Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Facebook Marketplace: Cara Mudah Jual Beli Melalui Group Facebook

Facebook merupakan media social yang menghubungkan milyaran orang di seluruh dunia, ini merupakan social media tersukses dalam sejarah dan sampai saat ini. Dominasi facebook sebagai media social masih belum tersaingi meskipun banyak sekali muncul media social serupa. Bahkan google dengan media social google plus miliknya tidak bisa menyaingi dominasi facebook.

marketplace

Facebook memiliki banyak sekali fitur, dan salah satu fitur yang akan saya bahas di sini adalah fitur jual beli pada group facebook. Fitur jual beli facebook ini baru saja di luncurkan pada tahun 2016 ini dan untuk di Indonesia sendiri baru saja di aktifkan belum lama ini.

Fitur jual beli di facebook dibuat karena facebook mengetahui bahwa pada facebook groups telah tumbuh sebagai wadah untuk jual beli dan sudah lebih dari 450 juta orang tiap bulannya mengunjungi group facebook untuk melakukan aktivitas menjual dan membeli. Dengan mengetahui hal tersebut facebook membuatkan fitur jual beli untuk memudahkan pengguna facebook dalam bertransaksi pada komunitas atau group mereka.

Baca : Cara Menambahkan Login dengan Facebook di WordPress

Facebook meluncurkan fitur jual beli yang diberi nama Marketplace, ini merupakan sebuah tujuan yang nyaman untuk menemukan, membeli dan menjual barang-barang dengan orang-orang di komunitas atau group pengguna facebook. Marketplace membuatnya mudah untuk menemukan hal-hal baru yang akan Anda sukai, dan menemukan rumah baru untuk aktivitas jual beli yang lebih mudah. Jika Anda sering melakukan transaksi jual beli melalui facebook, tentu fitur facebook marketplace ini solusi baru yang indah buat Anda. Dan facebook berjanji akan terus membangun pilihan baru dan fitur untuk membuat pengalaman terbaik bagi orang-orang yang menggunakan facebook.

Cara Jual Beli di Facebook Marketplace

Untuk mengunjungi Facebook Marketplace, yang perlu Anda lakukan hanya menekan ikon toko di bagian bawah aplikasi Facebook dan mulai menjelajahi. Dan dibawah ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pembelian dan juga menjual di Facebook Marketplace.

facebook-marketplace

Mencari dan Membeli Produk Dijual di Dekat Anda

Marketplace akan menampilkan item-item foto beserta harga dari orang yang berlokasi dekat dengan Anda yang telah terdaftar untuk dijual. Untuk memudahkan dalam menemukan item atau barang yang spesifik, Anda dapat menggunakan fitur pencarian di bagian atas dan menyaring hasil berdasarkan lokasi, kategori atau harga. Anda juga dapat menelusuri apa yang tersedia dalam berbagai kategori seperti rumah tangga, elektronik dan pakaian. Gunakan tool location yang sudah built-in untuk menyesuaikan daerah yang Anda cari, atau beralih ke kota yang berbeda sesuai dengan keinginan Anda.

Bila Anda menemukan sesuatu yang menarik, tekan pada gambar untuk melihat lebih detail dari penjual, termasuk nama item atau produk, deskripsi produk, nama dan foto profil penjual, dan lokasi umum mereka. Anda juga dapat menyimpan item tersebut untuk Anda lihat lagi nanti.

facebook-marketplace-jual-beli

Jika Anda memutuskan untuk membelinya, Anda hanya perlu untuk mengirimkan pesan ke penjual langsung dari Marketplace untuk memberitahu penjual bahwa Anda tertarik dan Anda bisa melakukan penawaran. Anda bisa melakukan negosiasi secara mendalam melalui messanger tersebut. Namun perlu Anda ketahui bahwa facebook berperan sebagai penghubung antara Anda dan penjual. Dan Facebook tidak memfasilitasi pembayaran atau pengiriman barang di Marketplace.

messaging-facebook-marketplace

Baca : 10 Toko Online Terbaik dan Populer di Indonesia

Cara Menjual Produk di Marketplace Facebook

Menjual barang di Marketplace dapat Anda lakukan dengan sangat mudah dalam beberapa langkah sederhana

  • Mengambil foto dari item Anda, atau langsung mengambil foto barang secara langsung dari kamera Anda.
  • Masukkan nama produk, deskripsi produk dan harga
  • Konfirmasi lokasi dengan memasukkan kode pos Anda dan pilih kategori yang sesuai dengan item yang Anda jual.
  • Post Jualan Anda tersebut untuk mempublikasikan jualan Anda.

jual-facebook-marketplace

Setelah langkah-langkah sederhana diatas sudah Anda lakukan, maka sekarang orang yang sedang mencari produk untuk dibeli di daerah yang dekat dengan Anda akan dapat menemukan item produk yang Anda jual dan jika mereka tertarik dengan produk Anda maka mereka akan mengirimkan pesan kepada Anda. Anda juga dapat memilih untuk mem-posting produk Anda ke Marketplace dan membeli atau menjual pada group tertentu pada waktu yang bersamaan.

Untuk melacak semua transaksi Anda saat ini dan masa lalu di Marketplace, kunjungi bagian My Product atau Produk Anda. Di sana, Anda dapat melihat barang-barang yang disimpan, produk yang Anda posting untuk dijual, dan semua pesan Anda dengan orang-orang yang bertransaksi dengan Anda.

Catatan : Melakukan jual beli melalui facebook marketplace adalah murni transaksi antara penjual dan pembeli atau C2C (Customer to Customer) dan facebook hanya sebagai media yang tidak ikut andil dalam mengontrol pembayaran dan pengiriman barang. Sehingga Anda harus berhati-hati jika bertransaksi jual beli, pastikan Anda menemukan penjual dan pembeli yang terpercaya untuk meminimalisir terjadinya penipuan, dan jika terjadi penipuan Anda tidak bisa menuntut kepada facebook. Baca jug artikel saya tentang » 10 Tips Aman Buat Anda dalam Belanja Online agar Anda bisa lebih berhati-hati dalam belanja online.

Baca : Cara Memasang Komentar Facebook di WordPress

Diatas adalah panduan cara melakukan transaksi jual beli dengan facebook marketplace di group. Semoga artikel diatas bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

(sumber : newsroom.fb.com)

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress GivingPress Lite Responsive Free

GivingPress Lite adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang sempurna untuk situs bantuan sosial atau...

10+ Layanan Hosting Terbaik di Indonesia [Murah Banget]

Layanan web hosting terbaik di indonesia. Pada artikel kali ini saya akan memberikan ulasan...

Close