fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Me-Reset Ulang WordPress dengan WP Reset

WordPress menjadi sangat populer dikarenakan platform ini mengusung sistem sumber terbuka atau open source, jadi bagi siapa saja yang memiliki pengetahuan coding yang baik dapat mengembangkan atau melakukan kustomisasi secara penuh pada platform WordPress ini.

Ada begitu banyak pengembang dari berbagai negara melakukan pengembangan pada WordPress dan mereka juga banyak yang membuat plugin dan tema khusus sesuai dengan kebutuhan pasar.

Bagi Anda yang hobi dalam melakukan kustom pada WordPress atau mungkin sedang mengembangkan tema atau plugin WordPress, tentu akan sangat sering melakukan uji coba pada WordPress dalam menjalankan proyek yang sedang dikerjakan. Tapi pada proses kustom atau pengembangan ini tidak selamanya berjalan lancar dan bahkan mungkin Anda mengalami kegagalan yang mungkin sulit untuk melanjutkan ke tingkat selanjutnya.

Jika Anda merasa kesulitan dalam melanjutkan dan tidak tahu harus mencari apa yang salah pada proses kustomisasi WordPress. Maka jalan satu-satunya yang bisa Anda lakukan adalah mereset ulang WordPress agar bekerja normal kembali.

Dalam proses mereset ulang atau mengembalikan WordPress pada instalasi defult tentu merupakan hal yang mudah namun jika itu dilakukan secara manual maka akan memakan waktu yang tidak sebentar, apalagi jika dilakukan berulang-ulang ketika Anda melakukan eksperimen mengalami kegagalan yang berulang.

Di artikel ini saya akan memberikan solusi bagi Anda yang sedang melakukan kustomisasi pada WordPress dan sedang mencari cara untuk mereset ulang WordPress dengan cepat, Anda bisa menggunakan plugin WP Reset untuk mempermudah pekerjaan ini dan menyimpan waktu berharga Anda untuk fokus pada eksperimen dan pengembangan lebih lanjut.

WP Reset

Apa itu WP Reset?

WP Reset adalah plugin yang dapat membantu Anda dengan cepat untuk mengembalikan WordPress pada instalasi default. Hanya dengan menekan tombol WP Reset maka dengan instan apa yang Anda tambahkan pada WordPress akan dikembalikan ke pengaturan awal. Tidak hanya itu, Anda bisa memilih untuk mereset bagian tertentu seperti memilih untuk mereset hanya transien, plugins, tema, tabel DB khusus, folder wp-upload, file .htaccess atau media situs Anda.

WP Reset WordPress

Plugin WP Reset ini akan menghapus setiap modifikasi yang dilakukan pada situs Anda dan membawanya kembali ke instalasi baru. Ini termasuk semua posting Anda, halaman, jenis posting kustom, user dan entri media.

Ini juga akan mengatur ulang database WordPress dan menghapus semua entri dari tabel default WordPress. Bersamaan dengan tabel default, itu juga akan menghapus semua tabel lain yang dibuat oleh WordPress selama mereka menggunakan awalan yang sama dengan tabel WordPress.

Itu tidak menghapus file apa pun dari instalasi Anda tetapi menghapus entri dari database. Jika Anda telah mengunggah file gambar, maka akan tersimpan di folder upload tetapi tidak akan dapat diakses dari dashboard WordPress. Dengan cara yang sama juga tidak menyentuh file plugin atau tema Anda. Jadi, semua WordPress Plugins dan file media Anda akan disimpan.

Bayangkan jika Anda harus melakukan proses ini secara manual dan berkali-kali, tentu itu akan menyita banyak waktu Anda. Dengan plugin WP Reset ini Anda bisa melakukanya dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Fitur WP Reset

WP Reset merupakan plugin yang mungkin akan sangat berguna bagi siapa saja yang sedang melakukan kustomisasi, mengembangkan, men-debug, dan memelihara puluhan tema & plugin WordPress untuk proses yang lebih cepat. Dan berikut adalah beberapa fitur dari WP Reset :

WP Reset WordPress Fitur

Reset situs Sekali Klik

Mudah dan secepat hanya dengan satu klik. Setiap kali Anda membutuhkan instalasi WordPress baru klik “reset” & tunggu beberapa detik maka semua akan kembali normal lagi.

WP-CLI Kompatibel

WP Reset 100% kompatibel dengan WP-CLI, membuatnya super cepat untuk digunakan.

Dukungan in-house

Anda akan mendapatkan dukungan langsung dari dari orang-orang yang membuat plugin dan menggunakannya setiap hari – secara gratis!

Pengaturan Pasca-Reset

Tidak perlu mengatur opsi atau mengaktifkan kembali plugin & tema secara manual. WP Reset akan mengkonfigurasi ulang WordPress seperti yang Anda inginkan.

Snapshots Database

Punya beberapa data demo atau tabel khusus yang Anda butuhkan untuk pengujian? Dengan mudah. Kembalikan instalasi Anda ke snapshot yang dipilih.

Database Diff Viewer

Tidak yakin apa yang diubah plugin atau tema di database Anda? Cari tahu dengan satu klik & dapatkan representasi visual dari data.

Alat Reset Selektif

Anda dapat memilih untuk mereset hanya transien, plugins, tema, tabel DB khusus, folder wp-upload, file .htaccess atau media situs Anda.

Integrasi Webhooks

Semua alat dapat dipicu dari layanan pihak ke-3, dan Anda dapat melakukan ping ke layanan yang sama setelah selesai – dengan menggunakan webhooks.

Cara Menggunakan WP Reset

Untuk memulai menggunakan WP Reset, silahkan install plugin WP Reset yang bisa Anda download secara gratis disini. Setelah plugin Anda install dan aktifkan, maka akan muncul item baru di bawah menu Tools → WP Reset.

WP Reset WordPress Reset

Anda akan melihat beberapa menu Tab dalam pengaturan plugin. Untuk mereset ulang WordPress Anda, maka pilih menu tab “Reset” dan scroll kebawah dan ketik “reset” pada kolom yang tersedia dan klik tombol “Reset WordPress”.

Akan muncul menu popup yang bertuliskan :

Anda yakin ingin melanjutkan?
Mengklik “Reset WordPress” akan mengatur ulang situs Anda ke nilai default. Semua konten akan hilang. TIDAK ADA UNDO.
Klik “Cancel” untuk membatalkan.”

Silahkan klik “Reset WordPress” dan tunggu prosesnya, maka semua akan kembali ke pengaturan awal.

WP Reset Tools

Selanjutnya, jika Anda hanya ingin mereset ulang pada bagian-bagian tertentu saja seperti mereset hanya transien, plugins, tema, tabel DB khusus, folder wp-upload, file .htaccess . Anda bisa masuk pada menu Tab “Tools”. Anda akan menemukan tombol-tombol reset sesuai dengan ketentuan yang ingin Anda reset.

Baca : Tutorial Cara Install WordPress Lengkap Step by Step [Best Tutorial]

Dan itulah ulasan saya tentang plugin WP Reset, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda melakukan proses reset WordPress dengan cepat dan mudah sehingga mempersingkat waktu Anda. Semoga bermanfaat 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Software Database Terbaik Pada Tahun 2019

Dunia bisnis modern dibangun berdasarkan informasi yang disimpan dalam database. Tantangannya datang dalam menggunakan...

Buat Peta Interaktif Keren di WordPress dengan WP Map Plugins

Apakah saat ini sedang mencari Peta interaktif untuk situs web WordPress Anda? Apapun tujuan...

Close