digital yang dapat dengan mudah disimpan dan diakses sesuai kebutuhan.

Tanpa kertas

Kontrak pintar disimpan dalam ruang digital, aman dan hemat biaya dan tentu saja menghilangkan penggunaan kertas.

Baca : Apa itu Bitcoin? Penjelasan Lengkap Tentang Bitcoin

Dan itulah beberapa penjelasan tentang kontrak pintar atau smart contract yang suatu saat akan kita gunakan juga. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Beli Hosting dan Tema Murah Saat Black Friday 2019 [Best Deals]

Beli Hosting Murah Saat Black Friday 2019 [Best Deals]. Pada hari black friday ini...

8 Kategori Perusahaan Fintech Terbaik Di Dunia Saat Ini

Saat ini, 96% konsumen mengetahui setidaknya satu alternatif layanan teknologi keuangan yang dapat mereka...

Close