banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Alternatif WordPress Terbaik untuk Membuat Website

WordPress memang merupakan platform website yang paling banyak digunakan, tapi rumitnya proses setting hingga mengoperasikan platform ini membuat banyak orang memilih alternatif WordPress terbaik.

Jika ingin menggunakan WordPress untuk membuat website bisnis, dibutuhkan elemen-elemen penting lain seperti:

Tanpa empat elemen ini, website bisnis yang Anda buat tidak akan terlihat profesional. Malah hanya akan kelihatan seperti website iseng saja.

Di sisi lain, mempelajari cara mengoperasikan keempat elemen tersebut bukan hanya butuh waktu lama, tapi juga butuh biaya yang tidak sedikit.

Itulah mengapa, banyak alternatif WordPress terbaik yang tidak kalah terkenal di kalangan pemilik bisnis online.

Baca : 5 Platform Blogging Terbaik dan Gratis

Rekomendasi Alternatif WordPress Terbaik 2022

choosing wordpress theme

Belum paham tentang dunia coding dan pembuatan website tidak boleh jadi alasan menahan-nahan untuk membawa bisnis ke media digital. Sebab, sekarang sudah ada bermacam pilihan alterntif WordPress terbaik yang bisa Anda coba, seperti:

  • Blogger
  • Joomla
  • Wix
  • Squarespace
  • Webflow
  • Shopify

Mari kita lihat mana alternatif terbaik dari 8 pilihan ini.

Blogger

Blogger Logo

Alternatif WordPress yang pertama, paling terkenal, sekaligus paling mudah digunakan tentunya adalah Blogger. Walaupun dengan platform ini kita hanya bisa membuat blog, tapi sudah banyak website bisnis online yang dibuat melalui Blogger.

Semua fitur yang ada di Blogger bisa digunakan dengan gratis. Kita hanya perlu berlangganan domain dengan nama brand sendiri dan mencari theme yang cocok untuk website bisnis online masing-masing.

Selain itu, Blogger punya tampilan dashboard yang sangat sederhana. Tidak perlu paham bahasa pemrograman untuk mengoperasikan dashboard di sini.

Kalaupun harus mengubah elemen-elemen kecil yang berhubungan dengan coding, ada banyak tutorial yang tersebar di internet.

Joomla

Joomla Logo

Jika ingin membuat website yang lebih kompleks namun tetap tidak mau belajar masalah coding terlalu dalam, Joomla mungkin bisa jadi pilihan yang tepat.

Dengan platform ini, Anda bisa membuat desain website dengan fitur yang fleksibel layaknya pada WordPress, namun tanpa perlu menulis sendiri pemrograman dari tiap fitur. Sebab Joomla punya lebih dari 6000 pilihan fitur dan gadget yang bisa dimasukan ke dalam tiap website.

Dibandingkan dengan Blogger, Joomla punya tampilan dashboard yang lebih rumit.

Sebagian besar waktu yang Anda miliki mungkin akan dihabiskan untuk mempelajari tentang navigasi dashboard, bagaimana cara melihat fitur satu per satu, dan masalah teknis lainnya.

Baca : 5+ CMS Terbaik Untuk Membuat Website

Wix

wix website

Bisa dibilang, Wix adalah alternatif WordPress terbaik yang menjadi gabungan antara Blogger dan Joomla.

Di sini, kita tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman apapun dan tetap bisa membuat website bisnis profesional dengan berbagai macam fitur di dalamnya.

Semua permasalahan teknis seperti optimasi SEO, masalah kecepatan waktu loading website, dan lainnya akan dikerjakan oleh tim profesional dari Wix. Sementara itu Anda hanya perlu memikirkan masalah desain website yang diinginkan.

Cara membuat desain atau theme di Wix sendiri sangat mudah, cukup drag & drop apa yang kita mau.

Untuk menggunakan Wix, Anda bisa mencoba versi gratis dengan domain bawaan. Jika ingin mengganti alamat website dengan nama pilihan sendiri, kita perlu berlangganan paket per tahun. Biaya langganannya pun jauh lebih murah dibandingkan total biaya tahunan membuat website di WordPress.

Squarespace

squarspace alternatif wordpress

Wix dan Squarespace punya banyak kemiripan. Mulai dari model layanan yang disediakan, fitur-fitur, hingga cara kerja website kedua platform ini.

Bedanya, Squarespace dibuat khusus untuk website e-commerce, dimana transaksi dilakukan langsung lewat website bisnis online yang Anda buat. Sebab ada fitur yang bisa menampilkan grafik transaksi, pengunjung mingguan, hingga estimasi penghasilan dari penjualan di website tersebut.

Squarespace juga merupakan platform yang cocok jika Anda ingin mempromosikan jasa, produk, atau portofolio dari bisnis yang sedang dijalani.

Webflow

webflow alternatif wordpress

Alternatif WordPress terbaik yang berikutnya ini sangat cocok untuk Anda yang punya cita-cita membuat website bisnis dengan tema seperti apapun yang diinginkan, tanpa ada batasan ketika mau meletakan elemen di manapun, serta tanpa harus mempelajari bahasa pemrograman.

Sebagai platform website bisnis online, Webflow lebih tepat jika digunakan untuk memamerkan produk yang Anda jual sekreatif mungkin.

Sebab sebagian besar fitur dalam platform ini berhubungan dengan elemen visual.

Tidak seperti Squarespace, Webflow tidak punya fitur untuk mencatat penjualan dan revenue bulanan dalam website tersebut.

Meskipun begitu, kemampuan mendesain visual sebebas mungkin layaknya menggunakan Photoshop tanpa harus tahu bahasa pemrograman apapun adalah kelebihan yang bisa mengalahkan website buatan WordPress.

Shopify

shopify web toko online alternatif wordpress

Nah, yang terakhir ini justru berbanding terbalik dengan Webflow. Sebab Shopify adalah platform khusus untuk membuat toko online sendiri, layaknya Tokopedia atau Shopee.

Di sini, kita tetap bisa membuat desain visual yang diinginkan. Namun fiturnya tidak sebanyak pembuatan desain visual di Webflow.

Tapi tenang saja, kekurangan tersebut digantikan dengan banyaknya fitur dalam masalah transaksi. Mulai dari fitur pembayaran dan transfer real time, tracking penjualan, fitur customer reviews, tracking pengiriman, dan masih banyak lagi.

Selain itu, biaya berlangganan Shopify juga sangat murah, hanya mulai dari $29 per bulan.

Untuk Anda pemilik UMKM yang berjualan produk fisik, baik itu makanan, minuman, maupun produk lainnya, Shopify adalah langkah paling tepat untuk memperkenalkan bisnis ke pasar yang lebih luas.

Baca : 9 Platform Toko Online e-Commerce Terbaik

Dari 7 pilihan alternatif WordPress terbaik di atas, mana yang menurut Anda paling cocok dengan bisnis atau kebutuhan masing-masing? Jangan lupa bandingkan masalah biaya maintenance website sebagai faktor lainnya sebelum memilih platform yang diinginkan.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published.

Must Read...!
Kenapa Menggunakan SssTikvideo untuk Mengunduh Video TikTok di 2022?

SssTikvideo adalah situs web terkenal yang dapat digunakan pengguna situs web TikTok untuk mendapatkan...

10 Fungsi Paling Penting WordPress SEO by Yoast

10 Fungsi Paling Penting WordPress SEO by Yoast - Jika Anda memiliki situs dengan...

Close