banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Menghasilkan Pasif Income Dari Yield Farming Kripto

Menghasilkan Pasif Income Dari Yield Farming Kripto – Sejak penciptaan Bitcoin pada tahun 2009, kripto lain mulai muncul satu per satu, yang memicu banyak peluang dalam lingkup kripto. Dan saya sekarang memiliki banyak cara berbeda untuk menggunakan teknologi ini dan mendapatkan keuntungan ekstra tanpa melakukan banyak usaha.

Bagi banyak orang, membeli dan menyimpan crypto (hold) dalam jangka panjang untuk kematangan pasar jangka panjang adalah strategi paling efektif untuk mendapatkan keuntungan dan mengalahkan pasar. Tapi tahukah Anda bahwa Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan memanfaatkan token yang Anda pegang?

Anda beruntung karena saya akan memperkenalkan Anda pada salah satu cara paling umum untuk mendapatkan penghasilan pasif dengan kripto Anda. Dan itu melalui pertanian hasil atau yield farming.

Apa itu Yield Farming?

Yield Farming atau Pertanian hasil mengacu pada proses pemanfaatan pertukaran terdesentralisasi untuk meminjamkan atau meminjam uang dari likuiditas dan mendapatkan bunga darinya sebagai hadiah. Dan ada berbagai cara dan metode untuk melakukannya.

Yield Farming

4 Metode untuk menghasilkan dari Yield Farming

Yield Farming dapat menggunakan taktik dan metode yang lebih kompleks untuk mendapatkan lebih banyak hadiah dengan kripto mereka. Dan saya akan membahasnya satu per satu secara lengkap.

Menjadi penyedia likuiditas

Anda dapat menjadi penyedia likuiditas dengan menyediakan pertukaran terdesentralisasi (DEX) dengan token untuk membantu platform memfasilitasi perdagangan dan transaksi. Bunga atau keuntungan yang Anda peroleh berasal dari trader dan investor yang melakukan transaksi di bursa kripto yang Anda dukung.

Investor atau trader melakukan perdagangan sepanjang hari, dan biaya terkait dengan setiap transaksi. Dan dengan menjadi penyedia likuiditas, Anda mendapatkan sebagian dari biaya tersebut sebagai “bunga” pada token yang Anda masukkan ke dalam bursa.

Misalnya, pertukaran terdesentralisasi seperti 1inch, dan Anda memberi mereka dana untuk membantu platform mereka. Dan katakanlah dana Anda membentuk 1% dari total kumpulan likuiditas. Ini akan memberi Anda hak untuk memiliki 1% dari total bunga yang mereka peroleh.

Pinjam Meminjam

Cara lain untuk mendapatkan pasif income dari Yield Farming adalah dengan pinjam, meminjamkan, dan meminjamkan dengan leverage. Saya akan membahas ketiga fitur ini dan menjelaskan bagaimana Anda dapat menghasilkan pendapatan dengan tiga cara berbeda.

  • Pinjaman: Platform DEX memberikan hadiah bagi mereka yang meminjamkan kripto mereka ke platform. Anda bahkan dapat memeriksa tingkat pinjaman platform untuk melihat berapa banyak pengembalian yang mereka berikan kepada pemberi pinjaman.
  • Meminjam: Ini adalah bentuk Yield Farming di mana Anda dapat menggunakan dana yang telah Anda masukkan ke dalam kumpulan likuiditas tanpa menariknya. Bagaimana cara kerjanya? Bayangkan Anda telah memasukkan crypto senilai $20.000 ke dalam kumpulan likuiditas. Anda dapat meminjam uang dari kumpulan likuiditas yang sama dengan meninggalkan crypto Anda di dalamnya sebagai jaminan.

Perhatikan bahwa ketika meminjam dari pool likuiditas, itu harus dijamin berlebihan. Ini berarti jumlah yang akan Anda pinjam harus kurang dari jumlah yang Anda masukkan ke dalamnya. Dan itu meyakinkan mereka bahwa Anda tidak akan lari dengan dana yang Anda pinjam.

Jadi karena Anda memiliki dana kripto senilai $20.000 di dalam kumpulan likuiditas, Anda dapat meminjam $15.000 dan menggunakannya sesuka Anda. Ini adalah trik rapi yang memungkinkan Anda untuk menggunakan investasi Anda tanpa benar-benar menariknya keluar dan hanya membiarkannya tetap dan dihargai di pool likuiditas. Tetapi perhatikan bahwa Anda harus membayar bunga untuk dana yang Anda pinjam.

  • Pinjaman Leverage : Di sinilah Anda mendorong investasi Anda secara maksimal dengan memanfaatkan dana Anda saat ini di dalam liquidity pool.

Mari kita ambil contoh sebelumnya di mana saat ini Anda memiliki $20.000 di dalam kumpulan likuiditas yang menghasilkan bunga. Dan karena Anda telah meminjam $15.000 dari kumpulan atau koleksi yang sama, Anda dapat menginvestasikannya kembali ke kumpulan yang sama bersama dengan $20.000 Anda dan sekali lagi meminjam $10.000 dari $15.000 yang baru saja Anda masukkan dan menginvestasikannya kembali ke kumpulan likuiditas yang sama.

Anda mendapatkan bunga dari total dana $45.000 meskipun modal awal Anda hanya $20.000. Bukankah itu luar biasa? Tapi perlu diketahui bahwa ada risiko saat melakukan ini. Jika harga kripto jatuh, platform dapat menjual atau melikuidasi dana Anda untuk menutupi dana pemberi pinjaman.

Staking

Staking berarti membeli crypto dan menguncinya ke dalam blockchain yang menggunakan proof of stake (PoS) untuk jangka waktu tertentu. Dan sebagai imbalannya, Anda mendapatkan lebih banyak koin atau token kripto sebagai hadiah.

Memegang koin yang memiliki biaya redistribusi

Salah satu contoh bagusnya adalah SafeMoon, dengan biaya transaksi 10%, di mana 2% dibakar, 3% ditambahkan ke likuiditasnya, dan 1% ditambahkan ke dana Pertumbuhan Ekosistem SafeMoon.

Sisanya 4% didistribusikan secara merata kepada pemegangnya. Dan idenya di sini adalah untuk memegang tokennya karena harga terus meningkat karena pasokannya yang berkurang. Jadi, Anda akan mendapatkan token SafeMoon tambahan hanya dengan memegangnya (hold).

Exchange Terdesentralisasi Terbaik untuk Yield Farming

Ada banyak exchange terdesentralisasi, tetapi hanya sedikit yang menguntungkan dan dapat diandalkan. Melakukan penelitian secara menyeluruh selalu merupakan keharusan sebelum Anda menitipkan uang Anda di exchange tersebut. Disini saya akan membantu Anda menemukan DEX terbaik yang dapat Anda gunakan hari ini!

1inch

1inch

1inch telah dijuluki sebagai “Agregator DEX Terkemuka.” Ini berjalan di jaringan blockchain Ethereum, Binance Smart Chain, dan Polygon. 1inch juga merupakan pertukaran non-penahanan, yang berarti alih-alih berfungsi sebagai pertukaran itu sendiri, itu membagi pesanan antara DEX lain untuk menemukan nilai tukar terbaik untuk Anda. Dan Anda juga memerlukan dompet pihak ketiga untuk menggunakan layanannya.

Dan bagian terbaiknya? Itu tidak memiliki biaya penarikan atau deposit. Ia juga bekerja dengan berbagai dompet seperti Metamask, WalletConnect, Fortmatic, dll. 1inch juga kompatibel dengan sekitar 400 jenis kripto. Inilah sebabnya mengapa 1inch adalah salah satu DEX yang paling direkomendasikan. Dan Anda dapat memanfaatkan dana Anda dengan mendapatkan yield farming melalui DEX 1inch.

UniSwap

uniswap

UniSwap juga merupakan pertukaran atau exchange terdesentralisasi dengan kumpulan likuiditas di mana Anda dapat memperoleh keuntungan melalui Yield Farming. Fitur terbaik Uniswap adalah fungsinya untuk menukar token Ethereum apa pun tanpa menggunakan pertukaran terpisah, yang nyaman, terutama saat berdagang.

Uniswap membebankan biaya 0,3% untuk semua swap, dan biaya ini tidak dikembalikan ke Uniswap. Sebaliknya, itu didistribusikan ke penyedia likuiditas sebagai insentif untuk mendukung kumpulannya. Meskipun pembayaran terpisah untuk gas akan diperlukan saat melakukan transaksi di blockchain Ethereum.

Aave

aave

Aave juga merupakan exchange non-penahanan untuk peminjam, pemberi pinjaman, dan penyedia likuiditas. Protokol likuiditasnya memungkinkan Anda memperoleh bunga melalui peminjaman dan penyediaan likuiditas dan meminjam dari likuiditasnya untuk meningkatkannya.

Protokol peminjamannya juga open-source, artinya Anda dan pengembang lain dapat melakukan penyesuaian. Dan seperti platform DEX lainnya, Aave memungkinkan pertukaran jaminan untuk keuntungan maksimum.

Aave juga menawarkan pinjaman kilat untuk jumlah kecil atau terbatas, yang tidak memerlukan jaminan apa pun tetapi dikenakan biaya. Pinjaman kilat adalah fitur baru DeFi yang unik dan revolusioner. Meskipun perlu disebutkan juga bahwa peretas pernah mengeksploitasinya di masa lalu.

PancakeSwap

pancakeswap

PancakeSwap adalah pembuat pasar otomatis (AMM), seperti halnya Uniswap. Faktanya, Pancakeswap diluncurkan pada September 2020 dan dimulai sebagai salinan Uniswap di Binance Smart Chain.

Namun sejak itu, PancakeSwap mengembangkan platformnya dan membuat namanya sendiri di ruang DeFi. Dan mereka sekarang menawarkan layanan mereka, melakukan lebih banyak transaksi harian dengan biaya rendah dan kecepatan lebih tinggi.

PancakseSwap juga bangga dengan keamanannya karena tidak pernah diretas. Satu-satunya risiko yang terlibat adalah jika Anda sembarangan berinvestasi dalam proyek yang tidak sah. Risiko lainnya adalah kerugian yang tidak permanen.

Binance

binance

Binance adalah salah satu pertukaran atau exchange crypto terbesar dan paling terkenal yang cocok untuk pedagang tingkat lanjut. Itu juga dikenal dengan biaya rendah dan memiliki beberapa opsi dan fitur.

Dan ini sangat bagus, terutama jika Anda seorang pemula. Binance juga memiliki berbagai macam kripto untuk dipilih. Dan platformnya saat ini mendukung lebih dari 365 kripto dan mata uang fiat seperti USD, AUD, EUR, dan banyak lagi.

Baca : 7 Daftar Crypto Exchange Terbaik di Indonesia

Bagaimana menjadi penyedia likuiditas untuk protokol  1inch

Seperti disebutkan di atas, 1inch adalah salah satu protokol likuiditas terbaik yang dapat Anda tanam. Dan di bawah ini adalah langkah-langkah untuk menjadi salah satu penyedia likuiditasnya.

  • Kunjungi tab Pools 1inch.
  • Klik “Connect Wallet” di sudut kanan atas layar Anda. Jika Anda baru mengenal dompet, baca tentang cara menggunakan MetaMask atau lihat beberapa alternatif MetaMask.

1inch00

  • Pilih pasangan token yang Anda suka, lalu klik simbol “+” di sebelah kanan untuk memberikan likuiditas.

1inch01

  • Anda dapat menyesuaikan jumlah setiap token yang ingin Anda berikan dengan mengubah jumlah token LP di bidang “Enter token LP to mint“.
  • Anda harus membuka kunci kedua aset di kumpulan. Jadi klik “Unlock“, lalu konfirmasikan transaksi di dompet Anda.

1inch02

 

  • Klik “Provide Liquidity”, lalu konfirmasikan transaksi di dompet Anda.

1inch03

  • Selanjutnya, Anda harus berpartisipasi dalam pertanian dengan staking token LP tersebut untuk keuntungan tambahan.
  • Klik pada tab ‘farming‘, cari pasangan yang telah Anda sediakan likuiditasnya, dan klik ‘deposit.’
  • Klik pada ‘balance‘ untuk memasukkan jumlah maksimum token LP.

1inch04

  • Di sudut kanan atas bidang, klik ‘Unlock token‘ lalu pilih salah satu dari dua opsi membuka kunci.
  • Konfirmasikan transaksi di dompet Anda. Klik ‘deposit‘ dan konfirmasikan di dompet Anda sekali lagi.

1Inch05

Semudah itu! Anda telah menyelesaikan proses penyediaan likuiditas ke Pools, dan sekarang Anda memiliki token LP dari kumpulan itu di dompet Anda, yang mewakili bagian likuiditas Anda.

Cara Kerja Perhitungan Yield Farming

Pengembalian hasil pertanian dihitung sepanjang tahun dengan APR (Tingkat Persentase Tahunan) dan APY (Hasil Persentase Tahunan).

APR adalah jumlah bunga yang Anda bayarkan setiap tahun. Di sisi lain, APY adalah persentase pengembalian aktual yang akan Anda terima saat memperhitungkan bunga majemuk.

Perlu diperhatikan bahwa kedua ukuran ini adalah perkiraan dan tidak pernah 100% akurat karena volatilitas pasar dan insentifnya yang selalu berubah.

Menemukan koin dengan hasil luar biasa

Menemukan koin dengan hasil yang bagus bisa jadi rumit dan sangat berbahaya. Jadi sangat disarankan agar Anda tetap menggunakan koin utama yang sudah mapan dengan dasar yang kuat. Beberapa koin menawarkan pengembalian tinggi untuk menarik banyak investor, yang mengarah pada pertumbuhan dan kesuksesan mereka.

Tetapi seperti yang sudah Anda ketahui, crypto sangat fluktuatif, dan memilih koin baru atau yang tidak dikenal dapat mengakibatkan hilangnya keuntungan. Jadi penelitian secara mendalam dan menyeluruh sangat penting ketika menyelam ke hal yang tidak diketahui.

Apa risiko dari Yield Farming?

Meski terdengar menarik, kumpulan likuiditas dikenal sebagai taman bermain bagi peretas. Jadi selalu ada bahaya yang mengancam saat farming. Dan ada beberapa kelemahan yang perlu Anda waspadai saat farming di kumpulan likuiditas:

1. Kerugian tidak kekal

Kerugian tidak permanen terjadi ketika likuiditas yang Anda berikan menurun nilainya. Dan pada saat Anda menarik, Anda akan memiliki jumlah yang lebih sedikit dari setoran awal Anda. Tapi ini bisa dikurangi atau bahkan ditiadakan melalui tingkat suku bunga Anda.

Katakanlah Anda kehilangan 15% dalam kerugian tidak permanen karena beberapa kecelakaan tetapi dapat memperoleh 35% APR. Ini berarti Anda masih berhasil untung meskipun terjadi resesi.

2. Suku bunga turun saat pool semakin populer

Ketika satu pool likuiditas berkinerja baik, itu akan menarik perhatian investor lain, membuat kumpulan yang padat dengan banyak investor untuk membagi keuntungan. Ingatlah bahwa keuntungan berasal dari biaya orang yang melakukan perdagangan dan transaksi. Jadi itu bukan sumber tak terbatas yang bisa ditanami semua orang.

3. Pool likuiditas Scam

Pool likuiditas tempat Anda berinvestasi bisa berubah menjadi scam. Beberapa kumpulan likuiditas dirancang untuk memiliki hasil yang sangat tinggi untuk menarik investor lain untuk menuangkan dana mereka ke dalamnya.

Pengembang kemudian dapat mengambil semua dana yang telah Anda investasikan, meninggalkan semua orang tanpa pamit. Skema ini juga dikenal sebagai tarikan karpet atau rug pull. Tetapi jika Anda tetap menggunakan pool likuiditas yang tepercaya dan mapan seperti yang saya sebutkan diatas, ini seharusnya tidak akan terjadi.

Baca : Tempat Beli Koin Crypto Terpercaya di Indonesia

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah memiliki pemahaman yang lebih baik tentang yield farming dan bagaimana mendapatkan keuntungan darinya. Dan perlu diketahui bahwa artikel ini ditujukan untuk tujuan pendidikan dan informasi saj. Jadi ini tidak boleh dianggap sebagai nasihat keuangan, dan Anda harus selalu melakukan penelitian pribadi secara mendalam.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published.