Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Membuat Halaman Blog Terpisah dari Homepage di WordPress

Saat Anda menginstall tema WordPress baru maka secara default WordPress akan menampilkan konten Anda dalam format blog di bagian homepage (halaman depan) dari situs Anda, seperti centerklik ini juga menggunakan layout standart dimana konten blog langsung muncul dibagian depan atau homepage. Tapi bagaimana jika Anda ingin membuat halaman kustom pada homepage tanpa perlu menampilkan konten blog Anda dibagian homepage? Dan bagaimana membuat halaman blog Anda terpisah dengan homepage atau halaman depan dari situs Anda? Pada artikel kali ini saya akan menunjukkan kepada Anda cara untuk membuat halaman terpisah untuk posting blog di WordPress.

point-pro-themes

Dalam pengaturan WordPress sudah dilengkapi menu untuk mengatur halaman homepage  untuk diatur menjadi halaman statis dan juga halaman terpisah untuk menampilkan konten postingan update untuk blog yang terpisah.

Baca : Tips Cara Ampuh Agar Blog Banyak Pengunjung

Membuat Halaman Homepage dan Blog Terpisah pada WordPress

Jika Anda ingin membuat halaman home statis dan blog terpisah maka Anda diharuskan untuk membuat dua halaman WordPress baru.

  • Halaman pertama akan menjadi halaman untuk menampilkan homepage kustom Anda yang bersifat statis.
  • Halam kedua akan menjadi halaman untuk menampilkan postingan blog Anda dan ditampilkan terpisah dengan halaman depan.

Untuk membuat halaman baru, silahkan masuk ke Admin area WordPress Anda dan klik Pages » Add New dan silahkan isi judul dengan nama “Home” dan biarkan kosong pada bagian editor untuk menulis isi halaman. Selanjutnya lihat dibagian sisi kanan, Anda akan melihat kotak “Page Attributes”  dengan menu drop down yang berisikan pilihan template seperti gambar dibawah ini, dan untuk homepage saya pilih “Front Page Template” mungkin jika Anda menggunakan tema WordPress lain akan mempunyai nama yang berbeda.

page-attributes

Saat ini kebanyakan tema WordPress modern dibuat dengan desain yang menyertakan template khusus untuk halaman kustom yang dapat digunakan untuk homepage (halaman depan) statis website Anda. Dalam contoh panduan ini saya akan menggunakan tema WordPress default “Twenty Twelve” yang sudah mempunyai template khusus untuk bagian homepage statis. Setelah Anda memilih template untuk bagian homepage, langkah selanjutnya Anda harus me-nonaktifkan kolom komentar agar tidak muncul di bagian halaman homepage. Untuk menonaktifkan komentar tersebut silahkan klik menu “Screen Options” dibagian pojok kanan atas layar dan centang kotak “Discussion”.

discusion-settings

Setelah Anda centang kotak “Discussion” diatas tadi, sekarang lihat dibawah editor WordPress Anda. Maka akan muncul pilihan pengaturan “Discussion” untuk mengijinkan komentar dan pengaturan trackback dan pingback. Silahkan hapus kedua centang tersebut agar formulir komentar tidak terlihat di halaman homepage. Jika sudah silahkan klik Publish.

discussion-set

Selanjutnya Anda harus membuat halaman yang kedua untuk menampilkan posting blog Anda seperti langkah saat membuat halaman pertama diatas, dan berikan judul halaman dengan nama “Blog”. Banyak tema WordPress modern dengan template yang berbeda, dan bisa jadi tema yang Anda gunakan saat ini memiliki desain template sendiri untuk halaman blog. Namun, jika Anda tidak menemukan adanya template yang tersedia dalam tema Anda khusus untuk template blog, maka Anda dapat memilih “Default Template”. Dan jangan lupa untuk menonaktifkan pilihan komentar dan Pelacakan pada halaman blog Anda juga.

Setelah langkah membuat dua halaman untuk homepage dan untuk posting blog selesai Anda lakukan, selanjutnya Anda harus mengarahkan kedua halaman baru tersebut pada posisi masing-masing. Untuk melakukanya silahkan masuk ke menu Setttings » Reading dan pada “Front Page Display” Anda akan melihat dua pilihan dan silahkan centang “A Statig Page” Dan arahkan “Front Page” pada “Home” dan “Post Page” arahkan pada “Blog”. Sekarang simpan pengaturan Anda dengan klik tombol “Save Changes”.

reading-settings-page

Sekarang refresh blog Anda dan lihat perubahan yang terjadi, Anda sekarang miliki halaman depan (homepage) statis dan juga halaman blog yang memuat postingan Anda secara terpisah. Jika Anda ingin menampilkan halaman blog di menu navigasi Anda. Silahkan atur menu Anda dengan masuk ke menu Appearance » Menu dan menambahkan halaman blog ke menu Anda.

Anda juga bisa melihat demo dari tutorial yang saya maksud diatas dengan membuat halaman blog terpisah dengan homepage pada tema WordPress Point Pro disini. Saat Anda mengunjungi halaman demo point pro, silahkan klik “PointPro Default” dan Anda akan melihat halaman blog terpisah dengan homepage.

Baca : Tetap Termotivasi adalah Kunci Sukses Dalam Blogging

Diatas adalah panduan lengkap untuk membuat halaman homepage dan halaman blog terpisah pada WordPress. Semoga artikel diatas bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Doke Responsive Free

Doke adalah theme wordpress responsive gratis yang Dirancang untuk memamerkan karya Anda, karena ini...

Jumlah Iklan Google AdSense yang Diperbolehkan pada Halaman Blog

Google Adsense adalah jaringan iklan yang paling banyak digunakan oleh blogger maupun media-media website...

Close