banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Alasan Kenapa Blog Anda Sepi Pengunjung

Saat Anda sudah memulai sebuah blog dan berjalan selama beberapa bulan tapi masih sepi pengunjung, ini tentu terjadi bagi banyak pemilik blog. Bahkan Anda merasa telah melakukan segalanya dengan benar, namun, Anda tidak pernah mendapatkan 1.000 pengunjung unik per bulan dan hanya beberapa posting Anda yang mendapatkan lalu lintas pencarian.

Jika setiap posting Anda tidak mendapatkan beberapa ratus hingga beberapa ribu kunjungan pencarian per bulan, maka Anda melakukan sesuatu yang salah.

Berikut adalah sepuluh alasan mengapa Anda tidak mendapatkan lalu lintas mesin pencarian sebanyak yang Anda layak dapatkan dan blog Anda masih sepi pengunjung.

10 Alasan Kenapa Blog Anda Sepi Pengunjung

Blog sepi pengunjung dari lalu lintas mesin pencari atau dari sumber trafik lainnya memang membuat kita sebagai pemilik blog merasa jengkel, hal ini dikarenakan kerja keras kita serasa tidak membuahkan hasil.

mendatangkan trafik blog sepi pengunjung

Sekedar untuk mendatangkan trafik ribuan per bulan saja masih belum bisa apalagi untuk menghasilkan uang dari situs web kita. Pastikan untuk memeriksa beberapa alasan dibawah ini yang mungkin saja hal inilah yang menyebabkan blog sepi pengunjung.

1. Situs Anda Tidak Terindeks

Jika situs Anda tidak diindeks, mereka tidak dapat mengirimkan lalu lintas kepada Anda. Jadi, bagaimana Anda bisa diindeks?

Google (dan mesin pencari lainnya) sebenarnya akan mengindeks situs Anda secara otomatis, tetapi berikut ini adalah beberapa langkah untuk mempercepat proses indeks di Google:

Ini bisa saja bekerja lebih lambat untuk situs web baru, namun saat situs Anda menjadi lebih populer, spider Google akan mengunjungi lebih sering dan mengindeks konten Anda lebih cepat.

2. Anda Tidak Menulis Artikel yang Dicari Orang

Langkah pertama dalam menulis posting blog adalah mencari tahu apa yang ingin diketahui orang. Mengabaikan langkah ini seperti memulai bisnis tanpa meneliti apa yang ingin dibeli orang.

Jika Anda ingin mendatangkan lalu lintas dari mesin pencarian, Anda perlu melakukan penelitian kata kunci (keyword). Saya sudah sering membahas ini di beberapa artikel sebelumnya, tetapi koreksi lagi diri Anda sendiri, seberapa sering Anda benar-benar melakukan riset keyword?

Selalu pastikan untuk membuat konten seputar kata kunci yang benar-benar dicari orang. Untuk membantu Anda mengetahui kata kunci mana yang dicari orang, Anda bisa menggunakan Ubersuggest, Ahrefs atau SEMRush.

3. Anda Tidak Membuat Artikel yang Berfokus pada Kata Kunci

Melanjutkan poin nomor dua, setelah Anda tahu persis kata kunci mana yang digunakan atau dicari orang, Anda perlu membuat konten khusus untuk kata kunci tersebut.

Selama penelitian kata kunci Anda, buat daftar kata kunci yang relevan dengan audiens Anda dan yang dicari lebih dari 500 kali per bulan. Kemudian tulis satu posting blog untuk setiap kata kunci.

Membuat artikel yang berfokus pada kata kunci utama Anda, akan menjadikan blog Anda ramai pengunjung dan menjadi raja di niche tersebut.

Baca : Panduan Lengkap – Penelitian Kata Kunci untuk SEO

4. Anda Tidak Menempatkan Kata Kunci di Headline Anda

Judul artikel Anda adalah bagian terpenting dari posting Anda untuk mendapatkan lalu lintas pencarian.

Saat Anda mencari sesuatu di Google, kata kunci yang Anda cari selalu ada di headline, biasanya secara keseluruhan dan di dekat bagian depan headline.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan peringkat di mesin pencari untuk kata kunci tertentu, kata kunci tersebut harus berada di judul utama Anda dan di paragraf utama. Pastikan juga URL dan deskripsi mengandung kata kunci. Sedangkan dalam konten setidaknya terdapat beberapa kata kunci.

Jika Anda menggunakan plugin SEO seperti Yoast atau AIOSEO, akan terdapat fitur indikator pengukuran kata kunci agar tidak berlebihan dan tidak kekurangan dalam memasukkan kata kunci dalam keseluruhan konten.

5. Artikel Anda Kurang Berbobot

Ingat, tugas mesin pencarian Google adalah untuk memberikan hasil pencarian yang relevan dan berkualitas tinggi. Idealnya, halaman web terbaik dan terlengkap untuk setiap kata kunci akan selalu menempati posisi teratas.

Misalnya, jika Anda menulis posting 100 kata tentang “cara mendapatkan lalu lintas mesin pencari” sementara orang lain menulis posting 3.000 kata yang mencakup setiap sudut dan celah topik dengan otoritas, Google akan menemukan cara untuk meletakkan postingan dengan 3.000 kata di bagian atas dan letakkan milik Anda di bagian bawah.

Tujuan Anda dengan setiap posting blog adalah untuk menciptakan sumber daya utama untuk kata kunci tertentu. 1.000 kata per posting blog adalah ukuran ideal untuk satu artikel yang baik.

Baca : 10 Tips Membuat Konten atau Artikel Blog yang Sempurna

6. Anda Tidak Membagikan Artikel di Media Sosial

Sebuah studi oleh Branded3 mengkonfirmasi bahwa hasil pencarian Google setidaknya didasarkan pada jumlah Tweet dan like media sosial.

Dalam studi tersebut, mereka menemukan korelasi langsung antara jumlah tweet dan like fb dan peringkat hasil pencarian. URL yang memiliki banyak sinyal dari media sosial, rata-rata, menempati posisi ke-5 untuk kata kunci mereka.

Jadi, pastikan untuk membagikan postingan Anda di media sosial. Jika orang-orang melihat dan menyukainya, mereka dapat membagikan posting blog Anda, dan itu akan menghasilkan sinyal yang bagus di hasil pencarian dari media sosial.

7. Anda Tidak Menghubungkan Link Eksternal dan Internal

Salah satu cara untuk membuat sumber daya utama untuk kata kunci tertentu adalah dengan menautkan ke sumber daya lain dalam posting blog Anda, baik secara eksternal maupun internal.

Ini memberikan manfaat seperti :

  • Membuat posting blog Anda lebih berharga.
  • Membuat konten lain pada subjek lebih mudah ditemukan oleh Google.
  • Postingan Anda memiliki sinyal keterkaitan yang bagus di mesin pencari.

Untuk membuat link internal sangat mudah, Anda hanya perlu menghubungkan postingan satu dengan yang lain setiap kali menulis artikel. Sedangkan untuk link eksternal atau backlink, Anda bisa juga bertukar link dengan blogger lain atau mencari backlink gratis maupun berbayar.

8. Anda Tidak Menggunakan WordPress

Salah satu manfaat menggunakan WordPress adalah menghasilkan halaman yang mudah diindeks. Jika situs web Anda mudah diindeks, maka Google akan memberi peringkat lebih tinggi.

WordPress secara luas dianggap sebagai platform pembuatan situs web terbaik saat ini karena dengan itulah semua sumber daya online teratas dibuat. WordPress menguasai pasar platform web, dimana 42% situs web atau blog di dunia ini dibuat dengan WordPress.

Kuncinya di sini adalah memiliki situs web yang dikodekan dengan baik dan WordPress menanganinya untuk Anda. Dan segala hal tentang pengoptimalan mesin pencarian, Anda bisa menemukannya di WordPress.

Baca : 10 Blog Terkenal Yang Dibuat Dengan WordPress

9. Anda Tidak Mengoptimalkan Gambar Anda

Mengoptimalkan gambar Anda akan membantu peringkat mesin pencari Anda dalam dua cara:

Anda kemungkinan akan mendapatkan lalu lintas melalui pencarian gambar Google.
Ini adalah cara lain untuk memberi tahu Google apa kata kunci utama Anda.

Berikut adalah tiga cara untuk mengoptimalkan gambar Anda:

  • Simpan gambar Anda dengan nama kata kunci [keyword-phrase.jpg] sebelum Anda mengunggahnya ke situs Anda.
  • Tambahkan teks alternatif dengan [frasa kata kunci].
  • Tambahkan tag judul dengan [frasa kata kunci].

Sudah banyak postingan saya tentang cara mengoptimalkan gambar SEO agar lebih ramah terhadap mesin pencari.

10. Anda Tidak Menggunakan Hosting Terbaik

Jika Anda sudah familiar dengan Google Search Console, pasti akan mendapatkan laporan tentang perlunya mengoptimalkan kecepatan situs web Anda. Hal ini dikarenakan berpengaruh pada peringkat hasil pencarian.

Jadi, pastikan untuk mengoptimalkan blog Anda agar ringan dan cara termudah adalah menggunakan layanan hosting terbaik agar blog Anda cepat ketika diakses dan memiliki nilai yang bagus di Google.

Baca : Tips Cara Ampuh Agar Blog Banyak Pengunjung

Itulah 10 alasan kenapa blog Anda sepi pengunjung, Anda bisa memeriksa apa kesalahan Anda dari daftar diatas agar blog Anda mendapatkan lalu lintas yang besar dari mesin pencari dengan mendapatkan peringkat di halaman pertama hasil pencarian Google. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Bagaimana Pemeriksa Plagiarisme Dapat Meningkatkan SEO di Google?

Bagaimana Pemeriksa Plagiarisme Dapat Meningkatkan SEO di Google? - Dunia pemasaran konten tidak pernah...

2FAS – Tingkatkan Keamanan WordPress Dengan Autentikasi Dua Faktor

2FAS - Tingkatkan Keamanan WordPress Dengan Autentikasi Dua Faktor - Saat saya menyinggung tentang...

Close