Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Pasang Google AdSense di WordPress

Google AdSense adalah salah satu cara yang paling populer untuk menguangkan atau menghasilkan uang dari blog atau website Anda. Apakah Anda tahu bahwa Anda dapat dengan mudah memasang iklan Google AdSense ke situs WordPress Anda dan mulai menghasilkan uang? Tentu saja untuk memasang iklan Google Adsense sangatlah mudah, tapi yang sulit adalah diterima oleh google untuk menjalankan program iklan Google Adsense karena memang banyak persyaratan yang diperlukan untuk diterima oleh google adsense dan bahkan butuh keberuntungan juga untuk diterima di program iklan milik google ini. Tapi dalam artikel kali ini saya tidak akan membahas bagaimana cara agar diterima Google Adsense melainkan pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk menambahkan atau memasang kode iklan Google AdSense di WordPress bersama dengan berbagi beberapa praktek terbaik dan tips untuk meningkatkan penghasilan Anda dari google adsense.

Baca : Plugins Google Untuk Iklan Adsense WordPress

Apakah Google AdSense?

Google AdSense adalah jaringan periklanan yang dijalankan oleh Google yang memungkinkan blogger dan pemilik situs web berkesempatan untuk mendapatkan uang dengan menampilkan teks, gambar, video, dan iklan interaktif lainnya di situs Web mereka. Iklan ini ditargetkan oleh konten situs dan audiens.

Google AdSense adalah program iklan gratis karena Anda tidak harus berurusan dengan pengiklan atau khawatir tentang dikenakan biaya saat mendaftar atau menjalankan program ini. Google mengelola dan memelihara hubungan dengan pengiklan. Mereka menagih pembayaran, mengambil bagian untuk google, dan mengirim bagian yang Anda peroleh kepada Anda melalui berbagai metode pembayaran seperti Western union atau Wire Transfer.

Baca : Cara Manual Mengatur Ukuran Iklan Google Adsense Responsive

Cara Mendapatkan Kode Iklan Google AdSense

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar untuk account Google AdSense. Jika Anda memiliki akun Gmail, maka Anda dapat menggunakan account Gmail tersebut, jika Anda sudah memiliki blog yang siap untuk Anda daftarkan ke google adsense dan sudah memiliki Gmail, silahkan daftar google adsense disini.

Setelah Anda mengirimkan formulir pendaftaran Anda, Anda akan menerima email dalam waktu 6 – 8 jam, Google akan memberitahu Anda apakah Anda telah melewati langkah pertama dari proses pemeriksaan. Jika Anda melewati proses pemeriksaan pertama ini, maka Anda dapat masuk ke akun AdSense Anda dan mendapatkan kode iklan Anda.

Mulailah dengan mengklik menu tabs My Ads dan kemudian klik pada tombol New Ad Unit.

adsensecreateadIni akan membawa Anda untuk membuat halaman iklan baru. Pada halaman ini, Anda perlu memilih ukuran Ad, type, dan style.

adsense ad units type styleNama Iklan tersebut hanya digunakan untuk keperluan internal, sehingga Anda dapat nama itu seperti “SiteName Sidebar“.

Opsi berikutnya adalah memilih Size Ad atau ukuran iklan. Sementara Google menawarkan berbagai macam ukuran iklan, ada ukuran tertentu yang terdaftar di bawah yang dianjurkan untuk anda gunakan karena yang paling populer digunakan kalangan pengiklan. Itu artinya adalah bahwa iklan tersebut cenderung memiliki persediaan yang lebih tinggi sehingga menghasilkan pembayaran yang lebih baik dan pada saat ini google juga sudah mempunyai beberapa type ukuran iklan responsive dan related, ini akan memudahkan Anda dalam menyesuaikan iklan sesuai dengan desain website Anda.

Pilihan berikutnya adalah untuk memilih jenis iklan, Saya sarankan memiliki iklan yang terdiri Teks & display (iklan akan ditampilkan bentuk gambar dan teks).

Baca : Cara Membuat Blog Hanya 30 Menit

Bentuk iklan memungkinkan Anda untuk mengontrol tampilan unit iklan berbasis teks. Saya sarankan gunakan skema warna yang sesuai dengan situs Anda untuk hasil terbaik atau pilih iklan responsive.

Setelah Anda selesai dengan setup ini, cukup klik Simpan. dan akan ada pesan “Adds successfully create“, dan Anda juga akan melihat Code iklan.

adsense ad codeCopy kode iklan Anda dan paste di Notepad karena Anda akan membutuhkannya di langkah berikutnya.

Baca : 31 Tema WordPress Premium Terbaik Untuk Google Adsense

Menambahkan Google AdSense di WordPress

Anda perlu menentukan di mana Anda ingin menampilkan iklan pada website Anda. Paling sering iklan ditampilkan di sidebar. Anda dapat menambahkan iklan di sidebar dengan menggunakan widget WordPress.

Silahkan masuk login ke admin area WordPress Anda dan masuk ke menu Appearance ยป Widget. Berikutnya cari daftar widget dan pilih “Widget Text” drag & drop widget Text ke area widget di posisi yang tepat dan paste kode Google AdSense Anda di sana, jika area widget Anda banyak pilih widget bagian sidebar.

adsense text widget wordpressPertanyaan yang sering diajukan berkaitan dengan Google Adsense :

Ukuran Iklan Terbaik Adsense?

Meskipun penempatan iklan adalah kuncinya, ukuran juga penting, Gunakan ukuran terbaik untuk adsense adalah 336 ร— 280 dan 300 ร— 260. Iklan ini cenderung untuk muat pada sebagian besar ukuran layar dan memiliki tingkat pembayaran yang tinggi juga, dan seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa google sudah memiliki iklan berukuran responsive yang dapat menyesuaikan sesuai dengan perangkat pengguna mengakses website atau blog Anda, jadi gunakan size responsive. Selain itu juga Anda bisa mencoba untuk menggunakan iklan dengan type matched content yang berarti akan menampilkan iklan seperti related content.

Baca : Cara Memasang Google Maps di WordPress

Dimana penemapatan AdSense Terbaik?

Ini sepenuhnya tergantung pada tata letak situs Anda. Tujuannya adalah untuk mendapatkan lebih banyak klik, sehingga Anda ingin menempatkan iklan Anda di tempat yang lebih menonjol. Taruh iklan artikel posting di bagian atas karena cenderung mendapatkan klik terbanyak. Dan juga di sidebar atas. Dan ada beberapa yang menyarankan sebelum artikel, di tengah artikel atau dibawah artikel.

Bolehkah saya klik iklan saya sendiri?

Seringkali pemula tergoda untuk mengklik iklan mereka sendiri atau meminta anggota keluarga/teman mereka untuk mengklik iklan mereka. Dan jangan lakukan itu. Algoritma Google sangat cerdas dan tahu ketika Anda mengklik iklan Anda sendiri. Hal ini dapat membuat Anda di banned dari program ini.

Kenapa Iklan Google Adsense saya tidak muncul?

Iklan Google Adsense Anda tidak muncul mungkin dikarenakan masih dalam proses pemeriksaan tahap kedua, Jika Anda lolos tahap kedua maka otomatis iklan akan tampil dan jika tidak lolos pemeriksaan tahap kedua maka Anda akan mendapatkan email yang menjelaskan bahwa situs web atau blog Anda belum memenuhi syarat dan dalam email tersebut juga akan dijelaskan apa saja kekurangan situs Anda.

Apa itu Page RPM?

RPM singkatan dari Revenue per Mille berarti pendapatan per 1000 impresi. Hal ini ditentukan dengan mengalikan jumlah klik dan biaya per klik dan kemudian membaginya dengan jumlah pageviews.

Berapa Jumlah Unit AdSense boleh dipasang?

Untuk lebih jelas mengenai jawaban dari pertanyaan ini, saya sudah membuat artikel khusus yang bisa Anda baca disini โ‡’ Jumlah Iklan Google AdSense yang Diperbolehkan pada Halaman Blog

Baca : Cara Cepat Meningkatkan SEO WordPress di Peringkat Google

Saya berharap artikel ini bermanfaat buat anda. Dan membantu Anda dalam memasang iklan google adsense disitus WordPress Anda, selamat mencoba dan sukses menghasilkan uang dari blog Anda dengan program iklan Google Adsense. ๐Ÿ™‚

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Anak_Muda

    ane masih binggung min..

    • Bingung di bagian mana gan. ๐Ÿ™‚

  • traders

    saya senang belajar di sini

  • komatkamitblog

    thans ilmunya suhu…
    ane lagi blajar tentang WP nih, jadi nyimak saja lah

    • sama-sama gan. selamat belajar. ๐Ÿ™‚

  • rachmads

    makasih sharenya gan, baru nyari info buat ini soalnya ๐Ÿ˜€

    • sama-sama gan, semoga sukses dengan adsense

  • Dedy Akas Website

    Nah ini dia… artikel yang dicari-cari… artikel ini sangat membantu demi kesuksesan website saya…
    Terima kasih artikelnya sangat membantu…
    Nextime artikel ini bakal bikin saya balik lagi…

    Salam,
    Dedy Akas Website

  • .com itu domain gan, agar wordpress bisa di pasang iklan sebaiknya pindah ke self hosting, atau hosting sendiri. bisa dilihat diatas komentar terdapat hosting terbaik yang bisa dicoba.

  • akudantransformers

    Saya dah cuba dan berjaya..terima kasih banyak-banyak tuan..

  • parpat

    susah susah gampang ya pengen jdi member di adsense

  • dini pospay

    apakah kalau code adsense yang akan dipasang diwidget cukup di copas begitu saja atau ada yang perlu diedit?

    • iya gan, cukup copy dan paste di widget text aja.

  • Tergantung kata kunci yang di target gan, dan konten bahasa inggris atau indonesia. silahkan di lihat di ad planner milik google, atau pelajari di forum adsense indonesia yang lebih lengkap.

  • belum muncul bisa jadi karena belum full verified gan. kalo udah full akan muncul otomatis iklannya.

    • Indra Saputra

      setelah saya daftar adsense terus pasang iklan seteleh itu saya non aktifkan hhe, pas mau diaktifkan lagi tidak mau muncul” lagi gan. itu belum full verified jg ya gan ??

  • salam kenal juga, selamat belajar dan semoga sukses. ๐Ÿ™‚

  • Rizal Adrian

    Nice Share Gan, Sangat Bermanfaat Buat Saya. Mampir Juga Ke Blog Karaoke Saya

  • enggak gan.

  • apakah sudah full approve google adsense agan? jika sudah di full approve nanti akan muncul secara otomatis iklan di situs agan. jika belum akan tetap blank.

  • mr box time

    gan , aturan untuk lolos di google adsense apa ajja? mohon ilmunya om admin,, makasih banyak]

    • Lolos adsense itu saya dulu umur situs sudah 6 bulan baru saya daftarin. di dukung dengan konten yang banyak. dan terdapat contact, sitemap dan term and condition atau privacy policy. Tapi daftar ke google adsense itu juga bisa karena keberuntungan, ada yang blog biasa dengan konten sedikit dan belum mencapai 3 bulan dah keterima.

  • Hardie Surya

    kalo alamat.wordpress.com gratisan gabisa pasang ya? harus beli hosting dulu yang akhirannya .com gitu?

    • sewa domain sama hostingnya juga gan.

  • Siak

    Saya sudah daftar melalui plugin adsense min, daftar dengan email baru saat proses berlangsung. Tapi sudah 1 hari ini tidak ada email yang saya terima dari adsense. Mohon pencerahannya min.

  • Rio Saswono

    Nyimak dulu Gan,soalnya masih belum paham bener kalo masalah blog WordPress,selama ini saya masih menggunakan blogger.com. BTW makasih banyak atas informasinya!

Must Read...!
Theme WordPress Breviter Responsive Free

Breviter adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang di desain dengan sederhana, kode yang kuat...

Cara Mudah Mengelola Admin WordPress dengan Admin Columns Pro

Mengelola website dengan mudah adalah keinginan bagi siapa saja yang mempunyai website atau blog,...

Close