banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Yang Perlu Anda Lakukan Setelah Setup HTTPS SSL Certificate

4 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Setelah Setup HTTPS SSL Certificate – Untuk memenuhi janji saya pada artikel sebelumnya yang bisa Anda baca di artikel berikut ⇒ Cara Mudah Setup SSL Sertifikat di WordPress dengan Plugin Really Simple SSL.

Disini saya akan menjelaskan 4 langkah penting yang perlu dan harus Anda lakukan setelah selesai melakukan setup pada pengaturan HTPPS pada website WordPress Anda. Tapi hal ini hanya perlu Anda lakukan jika Anda menggunakan beberapa layanan seperti Google Analytics, Google Search Console, dan CDN.

Setelah selesai melakukan setup SSL HTTPS untuk website Anda baik dari sisi control panel maupun pada platform WordPress, Anda masih memiliki pekerjaan lagi yang ini juga penting agar layanan-layanan diatas mengetahui bahwa URL website Anda sekarang sudah beralih menggunakan HTTPS. Dan berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan setelah setup SSL :

Perbarui URL situs Anda di Google Analytics

Loading...

Agar pelacakan statistik dari google analytics yang Anda pasang pada website Anda di rekam secara akurat, maka Anda perlu mengubah URL Anda di Google Analytics dari yang sebelumnya URL HTTP menjadi HTTPS.

Untuk melakukannya, silahkan masuk ke area Admin → Property Settings. Kemudian, ubah pilihan pada menu drop down dari http:// ke https:// di bawah Default Settings URL:

Google Analytics Property

Jika sudah selesai, pastikan untuk menyimpan pengaturan Anda. Untuk kode pelacakan dari Google Analytics yang Anda tambahkan ke situs WordPress Anda akan tetap sama, jadi Anda tidak perlu memperbarui apapun selain perubahan pengaturan seperti diatas.

Buat Property baru di Google Search Console

Satu lagi layanan milik Google yaitu Google Search Console atau Google Webmaster tool ini tidak bisa hanya dengan mengubah URL saja dari HTTP ke HTTPS tapi untuk memberitahukan bahwa website Anda menggunakan URL HTTPS, Anda diharuskan untuk membuat versi baru untuk menambahkan HTTPS. Untuk melakukannya, silahkan buka situs Google Search Console dan klik Add Property:

Webmaster tool Add Property setelah setup SSL

Loading...

Lihat pada gambar diatas bahwa saya memiliki dua versi untuk Property di Google Search Console untuk satu domain website. Hal itu karena website baru saja beralih dari HTTP ke HTTPS.

Loading...

Selain itu masih pada Google Webmaster tool, Anda juga harus menambahkan sitemaps untuk versi HTTPS pada Sitemap Webmaster tool Anda. Silahkan klik link nama domain anda dengan https:// dan pilih menu Carwl » Sitemaps dan klik tombol Add a Sitemaps.

Setelah menambahkan versi HTTPS ke situs Anda, segala sesuatu tentang Search Console akan berfungsi seperti sebelumnya.

Perbarui URL CDN ke HTTPS

Jika Anda menggunakan layanan CDN (jaringan pengiriman konten), Anda mungkin perlu memperbarui URL Anda di pengaturan CDN Anda juga. Karena proses yang tepat akan tergantung pada spesifik CDN yang Anda gunakan, untuk bagian ini saya tidak dapat memberi Anda panduan khusus. Karena terdapat banyak sekali layanan CDN dan ini mengakibatkan pengaturan yang berbeda-beda dari masing-masing layanan CDN.

Untuk hal ini Anda harus menghubungi bagian support layanan CDN yang Anda gunakan atau membaca dokumentasi untuk dukungan CDN Anda untuk mencari tahu bagiamana melakukan perubahan pengaturan jika Anda menggunakan HTTPS.

Jika Anda tidak menggunakan layanan seperti CDN, Anda tidak perlu melakukan penyesuaian URL pada bagian ini.

Perbarui link yang Anda arahkan ke HTTPS

Pada bagian terakhir ini adalah untuk merubah link-link yang pernah Anda tanam diluar situs Anda dengan URL baru HTTPS seperti link yang terdapat pada profil akun sosial media dan link eksternal lainnya, Anda harus memperbarui semua tautan ini untuk mengarah ke versi HTTPS situs Anda. Anda juga dapat mengirim email kepada semua webmaster ramah yang menautkan kepada Anda dan meminta mereka untuk memperbarui URL ke situs Anda.

Tapi ini bukan suatu hal yang harus Anda lakukan karena plugin SSL Really Simple yang saya bahas pada artikel sebelumnya akan menambahkan 301 redirect untuk secara otomatis mengirim lalu lintas dari HTTP ke HTTPS. Jika plugin SSL yang Anda gunakan tidak memiliki fitur 301 Redirect, Anda bisa menginstall plugin khusus untuk pengalihan halaman ini.

Dan beberapa pengguna mungkin akan bertanya mengenai apakah WordPress beralih ke HTTPS menyebabkan penurunan peringkat? Maka jawabannya adalah tidak, dan kalaupun turun maka ini juga akan sebentar. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk memasang SSL HTTPS, karena Google sudah mengatakan bahwa SSL merupakan faktor yang akan meningkatkan SEO sehingga berpengaruh pada peringkat pada mesin pencarinya.

Baca : 5 Plugin 301 Redirection Terbaik WordPress

Dan itulah beberapa langkah konfigurasi yang harus Anda lakukan setelah setup SSL HTTPS selesai Anda lakukan di bagian control panel maupun pada WordPress. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Instan, Cepat dan Mudah Meningkatkan DA PA

Disini saya akan membagikan cara instan dan mudah dalam meningkatkan nilai otoritas DA (Domain...

Ways To Grow Your Business In 2021

How to grow a business? - is a question that only successful entrepreneurs ask....

Close