banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

PayPal vs Payoneer, Mana yang Lebih Baik?

Para freelancer atau pekerja lepas yang biasa menerima transfer dari luar negeri biasanya menggunakan PayPal atau Payoneer. Keduanya dapat disebut sebagai rekening online lokal yang fungsinya kurang lebih sama seperti Jenius, Bank Jago, Blu, dan sejenisnya.

Vcc gratis payoneer

Baik lewat PayPal maupun Payoneer, Anda bisa menerima pembayaran dari orang luar negeri. Masing-masing punya syarat dan ketentuan mengenai cara pembayaran maupun penerimaan uang.

Berbicara soal PayPal dan Payoneer, banyak yang bertanya manakah yang lebih bagus? Pertanyaan tersebut akan dijawab melalui artikel berikut ini :

Manakah yang Lebih Baik PayPal atau Payoneer?

Jujur, jika pertanyaannya seperti itu maka saya tidak bisa menjawabnya. Sebab, baik PayPal maupun Payoneer itu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Maka dari itu, saya akan coba jelaskan apa kelebihan dan kekurangan dari PayPal maupun Payoneer untuk kebutuhan transaksi Anda.

Baca : Panduan Lengkap Cara Daftar dan Membuat Akun Payoneer Terbaru

Kelebihan PayPal

Apabila Anda menggunakan PayPal, maka Anda akan memperoleh beberapa keuntungan sebagai berikut :

Daftarnya Mudah

Cara mendaftar PayPal itu sangat mudah. Anda cukup menyiapkan alamat email dan password saja yang nantinya menjadi akses login ke akun PayPal.

Selanjutnya memang ada proses verifikasi, tapi itu bisa menyusul setelah Anda memiliki akun.

Kirim Uang Mudah dan Cepat

Selain daftarnya mudah, kirim uang lewat PayPal juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai ke rekening tujuan. Tinggal klik tombol kirim uang, masukkan alamat email PayPal penerima lalu terakhir klik kirim.

Saldo akan sampai ke PayPal penerima hanya dalam waktu beberapa detik saja.

Semakin mudah lagi karena PayPal juga ada aplikasinya. Jadi, ketika ingin transfer uang tinggal pakai saja aplikasinya.

Aman dengan Kartu Kredit

Salah satu proses verifikasi pengguna PayPal adalah memasukkan nomor kartu kredit. Hal ini tentu bukan tanpa sebab, apabila Anda melakukannya maka akan memperoleh keuntungan.

Informasi Anda akan terlindungi terutama ketika melakukan transaksi beda negara. Jikalau ada yang mau membobol, mereka tidak akan bisa melacak kartu kredit Anda karena memperoleh perlindungan dari pihak  PayPal.

Baca : Tentang Limit PayPal dan Cara Menaikkan Limit PayPal

Kekurangan PayPal

Selain punya kelebihan, ternyata PayPal itu juga ada kekurangannya. Apa sajakah itu?

Verifikasi Rumit

Salah satu kekurangan dari PayPal adalah proses verifikasinya yang sedikit rumit. Anda bukan hanya disuruh memasukkan rekening saja, melainkan juga kartu kredit.

Okelah, kalau rekening mungkin banyak orang yang memilikinya. Tapi kalau kartu kredit tidak semua orang memiliki dan bisa dengan mudah memilikinya, dan hal inilah yang sering kali menyulitkan pengguna PayPal melakukan verifikasi. Dan untuk masalah ini Anda juga bisa membeli verifikasi virtual kartu kredit yang banyak bisa Anda temukan di internet.

Sebenarnya tanpa verifikasi pun PayPal tetap bisa digunakan. Hanya saja, ada batasan-batasan dan tidak sebebas menggunakan PayPal yang sudah terverifikasi. Anda tidak bisa menerima ataupun mengirim uang dalam jumlah yang terlalu banyak, kalau tidak salah hanya bisa mengirim maksimal $500 saja.

Proses Withdraw yang Lama

Bagi yang ingin mencairkan saldo PayPal ke rekening pribadi harus sabar menunggu hingga tiga hari kerja, tapi hal ini tidak bisa jadi patokan, karena sering juga nunggu satu hari bahkan misalnya subuh narik saldo jam 10 pagi atau sore kadang sudah masuk. Selain prosesnya yang biasanya lama, minimal penarikannya juga cukup tinggi yaitu $10.

Dan tidak hanya itu saja, PayPal memiliki potongan setiap penarikan yang lumayan besar dibanding Payoneer dan rate juga lebih kecil dibanding Payoneer.

Baca : Berapa Potongan Biaya PayPal dan Cara Menghindarinya?

Kelebihan Payoneer

Adapun beberapa kelebihan menggunakan Payoneer yaitu sebagai berikut :

Ada Kartu Debit

Payoneer punya fitur kartu debit yang fungsinya kurang lebih sama seperti kartu debit ATM pada bank yang selama ini kita gunakan.

Tarik tunai atau pengambilan uang bisa dilakukan di seluruh ATM di indonesia yang terdapat logo Mastercard. Untuk bisa melakukan tarik tunai, Anda wajib mengaktifkan US Payment Service terlebih dahulu di akun Payoneer Anda. Dan untuk mendapatkan kartu debit Payoneer ini setidaknya Anda pernah mengumpulkan saldo $1.000.

Tidak Perlu Kartu Kredit

Tidak seperti PayPal, untuk daftar Payoneer dan menggunakan Payoneer secara maksimal Anda tidak perlu memiliki kartu kredit. Proses verifikasi cukup dengan menampilkan data diri dan juga rekening bank lokal yang Anda miliki.

Potongan Rendah

Kelebihan selanjutnya adalah potongan transaksi di Payoneer itu tidak terlalu besar sehingga tidak terlalu merugikan Anda. Untuk penarikan $500, potongannya hanya $3 saja.

Baca : Cara Mengirim Uang dari PayPal ke Payoneer [Terbaru]

Kekurangan Payoneer

Disamping memiliki kelebihan, Payoneer juga memiliki kekurangan. Berikut ini beberpa kekurangan dari Payoneer :

Pendaftaran yang Sedikit Ribet

Kalau PayPal pendaftarannya hanya butuh email dan password, berbeda halnya dengan Payoneer yang membutuhkan beberapa dokumen sebagai persyaratan tambahan. Sebenarnya ini tidak susah, hanya saja sebagian orang menganggapnya sedikit rumit.

Ada Administrasi Bulanan

Kekurangan kedua dari Payoneer adalah adanya biaya administrasi bulanan yang mungkin saja sedikit memberatkan bagi Anda. Seperti halnya menggunakan bank konvensional, menggunakan Payoneer juga ada potongan setiap bulannya. Tapi ini hanya di bebankan bagi pengguna kartu debit Payoneer, jika Anda lebih sering menarik saldo langsung rekening bank maka tidak ada biaya bulanan.

Selain itu saldo akan terpotong $3 untuk transaksi dibawah 4 unit. Sementara itu, untuk pergantian kartu yang rusak dikenai biaya $13 atau sekitar Rp 186.000, biaya yang cukup tinggi untuk pergantian kartu.

Baca : 3 Layanan Sistem Pembayaran Online Terbaik Selain PayPal

Jadi, pilih PayPal atau Payoneer? Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya masing-masing semoga sudah bisa memberikan Anda mana pilihan yang terbaik. Namun apapun yang Anda pilih, gunakan dengan sebaik mungkin supaya rekening tidak diblokir atau pihak PayPal ataupun Payoneer.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published.

Must Read...!
MasterStudy Tema WordPress Terbaik untuk Situs Edukasi

MasterStudy adalah sebuah tema WordPress yang didesain khusus untuk kebutuhan situs edukasi, pendidikan dan...

Cara Mudah Memutar DVD di OS Windows 10

Bagi pecinta DVD yang memiliki banyak koleksi DVD, mungkin akan mengalami kesulitan dalam memutar...

Close