How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

8 Software Pembuat Animasi Gratis Terbaik 2020

Salah satu format terbaik untuk konten Anda adalah animasi, yang dibuat lebih mudah dengan ketersediaan software animasi. Anda dapat membuat seri edukasi atau kampanye pencitraan merek dalam konten yang mudah dicerna. Pada umumnya untuk memiliki software animasi, Anda harus mengeluarkan banyak uang. Anda juga akan membutuhkan banyak waktu pelatihan untuk menjadi mahir dalam hal pembuatan animasi.

software pembuat animasi terbaik gratis

Untungnya, alat-alat ini sangat mudah bagi pengguna akhir-akhir ini sehingga bahkan seorang pemula dapat mempercepat pembuatan animasi dengan fitur dalam software hanya beberapa jam atau bahkan kurang. Kabar baiknya, Anda sekarang memiliki banyak pilihan software animasi gratis yang bisa Anda gunakan. Dan jika Anda memiliki software desain grafis yang andal, Anda dapat melakukan banyak hal dalam pembuatan animasi berkualitas dengan sesuatu yang benar-benar gratis.

Pada artikel ini, saya akan memberikan rekomendasi 8 software animasi gratis terbaik yang tersedia saat ini. Saya juga akan mengukap fitur-fitur utama dari masing-masing software animasi yang membuatnya unik seperti simulasi kehidupan nyata, rendering waktu-nyata, perpustakaan efek, penyebaran yang dihosting cloud, dan kemudahan penggunaan. Yang terakhir cukup penting terutama jika Anda serius mempertimbangkan untuk menggunakan software tersebut untuk membuat animasi sendiri.

Baca : 8 Software Editor Photo Terbaik Gratis

1. Blender

Yang pertama dan yang terbaik untuk software animasi gratis adalah Blender, software ini menyertakan fitur pelacakan objek. Anda dapat menggeser, memiringkan, melacak dan memutar kamera di sekitar objek Anda dalam 360 derajat. Juga, ia hadir dengan API Python sehingga pengguna tingkat lanjut dapat menyesuaikan antarmuka penggunanya.

Satu hal yang menyenangkan tentang Blender adalah terintegrasi dengan Pipeline Tools. Sebuah software yang kuat, Blender adalah software animasi profesional yang dapat digunakan. Itu telah berperan dalam menciptakan animasi pemenang penghargaan. Animasi Netflix ‘Next Gen,’ misalnya, dibuat dengan bantuan Blender.

Blender mudah memenuhi kebutuhan pengguna tingkat lanjut. Ini tidak ramah untuk pemula meskipun banyak tutorial online. Anda dapat mengunduh Blender di sini secara gratis dan belajar sambil jalan jika berminat. Jika Anda mencari alat yang lebih sederhana, silakan baca terus.

Fitur Utama Blender:

  • Pelacak jalur produksi canggih untuk perenderan yang realistis
  • Dirancang untuk animasi yang kuat
  • Simulasi realistis standar industri
  • Antarmuka pengguna yang dapat disesuaikan

2. PowToon

Jika Anda di sini mencari software animasi gratis untuk digunakan presentasi atau video yang lebih sederhana namun menarik, PowToon mungkin saja software gratis terbaik untuk Anda. Pada dasarnya ini adalah pembuat video presentasi dan animasi online. Dengan demikian, sangat cocok untuk pitch ide, pengenalan produk, profil perusahaan, video how to, infografis, dan iklan online.

Sebagai platform animasi yang ramah pengguna, ia memberdayakan siapa pun untuk membuat presentasi yang terlihat profesional secara gratis (dengan paket gratisnya). Tentu saja, itu tidak kaya fitur seperti yang lain.

Dengan PowToon, Anda dapat membuat, memposting, dan berbagi kreasi Anda secara online. Anda dapat membaginya melalui email atau di ruang kerja virtual Anda seperti software manajemen proyek. PowToon terintegrasi baik dengan Facebook, Vimeo, YouTube, dan Slideshare. Dengan sentuhan kreativitas yang diarahkan dengan baik, Anda dapat membawa presentasi perusahaan Anda ke tingkat yang lebih tinggi.

Fitur Utama PowToon:

  • Antarmuka yang mudah digunakan
  • Akses ke perpustakaan video PowToon
  • Konten bebas-royalti
  • Ekspor langsung ke platform berbagi (Facebook, Vimeo, dan lainnya)

Baca : 8 Software Editor Photo Terbaik Gratis

3. Animaker

Animaker mungkin yang paling ramah pengguna dari daftar 8 solusi software animasi terbaik gratis. Jika Anda mencari platform yang memiliki antarmuka drag-and-drop yang dominan, Animaker adalah software animasi gratis terbaik untuk Anda. Ini semudah mengoperasikan PowerPoint tetapi hanya untuk animasi. Bahkan, tampilannya agak seperti PowerPoint atau Google Slides. Ada banyak jenis video yang dirancang oleh Animaker untuk membantu Anda membuat animasi slide. Ini memiliki modul khusus yang berbeda mulai dari video penjelajah ke iklan.

Jika Anda ingin menaikkan level pemasaran konten Anda dengan cepat, Animaker akan membantu Anda mencapai ini tanpa hasil. Dengan pustaka besar karakter dan template animasi, Anda dapat meletakkan wajah kartun dan membiarkannya bergerak untuk menambahkan elemen karakter ke video Anda. Anda juga dapat membuat papan tulis, kartun 2D, dan infografis menggunakan Animaker.

Fitur Utama Animaker

  • Pembuat video papan tulis
  • Pembuat infografis
  • Perpustakaan besar karakter dan template
  • Drag dan drop antarmuka pengguna

4. Pencil2D

Pencil2D adalah software animasi yang sesuai dengan namanya. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat animasi tradisional yang digambar tangan. Aplikasi ini memungkinkan giliran Anda animasi 2D yang digambar tangan tradisional digital. Ini juga ditawarkan di macOS, Windows, dan Linux. Itu tetap sepenuhnya gratis dan open source. Tidak ada paket berbayar dan Anda dapat menggunakannya secara komersial.

Karena ini adalah versi digital dari alur kerja animasi tradisional, cara terbaik untuk memanfaatkannya untuk bisnis adalah memiliki seseorang dengan keterampilan seni tradisional untuk menanganinya. Jika Anda memiliki ketrampilan tersebut sendiri, animasinya akan mudah. Antarmuka mudah dan ramah pengguna.

Fitur Utama dari Pencil2D

  • Fungsional untuk OS populer
  • Antarmuka pengguna yang mudah
  • Program ringan
  • Beralih di antara file vektor dan raster dengan mudah

5. Synfig Studio

Synfig Studio adalah software open-source dan animasi gratis. Antarmuka penggunanya berbasis waktu. Sama seperti Pencil2D, cara kerjanya didasarkan pada alur kerja animasi tradisional. Ini tidak ramah pengguna seperti yang lain tetapi kursus video tersedia online untuk membuat Anda mudah dalam menggunakan Synfig. Anda kemungkinan besar akan membutuhkan mental artistik untuk membuat program bekerja untuk penggunaan komersial yang dimaksudkan. Jika Anda terbiasa dengan PowerPoint, maka aplikasi tersebut terlihat seperti itu dalam banyak hal.

Bagi Anda yang bukan pemula animasi, relatif mudah untuk bekerja dengannya. Ini sedikit memakan waktu karena tidak ada templat atau pustaka konten yang besar untuk dikerjakan. Jika Anda mampu menginvestasikan banyak jam kerja yang dicampur dengan keterampilan teknis yang baik, maka ini mungkin mudah bagi Anda.

Fitur Utama untuk Synfig Studio

  • Gambar bitmap animasi dengan sistem bone
  • Fitur filter
  • Fitur layering
  • Vektor tweening dan kemampuan canggih untuk pengguna tingkat lanjut

6. OpenToonz

OpenToonz adalah software animasi 2D. Ini adalah software open-source dan gratis, yang berarti siapa pun di dunia dapat menggunakannya untuk tujuan komersial atau untuk penggunaan pribadi. Pengguna mahir dapat memodifikasi software agar sesuai dengan penggunaannya. Antarmuka pengguna cukup mudah tetapi ada alat dan kemampuan canggih yang memungkinkan Anda untuk membuat animasi yang lebih rumit secara teknis.

Ini adalah software animasi tingkat menengah di mana para ahli dan pemula dapat menggunakannya untuk proyek khusus mereka. Jika Anda seorang profesional bisnis individu tanpa waktu senggang untuk memasang animasi yang disesuaikan, mungkin ini bukan untuk Anda. Tetapi bagi para profesional di departemen konten, ini adalah software animasi gratis yang layak dipertimbangkan. Anda dapat melatih kreativitas Anda tanpa dibatasi oleh antarmuka pengguna atau alur kerja yang rumit. Ini juga memiliki versi berbayar yang disebut Toonz.

Fitur Utama dari OpenToonz

  • Ubah gaya gambar dengan mudah
  • Buat distorsi bergelombang
  • Pencahayaan yang terkena dampak tersedia

Baca : 7 Software Video Editing Gratis dan Terbaik

7. Plastic Animation Paper

Plastic Animation Paper (PAP) secara luas dianggap sebagai salah satu software animasi gratis untuk animator. Ini adalah alat animasi 2D yang memungkinkan Anda secara intuitif beralih dari animasi analog ke digital. Ini intuitif jika Anda sudah menjadi animator atau memiliki keterampilan seni yang diperlukan dan memahami alat tersebut. Jika Anda baru di bidang animasi namun sedang membaca daftar ini untuk meningkatkan visual presentasi perusahaan Anda, ini mungkin bukan untuk Anda. Ini coco bagi Anda yang benar-benar memiliki hasrat untuk belajar dan menjadi ahli dalam bidang animasi.

PAP sebenarnya adalah versi lama dari Animation Paper, versi berbayar. Meskipun banyak seniman digital menganggap PAP sudah ketinggalan zaman, itu masih berfungsi dengan baik jika Anda terbiasa. Pembuatnya tidak dijual pada antarmuka pengguna versi lama namun sangat fungsional dan gratis. Versi berbayar jelas merupakan pembaruan. Ini memiliki UI yang lebih baru dan dikemas dengan lebih banyak fitur.

Fitur Utama dari Plastic Animation Paper

  • Kemampuan layering
  • Alat menggambar dasar
  • Light Table
  • Siklus berjalan dan waktu klon

8. K-3D

K-3D adalah platform animasi dan pemodelan 3D yang sepenuhnya gratis. Menawarkan platform digital artist dengan seperangkat alat yang lengkap dengan plugin. K-3D menggunakan arsitektur pipe yang meningkatkan kegunaan dan fleksibilitasnya. Platform ini memungkinkan Anda untuk membuat kombinasi yang berbeda. Antarmuka pengguna cukup mudah. Ini memungkinkan Anda membuat model 3D dengan mudah.

Jika Anda ingin menghidupkan logo atau teks, K-3D dapat menjadi aplikasi gratis yang sempurna untuk Anda dan mudah digunakan. Itu menggunakan ‘membatalkan pohon’ sehingga Anda tidak perlu takut membuat kesalahan. Selain itu, karena arsitektur pipe, Anda dapat memodifikasi alur kerja Anda dari bagian awal dan menyaksikan perubahan terjadi secara otomatis ke akhir pekerjaan Anda.

Fitur Utama K-3D

  • Pipeline visualisasi berbasis node untuk fleksibilitas
  • Antarmuka pengguna yang intuitif
  • Kuat dengan alur kerja prosedural dan parametrik

Baca : 10 Software Editing Audio Terbaik di 2019

Itulah 8 software pembuat animasi gratis terbaik pilihan centerklik. Semua software diatas memiliki fungsi yang berbeda dan beberapa memiliki kesamaan dalam kemampuan dan fitur. Pilih satu yang menurut Anda terbaik untuk kebutuhan proyek atau kepentingan pribadi, yang jelas semuanya gratis untuk Anda.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Penjelasan Lengkap Kontrak Cerdas atau Smart Contract

Hampir satu dekade yang lalu, blockchain meletakkan dasar untuk mengubah keuangan global melalui cryptocurrency....

Beli Hosting dan Tema Murah Saat Black Friday 2019 [Best Deals]

Beli Hosting Murah Saat Black Friday 2019 [Best Deals]. Pada hari black friday ini...

Close