banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Jenis-Jenis Dompet Crypto Yang Wajib Anda Ketahui

Jenis-Jenis Dompet Crypto Yang Wajib Anda Ketahui – Ada banyak cara berinvestasi di era digital seperti saat ini. Bukan hanya dengan uang rupiah saja, melainkan juga bisa dengan Cryptocurrency atau mata uang crypto. Nantinya uang investasi Anda akan disimpan pada sebuah tempat yang bernama dompet crypto dan sebagian ada yang menyebutnya sebagai dompet bitcoin atau Crypto Wallet.

jenis dompet kripto

Jika diibaratkan sebuah dompet fisik yang di dalamnya terdapat sejumlah uang. Nah uang tersebut bisa kita atur mau dipakai untuk apa saja, misalnya mengeluarkannya, menambahkannya atau hanya sekedar menyimpannya saja. Dan semua penggiat koin crypto sadar bahwa dunia crypto sangat rentan untuk di curi dengan berbagai cara karena nilainya yang sangat berharga, jadi Anda harus benar-benar mengamankan aset crypto Anda dan menyimpannya di dompet crypto yang sangat aman.

Nah, dompet crypto ini nantinya terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Mari simak penjelasan selengkapnya tentang jenis-jenis dompet crypto pada konten berikut ini.

Apa Itu Dompet Crypto?

Sebelum saya menjelaskan apa saja jenis-jenisnya, sebaiknya Anda tau terlebih dahulu pengertian dompet crypto. Pada dasarnya dompet crypto atau cryptocurrency wallet merupakan perangkat yang berfungsi untuk menyimpan aset crypto yang dimiliki pengguna.

Lewat perangkat/software/aplikasi ini Anda bisa secara langsung mengelola, menyimpan, mengirimkan, dan juga menerima koin crypto. Fungsinya memang kurang lebih sama seperti dompet digital, hanya saja bedanya jika dompet digital untuk menyimpan uang maka dompet crypto dipakai untuk menyimpan mata uang crypto atau koin.

Dompet crypto ada yang berbentuk software atau aplikasi dan ada juga yang berbentuk website. Tapi biasanya para penambang crypto, menyimpan koin mereka di aplikasi atau software currency wallet.

Baca : Elegro Crypto Payment – Cara Mudah Menerima Pembayaran Bitcoin

Jenis-Jenis Dompet Crypto

Dompet crypto terbagi menjadi beberapa yang masing-masing punya karakteristik sendiri-sendiri dan tingkat keamanan yang berbeda. Apa sajakah itu?

Hot Crypto Wallets

Jenis dompet crypto yang satu ini paling umum digunakan karena mudah dipakai. Banyak trader pemula yang menggunakan dompet crypto jenis ini. Anda tinggal buat akun, unduh aplikasi, dan langsung bisa mulai menggunakannya.

Biasanya Hot Crypto Wallets dipakai untuk transaksi. Untuk bisa menjalankannya, wajib terhubung dengan koneksi internet yang lancar tanpa hambatan.

Untuk diketahui, pada dasarnya Hot Crypto Wallets itu tidak benar-benar menyimpan koin crypto. Akan tetapi, hanya sebagai fasilitator atau pencatat transaksi crypto Anda. Jadi, dompet crypto ini mencatat setiap transaksi yang sedang terjadi.

Untuk bisa menggunakan Hot Crypto Wallets diperlukan kunci publik dan kunci pribadi sebagai kunci masuk supaya Anda dapat masuk atau login ke Hot Crypto Wallets. Kunci publik ini diibaratkan sebagai username sedangkan kunci pribadi diibaratkan sebagai password atau PIN pada rekening bank atau dompet digital.

Hot Crypto Wallets masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu :

  • Desktop Wallets : Dompet crypto dalam bentuk desktop, contohnya seperti Electrum dan Armory.
  • Hybrid Wallets : Dompet crypto dalam bentuk hybrid, contohnya yaitu Trust Wallet dan Edge.
  • Mobile Wallets : Dompet crypto dalam versi mobile, contohnya yaitu BTCPay dan Blockchain.

Meskipun mudah digunakan, tak membuat dompet crypto yang satu ini tak memiliki kekurangan sama sekali. Hot Crypto Wallets mempunyai kekurangan terutama dari sisi keamanan, wallet yang terhubung ke internet memang sangat beresiko sehingga membuat orang-orang tidak bertanggung jawab bisa saja meretasnya jika Anda lengah dan tidak dapat menjaganya.

Maka dari itu jika Anda memiliki akun di Hot Crypto Wallets harap lebih berhati-hati dan tidak mudah menyebarkan data-data secara publik, meskipun itu hanya username saja.

Baca : 10 Mata Uang Digital Cryptocurrency Terbaik Selain Bitcoin

Cold Wallet

Bisa dibilang, Cold Wallet ini bertolak belakang dengan Hot Wallet. Sebab, cold wallet memang menawarkan fitur dan cara kerja yang sedikit berbeda.

Dompet crypto yang satu ini tetap bisa Anda gunakan meskipun tidak terhubung ke internet. Jadi, dalam keadaan offline pun Anda tetap bisa melakukan transaksi. Karena hal inilah, Cold Wallet atau Cold Crypto Wallets dinilai lebih aman dan rendah resiko dari mengalami peretasan akun.

Nah, Cold Crypto Wallets ini juga terbagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu :

Hardware Wallets

Hardware Wallets merupakan jenis Cold Crypto Wallets dalam bentuk perangkat keras biasanya USB Stick. Fungsi USB Stick ini adalah untuk menyimpan private key yang sangat rahasia. Contoh dari Hardware Wallets yaitu Trezor dan Safepal.

Paper Wallets

Kalau Paper Wallets ini tidak se-populer Hardware Wallets. Pada dasarnya Paper Wallets merupakan kertas yang berisi informasi seperti public address dan private key. Nah, di dalam kertas tersebut ada QR Code yang memfasilitasi transaksi dan Cold Crypto Wallets yang satu ini dinilai lebih aman.

Masing-masing jenis dompet crypto punya kelebihan dan kekurangan. Apapun pilihan Anda, tidak ada yang lebih bagus dan tidak ada yang lebih buruk.

Karena pada dasarnya apapun jenis investasinya pasti ada resikonya. Tidak ada investasi yang selalu untung, tapi Anda bisa meminimalisir resikonya dengan memilih investasi yang tepat.

Baca : 20 Daftar Cryptocurrency Terbaik untuk Investasi

Demikian pembahasan lengkap mengenai jenis-jenis dompet crypto beserta cara kerjanya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda tentang dunia cryptocurrency.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Edit Video di Mac OS dengan Wondershare Filmora X

Cara Edit Video di Mac OS dengan Wondershare Filmora X - Semenjak YouTube menjadi...

Daftar Software Terbaik untuk Menambang Bitcoin

Daftar Software Terbaik untuk Menambang atau Mining Bitcoin - Belakangan ini, bitcoin dan mata...

Close