How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mudah Setup SSL Sertifikat di WordPress dengan Plugin Really Simple SSL

Pada beberapa tahun yang lalu Google telah mengumumkan bahwa salah satu faktor untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik adalah dengan memasang SSL certificate. SSL certificate atau sertifikat SSL adalah ditandai dengan awalan URL yang berubah dari HTTP menjadi HTTPS dan tanda gembok berubah menjadi warna hijau.

Sebenarnya SSL certificate pada mulanya hanya di anjurkan untuk digunakan oleh para pemilik situs-situs bank, eCommerce dan situs yang menganjurkan penggunanya untuk mengirimkan data pribadinya. Tapi karena Google menggunakan HTTPS sebagai faktor untuk peringkat di mesin pencari maka Anda sebagai blogger juga di anjurkan untuk memasang SSL sertifikat ini blog Anda agar mendapat peringkat yang lebih baik di hasil pencarian google.

Selain SSL sertifikat dapat meningkatkan peringkat website Anda di hasil mesin pencarian, ini juga dapat meningkatkan kemanan situs dimana data yang terkirim dan diterima akan di enkripsi terlebih dahulu sehingga data terjamin keamanannya. Tidak hanya itu saja, SSL sertifikat akan menjadikan situs Anda terlihat lebih profesional dan terpercaya dibanding dengan situs yang belum menggunakan URL HTTPS yang cenderung dianggap sebagai situs abal-abal.

Really Simple SSL WordPress

Pada artikel kali ini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaiaman cara setup SSL sertifikat pada WordPress dengan plugin Really Simple SSL.

1. Beli dan Install SSL Certificate

Untuk memiliki URL HTTPS, Anda diharuskan untuk membeli SSL certificate dan menginstallnya terlebih dahulu. Anda banyak penyedia layanan sertifikat SSL yang bisa Anda temukan di internet, dan untuk mendapatkan SSL sertifikat dengan harga yang terjangkau Anda bisa menggunakan Commodo SSL certificate atau bisa menggunakan SSL certificate gratis dari Let’s Encrypt.

Let's encrypt free ssl certificate

Jika Anda menggunakan hosting untuk jenis Shared hosting maka lebih baik menggunakan Let’s Encrypt karena selain gratis juga SSL sertifikat ini di dukung secara lebih luas oleh layanan hosting.

Untuk menginstall sertifikat SSL ini Anda bisa meminta bantuan kepada penyedia hosting Anda. Untuk cara ini tidak saya jelaskan secara lengkap di artikel ini karena memang untuk menginstall SLL certificate di masing-masing hosting berbeda-beda. Jadi silahkan untuk menghubungi bagian support hosting Anda untuk membantu menginstall SSL.

Selanjutnya setelah sertifikat SSL Anda terinstal, Anda dapat memverifikasi bahwa itu aktif dengan membuka https://domainanda.com. Jika sertifikat terpasang dengan benar, Anda harus melihat hal seperti ini:

Jika hanya langkah pertama ini saja yang Anda lakukan maka ini masih belum sempurna dan Google memberi tahu Anda bahwa sertifikat SSL aktif, namun sambungannya tetap tidak 100% karena masih ada beberapa masalah yang perlu Anda setting di dashboard WordPress Anda.

Di sisi lain, jika HTTPS WordPress Anda tidak terinstal dengan benar, Anda akan menemukan hal seperti di bawah ini dan perlu menghubungi bagian support dari layanan web hosting Anda.

2. Cara Setting SSL di WordPress dengan Really Simple SSL

Setelah Anda menyelesaikan langkah pertama diatas, sekarang saatnya untuk mengatur konfigurasi di WordPress dengan Really Simple SSL agar URL HTTPS bekerja secara sempurna. Tapi sebelum saya jelaskan caranya, sebaiknya Anda berkenalan dengan plugin Really Simple SSL dan apa saja fitur yang dibawa oleh plugin ini.

Really Simple SSL

Really Simple SSL WordPress Plugin

Really Simple SSL adalah plugin yang dapat memperbarui atau mengganti URL dari HTTP ke HTTPS dengan cepat hanya dengan satu kali klik. Karena perlu Anda ketahui bahwa setelah SSL sertifikat Anda install di hosting dan berhasil maka Google memberi peringatan bahwa “koneksi bersifat pribadi”. Namun, karena situs WordPress Anda masih menyertakan gambar atau media lain yang disisipkan menggunakan URL http:// biasa dan bukan URL https:// baru yang Anda harapkan, maka ini harus di rubah agar semua menjadi URL https://, jika Anda tidak menggunakan plugin Really simple SSL maka Anda harus mengganti URL secara manual dan tentu saja ini akan menghabiskan banyak waktu tergantung berapa banyak gambar dan media lain yang sudah Anda miliki di library.

Selain diatas plugin Really simple SSL juga akan membuat dua perubahan penting lainnya seperti:

  • Memperbarui URL untuk situs Anda ke HTTPS di setelan WordPress.
  • Menambahkan pengalihan atau redirect 301 untuk mengirim semua lalu lintas mesin pencari dan ke pengunjung Anda untuk mengakses ke versi HTTPS pada semua halaman Anda. Hal ini penting untuk menghindari kemungkinan hukuman duplikat konten oleh Google.

Plugin Really Simple SSL adalah gratis dan bekerja dengan sangat baik dan akan menghemat banyak waktu Anda. Selain versi gratis, plugin ini juga memiliki versi premium dengan fitur yang lebih menakjubkan, dan berikut beberapa fitur unggulan untuk versi pro.

  • Terdapat pilihan untuk dapat melakukan pemindaian konten secara campuran. Anda dapat menampilkan halaman tertentu agar mendukung https dan http
  • Terdapat pilihan untuk mengaktifkan keamanan yang lebih kuat HTTP Strict Transport Security
  • Terdapat pilihan untuk mengkonfigurasi situs Anda untuk daftar preload HSTS
  • Terdapat pilihan untuk konfigurasi konten campuran pada bagian back-end
  • Terdapat feedback yang lebih rinci pada halaman konfigurasi.
  • Terdapat fitur pemeriksaan kadaluarsa sertifikat, Anda akan mendapatkan email bila sertifikat SSL Anda akan kadaluarsa.
  • Terjemahan siap
  • Dukungan premium

Apa yang sebenarnya plugin ini dapat lakukan

  • Plugin menangani sebagian besar masalah yang dimiliki WordPress dengan ssl, seperti masalah loadbalancer yang banyak dibahas, atau bila tidak ada variabel server yang ditetapkan sama sekali.
  • Semua permintaan masuk dialihkan ke https. Jika mungkin dengan .htaccess, atau yang lain dengan javascript.
  • Url situs dan url homepage diubah menjadi https.
  • Konten Anda yang tidak aman ditetapkan dengan mengganti semua url http: // dengan https: //, kecuali hyperlink ke domain lain. Secara dinamis, jadi tidak ada perubahan database yang dibuat (kecuali untuk siteurl dan homeurl).

Berikut beberapa paket harga yang ditawarkan oleh Really Simple SSL Pro :

  • Really Simple SSL Pro dengan harga mulai $25 untuk single site, $59 untuk up to 5 sites dan $189 untuk penggunaan tak terbatas.
  • Really Simple SSL per page dengan harga mulai $29 untuk single site, $65 untuk up to 5 sites dan $189 untuk penggunaan tak terbatas.
  • Really Simple SSL Social dengan harga mulai $15 untuk single site, $35 untuk up to 5 sites dan $95 untuk penggunaan tak terbatas.
  • Migration of your website to SSL dengan harga $145.
  • Really Simple SSL pro Multisite dengan harga $95.

Itulah daftar harga dan paket yang ditawarkan oleh plugin Really Simple SSL untuk versi premium, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi halaman website resminya melalui tombol dibawah ini dan dapatkan informasi lebih detail untuk masing-masing paket plugin pro.

Buy Really Simple SSL

Sekarang mari kita lanjutkan untuk cara penggunaan plugin Really Simple SSL untuk versi gratisnya.

Untuk memulai, silahkan untuk menginstall dan mengaktifkan plugin SSL Really Simple. Setelah aktivasi, Anda akan melihat popup seperti dibawah ini

Really Simple SSL WordPress Settings

Silahkan klik “Go ahead, activate SSL” Setelah mengeklik tombolnya, Anda kemungkinan akan otomatis logout dari dashboard admin WordPress dan silahkan untuk login kembali. Jangan khawatir – ini adalah hal yang wajar karena ini terjadi dikarenakan perubahan URL WordPress Anda dari HTTP menjadi HTTPS. Cukup masuk lagi dengan username atau password Anda seperti biasanya.

Anda harus melihat bahwa URL di Settings » General Anda sekarang sudah berubah menjadi HTTPS.

Https General Setting WordPress

Untuk memastikan semua pengaturan SSL lainnya telah diperbarui dengan benar, buka Settings » SSL. Anda harus melihat tanda centang hijau di samping semua setelan:

konfigurasi wordpress ssl certificate

Langkah 3: Verifikasi kesuksesan WordPress HTTPS di front-end

Sekarang, Anda harus pergi ke bagian publik situs Anda dan memverifikasi dua hal:

Pertama, silahkan akses URL situs Anda dengan URL tanpa https:// yaitu dengan mengetikkan URL Anda seperti http://domainanda.com, dan Anda akan secara otomatis akan di arahkan ke URL Anda yang baru dengan URL https://domainanda.com.

Kemudian, pastikan Anda melihat “gembok hijau” di semua halaman situs Anda. Jika Anda menggunakan Google Chrome, seharusnya terlihat seperti ini:

Itu saja yang perlu anda lakukan untuk menambahkan WordPress HTTPS! Namun, Anda masih perlu mengurus beberapa masalah lain jika menggunakan Google Analytics, CDN, dan atau Google Search Console, dan ini akan saya jelaskan pada artikel di kemudian hari.

Kesimpulan

SSL sertifikat sangat penting untuk keamanan informasi dari pengguna situs Anda dan juga website akan terlihat lebih profesional dan terpercaya. SSL sertifikat bisa Anda dapatkan dengan gratis di Let’s encyprt atau membeli dengan harga terjangkau dengan SSL commodo. Untuk konfigurasi di WordPress dengan cara termudah dan praktis adalah menggunakan plugin Really Simple SSL yang benar-benar mudah untuk digunakan.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Quality Construction Responsive Free

Quality Construction adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang menarik, modern dan mudah digunakan dengan...

8 Alasan Kenapa Anda Harus Pindah dari Blogger ke WordPress

Saat Anda ingin memutuskan untuk memulai membuat blog maka akan banyak sekali Anda temukan...

Close