How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Related Posts by Bibblio – Plugin Terbaik untuk Posting Terkait WordPress

Tujuan dari membuat blog yang sesungguhnya adalah banyaknya pengunjung yang membaca konten artikel Anda, ketika Anda sudah susah payah menulis artikel yang bagus namun sedikit sekali ada pengunjung yang pembaca maka hal tersebut terasa sia-sia dan sebaliknya jika banyak artikel yang Anda buat dibaca oleh banyak pengunjung maka itu menandakan pekerjaan Anda telah berhasil sebagai blogger.

Sebagai seorang blogger, kesulitan yang sering dihadapi selain harus selalu membuat artikel yang bagus dan mendatangkan pengunjung yang banyak, masih ada satu lagi hal tersulit yang sering dihadapi yaitu bagaimana memaksimalkan keterlibatan pembaca dan menjaga audiens tetap berlama-lama di blog Anda. Karena kita semua tahu bahwa kebanyakan pengunjung datang ke situs blog hanya untuk membaca artikel yang mereka cari, dan ketika mereka sudah menemukan apa yang mereka cari, maka kebanyakan memutuskan untuk pergi meninggalkan blog Anda sehingga artikel-artikel bagus Anda yang lainnya tidak mereka baca.

Cara yang paling ideal untuk membuat pengunjung berlama-lama di blog Anda dan membaca sebagian besar artikel-artikel yang sudah dibuat adalah dengan menyertakan konten terkait di beberapa bagian artikel Anda, Anda bisa menambahkan postingan terkait atau yang sering disebut sebagai related post pada bagian bawah artikel, tengah atau sidebar blog Anda. Pada artikel kali ini, saya akan memberikan cara termudah untuk membuat postingan terkait atau related post di blog WordPress Anda dengan plugin Related Posts by Bibblio. Sebelumnya, silahkan baca terlebih dahulu beberapa manfaat menampilkan postingan terkait untuk blog Anda dibawah ini.

Related Post by Bibblio

Mengapa Anda Harus Menggunakan Plugin Related Posts?

Selain meningkatkan keterlibatan pembaca dan menjaga audiens tetap berlama-lama di blog Anda, Menampilkan postingan terkait (Related Posts) akan mendorong banyak pengunjung untuk mengklik dan membaca konten lebih lanjut di blog Anda dan masih banyak lagi seperti yang akan saya sebutkan dibawah ini:

Tingkatkan SEO : Plugin related posts secara otomatis dapat meningkatkan kualitas SEO pada blog Anda karena akan menurunkan rasio pentalan (bounce rate) pada blog Anda, meningkatkan tampilan halaman dan waktu pada statistik blog. Semua metrik tersebut dapat memberikan efek positif pada kinerja SEO blog sehingga meningkatkan peringkat blog Anda di mesin pencari.

Menghidupkan Konten Lama : Blog yang bagus adalah yang selalu memberikan konten segar secara reguler, namun ini juga akan memberikan efek pada artikel lama yang semakin terkubur dan sulit untuk pengunjung Anda mencari dan membacanya, dengan menampilkan postingan terkait maka konten-konten lama Anda masih sangat mungkin untuk mereka akses dengan mudah dan dibaca karena konten lama Anda akan ditautkan kembali pada artikel-artikel baru Anda.

Memudahkan Navigasi : Pengunjug yang selesai membaca artikel Anda, mereka sering bingung dengan apa langkah yang harus dilakukan selanjutnya. Dengan menampilkan postingan terkait maka ini akan memberi tahu pengunjung Anda ke mana harus pergi dan apa yang harus dilihat, sehingga memudahkan pengunjung untuk menavigasi situs Anda. Memudahkan pengunjung Anda menemukan konten menarik lainnya yang mungkin saja mereka butuhkan dan mereka dapat dengan cepat mengakses konten tersebut.

Meningkatkan Penjualan : Dengan bantuan plugin related posts, Anda bisa dengan mudah membuat pengunjung masuk pada konten Anda yang lainnya yang di dalamnya terdapat produk atau layanan yang Anda tawarkan dan membawa lebih banyak pengunjung mengetahui produk atau layanan Anda dan bisa jadi mereka akan tertarik dan membelinya.

Apa itu Related Post by Bibblio?

Related Posts by Bibblio adalah plugin yang dapat menampilkan postingan terkait di situs WordPress Anda yang dibuat dengan AI (Artificial Intelegency), plugin ini dapat menampilkan konten yang direkomendasikan pada blog Anda terhadap pengunjung dan memungkinkan Anda untuk menampilkan konten terkait yang relevan dengan cerdas, meningkatkan keterlibatan pembaca dan membantu meningkatkan penjualan.

Related Posts by Bibblio Cover

Dengan Related Post by Bibblio ini Anda dapat menampilkan berbagai postingan terkait pada blog Anda dengan tampilan yang terlihat menyatu dengan blog dan juga terdapat banyak pilihan layout yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda. Selain itu, plugin ini juga dilengkapi dengan banyak fitur unggulan yang mungkin tidak akan Anda temukan pada plugin lain yang sejenis.

Fitur-Fitur Terbaik Related Posts by Bibblio

Related Post by Bibblio merupakan plugin untuk menampilkan konten terkait dengan dibekali banyak sekali fitur yang diunggulkan dan beikut beberapa fitur Related Post by Bibblio :

Related Posts by Bibblio Fitur

Cepat : Related Post by Bibblio merupakan plugin yang ringan dan tidak akan memperlambat dan membebani server situs WordPress Anda karena semua pra-pemrosesan, caching ditangani langsung oleh Bibblio.

Mudah digunakan : Plugin Related Posts by Bibblio sangat mudah digunakan dan tidak rumit pada pengaturan. Bibblio menyediakan pra-modul bergaya, menawarkan sejumlah tata letak dan efek untuk memungkinkan Anda menyesuaikan tampilan modul terkait dengan cepat. Anda kemudian dapat menampilkan modul ke area widget manapun di situs WordPress Anda, atau memasukkannya ke halaman atau post menggunakan shortcode.

Satu klik : Dengan Related Post by Bibblio maka akan dengan sangat mudah dalam hal pemasangan konten relevan, Anda hanya membutuhkan satu klik untuk menempatkan rekomendasi konten secara otomatis di akhir semua postingan artikel Anda.

Kecerdasan buatan : Bibblio dibuat dengan menggunakan algoritma yang cerdas untuk menampilkan kembali konten terbaik Anda. Plugin ini semakin banyak Anda gunakan, maka semakin pintar sistemnya, dan selalu mempelajari apa yang berhasil terhadap target audiens Anda. Bibblio memastikan setiap pengunjung ke situs Anda akan melihat artikel-artikel yang direkomendasikan sehingga kecil kemungkinan pengunjung akan mengabaikannya.

Responsive : Plugin Bibblio dirancang untuk menampilkan konten terkait dengan tampilan yang responsif sehingga konten terkait akan tetap sempurna meskipun pengunjung menggunakan perangkat dengan ukuran layar yang berbeda-beda.

Desain : Bibblio sudah menyiapkan beberapa layout untuk menampilkan posting terkait Anda, terdapat sekitar lebih dari 150 modul, dengan banyaknya pilihan ini memudahkan Anda dalam menyatukan tampilan posting terkait dengan desain web Anda sehingga postingan terkait terlihat menarik dan profesional dengan cara yang hidup dan menarik perhatian. Anda juga dapat menambahkan efek dan membuat penyesuaian, mencocokkan modul dengan pencitraan website Anda.

Kontrol : Bibblio memberi Anda kontrol atas konten terkait apa yang akan ditampilkan. Anda bisa menampilkan konten sebelumnya atau yang akan datang, pilih jenis posting khusus, atau mengecualikan konten tertentu. Dengan cara ini, Audiens Anda akan benar0benar menerima postingan terkati yang sudah di optimalkan sehingga akan sangat sesuai dengan apa yang di inginkan pengunjung.

Keamanan : Bibblio menggunakan sistem keamanan berbasis cloud, sehingga menjamin semua konten dan data perilaku pengguna aman dari pihak ketiga. Bibblio juga menggunakan cakupan uji ekstensif untuk memastikan operasi yang stabil dan handal.

Analytics and Tracking : Bibblio menyediakan berbagai analytics untuk membantu Anda memahami bagaimana kinerja plugin related post ini. Anda dapat melihat metrik di dashboard WordPress Anda, sehingga Anda bisa melihat secara jelas bagaimana bibblio bekerja dan laporan tentang posting terkait Anda. Selain itu, bibblio juga memungkinkan Anda untuk melacak konten Anda yang diklik oleh pengguna.

Dukungan : Bibblio memiliki tim dukungan khusus yang akan menjawab semua pertanyaan Anda dalam 24 jam. Dalam situsnya juga dilengkapi dokumentasi yang lengkap dan jika Anda memilih paket premium Pro atau Platform, maka Anda dapat meminta bimbingan UX dan dukungan khusus.

Harga Related Posts by Bibblio

Plugin Bibblio dapat Anda gunakan secara gratis dan bisa Anda install langsung dari dashboard WordPress Anda karena plugin tersedia di library WordPress.org, untuk versi gratis dapat menangani situs hingga 500 konten, dan 25000 panggilan rekomendasi dalam sebulan. Diatas itu, maka Bibblio menawarkan berbagai paket premium yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran website Anda.

Related Posts by Bibblio Price
Paket berbayar mulai dari $19 / bulan untuk 50.000 panggilan rekomendasi / bulan, dan skala ke atas dari sana. Misalnya, $49 / bulan akan memberi Anda 200.000 panggilan rekomendasi setiap bulan.

Buy Bibblio

Menggunakan Related Posts by Bibblio di WordPress

Untuk menggunakan plugin Related Post by Bibblio ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal plugin Bibblio dengan cara masuk ke area admin WordPress Anda dan pilih Plugins » Add Plugin. Ketik kata kunci ‘Bibblio’ pada kolom pencarian plugin dan klik ‘Install Now dan Activate’.

Related Posts by Bibblio Install

Setelah plugin diaktifkan, akan ada menu item baru ditambahkan dengan nama ‘Bibblio’, silahkan klik menu baru tersebut dan Anda akan dibawa pada halaman pendaftaran akun Bibblio, silahkan klik tombol ‘Create an Account’.

Related Posts by Bibblio Started

Anda akan dibawa pada formulir pendaftaran bibblio dan masukkan informasi yang dibutuhkan, termasuk email dan password Anda. Kemudian, klik “Get Started”, selanjutnya Anda akan mendapatkan email konfirmasi. Buka email Anda dan konfirmasikan akun Anda.

Setelah Anda klik link konfirmasi akun Anda melalui email, Anda akan di arahkan ke halaman login Bibblio. Silahkan masukkan email dan password yang Anda gunakan untuk mendaftar, lalu klik ‘Log In’.

Setelah Anda masuk pada akun bibblio, Anda akan disambut oleh halaman Bibblio Overview. Di sini Anda perlu mengambil ‘API credential’ Anda untuk menghubungkan akun Bibblio dengan website WordPress Anda. Di bagian bawah halaman, klik link ‘My Credentials’. Dan Anda akan melihat nomor Client ID dan Client Secret.

Silahkan masukkan kode ‘Client ID dan Client Secret’ pada kolom Step 2 yang tersedia dan klik tombol “Let’s Go”.

Related Posts by Bibblio Step2

Selanjutnya, Anda akan dibawa pada halaman setup Bibblio pada situs WordPress Anda, dan Anda akan melihat terdapat tiga menu tab : My Post, My Module, dan Add Module.

Related Posts by Bibblio Setup

Pada bagian “My Post”, Anda dapat menentukan bagaimana Bibblio menangani postingan Anda untuk direkomendasikan pada pengunjung Anda.

Misalnya, Anda dapat memilih apakah Anda ingin posting Anda yang ada dipertimbangkan untuk rekomendasi, hanya posting baru, atau keduanya. Anda juga dapat memilih jenis posting yang Anda ingin dipertimbangkan untuk rekomendasi: posting standar, posting kustom, atau keduanya.

Setelah itu silahkan klik tombol “Next” dan ini akan membawa Anda ke halaman “My Module”.

Related Posts by Bibblio My Module

Pada bagian “My Module” : Anda dapat menambahkan modul ke setiap halaman, posting, atau area widget di situs Anda. Untuk setiap modul yang Anda buat, Anda dapat memilih tata letak dan efek yang paling sesuai dengan desain situs Anda.

Pilih dari tata letak grid, baris atau kolom, tampilkan judul saja, ungkap lebih banyak teks di hover, dan masih banyak lagi. Setelah Anda puas dengan tampilan dan gaya modul Anda, beri nama modul Anda dan klik ‘Save’.

Langkah terakhir, di bawah menu tab “Add Module”, Anda dapat secara otomatis menampilkan satu modul di akhir “My Posts”. Setelah pemasangan, jika Anda mengeklik tab “Module”, Anda akan melihat opsi untuk menambahkannya di bawah “My Module”, di samping tombol ‘Save’.

Tambahkan Module ke Area Widget

Modul dapat ditambahkan ke area widget di situs WordPress Anda. Silahkan masuk ke menu ‘Appearance » Widget’ dari menu WordPress Anda. Anda sekarang akan melihat widget baru dengan nama ‘Bibblio Related Posts’

Drag and drop Widget “Related Posts by Bibblio” ke area widget yang Anda inginkan, misalnya di area sidebar. Tambahkan judul ‘Related Post’ atau yang lainnya. Jika Anda telah membuat lebih dari satu modul, pilih modul yang ingin Anda tampilkan.

Related Posts by Bibblio Widget

Klik ‘Save’ dan buka situs Anda untuk melihat bagaimana postingan terkait Anda ditampilkan oleh bibblio.

Masukkan Modul Menggunakan Shortcode

Bibblio juga memiliki fitur shortcode untuk memasang postingan terkait di area mana saja pada halaman atau postingan Anda. Buka halaman atau posting yang anda inginkan, dengan klik icon Bibblio yang ditambahkan pada editor WordPress Anda.

Related Posts by Bibblio Shortcode

Silahkan pilih modul yang ingin Anda masukkan dan klik ‘OK’.

Anda sekarang akan melihat shortcode telah dimasukkan ke dalam editor. ‘Publish’ halaman atau postingan Anda. Kemudian klik tombol “Preview” di bagian depan situs WordPress Anda untuk memastikan postingan terkait sudah ditampilkan sesuai dengan keinginan Anda.

Dan itulah cara mudah membuat postingan terkait atau related posts di WordPress dengan Bibblio, Jika Anda ingin memodifikasi modul dan mengatur lebih lanjut pada postingan terkait Anda, Anda dapat melakukannya pada menu ‘Bibblio » Module ‘. Anda juga dapat mengubah posting mana yang ditampilkan di menu ‘Bibblio » Settings‘.

Related Posts by Bibblio Module Settings

Dan berikut contoh related post atau postingan terkait yang ditampilkan oleh plugin ‘Related Posts by Bibblio’.

Related Posts by Bibblio RElated Post Example

Dan itulah ulasan lengkap tentang plugin Related Posts by Bibbli, pentingnya memasang related post di website dan bagaimana cara menggunakan Related Posts by Bibblio. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan meningkatkan keterlibatan pengunjung dan masih banyak lagi. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Real Estate Lite Responsive Free

Real Estate Lite adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang minimalis namun modern yang dapat...

10 Distro OS Linux Terbaik Yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Linux adalah sistem operasi open source yang sangat populer dan ini bisa menjadi alternatif...

Close