How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

OceanWP – Tema WordPress Gratis Untuk Berbagai Tujuan dengan Fitur Premium

Ketika Anda membangun website dengan WordPress, salah satu hal yang paling penting perlu Anda pikirkan adalah membuat website WordPress Anda memiliki tampilan yang bagus agar website terlihat profesional.

Salah satu keunggulan WordPress adalah banyaknya tema WordPress gratis yang mudah Anda temukan, begitu juga tema WordPress premium dari pengembang pihak ketiga. Selain itu, tema WordPress dapat dengan mudah Anda pasang melalui dashboard WordPress karena kebanyakan tema WordPress gratis sudah terdaftar di direktori WordPress.org.

Tapi karena banyaknya tema WordPress yang tersedia, mungkin akan menjadikan banyak pengguna WordPress bingung dalam menemukan tema WordPress yang bagus dan memenuhi kriteria. Disini saya akan membantu Anda menemukan tema WordPress yang bagus dan dapat digunakan untuk berbagai macam jenis website yaitu OceanWP.

Visit OceanWP

Apa itu OceanWP?

OceanWP adalah tema WordPress yang dapat digunakan untuk membangun berbagai macam jenis website dari blog, bisnis, portfolio sampai toko online dan tema sepenuhnya responsive. Tema Ocena WP ini baru saja ditambahkan ke direktori tema WordPress.org pada bulan April 2017 dan ini tergolong tema baru. Namun yang paling menakjubkan adalah tema sudah digunakan lebih dari 30.000 pengguna dan rating bintang 5 yang tinggi meskipun tema baru saja dirilis, ini membuktikan bahwa tema OceanWP banyak disukai oleh pengguna WordPress.

OceanWP Themes WordPress Gratis

Selain itu, Tema OceanWP sepenuhnya kompatibel dengan pembuat halaman berkinerja terbaik seperti Elementor, Visual Composer, Beaver Builder dan Divi Builder. Selain itu, Tema juga mendukung plugin populer WooCommerce untuk membangun toko online. OceanWP juga hadir dengan banyak demo website yang berbeda-beda dan Anda dapat dengan mudah mengaktifkan demo website sesuai dengan tujuan website yang akan Anda bangun.

Fitur-Fitur Unggulan OceanWP

OceanWP memang merupakan tema gratis, namun tema ini membawakan sejumlah fitur premium yang tidak ada pada kebanyakan tema gratis lainnya. Dan berikut adalah beberapa daftar fitur yang dibawa oleh OceanWP :

Fitur OceanWP Themes WordPress

  • Tema sepenuhnya responsif yang berarti bahwa tema akan tampil sempurna di berbagai perangkat dengan ukuran layar berbeda.
  • Tema memiliki kecepatan yang sudah di optimalkan dan tema OceanWP merupakan tema yang ringan sehingga sangat cepat ketika dimuat.
  • Tema dibangun untuk mendukung plugin WooCommerce untuk mampu digunakan dalam membuat website toko online.
  • Tema dibangun dengan praktik SEO terbaik sehingga akan sangat mudah disukai oleh mesin pencari seperti Google.
  • Tema terintegrasi dengan WordPress Customizer sehingga memudahkan Anda dalam membuat perubahan dan setiap perubahan akan terlihat secara live.
  • Tema sudah dibekali dengan Mega menu, sehingga Anda dapat membuat menu multi layer dengan tampilan yang indah seperti website berkelas.
  • Kontrol menampilkan bagian yang berbeda dalam WordPress customizer. Ini sangat berguna karena penyesuai WordPress mungkin lambat saat diisi dengan banyak pilihan.
  • Kontrol pilihan halaman untuk setiap halaman
  • Terdapat sekitar 13 demo situs gratis dan banyak pilihan untuk versi pro
  • Multilingual siap dengan dukungan RTL
  • Sepenuhnya kompatibel dengan berbagai macam pembangun halaman seperti Elementor, Visual Composer, Beaver Builder dan Divi builder
  • Dilengkapi dengan extensions yang lengkap dengan fitur-fitur menakjubkan untuk menjadikan OceanWP memiliki fitur yang lebih lengkap.

Cara Memasang dan Konfigurasi Tema OceanWP

Untuk menggunakan tema OceanWP, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall tema melalui dashboard WordPress Anda dengan cara masuk ke menu Appearance » Themes kemudian klik tombol Add New dan ketik kata kunci OceanWP pada bagian kolom pencarian tema. Setelah tema OceanWP muncul silahkan untuk klik tombol install dan kemudian aktifkan tema.

OceanWP Themes WordPress Install

Setelah tema OceanWP Anda aktifkan, Anda akan mendapatkan pesan notifikasi yang merekomendasikan untuk menginstall plugin bawaan dari OceanWP seperti Plugin “Extra Ocean” yang berguna untuk mengaktifkan dan menonaktifkan bagian penyesuai yang berbeda, Mengimpor dan mengekspor setelan tema, dan panel untuk mengaktifkan ekstensi premium. Selain itu, Anda dapat mengontrol menampilkan / menyembunyikan sidebar pada halaman atau posting dan bahkan mengubah tata letak.

Dan juga direkomendasikan untuk menginstall plugin “Elementor Page Builder” untuk memudahkan Anda dalam membangun halaman Anda di WordPress..

Setelah plugin Ocean diaktifkan Anda akan melihat item menu baru ditambahkan pada sidebar dashboard WordPress Anda dengan nama “Theme Panel”. Silahkan masuk pada menu “Theme Panel”, pada bagian ini Anda dapat mengaktifkan atau menon panel Customizer, menambahkan logo, favicon, mengontrol pilihan header dan footer Anda, dsb.

OceanWP Themes Panel

Di bawah Theme Panel, Anda akan menemukan item sub-menu yang disebut “My Library”. Pada bagian ini Anda dapat membuat custom header template, footer template, dan masih banyak lagi dengan menggunakan pembangun halaman Elementor. Anda akan dapat membuat bagian-bagian yang menakjubkan pada tema Ocean jika menguasai penggunaan pembangun halaman Elementor.

Pada bagian “Script & Style”, Anda dapat mengontrol kode CSS dan JS yang berbeda yang mengontrol berbagai fitur dalam tema OceanWP. Misalnya, Anda bisa mengaktifkan / menonaktifkan beberapa fitur hanya dengan menghilangkan tanda centang. Dengan menonaktifkan beberapa hal yang tidak Anda gunakan, hal itu dapat membantu meningkatkan kecepatan pemuatan situs web Anda.

Pada bagian “Import & Export OceanWP”, Anda dapat mengekspor pengaturan tema dan kemudian dapat Anda gunakan untuk diimpor ke situs web lain milik Anda yang juga menggunakan OceanWP.

Pada bagian “Rec. Plugins” terdapat beberapa daftar plugin populer yang direkomendasikan untuk Anda. Ada beberapa plugin gratis dan juga premium seperti Contact form 7, WooCommerce, Slider Revolution dan masih banyak lagi. Untuk bagian ini Anda tidak diharuskan menginstall plugin tersebut kecuali memang Anda membutuhkannya.

Pada bagian “Extensions” terdapat beberapa Extensions dari OceanWP yang dapat Anda install. Saat ini terdapat sekitar 18 Extensions, ada beberapa yang gratis dan juga berbayar. Extensions ini sangat berguna untuk menambahkan fitur pada website Anda. Seperti Ocean Extra, Ocean Social Sharing, Ocean Demo Import dan masih banyak lagi.

Demo OceanWP Themes

Seperti yang sudah saya sebutkan pada fitur OceanWP bahwa tema ini menawarkan sebanyak 13 sample demo tema untuk berbagai jenis tujuan website. Anda dapat melihat contoh demo dari OceanWP ini untuk menentukan mana yang paling cocok dengan website yang akan Anda bangun. OceanWP membuat beberapa contoh demo website untuk berbagai tujuan seperti business, blog, sport, OnePage, dan eCommerce.

OceanWP Themes WordPress Demo

Dengan mengaktifkan Ocean Demo Import ini akan memudahkan Anda dalam membangun dan mengatur layout website. Untuk mencoba beberapa demo yang ditawarkan OceanWP, silahkan masuk ke menu Theme Panel » Extensions dan temukan Extensions dengan nama “Ocean Demo Import” dan klik pada tombol install lalu aktifkan.

Selanjutnya akan terdapat item sub menu dalam Theme Panel dengan nama “Install Demos”. Anda akan melihat semua demo yang tersedia, pilih demo yang ingin Anda impor dan klik tombol “Install”.

Menyesuaikan OceanWP Themes

Untuk menyesuaikan tema OceanWP, Anda bisa masuk ke menu Appearance » Customize, Anda akan menemukan opsi default dari customizer bawaan WordPress dan juga banyak opsi penyesuaian lainnya dari OceanWP.

OceanWP Themes Customize

Pada bagian Customize ini Anda dapat melakukan penyesuaian secara menyeluruh pada tampilan website Anda seperti mengganti logo, mengatur header dan footer, sidebar, menu, dan masih banyak lagi. Dan hal yang paling menyenangkan dari integrasi Customize ini adalah setiap perubahan yang Anda lakukan dapat langsung Anda lihat.

Untuk membahas secara lengkap tentang menggunakan OceanWP dalam satu halaman tentu itu hal yang mustahil karena begitu banyak fitur dan kelebihan yang dimilikinya, Anda bisa mempelajari secara detail tentang penggunaan OceanWP dan ekstensinya pada halaman dokumentasi yang sudah disediakan secara lengkap oleh OceanWP disini ⇒ OceanWP Documentations.

Core Extensions Bundle

Selain menawarkan paket gratis, OceanWP juga menawarkan paket extensions premium dan juga demo tema premium. Anda bisa membeli masing-masing extensions secara terpisah dengan harga $29, tapi itu akan terlihat sangat mahal jika dibandingkan dengan ketika Anda membeli extensions dalam satu paket bundle dengan harga hanya $35 saja dan sudah mendapatkan semua extensions beserta semua demo tema pro.

Extensions OceanWP Themes WordPress

Dan berikut adalah beberapa daftar Extensions premium yang bisa Anda dapatkan :

  • Login Popup : Plugin untuk menambahkan login popup, daftar dan formulir kata sandi hilang.
  • Instagram : Sebuah plugin untuk menampilkan umpan Instagram Anda dengan cara yang bagus.
  • Portofolio : Ekstensi lengkap untuk menampilkan portofolio Anda dan bekerja dengan cara yang bagus.
  • Sticky Header : Lampirkan header dengan atau tanpa top bar di bagian atas layar Anda dengan animasi.
  • Footer Callout : Tambahkan beberapa informasi penting / relevan tentang perusahaan atau produk Anda dibagian footer.
  • Widget Elementor : Tambahkan beberapa widget baru ke elemen pembangun halaman gratis yang populer.
  • Side Panel : Tambahkan panel samping responsif dengan widget pilihan Anda di dalamnya.
  • Ocean Hooks : Tambahkan konten kustom Anda ke berbagai area di OceanWP tanpa menggunakan tema anak (child themes).
  • Sticky Footer : Ekstensi sederhana untuk melampirkan footer di bagian bawah layar Anda.
  • Woo Popup : Ekstensi sederhana untuk menampilkan popup saat Anda mengklik tombol Add To Cart.
  • White Label : Plugin yang menambahkan kotak baru di Theme Panel untuk memungkinkan Anda mengganti nama OceanWP.

Buy OceanWP Bundle

Kesimpulan

OceanWP adalah satu tema yang dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan pembangunan website, ini merupakan tema gratis yang benar-benar memiliki fitur lengkap dan juga dilengkapi dengan banyaknya ekstensi gratis maupun premium untuk menjadikan OceanWP menjadi tema multi-fungsi. Untuk mendapatkan fitur penuh dari OceanWP juga tidak mahal karena paket terendah hanya dihargai $35 saja. Sebelum Anda mencoba tema lain untuk website WordPress Anda, maka saya menyarankan untuk mencoba OceanWP terlebih dahulu.

Dan itulah ulasan saya tentang OceanWP themes, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan membantu memudahkan Anda dalam menemukan tema terbaik untuk situs WordPress Anda. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Hotel Galaxy Lite Responsive Free

Hotel Galaxy Lite adalah Tema WordPress Responsive Gratis berbasis hotel yang memiliki desain bersih...

BackupGuard ~ Layanan Terbaik untuk Backup, Restore dan Migrasi WordPress

Pada artikel sebelumnya saya mengatakan bahwa backup merupakan kegiatan yang penting bahkan wajib untuk...

Close