Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Jumlah Iklan Google AdSense yang Diperbolehkan pada Halaman Blog

Google Adsense adalah jaringan iklan yang paling banyak digunakan oleh blogger maupun media-media website besar diseluruh dunia untuk menghasilkan uang. Dan kebanyakan blogger baru selalu ingin juga merasakan bagaimana menghasilkan uang dari blognya dengan mengikuti program iklan Google AdSense. Memang banyak cerita kesuksesan dari banyak blogger yang mampu menghasilkan banyak uang dari adsense yang membuat banyak orang ingin menjadi blogger, tapi untuk diterima menjadi publisher adsense juga tidak mudah. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar blog Anda dapat diterima oleh Google AdSense, namun juga dibutuhkan keberuntungan juga.

google adsense

Selain sulit diterima oleh Google AdSense, aturan atau kebijakan mengikuti program ini juga sangat ketat. Jika pihak Google AdSense menemukan situs web Anda melanggar TOS mereka, maka mereka secara permanen akan menonaktifkan atau membanned akun AdSense Anda.

Maka dengan hal tersebut akan sangat penting bagi Anda untuk mengikuti kualitas dan Program pedoman AdSense dalam rangka untuk menghindari akun AdSense Anda dari banned.

Namun, pada artikel kali ini saya tidak akan membahas bagaimana cara Anda agar diterima di google adsense melainkan memberikan penjelasan mengenai berapa jumlah Unit Iklan Google AdSense yang diperbolehkan pada halaman website atau blog.

Baca : Cara Pasang Google AdSense di WordPress

Berapa Jumlah unit Iklan AdSense di Perbolehkan untuk dipasang?

Kenapa hal ini perlu dibahas? karena memang pertanyaan ini sudah sangat sering dipertanyakan dan diperdebatkan oleh para blogger baru yang juga baru diterima oleh Google AdSense. Pertanyaan tersebut seperti berikut :

“Berapa jumlah maksimum unit AdSense dapat saya pasang pada halaman blog?”

Google AdSense menawarkan berbagai jenis iklan dan yang sering digunakan adalah ikategori dalam format berikut:

  • AdSense Content Unit
  • AdSense Link Unit
  • AdSense For Search

Sebenarnya dahulu AdSense juga menawarkan AdSense Video Unit, tetapi unit video ini sekarang sudah di pensiunkan oleh Google karena memang tidak begitu diminati.

Berikut adalah Jumlah Maksimum Unit Iklan AdSense yang diperbolehkan dipasang pada halaman web:

AdSense Content Unit

Sebelumnya, AdSense memiliki batas maksimal 3 unit iklan (sementara akun “mitra premium” bisa menggunakan layanan iklan hingga 6 unit iklan). Dan pada bulan Agustus 2016 kemarin, AdSense meningkatkan batas unit iklan untuk setiap situs yang menjadikan kita lebih leluasa. Anda sekarang dapat menempatkan jumlah yang tidak terbatas (unlimited) dari iklan AdSense pada halaman web atau blog Anda.

Namun, iklan dan materi promosi lainnya yang Anda pasang tidak boleh melebihi konten Anda yang berarti bahwa Anda juga perlu menjaga kualitas situs Anda.

Berikut beberapa ukuran Unit Content AdSense yang tersedia.

  • 728 * 90
  • 468 * 60
  • 234 * 60
  • 125 * 125
  • 120 * 600
  • 160 * 600
  • 180 * 150
  • 120 * 240
  • 200 * 200
  • 250 * 250
  • 300 * 250
  • 336 * 280
  • Automatic Size (Responsive)

Dan iklan-iklan AdSense mempunyai beberapa tampilan seperti berikut :

  • Recommended
  • Horizontal Banner
  • Vertical Banner
  • Rectangular
  • Responsive
  • Custom Size
  • Link ads

Dari ukuran iklan diatas, yang paling sering di rekomendasikan adalah 336 * 280 dan 720 * 90. Anda bisa mencoba untuk menggunakan kedua ukuran tersebut untuk blog Anda.

Adsense Link unit

AdSense Link Units melakukan dengan sangat baik bila dicampur dengan tema Anda dan ditempatkan di atas flip.

Beberapa blogger menguji dengan menempatkan satu AdSense Link Units di Navbar dan ternyata menjadi salah satu unit iklan yang berkinerja terbaik. Dan untuk AdSense Link Units Anda juga bisa memasang di halaman blog Anda  tanpa batas selama iklan link ini juga tidak melebihi konten Anda.

Anda dapat menemukan berbagai ukuran untuk Unit AdSense Link di bawah ini :

  • Responsive Links
  • 785 * 15
  • 468 * 15
  • 200 * 90
  • 180 * 90
  • 160 * 90
  • 120 * 90

AdSense For Search

Untuk situs besar dengan memasang jenis iklan Google AdSense for Search akan menghasilkan nilai yang sangat baik. Untuk pemasangan iklan jenis ini sangat mudah dan bisa Anda kombinasikan dengan desain blog Anda.

Untuk memasang Adsense for Search ini cukup mudah, Anda akan melihat menu Search dibagian sebelah kiri pada bagian halaman My ads. Anda hanya perlu mengetikkan nama, keyword dan memilih tampilah dari kotak pencarian. Setelah itu Save and Get Code untuk mendapatkan kode. Copy code dan paste ke widget text dan taruh di bagian sidebar dari situs Wordrpess Anda.

Baca : Cara Memasang Google Custom Search di WordPress

Page Level Ads

Page level Ads ini merupakan jenis unit iklan AdSense baru untuk mobile, iklan jenis ini hanya ditampilkan khusus saat situs website atau blog Anda di akses melalui smartphone dan iklan ini berbentuk pop up dan fixed dibagian bawah layar smartphone.

Untuk menggunakan iklan ini Anda hanya perlu mengaktifkan button dari angka 0 ke angka satu dan selanjutnya mengcopy code dan letakkan code tersebut dibawah tag <head> atau diatas <body> dari blog Anda. Hanya terdapat 2 jenis format untuk iklan ini yaitu (Anchor/Overlay Ads dan Vignetter ads).

Kesimpulan

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal tadi, bahwa Google telah menghilangkan batasan jumlah unit dalam pemasangan iklan AdSense. Selama iklan Anda tidak melebihi konten Anda atau iklan lebih mendominasi daripada konten Anda. tidak ada batas atas jumlah iklan pada satu halaman.

Sangat penting untuk Anda ketahui bahwa sambil memikirkan berapa jumlah unit iklan yang akan Anda pasang, Anda juga harus berpikir tentang kualitas tulisan di blog dan jumlah artikel Anda. Jika Anda memutuskan untuk menempatkan lebih dari 5-6 unit iklan AdSense, dan Anda menempatkan mereka di seluruh situs menggunakan plugin, Anda mungkin dianggap melakukan spamming iklan pada postingan.

AdSense telah secara eksplisit menyatakan bahwa mereka dapat membatasi atau menonaktifkan penayangan iklan pada halaman dengan sedikit atau tidak ada nilai dan  atau iklan yang berlebihan sampai ada perubahan.

Jadi saya sarankan untuk Anda adalah cukup menggunakan atau memasang kurang dari 5 iklan saja per halaman.

Saya biasanya hanya memasang iklan tidak lebih dari 3 unit saja. Tapi Anda juga harus pandai dalam mengidentifikasi batas Anda sendiri sesuai dengan tata letak atau desain blog Anda. Usahakan iklan yang Anda pasang terletak pada posisi yang tepat dan sama sekali tidak mengganggu tulisan Anda, karena selain dianggap spamming ini juga akan menjadikan pengunjung Anda merasa terganggu dan malas saat membaca artikel Anda.

Beberapa hal yang telah saya pelajari dari pengalaman saya sendiri:

  • Kadang-kadang 2 unit iklan tampil lebih baik daripada 3 unit iklan.
  • Menempatkan iklan di bagian sidebar dan di atas atau bawah artikel menghasilkan tingkat klik yang lebih banyak.
  • Kombinasi iklan gambar + teks tampil lebih baik.

Ada banyak pilihan yang tersedia untuk penempatan iklan, tapi saya sangat menyarankan menggunakan jumlah minimum unit iklan atau memanfaatkan iklan hanya di bagian atas, bawah atau pada sidebar.

Kebebasan dalam jumlah pemasangan iklan AdSense yang diperbolehkan oleh google tidak berarti Anda harus memasang sebanyak mungkin untuk tujuan menghasilkan uang lebih banyak. Anda harus tetap memasang dalam jumlah yang wajar dan juga memperdulikan pengunjung situs Anda.

Baca : 31 Tema WordPress Premium Terbaik Untuk Google Adsense

Diatas adalah penjelasan lengkap mengenai berapa jumlah iklan yang diperbolehkan untuk dipasang pada halaman web atau blog, Semoga artikel ini dapat member pencerahan buat Anda dan semoga sukses menghasilkan uang dari blog Anda dengan mengikuti program Adsense. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Hamza Lite Responsive Free

Hamza Lite adalah Theme Wordpress responsive gratis yang dirancang untuk situs dengan berbagai tujuan....

Mudah Membuat Website Review dengan WP Rich Snippets

Membuat Website Review dengan WP Rich Snippets. Dalam membuat website atau blog review (Ulasan)...

Close