fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Kadence Block – Plugin Penuh Fitur Untuk Memaksimalkan Editor Gutenberg

WordPress beberapa bulan yang lalu membawa update besar pada versi 4 yaitu mengubah total bagian editor WordPress yang semula adalah WYSIWYG yang sudah sangat familiar bagi semua pengguna dan berganti menjadi editor Gutenberg yang lebih fresh dan modern.

Perubahan besar yang dibawa WordPress ini membawa Pro dan Kontra tersendiri bagi pengguna WordPress karena harus belajar lagi dari awal dan bagi pengembang tentu harus menyesuaikan banyak hal agar bisa sesuai dengan WordPress Gutenberg baik dari tema maupun plugin. Editor Gutenberg adalah editor WordPress yang mengusung format block untuk membangun halaman, Anda bisa membaca lebih lengkap penjelasan tentang Editor Gutenberg WordPress pada tautan dibawah ini.

Baca : Panduan Lengkap Editor Baru WordPress Gutenberg

Meskipun Gutenberg membawakan banyak fitur yang menakjubkan, namun masih banyak hal yang perlu ditambahkan agar bisa bekerja dengan maksimal dan menghasilkan halaman yang indah sesuai keinginan Anda karena saat ini Editor Gutenberg hanya memiliki Blok Kolom yang memungkinkan Anda untuk meletakkan konten Anda di kolom dan bahkan tidak memiliki beberapa fitur dasar yang Anda perlukan untuk membuat konten Anda lebih menarik dan terlihat menonjol. Salah satu kontainer blok yang bisa memaksimalkan Editor Gutenberg WordPress adalah plugin Kadence Blocks.

Kadence Blocks

Apa itu Kadence Block?

Kadence Block adalah Plugin yang menambahkan fitur blok khusus untuk memperluas kemampuan mengedit Gutenberg untuk membangun tata letak khusus yang lebih baik dan membuat editor Gutenberg bekerja seperti apa yang dapat dilakukan oleh pembuat halaman populer. Dengan “Kadence Row Layout Block”, Anda dapat mengontrol kolom dengan lebih baik untuk ukuran layar yang berbeda plus memberi Anda alat pengeditan baris penuh sehingga menghasilkan layout dengan tampilan yang indah dengan menambahkan seperti padding, latar belakang, overlay dengan gradien, penyelarasan vertikal, dan banyak lagi. Anda bisa menggunakan plugin atau toolkit ini secara gratis dan bisa Anda download langsung di library plugin WordPress.org disini → Kadence Blocks – Gutenberg Page Builder Toolkit.

Kadence Blocks for Gutenberg 1

Kadence Block berisikan fitur penting seperti :

  • Tata Letak / Lebar Kolom Variabel
  • Padding & Margin
  • Warna Latar Belakang & Gambar
  • Kontrol Responsif
  • Styling & Kustomisasi Kolom Individual

Bahkan memiliki fitur yang lebih keren dan canggih. Seperti:

  • Hamparan Latar Belakang
  • Bentuk Divider (ini sangat keren).
  • Tag Kontainer HTML. Anda dapat mengaturnya ke div, bagian, artikel, utama atau samping.
  • Tinggi minimum
  • Lebar maksimum konten

Beberapa Fitur Blok Utama Kadence Block

Row Layout Blok : Anda dapat memiliki beberapa kolom dari satu sampai enam kolom dan blok lainnya dapat bersarang di dalamnya. Jadi sebagai satu kolom blok itu adalah pembungkus yang kuat karena Anda dapat membuat latar belakang yang sangat khusus dan menentukan padding dan margin untuk tata letak desktop dan seluler.

Kadence Blocks for Gutenberg 5

Blok Advanced Heading : Fitur ini menyediakan kontrol penuh untuk heading Anda, termasuk pilihan teks deri berbagai font family (semua font google), weight font, gaya font, ukuran font (dengan tablet dan kontrol seluler), tinggi baris, warna, spasi huruf, penjajaran, dan margin.

Kadence Blocks for Gutenberg 8

Blok Advanced Button : Fitur ini memungkinkan Anda memiliki hingga 5 tombol berdampingan. Plus, Anda dapat mengontrol masing-masing secara terpisah, baik dengan gaya statis dan melayang, dan setiap tombol dapat memiliki ikon tambahan di sebelah teks dan juga berbagai macam pilihan tombol yang menarik.

Tabs Block : Fitur ini sangat dapat dikustomisasi dengan pengaturan judul tab yang unik untuk spasi, warna, ikon, dan teks. Anda dapat mengatur tab vertikal atau horizontal, plus ada opsi untuk beralih ke pengaturan akordeon untuk seluler, ada serangkaian tab yang indah bisa anda ciptakan dengan fitur ini. Setiap konten tab adalah kanvas kosong yang dapat berisi blok lain di dalamnya.

Blok Icon : Fitur ini memungkinkan Anda untuk menambahkan ikon SVG tepat ke halaman Anda. Ada lebih dari 1500 ikon untuk dipilih dan dengan masing-masing Anda dapat mengontrol ukuran, warna, latar belakang, perbatasan, dan menambahkan tautan. Anda bisa mempercantik halaman Anda dengan memanfaatkan fitur ini.

Kadence Blocks for Gutenberg 4

Blok Spacer / Divider : Ini fitur yang ssangat menarik karena ini memungkinkan Anda untuk secara opsional menampilkan pembagi di dalam area dengan ketinggian yang dapat diseret. Pembagi memiliki opsi gaya yang memungkinkan Anda untuk mengatur lebar, tinggi, warna, gaya garis, dan opacity.

Info Box Block : Ini adalah fitur tautan kotak yang berisi ikon atau gambar dan secara opsional dapat Anda isi dengan judul, deskripsi, dan menambahkan lebih banyak teks. Konfigurasikan padding, font, latar belakang, garis tepi, dan gaya statis serta warna hover bahkan memperlihatkan bayangan kotak. Ini merupakan fitur penting yang tentu akan sangat digunakan oleh pengguna.

Prebuilt Library

Blok ini bahkan menawarkan kepada Anda koleksi desain kontainer yang sudah dibuat sebelumnya oleh kadence block yang dapat Anda masukkan dengan mudah untuk digunakan secara langsung.

Kadence Blocks for Gutenberg 7

Blok ini benar-benar penuh dengan banyak fitur luar biasa yang memungkinkan Anda membuat bagian, wadah atau pembungkus dengan mudah tanpa perlu membuatnya sendiri dari awal. Juga, plugin ini membawa lebih banyak blok yang berguna di samping blok tata letak baris yang saya jelaskan diatas.

Editor Max Width

Salah satu tantangan ketika membuat tata letak kolom dan baris khusus di Editor Gutenberg adalah lebar editor di admin Anda. Secara default, Gutenberg menggunakan lebar maksimal 650px untuk editor konten. Saat menambahkan teks ke template pada bagian sidebar ini berfungsi dengan baik, karena lebar maks dalam editor sebanding dengan lebar konten saat menggunakan sidebar. Namun, untuk konten yang masuk ke halaman di mana Anda tidak memiliki sidebar, itu adalah representasi yang buruk dari apa yang sebenarnya Anda dapatkan di bagian ujung depan situs Anda. Belum lagi itu membuat ruang sempit untuk bekerja jika Anda mencoba mengelola baris dengan tiga kolom.

Kadence Blocks for Gutenberg 6

Dalam upaya menciptakan cara yang lebih mudah untuk menggunakan Gutenberg dalam “pengalaman membangun halaman” yang lebih banyak, Kadence menciptakan cara sederhana yang memungkinkan Anda untuk mengubah lebar maks default untuk halaman dan untuk posting serta secara individual mengubahnya melalui pengaturan halaman demi halaman.

Tentu saja ini menjadi fitur yang sangat penting dan juga sudah diperhitungkan oleh pengembang yang berpengalaman dan mereka tau apa kelemahan ketika menggunakan Gutenberg, dengan adanya fitur ini maka Anda akan lebih nyaman ketika membuat halaman yang sebelumnya menjadi masalah ketika menggunakan editro Gutenberg Default.

Less Margin

Tantangan lain dengan Gutenberg adalah tidak memiliki representasi yang tepat tentang bagaimana konten Anda akan terlihat di ujung font situs Anda. Gutenberg tidak cukup memberi Anda ini karena itu bukan editor ujung depan dan karenanya tidak termasuk semua css yang ditambahkan tema dan plugin Anda untuk menata style dari konten Anda. Banyak dari ini dapat direkonsiliasi karena penulis tema menambahkan dukungan untuk Gutenberg dan menambahkan gaya utama dari tema ke Gutenberg. Kami sudah melakukan ini dengan tema kami dan itu sangat meningkatkan pengalaman mengedit.

Namun Gutenberg menambahkan jarak antar blok yang tidak ada di ujung depan situs Anda. Penspasian ini dapat berdampak negatif pada cara Anda mendesain konten Anda karena itu tidak mewakili bagaimana halaman Anda akan terlihat di ujung depan situs Anda atau bagian front end. Ini terutama benar saat Anda mulai menggunakan Gutenberg untuk pembuatan halaman yang lebih maju.

Kadence Block telah menambahkan dalam pengaturan Less margin yang bertujuan untuk menghilangkan banyak ruang ekstra untuk memberikan Anda representasi yang lebih akurat tentang bagaimana konten Anda akan terlihat di ujung depan situs Anda.

Baca : Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih ke Editor Lama WordPress

Dan itulah beberapa fitur keren yang dibawa oleh Kadence Block untuk melengkapi Gutenberg, Dan Anda akan benar-benar bisa merasakan manfaat lebih ketika menggunakan Editor Gutenberg dan dilengkapi dengan Kadence Block. Silahkan untuk segera mencoba dan buat semuanya jauh lebih mudah dengan Kadence Block.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
7 Bisnis Dropship Terlaris yang Layak Anda Coba

Salah satu jenis bisnis online yang cukup populer di masa kini adalah bisnis dropship....

10 Mata Uang Digital atau Cryptocurrency Terbaik Selain Bitcoin

Di zaman sekarang mata uang digital atau yang lebih dikenal dengan sebutan cryptocurrency sudah...

Close