fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Buat Peta Interaktif Keren di WordPress dengan WP Map Plugins

Apakah saat ini sedang mencari Peta interaktif untuk situs web WordPress Anda? Apapun tujuan Anda dalam menggunakan peta interaktif tersebut di website Anda, mungkin artikel ini akan menjadi solusi yang Anda cari.

Pada artikel ini saya akan mengulas salah satu plugin keren yang bisa menampilkan peta interaktif di WordPress dengan cara yang sangat mudah dan menarik, plugin tersebut adalah WP Map Plugin. Namun, sebelum kita masuk ke pembahasan inti dari artikel ini, mari kita simak alasan kenapa Anda mungkin perlu peta interaktif di website Anda.

WP Map Plugins

Kenapa Perlu Memasang Peta Interaktif?

Halaman kontak di website Anda pasti akan jauh lebih menarik jika ditambahkan peta. Karena dengan peta akan memudahkan pengunjung Anda lebih memahami lokasi Anda atau lokasi dari kantor-kantor bagian dari perusahaan Anda atau menukjukkan berbagai macam tempat yang Anda inginkan agar bisa dilihat secara langsung dengan peta yang penuh dengan pinpoint. Atau mungkin jika Anda seorang traveler, dengan menampilkan peta interaktif yang disertai gambar yang pernah Anda kunjungi juga menjadikan konten Anda lebih menarik.

WP Map Plugins

Sekarang, mari kita langsung masuk ke pembahasan inti tentang WP Map Plugin WordPress dibawah ini.

Apa itu WP Map Plugin?

WP Map Plugin adalah plugin yang dapat menampilkan peta interaktif dunia gratis yang dapat Anda gunakan untuk pemetaan lokasi seperti negara, benua, propinsi dan masih banyak lagi dengan cara yang menarik dan dapat di klik secara langsung.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan tautan, gambar, dan teks secara langsung pada lokasi bagian pada peta dan Anda bisa mengganti warna peta pada hover di editor visual yang sangat mudah digunakan.

WP Map Plugin juga akan memberikan Anda kode pendek (shortcode) yang bisa Anda sisipkan pada postingan atau halaman manapun untuk menampilkan peta yang Anda buat. Semua peta yang dibuat oleh WP Map Plugin mendukung responsif, sangat ringan ketika dimuat dan ramah SEO karena ini adalah Peta yang dibuat dengan SVG yang memiliki ukuran sangat ringan.

WP Map Plugin merupakan peta interaktif yang sangat lengkap mencakup peta dunia, dimana ada berbagai peta untuk semua negara, benua dan bahkan juga memiliki peta interaktif untuk negara kita tercinta yaitu peta indonesia.

Cara Menggunakan Peta Interaktif WP Map Plugin

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa WP Map Plugin mendukung banyak negara. Namun untuk pengujian di pembahasan ini saya akan menggunakan salah satu peta yaitu peta indonesia.

WP Map Plugin memang gratis, tapi versi gratis hanya untuk peta interaktif dunia yang mendukung 6 benua yaitu daftar benua yang dapat diklik di peta dunia yaitu :

  • Afrika
  • Asia
  • Eropa
  • Amerika Utara
  • Oceania
  • Amerika Selatan

Setiap benua dapat dikustomisasi secara independen (warna, tautan, arahkan informasi, dll).

Sedangkan jika Anda menginginkan peta interaktif untuk wilayah lain atau negara lain maka Anda diharuskan untuk membeli peta tersebut dengan harga terjangkau yaitu $19 saja. WP Map Plugins dijual untuk satuan peta negara tertentu dengan harga $19 per peta, mereka tidak membuat peta secara lengkap dari berbagai negara karena hal itu akan membuat dashboard terlihat ramai dan juga rumit, dengan membuat peta satuan ini akan memudahkan bagi pengguna dalam melakukan konfigurasi dan juga membeli apa yang mereka butuhkan saja.

Namun, WP Map juga memberikan paket lengkap dengan harga $89. Ini adalah paket diskon dari plugin peta benua individu dengan negara yang dapat diklik, Anda dapat menginstal setiap peta benua secara individual dan menyisipkan setiap peta di halaman terpisah. Dalam paket tersebut terdapat beberapa peta sebagai berikut :

  • Peta Interaktif Afrika
  • Peta Interaktif Asia
  • Peta Interaktif Eropa
  • Peta Interaktif Amerika Utara
  • Peta Interaktif Oseania
  • Peta Interaktif Amerika Selatan

Sekarang mari kita bahas tentang peta interaktif khusus indonesia terlebih dahulu sebelum masuk ke langkah demi langkah cara menggunakan WP Map plugins. Pada dasarnya untuk cara penggunaan dan editor peta adalah sama saja, yang membedakan hanya bentuk peta dan lokasi negara saja.

Plugin Peta Interaktif Indonesia

Plugin WordPress peta interaktif Indonesia ini akan menampilkan peta interaktif dengan 34 provinsi yang dapat di klik dan dapat dikustomisasi dengan mudah dengan memasukkan warna hover berbeda-beda, tautan, teks, informasi, dan gambar.

WP Map Plugins Indonesia

Fitur Utama :

  • Satu kali bayar, tidak ada biaya tahunan atau berlangganan.
  • Editor visual – TIDAK memerlukan ilmu coding.
  • Antarmuka yang tersusun dengan baik dengan panel admin yang mudah digunakan.
  • Gunakan shortcode sebanyak yang anda inginkan pada halaman yang berbeda untuk menampilkan peta yang sama.
  • Buat beberapa peta dan gunakan pada halaman yang berbeda sampai dengan 3 peta.
  • Responsive dan dapat disesuaikan.
  • Berjalan sempurna di desktop dan smartphone.
  • SEO friendly – Ukuran file kecil – Loading Cepat.

Interactive Map of Indonesia

Sekarang, untuk memulai menggunakan WP Map Plugins, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendownload plugin WP Map Plugin. Karena saya menggunakan Peta interaktif indonesia maka Anda harus membelinya terlebih dahulu dengan harga $19 dan setelah itu mendownload plugin tersebut.

Setelah itu, silahkan install dan aktifkan plugin WP Maps melalui dashboard admin WordPress Anda seperti Anda menginstall plugin pada umumnya.

Anda akan melihat item menu baru ditambahkan di sidebar admin dengan nama “Indonesia Map”. Silahkan klik menu tersebut dan Anda akan dibawa pada halaman editor map yang sangat sederhana dan mudah untuk di konfigurasi.

WP Map Plugins Indonesia 2

Pada halaman editor ini, Anda akan melihat peta indonesia secara keselurahan pada bagian atas dalam kotak.

Pada bagian samping kanan peta, ada “General Settings” dimana pada bagian ini hanya terdapat pengaturan warna untuk border peta. Anda bisa menentukan warna border sesuai keinginan Anda dengan menekan tombol “Select Color”.

Dibagian bawah peta adalah bagian yang penting dari halaman editor ini, dimana Anda akan melihat semua daftar propinsi yang dapat anda konfigurasi. Untuk peta indonesia terdapat sekitar 34 propinsi dan masing-masing propinsi memiliki konfigurasi editor masing-masing. Jika Anda tidak ingin ada propinsi yang tidak dapat diklik maka cukup hilangkan centang pada bagian pilihan “Active” di sebelah kanan.

Untuk pengaturan editor peta pada propinsi tertentu cukup klik nama propinsi maka akan memunculkan bilah editor, dimana semua editor isinya adalah sama. Sebagai contoh disini saya akan mengatur propinsi “East Java”. Ketika Anda klik maka akan muncul editor seperti gambar dibawah ini.

WP Map Plugins Indonesia 3

Pada bagian paling atas adalah pengaturan warna : Up Color, Hover Color dan Click Color. Anda dapat menyesuaikan masing-masing warna tersebut sesuai keinginan Anda yang nantinya akan diterapkan pada masing-masing bagian peta yang dapat di klik.

Dan pada bagian bawahnya Anda dapat menambahkan tautan, dimana ketiak bagian peta tersebut di klik akan mengarahkan pada URL yang sudah Anda tentukan. Anda bisa mengatur target URL ke tab baru, halaman yang sama atau tidak ada tindakan.

Dibagian paling bawah dari halaman editor terdapat editor yang sederhana, disini Anda dapat menuliskan informasi untuk bagian peta yang Anda pilih. Anda bisa memasukkan informasi seperti teks, gambar dan mengatur tulisan sesuai keinginan Anda.

Selanjutnya pada bagian paling bawah ada “Bulk Edit”, pada bagian ini Anda dapat mengedit secara bersamaan untuk Warna, tautan dan info. Fitur ini akan mempercepat perubahan jika Anda ingin mengatur bagian ini sama pada semua bagian peta.

Setelah semua konfigurasi selesai Anda lakukan, Anda bisa menyimpan konfigurasi dengan menekan tombol “Save Changes” pada bagian kanan atas.

Untuk menampilkan peta interaktif ini, anda bisa menyalin shortcode yang terletak dibagian atas peta, dan letakkan shortcode pada halaman atau postingan yang Anda inginkan. Setelah itu silahkan lihat hasilnya pada bagian depan situs Anda. Dan lihat bagaimana peta dari WP Map Plugin ditampilkan dengan sangat menarik. Dan hasilnya adalah sebagai berikut :

WP Map Plugins Indonesia 4

Dan itulah ulasan saya tentang plugin WP Maps Plugin, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda yang sedang mencari plugin untuk menampilkan peta interaktif dunia di situs WordPress. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
loading...
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Perbedaan Software Engineer dan Software Developer

Dalam dunia pembuatan perangkat lunak (software), jabatan pekerjaan Software Engineer dan Software Developer sering...

10 Layanan Cloud Storage Terbaik dan Gratis

Layanan Cloud Storage Terbaik Gratis. Dengan berkembangnya teknologi saat ini semakin banyak orang dari...

Close