How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Internet 10G

Jika Anda pernah mengikuti berita teknologi, Anda pasti pernah mendengar tentang internet 5G, generasi berikutnya dari teknologi nirkabel untuk jaringan seluler, tetapi Anda mungkin tidak tahu tentang broadband 10G, yang diiklankan di Consumer Electronics Show (CES) tahun ini.

Di bawah ini, saya akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang 10G – apa itu, siapa yang mengembangkannya dan kapan Anda dapat mengharapkan jaringan 10G ini diluncurkan. Meskipun itu masih jauh dari angna-angan karena saat ini kita masih menikmati jaringan 4G, tapi mari kita ketahui tentang 10G ini terlebih dahulu.

Internet 10G

Dasar-dasar Internet 10G

10G adalah bagian baru dari teknologi jaringan broadband yang secara teoritis, memungkinkan kecepatan lebih dari 10-gigabit-per-detik (Gbps) melalui jaringan internet kabel. Sepuluh Gbps hingga 10 kali lebih cepat dari 5G dan lebih dari 700 kali lebih cepat dari rata-rata kecepatan internet AS sekitar 18 Mbps.

Leading pengisian daya 10G adalah CableLabs, yang standar DOCSIS 4.0 barunya memungkinkan penyedia internet menawarkan kecepatan jaringan 10 Gbps melalui sistem kabel yang ada.

10G tidak terkait dengan 5G, generasi terbaru teknologi jaringan seluler nirkabel yang perlahan-lahan diluncurkan di seluruh Amerika sejak tahun lalu. Anda juga tidak boleh bingung antara 10G dengan 10GE, atau 10 Gb Ethernet, yang merupakan standar kabel Ethernet yang menyediakan kecepatan hingga 10 Gbps.

Memang penamaan ini sedikit membingungkan dan telah menarik cukup banyak protes dari para penulis teknologi, beberapa di antaranya percaya branding 10G sebagian besar merupakan respons terhadap desas-desus seputar 5G.

Bagaimanapun, uji coba lapangan 10G harus dimulai untuk di coba pada tahun ini. Jika teknologinya berhasil memungkinkan penyedia kabel meningkatkan kecepatan internet maksimum yang dapat mereka tawarkan melalui jaringan kabel serat berkualitas tinggi yang ada, Anda mungkin akan mendengar lebih banyak tentang teknologi ini di sepanjang sisa tahun 2020.

Baca : Penjelasan Lengkap Teknologi Internet Nirkabel 5G

Apa itu Wi-Fi 6?

Wi-Fi 6 Juga di pamerkan di CES 2020, protokol Wi-Fi generasi berikutnya yang diperkirakan analis industri akan segera digunakan secara luas.

Wi-Fi 6 menarik karena potensinya untuk menyelesaikan salah satu masalah paling signifikan saat ini dengan Wi-Fi – bagaimana ia dapat berjuang untuk mendukung beberapa perangkat yang terhubung ke sinyal yang sama. Masalah ini menjadi lebih penting dalam beberapa tahun terakhir karena smartphone dan perangkat pintar menjadi lebih populer dan jumlah perangkat yang terhubung ke router atau hotspot yang sama telah berlipat ganda.

Beberapa nama besar dalam pembuatan router memulai debutnya dengan router berkemampuan Wi-Fi 6 di CES. Titik harga router ini, secara umum, sebanding dengan atau agak lebih tinggi dari router saat ini yang bekerja dengan Wi-Fi 5. Misalnya, Netgear meluncurkan dua paket router Wi-Fi 6 yang akan dijual dengan harga sekitar $230. Sebagian besar router berkualitas yang tersedia saat ini harganya berkisar antara $100 hingga $200.

Beberapa smartphone terbaru juga meluncur dengan sertifikasi Wi-Fi 6, seperti seri iPhone 11 dan Samsung Galaxy 10.

Perubahan tersebut mungkin tidak akan langsung terjadi, tetapi kemungkinan besar, hingga tahun 2020, kita akan melihat adopsi Wi-Fi 6 secara bertahap. Namun, untuk di indonesia sendiri tentu itu masih tidak mungkin ditemui di tahun ini karena jaringan kita masih belum mendukungnya.

Baca : Apa itu WiFi 6? Penjelasan Lengkap Tentang WiFi 6

Peluncuran 10G dan Wi-Fi 6

Baik 10G dan Wi-Fi 6 menerima cakupan yang luas di CES 2020. Wi-Fi 6 adalah peningkatan yang lebih standar ke versi sebelumnya dari standar Wi-Fi, sementara koneksi 10G baru akan memungkinkan penyedia kabel untuk meningkatkan maksimum internet kecepatan yang bisa mereka tawarkan.

Kita mungkin akan terus banyak mendengar tentang keduanya selama tahun ini karena router yang kompatibel dengan Wi-Fi 6 menjadi semakin umum dan jaringan kabel mulai menguji teknologi 10G.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10+ Layanan Hosting Terbaik di Indonesia [Murah Banget]

Layanan web hosting terbaik di indonesia. Pada artikel kali ini saya akan memberikan ulasan...

Cara Menyembunyikan File dan Folder di Komputer Mac OS

Bagi Anda yang sebelumnya menggunakan komputer dengan OS Windows, maka untuk menyembunyikan folder dan...

Close